Swiss Akhirnya Pilih F-35, Kesampingkan F/A-18, Rafale dan Typhoon

pesawat f 35

Militer – Dewan Federal Swiss mengumumkan bahwa F-35 Lightning II Lockheed Martin adalah pesawat yang dipilih dari kompetisi Pesawat Tempur Baru.

“Kami merasa terhormat dipilih oleh Swiss dan berharap dapat bermitra dengan pemerintah, publik, angkatan udara, dan industri Swiss untuk mengirimkan dan menjaga pesawat F-35,” kata Bridget Lauderdale, wakil presiden dan manajer umum Lockheed Martin dari Program F-35.

“Dengan pemilihan tersebut, Swiss akan menjadi negara ke-15 yang bergabung dengan program rekor F-35, bergabung dengan beberapa negara Eropa dalam lebih memperkuat kekuatan udara dan keamanan global”, ungkap situs F-35.com, 30-6-2021.

Angkatan Udara Swiss akan menerima pesawat F-35A, solusi pemeliharaan yang disesuaikan dengan persyaratan otonomi Swiss, dan program pelatihan yang komprehensif.

Pemilihan F-35 akan memberikan keuntungan ekonomi dan teknis bagi bangsa selama beberapa dekade mendatang. Industri Swiss akan memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam penelitian dan pengembangan, peluang produksi dan keberlanjutan yang akan memperluas kemampuan mereka ke masa depan.

Sebagai peserta baru dalam program F-35, Swiss akan mendapat manfaat dari dedikasi Lockheed Martin terhadap otonomi dan kedaulatan dalam mengintegrasikan solusi pribumi.

Hingga saat ini, F-35 beroperasi dari 21 pangkalan di seluruh dunia, dengan 9 negara mengoperasikan F-35 di tanah asal mereka. Ada lebih dari 655 F-35 yang beroperasi saat ini, dengan lebih dari 1.380 pilot dan 10.670 kru pemeliharaan berlatih di pesawat F-35.

Dewan Federal Swiss memutuskan untuk membeli 36 pesawat tempur F-35A

“Dewan Federal Swiss akan meminta parlemen untuk pengadaan 36 pesawat tempur F-35A dari pabrikan AS Lockheed Martin dan pengadaan 5 unit sistem Patriot dari pabrikan AS Raytheon. Dalam evaluasi, kedua sistem mencapai manfaat keseluruhan tertinggi dan pada saat yang sama biaya keseluruhan terendah. Dewan Federal yakin bahwa kedua sistem tersebut paling cocok untuk melindungi penduduk Swiss dari ancaman udara di masa depan juga”, ungkap Dewan Federal Swiss, 30-6-2021.

Dana Angkatan Udara saat ini akan mencapai akhir masa pakainya pada tahun 2030. Untuk terus melindungi orang-orang di Swiss dari ancaman dari udara, Dewan Federal ingin mengganti pesawat tempur saat ini dan mendapatkan sistem baru untuk pertahanan udara berbasis darat jarak jauh (Bodluv GR).

Pada referendum pada tanggal 27 September 2020, resolusi perencanaan diadopsi yang menyatakan bahwa pesawat tempur baru akan dibeli dengan volume keuangan maksimum 6 miliar franc Swiss. Selain itu, 2 miliar franc direncanakan untuk sistem Bodluv GR (keduanya volume keuangan menurut indeks harga konsumen negara bagian Januari 2018).

Dewan Federal mendasarkan keputusannya pada evaluasi teknis ekstensif, yang mencakup empat calon pesawat tempur baru (Eurofighter dari Airbus, Jerman; F/A-18 Super Hornet dari Boeing, AS; F-35A dari Lockheed Martin, AS; Rafale dari Dassault, Prancis) dan 2 kandidat untuk sistem Bodluv GR (SAMP/T dari Eurosam, Prancis; Patriot dari Raytheon, AS) dimasukkan.

