Feb 102019
 

JakartaGreater.com – Jet tempur Swedia memang tidak memiliki karakteristik yang luar biasa bila dibandingkan dengan jet tempur generasi kelima Su-57, tetapi dilaporkan memiliki peralatan dan perangkat lunak peperangan elektronik (EW) terbaik, sehingga jet tempur musuh akan sulit untuk melacaknya, seperti dilansir dari laman Sputnik pada hari Sabtu.

Komandan Angkatan Udara Swedia, Mats Helgesson, telah menyatakan bahwa pesawat tempur JAS 39 Gripen E terbaru buatan Saab yang kini dikembangkan, dirancang untuk “membunuh Sukhoi”, pejuang superioritas udara papan atas Rusia, menurut media pemerintah Finlandia, Yle.

Dalam upaya untuk lebih menekankan efektivitas jet tempur Gripen E tersebut, Helgesson menyimpulkan bahwa jet tempur buatan Swedia itu telah memiliki “sabuk hitam” dalam melawan jet tempur Rusia.

Instalasi sistem pernika pada jet tempur Gripen E © Saab

Justin Bronk, pakar pertempuran udara di Royal United Services Institute, yang dikutip oleh Business Insider, mengatakan bahwa seri jet tempur JAS 39 Gripen dikenal dengan kemampuan EW yang luar biasa, yang ditingkatkan setiap dua tahun.

“Beberapa tahun yang lalu, pilot tempur Gripen bosan diperolok-olok oleh pilot Typhoon Jerman dan mendatangi mereka untuk bermain-main dengan perang elektronika bersama dan memberi pilot Jerman kesulitan”, katanya.

Pada saat yang sama, Bronk mencatat bahwa seorang pilot tidak pernah tahu sebelumnya apakah EW akan bekerja, bahkan jika itu terjadi, pilot tetap harus terlibat dalam pertempuran.

Jet tempur multiperan supersonik Gripen E/F buatan Swedia © Saab

Meski demikian, tidak jelas seberapa kuat komponen EW dari JAS 39 Gripen E bila dibandingkan dengan Sukhoi Su-57 Rusia, karena keduanya tidak pernah berkompetisi di udara, ditambah lagi jet tempur Rusia tersebut bisa membawa muatan yang jauh lebih besar (10.000 kg), dibanding Gripen E yang hanya bisa membawa 5.300 kg.

Selain itu, Su-57 ini mampu mencapai kecepatan yang lebih tinggi (2,45 Mach dibandingkan dengan 2 Mach oleh Gripen E). Jet tempur Sukhoi Rusia dikenal karena kemampuan manuvernya dalam pertempuran “dogfight” dan kemampuan untuk menampilkan prestasi yang menakjubkan di udara.

  18 Responses to “Swedia Telah Mengembangkan Jet Tempur Penakluk Flanker Rusia – Komandan”

  1.  

    Ciri sales yang putus asa karena produknya gagal laku:

    Menyerang produk pesaing

  2.  

    Coba panggil “DR” mungkin bakal dijawab bahwa Gripen adalah pespur tak terkalahkan di dunia dan alam bawah sadar serta alam di atas sadar kale

    😎 huehuehue

  3.  

    gripen malah tocano jg pasti bisa menang kalo sukhoi nya lg pada berjemur di luar hanggar … dilempar pake granat nanas jg bisa hancoorr koq !!!

  4.  

    bisa jadi sukhoi tepar, kalau udah takdir ga ada yang bisa merubahnya…haahaaaa

  5.  

    Kalo sama Su-57 mungkin lebih sulit kalo buat Gripen. Kalo lawan Su-35 sih gampang lah. RCS gripen bawa senjata masih lebih kecil dari Su-35 yg bawa 2 rudal R-27. Sistem elektronik dan Radar Gripen juga lebih canggih.

    Su-35 mau bawa R-77-1 sekalipun tetap bakal susah me lock on Gripen dari jarak 100 km apalagi kalo terbang rendah. Nah Gripen kalo bawa Meteor bisa kena tuh Su-35 dari jarak 150 km, apalagi kalo lebih dekat. Gila aja Su-35 ngajak dogfight di jarak pendek orang jarak 60-70 km aja itu udah masuk zona NO ESCAPE ZONE rudal meteor, apalagi jarak dekat. Bisa jadi dendeng tuh Sukro. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

  6.  

    Cukup su 27 mengajak gripen keliling O melingkari langit, bakalan habis itu bbm gripen, maka dgn mudah dikunci su 27, krna radius tempur su 27 lbh jauh, blm lg mengenai teknologi su 27 yg sudah diupgrade, sedangkan typhoon saja keok brtubi tubi mlwn su 30 india, ini msh mengenai su 27 & su 30, blm lg mengenai su 35 yg sudah memiliki teknologi canggih, bakalan mnjd barang usang itu gripen
    😆 😆

    •  

      Kalo mau balapan jarak jauh, sono tanding lawan SR-72. Pespur kalo perang pake rudal dan senapan mesin,bukan lomba lari antar RW. Dasar Indon, sana pake dasternya dulu Ndon. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

      •  

        Ralat, maksudnya meriam kaliber kecil.

      •  

        Disitu ngomong apa siih?,

        Apakh pespur bisa mengunci targetnya yg lg melingkar?, bukan lingkar
        😆 😆

        •  

          Maksud ente manuver Loop?? Buat apa?? Lo kira ini lomba akrobatik udara gitu?? Hhhhhhhhhhh.. Tembak aja pake Meteor ntar jadi sukro juga tuh pespur. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

          •  

            Mau gimana loe menembaknya kalau itu pespur sulit dikunci walau sudah didalam area radarmu

            😆 😆

      •  

        Kan gak mungkin loe diam saja klu loe sudah mengetahui bahwa loe dikunci melalui rwr, yaa paling tdk loe menghindar kuncian trsebut, jd apa bisa pespur mengunci targetnya yg lg trbang melingkar menghindari kuncian?

        😆 😆

        •  

          Lah pespur modern termasuk Pespur jadul Sukro 27 kan punya Helmet Mounted Display yg bisa ngincer pespur musuh. Mau musuh goyang dombret, goyang ngebor, goyang kobra kek sekali lirik ntar tinggal serahin ke rudal yg udah bisa fire and forget apalagi yg punya kemampuan fire and hit.

          Upsss, Rusia kan belum punya rudal kayak gitu ya. Kayak aki² aja harus dituntun gitu. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

          •  

            Yaa rudal hrs dituntun klu dalam target bvr, karena radar rudal tdk memiliki daya jangkau yg jauh oleh karna itu dipandu radar pespur
            😆 😆

  7.  

    Aku cuma mau ngakak aja … wkwkwk