Jun 172014
 
Kopaska di pengamanan APEC 2013, Bali

Kopaska di pengamanan APEC 2013, Bali

1 April 2005, dua kapal TLDM dan Marine Police Malaysia buang jangkar di dekat mercusuar Karang Unarang. Upaya kapal patroli TNI AL KRI Tedong Naga mengusir mereka tak digubris.

Komandan KRI pun meminta bantuan dari personel Kopaska yang memang disiagakan di sana. Serka Ismail meminta izin komandan Tim Kopaska Lettu Berny untuk meluncur ke Kapal Malaysia.

Lettu Berny mengizinkan. Namun dia meminta Ismail tak membawa senjata agar tak terjadi kontak tembak.

Serka Ismail melaju dengan motor boat bersama Serda Muhadi dan Kelasi Satu Yuli Sungkono. Ismail memerintahkan motor boat itu melaju zigzag dengan kecepatan tinggi.

Tujuannya agar perhatian anak buah kapal (ABK) Malaysia tertuju pada motor boat. Sementara itu Ismail melompat dan berenang senyap menuju kapal Malaysia.

Tanpa diketahui satu pun ABK, Ismail naik ke atas kapal. Dia mendobrak pintu samping kapal sambil berteriak.

“Di mana kapten kapal,” bentak Ismail hingga ABK Malaysia ketakutan.

Serka Ismail pun sempat membentak seorang petugas meriam kapal Malaysia.

Kapten Kapal keluar. Dengan nada tinggi Ismail bertanya apa keperluan kapal Malaysia di tempat itu. Sang kapten menjawab normatif, hanya menjalankan perintah.

“Baiklah kalau begitu. Daerah ini adalah wilayah saya (Indonesia). Jadi setelah saya turun dari kapal ini, segera pergi dari wilayah ini. Kalau tidak jangkar akan saya putuskan,” sergah Ismail pada komandan kapal Malaysia.

Walau tak bersenjata, keberanian Ismail rupanya membuat nyali para ABK Malaysia ciut. Begitu Ismail lompat ke perahu karet, kapal pertama langsung angkat jangkar dan kabur dari Karang Unarang.

Namun kapal kedua tak mau pergi. Serka Ismail dan Tim Kopaska segera melaju. Aksi mereka dihalangi sehingga Ismail tak bisa naik kapal.

Ismail segera menuju tali jangkar. Dia berteriak sambil menggoyang-goyangkan tali jangkar.

“Kalau tidak pergi, tali jangkar ini saya ledakkan,” ancamnya.

Berhasil. Aksi ini pun membuat kapal Malaysia meninggalkan wilayah Karang Unang.

Rupanya cukup tiga orang Kopaska untuk mengusir dua kapal Malaysia.

Kopaska di pengamanan APEC 2013, Bali

Kopaska di pengamanan APEC 2013, Bali


Kisah ini ditulis dalam buku Kopaska, Spesialis Pertempuran Laut Khusus yang diterbitkan dalam rangka 50 tahun Kopaska.


Lalu, seperti apa sebenarnya profil Komando Pasukan Katak (Kopaska TNI AL). Namanya juga pasukan khusus, tidak banyak informasi tentang pasukan ini. Namun rekan kita pocong syereem memberikan sedikit gambaran tentang Kopaska yang saat itu sedang dipersiapkan untuk melawan Pendudukan Belanda di Papua.

image

Pasukan Katak TNI AL (1953-1954)
Salah satu alternatif penyelesaian upaya pengembalian Irian Barat ke wilayah RI adalah dengan kekerasan. Apabila hal itu terjadi tidak mustahil bahwa TNI- AL ( ALRI) dituntut untuk menyiapkan manusia-manusia katak (Frog Man), maka pada tahun 1954 dilaksanakan “Kursus Frog Man” di Dinas Ranjau KDMS, yang diprakarsai oleh Kapt. Dch. Iskak ( waktu itu menjabat kepala dinas OPH ) dan menghasilkan 4 (empat) orang manusia katak dengan kemampuan –kemampuan yang diberikan antara lain :
1.Penyelaman
2.Demolisi Bawah Air.
3.Bangunan Kapal.
4.Ranjau dan Torpedo

image

Pendidikan Manusia Katak ala UDT (1958)
Dengan telah berhasilnya Tim menyelesaikan kursusnya di UDT IRC. maka dibukalah kursus formal manusia katak dengan kurikulum sesuai dengan UDT, yang akan memberikan kemampuan-kemampuan :

