JakartaGreater.com - Forum Militer
Feb 202016
 

Sukhoi-T-50-PAK-FA-KnAAPO-3S

Selama pengujian terbaru, T-50 berhasil menanjak tajam dengan kecepatan 384 m per detik. Menurut surat kabar Rusia Rossiyskaya Gazeta, menanjak dengan kecepatan seperti itu memungkinkan T-50 untuk mencapai ketinggian puncak Gunung Everest, gunung tertinggi di dunia hanya dalam waktu 23 detik!.

T-50 saat ini juga sedang menjalani tes serius, diantaranya tes penggunaan senjata asli. Menurut Kepala Staff Angkatan Udara Rusia Kolonel Jenderal Viktor Bondarev, T-50 batch terakhir akan menyelesaikan tes pada tahun ini.

Selain karakteristik yang mengesankan dan berkemampuan siluman, T-50 baru juga akan dilengkapi dengan sejumlah persenjataan mutakhir, seperti rudal jelajah canggih X-74M2, rudal anti radar X-58USHK dan rudal anti kapal taktis X-35UE. T-50 juga dilengkapi dengan avionik canggih dan sistem Radar Passive electronically Scanned Array yang mutakhir.

T-50 adalah pesawat tempur berkursi tunggal, bermesin ganda, dan pesawat tempur siluman pertama yang dimiliki Rusia. Direncanakan mulai akhir tahun 2016 ini T-50 sudah mulai memperkuat Angkatan Udara Rusia .

Sementara itu, beberapa negara asing telah menyatakan minatnya untuk mengakusisi T-50, dan pembuatan versi ekspor dari pesawat siluman PAK FA dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2020.

Sputnik

Bagikan:

  69 Responses to “T-50 Pakfa Siap di Ekspor Tahun 2020”

  1.  

    Sukhoi mmng mngstab

  2.  

    Jadi rajin eksport nih

  3.  

    Jos

  4.  

    joss

  5.  

    Good job mr. putin

  6.  

    Siap” indonesia jdi sarangnya…

  7.  

    Indonesia menunggu kedatangannya………

  8.  

    Joz gandos

  9.  

    kita tunggu yang lebih canggih dari T-50 Pakfa

  10.  

    wakakakaka

  11.  

    Lalat Hijo khik..khik.. khik

  12.  

    Inilah yang mendasari pembelian su 35 tidak full 16 buah. Hehehh

  13.  

    Udah ada yg nimbrung di mari…

  14.  

    Pesawat yg akan Merontokkan F35…hehehe

  15.  

    yg ghoib tetaplah gjoib hanya mereka yg punya indera ke 6 yg bs ngeliat, pespur-kasel-rudal made in rusia udah pada nongkrong di negeri kita tercinta walaupun banggalah wanjaker…wslm

  16.  

    ngopi bung…

  17.  

    Oooo ini toh yg
    Dimaksud sma pak Menhan, kta beliau kita beli s35 tdk langsung bnyak, karena tdk lama lgi teknologi akan lahir yg lebih baik lagi, disamping dana yg kurang cukup. ???

  18.  

    borong 2 sqa…bungkus…
    eh mang ada duit nya ?
    #bertanya pada malam

  19.  

    Mantap…. kayaknya TNI AU mengincar ini di 2020.

  20.  

    Apakah tidak terlalu terbuka nih Rusia? Pesawat baru berteknologi mutakhir dan berkemampuan siluman langsung diobral, tanpa menunggu pasar jenuh dahulu dg pesawat generasi dibawahnya semacam SU34, SU35. Amerika saja masih “ngeman-eman” dg pesawat sejenis, yakni F22 Raptor untuk dijual, yg bahkan negara-negara sahabat yg tergabung dlm NATO pun belum diijinkan membeli. Untuk negara sahabat USA cukup diberi mainan F35 saja yg banyak masalah, agar sedikit merasa adem ayem dg perkembangan teknologi pesawat tempur Rusia.

    Agaknya moto Rusia adalah banyak kawan banyak rejeki, yg penting ada uang silakan sampeyan beli seberapa pun canggih dan moncer pesawat kami. Rusia tdk mempertimbangkan akan kemungkinan negara lain akan membongkar rahasia pesawatnya, sebagaimana USA menjaga mati-matian pesawat canggih F22 Raptor. Coba deh, Indonesia memiliki presiden berwawasan kedirgantaraan barangkali sejak sekarang presiden kita sdh inden 4 skuadron T-50 Pakfa….

  21.  

    bung….. menurut temen ane tni wktu ngobrol2 ya bener alutsista yg baru bnyk yg dateng tp dia aja gak tau apa aja itu , bnyk yg dianggep terlalu bahaya kalo publik sampe tau….rahasia negara

  22.  

    Moncerrrrrr…yonhap ga nongo ada barang moncer ..ahoi..ahoi.:

  23.  

    Kapan yah diexpose berita Insinyur pakfa ama jitenbi dipancung.. Hahaha.. Cibir bisa, buat ga bisa.. LMFAO

  24.  

    Yg..lebih..siluman.alutsista TNI tp yg lebih lg.tuyul..xixi…

  25.  

    Iya yah. Pilot TNI AU ga pernah Selfi nenteng Helem. Wakakaka

  26.  