Pertimbangan Swiss Beli F-35

Pesawat tempur: F-35A dengan utilitas keseluruhan tertinggi dan sejauh ini termurah.

Semua kandidat telah memenuhi persyaratan untuk Swiss. Untuk pesawat tempur dan sistem Bodluv GR, evaluasi untuk masing-masing kandidat menghasilkan manfaat tertinggi dan pada saat yang sama biaya terendah. Pesawat tempur tersebut adalah F-35A. Dengan 336 poin, ini menunjukkan manfaat keseluruhan tertinggi, dengan selisih 95 poin atau lebih dengan kandidat lainnya. Pesawat berkinerja terbaik pada 3 dari 4 kriteria utama:

• Dalam hal efektivitas , F-35A mencapai hasil terbaik berkat keunggulan teknologinya yang menonjol dibandingkan kandidat lainnya. Berdasarkan hal ini, F-35A memiliki sistem jaringan yang baru, sangat kuat, dan komprehensif untuk perlindungan dan pemantauan wilayah udara.

Dengan cara ini, F-35A mencapai informasi yang unggul dan memungkinkan pilot untuk lebih menyadari situasi di semua bidang kegiatan dibandingkan dengan kandidat lainnya. Hal ini juga berlaku khususnya untuk layanan polisi udara sehari-hari.

Selain itu, hanya F-35A yang dirancang dari bawah ke atas sedemikian rupa sehingga sulit dideteksi oleh sistem senjata lain. Kelangsungan hidup tinggi yang dihasilkan adalah keuntungan khusus bagi Angkatan Udara Swiss.

Selain itu, operasi sistem yang relatif sederhana dan keunggulan informasi F-35A mengubah konten pelatihan dan rasio jam terbang terhadap simulator.

Akibatnya, sekitar 20 persen lebih sedikit jam terbang yang diperlukan dibandingkan dengan kandidat lain dan sekitar 50 persen lebih sedikit lepas landas dan mendarat dibandingkan dengan pesawat jet Angkatan Udara saat ini, yang akan digantikan oleh F-35A.

Pada akhirnya, sebagai sistem senjata paling modern, F-35A dapat dianggap memiliki keunggulan teknologi di masa depan. Mengingat masa manfaat yang direncanakan 30 tahun, ini merupakan keuntungan besar dibandingkan kandidat lainnya.

• Dalam dukungan produk , F-35A mencapai peringkat tertinggi karena operasi dan pemeliharaan yang efisien, pelatihan lanjutan dan keamanan pasokan yang tinggi selama masa pakai. Ini juga karena F-35A diproduksi dalam jumlah unit terbesar dan juga digunakan di Eropa oleh negara dengan jumlah terbesar.

• F-35A juga menunjukkan hasil kerja sama yang terbaik . Ini menawarkan peluang luas untuk kolaborasi dalam operasi dan akses luas ke data dan sumber daya spesialis.

• Dalam offset langsung , konsep F-35A tidak mencapai hasil terbaik pada saat penawaran diajukan. Kewajiban offset sebesar 60 persen dari nilai pesanan harus dipenuhi sepenuhnya selambat-lambatnya 4 tahun setelah penyerahan terakhir.

Dalam hal ukuran armada, untuk keempat kandidat jumlah 36 pesawat memenuhi kebutuhan untuk melindungi wilayah udara dalam situasi ketegangan yang terus meningkat. Tujuan Angkatan Udara adalah untuk mencegah wilayah udara Swiss digunakan oleh pihak-pihak dalam konflik militer.

pesawat f 35 next gen

Pesawat Tempur F-35. (@pixabay.com)

Otonomi data dijamin

Dalam keputusannya, Dewan Federal juga mempertimbangkan ketergantungan teknologi dari pabrikan dan negara pembuatnya. Ketergantungan tidak dapat sepenuhnya dikesampingkan saat pengadaan sistem.