1.Penyelidikan Pantai (Beach Reconnaissance )
2.Pembersihan Pantai (Beach Clearing )
3.Pembersihan Lorong Pendaratan ( Salvage Combat )
4.Demolisi Bawah Air (Underwater Demolition )
5.Raid Demolisi (Demolition Raid )
6.Penyerangan ke Kapal (Snack Attack )

image

Pembentukan Kopaska TNI-AL (1962)
1).Berdasarkan Keputusan Menteri Kepala Staf Angkatan Laut no Skep. M/KSAL 5401.13 tanggal 31 Maret 1962 di bentuk dan diresmikan Komando Pasukan Katak disingkat “KOPASKA” dengan komandan yang pertama Letkol Laut OP Koesno. Adapun tugas dari Kopaska adalah sebagai berikut :

a.Reconnaissance Amfibi
b.Raid Amfibi
c.Pembersihan Pantai
d.Salvage Combat
e.Penyelaman
f.Perang Hutan Gerilya

2).Pembentukan / pendidkan pertama dengan masukan dari RPKAD dengan tujuan menyiapkan tim untuk tugas Eliminasi Instalasi Strategis (Radar) di Biak.

3).Pembentukan / penyiapan Torpedo berjiwa.
Disiapkan 3 (tiga) orang sukarelawan (Tamtama) untuk tugas eliminasi sasaran strategis yaitu kapal induk Belanda (HMS Karel Dorman). Kapal tersebut sudah siap diledakkan di Terusan Panama tapi ada perintah pembatalan dari Pemerintah RI

4).Pendidikan Pasukan Katak (Formal) dengan masukan dari Tamtama Pelaut dengan tahapan pendidikan sebagai berikut :

a.Perang Hutan / Gerilya di RPKAD Batujajar.
b.Demolisi Bawah Air di Staksal Surabaya
c.Doktrin Kapal Selam di Staksal Surabaya

5).Staf inti dan Instruktur inti adalah sebagian lulusan UDT IRC dan sebagian lulusan sekolah Demolisi Bawah Air AL Rusia.

image

Pembentukan Satuan khusus / Startegi Kopaska 1964.

1).Berdasarkan Instruksi Menteri, KSAL No. Ins. M / KSAL.3401.53 tanggal 4 Desember 1964. Di bentuk kesatuan strategis/khusus di lingkungan Kopaska Angkatan Laut dengan tugas-tugas :

a.Inteligents Reconnaissance Partai Musuh.
b.Beach Clearing
c.Mengadakan serangan tiba-tiba terhadap kapal-kapal musuh dan fasilitas-fasilitasnya
d.Mengadakan Demolition Raids
e.Ship Bottom Survey dan assistensi ringan bawah air

2).Di dalam pelaksanaannya, Pendidikan / Latihan memakan waktu 1 (satu) tahun dengan pemberian kemampuan tambahan :

a.Pengetahuan Dasar Intelijen.
b.Penyamaran (Desepsi)
c.Sistem security dan warning
d.Komando hutan
e.Taktik dan Operasi
f.Menembak dan Demolisi
g.Mengenal macam-macam senjata
h.Membaca peta dan kompas
i.Infiltrasi dan Eksfiltrasi
j.Supply ekonomi
k.Penggalangan

3).Disiapkannya 5 (lima) tim untuk lima sasran objek vital.

(sumber: merdeka.com dan pocong syereem)

  237 Responses to “Kopaska Highlights”

  1. uno
    mantab

  2. pertamax-kah ??? ….