    Asu pasti sebel dan mencak-mencak karena Om Rusky begitu murah hati membagi teknologi ghoib pada negara yang dikecualikan oleh Asu.
    Sekarang F 22 dan F 35 dapat lawan tangguh.
    Sebentar lagi kita juga akan ditawari.
    Muantaaap. Ha ha ha

  27.  

    wow … mantab beybeh …

  28.  

    gila bener ni om bear, ntu rudal siluman perasaan bru itungan bulan rencana pengembanganya, koq tau2 dah deal jd tentenganya si pak fa, pak RR tlg pertimbangkan rudal ini, soalnya cuocok dgn Indonesia yg hobi ghoib, beli berapa biji, dan kembangkan.
    ngulang comen yg udah2, “pespur stealth mah dah biasa, tp kalo rudal yg stealth itu lebih dr luar biasa” lbh murah & cepat pengembanganya, IFX gak asik tanpa ni rudal, buat tetangga jgn sepelein uang recehan, itu ngebantu banget buat kerokan klo situ meriang

  29.  

    Yaaah…….maklum yg pegang setir pesawat pilot satria nusantara, makanya bisa menanjak dengan kecepatan 384 m/detik. maaf pendapat wong ndeso

  30.  

    1000% Tni pasti mengakuisisi pak-fa ini….welcome sukhoi family..!!! Sesuatu yg ditakutkan pengamat militer Aust menjadi kenyataan & nightmare…Hahahaha…

  31.  

    Clue dari Pak Menhan kemarin,Sukhoi tiap 5 thn sekali ada generasi terbaru,cocok dengan artikel ini,thn 2020 T 50 diekspor,udah ada negara peminatnya lagi? Kayaknya Pak Jokowi nich yang minat pesawat yang paling baru…,dari berita2 yg lalu…,smoga terealisasikan.

  32.  

    Mantap PAKFA T 50 ….!. Sepertinya mulai 2017 anggaran Pertahanan akan menjadi 30% dari total APBN ……!.

  33.  

    bung @pw, sdkt koreksi
    ‘T-50 juga dilengkapi dengan avionik canggih dan sistem Radar Passive electronically Scanned Array yang mutakhir’
    Byelka kan Radar AESA 🙂

  34.  

    itu hasil test mesin awalnya atau apakah setelah dipasang mesin baru…kan rencananya 2018 baru dipasang mesin baru yg lbh kuat dmna tanpa perlu afterburner untuk mencapai kecepatan supersonicnya pengganti mesin AL-41F1 di kelima prototype nya skrg..klo sukses dengan mesin baru siap2 ngantri kita krn terbuka juga jalan untuk akuisisi di 2020…(klo ada duitnya…)

  35.  

    tetap IFX pilihan ku

  36.  

    Gaak terlalu ngarep, daripada dikecewain mulu, sakirnya tuh di sana sini..

  37.  

    Keren artikelnya gan,saya belajar banyak
    jangan lupa visit balik ke blog newbie gan… mohon pencerahannya
    http://gibri.wordpress.com. Terima kasih

  38.  

    Ente salah bung, angaran Defense RI :USD9 M (Rp.110 milyar) posisi sekitar 0,5% PDB

  39.  

    menurut saya tetap beli secukupnya su 35 sebagai pendamping pakfa ke depannya, mereka petinggi tni au yg tau persis brp byk yg diperlukan, tentu pakfa akan menaikkan derajat dan wibawa tni au dan indonesia bila diakuisisi tidak ada kata mahal untuk negara, apapun harus dilakukan untuk NKRI JAYA

  40.  

    Alasan kenapa tni cuma membeli su35 10biji aja kartningi ingin memperoleh pesawat generasi k 5 dari rusia.. Kal tni mau membeli pesawat generasi ke 5 dari AS tni pasti tidak di izinkan membeli oleh AS KARNA indonesia bukan sekutu AS…. ITU PENDAPAT SAYA BUNG… MOGA INDONESIA Q JAYA…..

  41.  

    lebih siluman………

    kuntilanak bung !!
    xixixi………
    peace bung becanda…,…

  42.  

    Su35 adalah batu loncatan gen.4 ke gen.5, jadi anda boleh akuisisi generasi 5 pakfa jika anda sdh menguasai generasi 4.5 su35.
    Presiden Jokowi memang demen pakfa banget sperti ucapan mr.gazulin.
    Akuisisi su35 yg berkisaran 72 unit akan tetap dilanjutkan berbarengan dgn 48 su34 fullback.
    26 unit su30, 5 su27, 12 Tu22 backfire dan 16 pakfa T-50. Total 180 unit shukoi berbagai variant.
    1unit su27 yg masuk perbaikan berat di upgrade ke su35 dgn perbaikan pd body, airframe dan sistem avionik dgn menggunakan radar pesa yg dimutakhirkan. Sudah menjadi tradisi bagi TNI untuk menggunakan sampel alutsista untuk penyempurnaan permintaan dan pencapaian settingan sesuai baseline TNI AU.

  43.  

    Dari sekarang itu rusia udah infoin open order mulai th 2020,, negara lain udah mulai mengkaji.. indonesia thn 2020 baru mengkaji.. 2023 baru keluar pernyataan akan membeli.. 2024 akan tnda tangan dgn pembelian 6 biji dgn alasan akan ada teknologi terbaru dan fokus produksi masal ifx dan ke mandirian.. capek dehh.. mudah2an tahun 2019 menhannya yg ngerti strategi dan up to date dgn kebutuhan dan royal dlm membeli alutsista gahar..

 Leave a Reply