Sypder Tulang Punggung Pertahanan Udara AD India

New Delhi – Sistem pertahanan udara Spyder Israel muncul terdepan sebagai pemasok kebutuhan Angkatan Darat India, untuk Sistem pertahanan udara reaksi cepat India dalam menghadapi pesawat musuh dan kendaraan udara tak berawak. Program Short-Range Surface-to-Air Missile (SRSAM) yang dimulai pada 2011, memasuki tahap seleksi akhir yang akan membawa kontrak senilai lebih dari Rs 18.000 crore.

Sumber mengatakan bahwa sistem Spyder – diproduksi oleh Rafael Advanced Systems – adalah pemenang dari pesaingnya dari Swedia dan Rusia, yang tidak mampu perform saat dilakukan uji teknis oleh Angkatan Darat India, tahun lalu.

Ketika perusahaan Rosoboronexport (Rusia) dan SAAB (Swedia) tidak bisa memenuhi yang ditetapkan, sistem rudal Spyder bisa maju ke depan untuk tahap berikutnya, yakni pembukaan penawaran harga. Spyder telah dipesan oleh Angkatan Udara India dan telah ditugaskan untuk melindungi bidang udara sensitif di sepanjang perbatasan India.

Sistem pertahanan udara Spyder
Sistem pertahanan udara Spyder

Proyek SRSAM Angkatan Darat India, sempat mengalami beberapa penundaan dan telah berjalan selama lebih dari lima tahun. Angkatan Darat secara terpisah memesan sistem SAM Akash buatan India, tapi ini sistem ini akan bertugas terutama untuk perlindungan unit statis atau defensif, karena memiliki mobilitas terbatas serta waktu reaksi yang lebih besar untuk menghadapi serangan masuk.

Meski ada dorongan dari publik India, untuk pembelian unit tambahan SAM Akash India, namun proyek Sistem pertahanan udara Spyder Israel ini, juga yang akan menciptakan pekerjaan untuk industri swasta India. Offset yang terlibat dalam proyek itu bernilai Rs 6.000 crore, yang akan diinvestasikan ke usaha patungan dan fasilitas produksi di India. Angkatan Darat membutuhkan setidaknya dua resimen dari SRSAM yang akan mencakup sebanyak 1.800 rudal. Hal ini juga mengharuskan perusahaan pemenang untuk mentransfer teknologi ke India untuk memproduksi sistem Spider.

Sumber : Indiatimes.com

Tinggalkan komentar