  3. Mantaf bung ps

  4. Ijin Pertamax…..

  5. Ngeri2 sedap nich

  6. saluttt dahh

  7. tambahan sedikit ya Bung Diego sampai tahun 1980 an aja, hehehe…. :mrgreen:

    Konsolidasi (1965 – 1975)

    Pada periode 1965 – 1975 dilaksanakan konsolidasi pasukan meliputi bidang Administrasi Personel, Pembinaan Personel, Peralatan dan Perlengkapan Organik, Sarana dan Prasarana.

    Dalam periode konsolidasi ini Pasukan Katak diberikan tugas – tugas antara lain:

    1. Operasi khusus
    2. Pengamanan VIP
    3. Satgas EOD
    4. Tugas SAR
    5. Survey / Asisten Ringan Bawah Air
    6. Pembersihan Pantai / Pelabuhan
    7. Salvage
    8. FIG ( Factual Information Gathering ) khususnya Hydrographic dan Off Shore
    9. Bintermar

    Peremajaan (1976 – 1977 )

    1. Pada periode ini mulai dilaksanakan pendidikan formal untuk mencetak anggota Pasukan Katak Baru. Disamping itu juga mendatangkan MTT UDT dari AL Amerika untuk meningkatkan mutu pasukan dan yang sekaligus dipersiapkan untuk menjadi instruktur pendidikan Pasukan Katak

    2. Markas Pasukan Katak pindah dari Jakarta ke Surabaya. Dengan kedudukan setingkat Divisi di bawah satuan kapal Amfibi.

    3. Untuk melayani tugas – tugas pangamanan EOD dan lain-lain di BP-an satu Detasemen Pasukan Katak ke Pangdaeral 3 ( Jakarta ).

    Pembentukan Pasukan Khusus TNI-AL di Armada RI (1982 – 1983)

    1. Berdasarkan Surat Keputusan KSAL Nomor : Skep / 2848 / XI / 1982 tanggal 4 Nopember 1982 tentang pembentukan pasukan khusus TNI-AL yang disebut Pasukan Khusus TNI AL dengan personel dari Paska dan Taifib ( Marinir).

    2. Sebagai tindak lanjut dari Skep / 2824 / tersebut Pangarma RI mengeluarkan Surat Keputusan Nomor : Skep / 91 / II / 1983 tentang pengorganisasian pasukan khusus TNI AL di Armada RI.

    3. Dalam perkembangannya Skep / 2824 / XI /1982 tersebut disempunakan dengan Skep KSAL No. Skep / 772 / IV / 1985 Tanggal 16 April 1985 yang berisikan pencabutan Skep 2824 tersebut dan membentuk Denjaka dengan pembinanya Dan Kormar

    Pengembangan Pasukan Katak TNI-AL Menjadi Satuan Pasukan Katak Armada Timur

    Berdasarkan Surat Keputusan Kasal No. Kep. / 33 / XI / 1984 Tanggal 10 November 1984 tentang pokok-pokok organisasi dan prosedur Armada RI Kawasan Timur kemudian disusul dengan surat keputusan Pangarmatim No. Skep. 36 / V / 1985 tentang likuidasi Dislamatarma. Pembentukan Satpaska Armatim dan Pembentukan Satpaska Armatim dan Pembentukan Dislambair Lantamal Surabaya maka tanggal 18 Juni 1985 di Dermaga Madura Ujung Surabaya oleh Pangarmatim telah diresmikan berdirinya Satpaska Armatim.

    Berdasarkan keputusan KSAL No : Kep / 33 / XI / 1984 tersebut diatas maka tugas pokok Kopaska adalah :

    “Melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur Paska sesuai tuntutan kualifikasi sebagai Pasukan Katak dalam rangka meningkatkan kemampuan tempur Armada RI “

  8. Ngeri-ngeri sedap nih…

  9. tanjung datuk kabarnya gmna ya… apakah kapal2 sonora sudah mundur atau gmna?
    mohon sesepuh update siskonnya…..