Namun, ternyata semua calon menjamin otonomi data yang dibutuhkan. Dengan F-35A, keamanan siber khususnya sangat terjamin karena manajemen siber, keamanan arsitektur komputer dan langkah-langkah perlindungan siber dijamin secara komprehensif.

Seperti semua kandidat lainnya, Swiss sendiri menentukan data mana yang dipertukarkan dengan angkatan udara lain melalui koneksi tautan data atau data logistik mana yang dilaporkan kembali ke pabrikan dengan F-35A. Selain itu, pesawat ini dioperasikan dan dirawat di Swiss oleh Angkatan Udara dan RUAG Swiss.

F-35A di kisaran 2 miliar franc Swiss lebih murah daripada kompetisi

Selain manfaat, F-35A juga mencapai hasil terbaik dalam hal biaya. Baik pengadaan maupun pengoperasiannya paling murah untuk pesawat ini. Biaya pengadaan pada saat penawaran pada Februari 2021 berjumlah CHF 5,068 miliar.

Mereka jelas berada dalam volume keuangan yang ditentukan sebesar 6 miliar franc, yang telah diputuskan oleh para pemilih. Bahkan jika inflasi ditambahkan ke waktu pembayaran, biaya pengadaan berada dalam batas kredit.

F-35A juga merupakan pesawat termurah dari semua penyedia dalam hal biaya operasi. Total biaya, yang terdiri dari biaya pengadaan dan operasi, berjumlah sekitar 15,5 miliar franc Swiss selama 30 tahun untuk F-35A.

Selisih untuk kandidat termurah kedua adalah di wilayah CHF 2 miliar.

Pertahanan udara berbasis darat jarak jauh: Patriot dengan manfaat lebih baik dan biaya lebih rendah.
Dalam sistem pertahanan udara berbasis darat dengan jangkauan yang lebih besar, Patriot menonjol dalam keempat kriteria utama, dalam beberapa kasus dengan jelas, dan khususnya dalam kriteria utama efektivitas dibandingkan dengan SAMP / T. Sistem ini mampu melindungi kamar baik secara mandiri maupun dalam kombinasi dengan pesawat tempur.

.Ini mencapai ketinggian operasi lebih dari 20.000 meter (vertikal) dan jarak operasi lebih dari 50 kilometer (horizontal). Dalam konteks sistem Bodluv dengan jangkauan yang lebih besar, ini adalah jarak operasi yang sangat jauh. Patriot dengan demikian memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertahanan udara terintegrasi.

Untuk pertahanan wilayah seluas 15.000 kilometer persegi, diperlukan 5 unit sistem Patriot.

Dalam hal biaya, Patriot lebih murah. Biaya pengadaan termasuk inflasi dan PPN hingga saat pembayaran berjumlah 1,970 miliar franc Swiss untuk Patriot.

Bersama dengan biaya operasi yang dihitung selama 30 tahun, total biaya Patriot adalah sekitar 3,6 miliar franc Swiss. Hal ini membuat sistem secara signifikan lebih murah daripada kandidat lainnya. Kewajiban offset sebesar 100 persen dari nilai pesanan harus dipenuhi seluruhnya paling lambat 4 tahun setelah penyerahan terakhir.

Tinjauan eksternal dari hasil

Penasihat Federal Viola Amherd telah menugaskan firma hukum Zurich Homburger AG untuk melakukan pemeriksaan yang masuk akal sehubungan dengan pengadaan pesawat tempur baru.

Pemeriksaan masuk akal ini terkait dengan metodologi evaluasi, kriteria penghargaan dan penilaian keuangan dari penawaran, dengan mempertimbangkan keputusan perencanaan yang disetujui oleh masyarakat. Selama audit ini, Homburger sampai pada kesimpulan bahwa peringkat penyedia menurut analisis biaya-manfaat armasuisse dalam laporan evaluasi masuk akal.

*Foto: Pesawat Tempur F-35. (@pixabay.com).

Leave a Reply