  10. KOPASKA memang luar biasa..Hidup marinir..Hidup TNI..

    • “TAN HANA WIGHNA TAN SIRNA” tidak ada rintangan yang tak dapat diatasi

      • bung pw….kata kata motivasi yg sederhana tapi efeknya luar biasa,dan tentunya bisa jg dipakai oleh kami
        sesuai keadaan negeri saat ini yg berantakan ga karuan,menafsirkannya sebagai rintangan bagi kita,maka TAN HANA WIGHNA TAN SIRNA,keberantakan negeri ini suatu saat akan sirna

        • hehhe..kata “sirna” di akhir kalimat itu sesuai motto ya..( diatasi ).. jgn diartikan makna “sirna” sesungguhnya ( redup ).. heheh.. 🙂 salam Bung Urakan..

          • salam balik bung pw
            sirna dari bahasa sansekerta
            itulah uniknya bahasa Indonesia,satu kata bisa banyak makna,dan satu makna bisa banyak kata
            duh,jadi ingin bisa bahasa sansekerta bung pw,apalagi klo ingat banyak kitab2 sejarah kita yg dirampas habis habisan
            suatu saat kitab2 itu harus kembali ke negeri ini
            semoga

          • amien Bung Urakan..

  11. Inget pernah mampir pondok dayung dulu..mesti nyebrang pake rubber boat..seragam masih pattern tni lama ama yg ditenteng kebanyakan masih AK..belum macem2 kek skrg..inget juga abang yg dulu msh anggota cerita pernah dipeluk perwira petinggi disana karena salutnya beliau dgn kemampuan hasil gemblengan yg luar biasa di satuan yg luar biasa ini pula..hingga sampai kini kehormatan satuan ini disegani kawan juga ditakuti lawan..btw baretnya masih biru tua gak ya?

    • baretnya udh ganti Bung Akung dgn warna merah mirip Kopassus

      • Oiya bung PW..thanks infonya lama saya gak ngikutin satuan ini..abang saya juga lama hilang gak ada kabarnya..

        • sama” Bung Akung.. oia..abangnya Bung Akung dinas dimana ? kalo Bung Akung kehilangan kontak / informasi, Bung Akung bisa datang ke pusat penerangan / informasi AL.. nanti akan dibantu beliau bertugas dimana saat ini.. tapi syarat dan ketentuan berlaku ya.. hehehe.. 😛

  12. untuk info up t datenya kopaska kok ga ada za??

  13. Mantap bung Ps,mau request sama bung Ps dibuatkan artikel mengenai pembebasan kapal sinar kudus di perairan somalia,versinya bung ps ( ngarep.com )

    • nanti saya coba minta langsung dari komandan pelakunya saat itu ya, Pak A. Taufiqurrahman biar Warjagers jelas :mrgreen:

      • iya bung PS..ngarep kisahnya diangkat jadi film juga kayak captain philips..hehe

      • bung ps, comentnya navy sela gmn terhadap kopaska ini, kan mereka sdh sering latihan tuh di flash iron? battle ordernya kopaska apakah mirip navy sela juga? kalo sama denjaka bedanya apa bung..? maap pertanyaannya borongan

        • kalo mengenai skill individu dan ketahanan fisik mereka angkat sepuluh jempol buat Kopaska kita Bung, ya kalau taktik bertempur ada sedikit kemiripan Bung :mrgreen:

        • dikit lagi, bung…angkat 10 jempolnya untuk hal apa yang bung…kalo team seal one saja angkat 10 jempol brarti kopaska kita setara team seal six ya bung…

          • banyak Bung, yang mereka aja tidak sanggup :mrgreen:

          • Waktu kopasus diberitakan peringkat 3 dibawah sas dan sayeretz,kopaska diposisi brp ya bung ps?

          • hehehe…. wong yang bikin peringkat kan pihak luar negeri Bung, bukan kita :mrgreen:

          • nah kalo menurut versi bung PS secara jujur tidak melebihkan dan tidak mengurangi.. posisi kopaska kita peringkat nomer berapa di satuan khusus internasional..?

      • Bung PS beliau masih kolonel ya… Beliau masih di dandenjaka ya? Sudah lama gak ketemu beliau, terakhir waktu latgab TNI Polri 2012 di Kep. Seribu… 🙂

        • ehhh.bung Jalo akhirnya muncul..saya memang lg nunggu bung jalo nih. saya mau nanya bung jalo krn hal yg saya mau tanyakn bidangnya bung Jalo
          beberapa hari yg Lalu temen saya ngobrol dengan Mantan salah satu Kepala Riset TNI AL di Surabaya. ada satu bintang di Pundaknya, beliau skrng bertugas di jakarta.
          terjadi diskusi panjang mengenai Nasib beberapa Infrastruktur yg di miliki AD ataupun AL yg sekarang Kondisinya terbengkalai krn adanya sistem e-catalog.
          yg menjadi diskusi selanjutnya sangat menarik Bung jalo dengan keluarnya Statement dari Bapak Bintang satu tsb ” banyak hal yg kita gk bisa Optimalkan penggunannya, bukan hanya Infrastruktur tsb.. tp hasil dari riset Bio teknologi yg sdh ada. contoh : hasil riset kami.
          Lalu temen saya nanya : Mohon Ijin Jendral, riset apa ya?
          ” kl negara sebelah Usil, kita gk perlu pusing2..kita lepasin aja nyamuk 5 ekor, habis (mati )mereka dalam waktu singkat.
          temen saya nanya lagi: Mohon Ijin jendral, Nyamuk beneran?
          ” iyalah….makanya knp gk kita pindah saja infrstruktur itu ke deket batam sana, kita optimalkan hasil Riset tsb sedia payung sebelum Hujan”
          ” dah, kita ngobrol yg lain..bahaya kl di teruskan’

          dari dialog tsb saya meyakini, gk mungkin sekelas Bintang satu mengumbar kalimat2 Kosong.
          saya lgs ingat dengan perkataan beberapa narasumber di sini, bangsa kita itu besar, Para peneliti kita itu cerdas, dn kita mampu melakukan apa yg bangsa2 maju lakukan..
          persoalaannya kembali ke pemerintah untuk bersungguh2 memberikan dukungan, acces penuh agar semakin banyak hasil riset baik untuk kepentingan Militer atau Non militer.
          pertanyaan saya buat bung jalo dan para suhu : emang bener ya, kita punya nyamuk yg lbh sakti dari pada nyamuk malaria?….
          hehehehe

          mohon pencerahannya Para Suhu.

          Salam NKRI

        • 🙂

          Itu yg dimaksud adalah nyamuk tanpa arah… 🙂

          • Waduh kalo nyang ini ane gagal paham nih bung jalo. Sehebat itukah para peneliti kita bung. Masyaallah bangganya saya. Mudah mudahan ada riset dari mereka untuk kemakmuran rakyat amin

          • bung jalo..jangan2 bener nyamuk gk jelas..hehehehe.
            sama bung freaxout, saya denger hal ini juga lgs ereksi. tp moso bintang satu ngomong kosong ya..

        • @jalo : beliau kalau tidak salah sudah bukan kolonel lagi bung,pasca pembebasan sinar kudus langsung naik pangkat dan sudah tidak di koarmabar lagi 🙂

          • beliau sudah jadi shuriken dua bung, kalau tidak salah sudah menjabat menjadi Gubernur AAL Surabaya 🙂

    • video release nya juga ada koq bung 🙂

    • nemu cerita pembebasan mv sinar kudus di sini… https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=392096154223102&id=358471770918874

      nunggu pencerahan dari bung PS.. 🙂

  14. salam kenal Bung PS, kalo berkenan bisa diceritakan juga operasi2 yg pernah di lakukan Pasukan Katak. Untuk memompa semangat dan nasionalisme generasi muda tentunya, terima kasih..

  15. Paskal tldm pasti langsung tercirit klo liat kopaska haha

  16. mau tanya kopaska tu jumlah nya berapa personel. . .

    Trus kata nya 1 kopassus sama dengan 5 tentara biasa. . .1 kopaska sama dengan 5 kopassus. . .dan 1 tontaibif sama dengan 3 kopaska. . .apa betul. . .

    M’f banyak tanya..soal nya perut lagi kenyang ni. . .

    SALAM NKRI

    • jumlahnya = Rahasia.. 😛

      kemampuan 1 personil pasukan khusus = kemampuan 5 orang personil pasukan reguler.. setiap matra pasukan khusus mempunyai keahlian khusus masing” jadi perhitungan yang Bung Dhadone sampaikan belum betul.. hehehe.. 🙂

    • masak sih, dasarnya apa perbandingan seperti itu, bahkan kalo mengingat indonesia dan sebagian besar asia masih army oriented, menjadikan kopasus memiliki kelebihan dan pengalaman operasi lebih banyak untuk operasi tempur.dan sebagian besar peserta di assam kemaren juga dr kopassus. setelah soekarno tumbang AL agak dikecilkan perannya oleh soeharto. tp baik kopassus dan kopas.AL memiliki kelebihan yg diunggulkan, contohnya untuk survival dihutan sebagian besar masih berguru ke batu jajar, begitu juga untuk operasi amphibi kopasus masih berguru ke intruktur AL. CMIIW.

    • Kalau mengutip jenderal luhut pandjaitan kopasus itu creme de la creme TNI…artinya mereka berada di ujung piramida strata kemampuan TNI…

      Berarti minimal denjaka dan taifib setara dgn kopassus…

      • Kalo ngga keliru bung werh itu untuk yang official kalo black ops lain lagi. Dulu kan ada pasukan rajawali yang sekarang jadi rider.

        • Rajawali itu ada Kopassus dan Kostrad

          • Oh gitu ya bung jalo saya kira baret merah pintu gerbang untuk pasukan spesialis. Biasa rakyat bukan anggota jadi ngga ngerti

          • Bukannya Timsus Rajawali gabungan ya bung jalo? Ada Kopassus, Kostrad, Marinir, Brimob (Timor Timur), dan paskhas? Klo nggak salah operasinya di Timor Timur dan aceh dan saat ini Timsus Rajawali dengan Kompi Pemburu dan jaring laba-laba nya sudah bermetamorfosa jadi Raider?

  17. Bung PS, perekrutan denjaka d ambil dari anggota kopaska dan taifib, kira2 brapa lama pendidikannya denjaka? apa benar dengan tangan dan kaki terikat harus bisa berenang d laut sejauh 3 km?

    • Satpaska juga ada pelatihan jika ditangkap musuh dgn tangan terikat yg jika terpaksa harus berenang msh dgn tangan terikat dan seragam lengkap..gimana cara berenangnya ya 😀 belum lg perut yg selalu dihajar popor, katanya sengaja biar tidak banyak ruang udara diperut dan sengaja dipecahkan..ga tau bagian mana dan apa itu..

    • banyak tahapnya dan lama pastinya Bung :mrgreen:

    • menahan nafas yg lama sambil membebaskan diri dari ikatan habis itu berenang- renang dahhhh…
      yang aku lihat dulu waktu pelantikan baret merah kopassus,,, para calon komando harus berenang dari daratan Cilacap menuju P. Nusakambangan yg jauh bgt dan tidak sedikit yang gagal.

      • kalo udah biasa, di air bisa tenang. jadi pertama harus dibiasakan, lalu air laut yang asin sebenarnya punya daya apung yg lebih tinggi dari air tawar, walau faktor gelombang laut jg bikin susah. kalo nahan nafas, sepertinya tidak akan tahan lama juga, biasanya biar tahan agak lama nggak hirup udara bisa pakai teknik hyperventilation ..

  18. beda apa kopaska sama denjaka..?? bukankah sama2 pasukan khusus..maaf pertayaan awam

    • tugas hampir sama mirip, hanya nama kesatuan yang beda Bung, hanya anggota Denjaka diambil yang terbaik dari terbaik-terbaik dari Kopaska dan Taifib Bung :mrgreen:

      • Bukannya Denjaka lebih ke penanggulangan teror seperti pembajakan ya bung? Walaupun anggota Denjaka direkrut dari Kopaska dan Taifib. Taifib lebih ke persiapan dan pengintaian untuk Pasrat Marinir. Kopaska lebih ke sabotase dan pengintaian. Kopaska biasanya suka ada di beberapa KRI. Walaupun saya bingung juga tupoksinya kalo liat kualifikasi semua passus pasti 3 matra. Ketika ada tugas saya jadi bingung satuan mana yg harus ditugaskan. Apalagi satuan Gurita yang nggak tau beneran ada apa nggak karena nggak pernah dipublikasikan dan belum pernah liat logo lambang satuannya.

        Denjaka sepertinya mirip Gultor 81 dan Denbravo.
        Klo di AD selain kopassus yang dibagi jadi 3 grup, ada lagi Tontaipur yang tugasnya untuk patroli jauh kedalam wilayah musuh. Dan memiliki kualifikasi anti teror dan 3 matra juga. Juga batalyon Raider.

        Jadi bingung sya, kualifikasinya mirip hanya kopaska saja yang berbeda. Bahkan di Kopassus pun ada kualifikasi Paska nya. Sekopaska nya juga ada yang belajar di Kopaska.

        Kalo Paskhas umumnya lebih ke persiapan, pertahanan dan perebutan pangkalan seperti kejadian di Bandara Timor Timur ketika Interfet dari Aus mulai masuk kesana. Dalpur dan anti teror nya Denbravo. Nah yang lebih bingung lagi untuk Paskhas ini semua anggota kualifikasinya Komando, setara dengan Kopassus dan Kopaska.

        Hadeuh jadi tambah bingung ini…klo ada tugas tertentu, satuan mana yang harus ditugaskan. Mohon dibahas bung PS dan yang lainnya kayaknya perlu artikel sendiri nih mengenai Passus Indonesia, kualifikasinya dan tupoksi nya masing-masing.

        • makanya sekarang ini sedang digodok komando satu atap untuk pasukan khusus Bung, contoh misalnya ada pembajakan pesawat, saat ini pasukan khusus kita yang mempunyai kualifikasi untuk itu ada Bravo, gultor 81 dan Denjaka juga bisa, nah yang mau ditugaskan yang mana hayo? bingungkan, secara semuanya mampu, makanya saat ini sedang diintegrasikan Bung :mrgreen:

          • Nah ntu dia, banyak anggota Kopassus yang berkualifikasi frogmen juga sampai bikin pendidikan kualifikasi paska juga ya walaupun masih ada materi, peralatan, tempat, dan instrukturnya yang memang dari Kopaska.

        • gampang kok Bung Cakra membedakan tugas pasukan khusus..

          AU = perebutan dan mengamankan pangkalan udara
          AD = sabotase, pengamanan objek vital dan tugas lainnya di jantung musuh
          AL = persiapan penyerbuan lewat laut / pantai, sabotase pangkalan laut, sapu bersih pantai, dll..

    • Kalau tidak salah, Kopaska itu di bawahnya TNI-AL. Sedangkan kalau Denjaka itu di bawahnya Marinir. Jadi proses perekrutannya beda, struktur komandonya juga beda. Kalau tdk salah, kalau mau ikut seleksi Denjaka harus sudah lulus Taifib, artinya ya dari anggota2 Taifib.
      Merujuk pada nama Denjaka: Detasemen Jala Mengkala maka kemungkinan posturnya juga lebih ramping dibandingkan Kopaska. Mungkin postur Denjaka lebih mirip Den 81 di Kopassus atau sekarang namanya Den Gultor ya.
      Mengenai keahlian masing2 menurut saya sebenarnya mirip2, karena pola latihannya juga sama kerasnya dan sama mati2annya. Hanya mgkn tugas pokoknya dititik beratkan pada penugasan sesuai matra masing2.
      Mohon maaf kalau ada info yg salah. Maklum hanya pengamat dalam masa percobaan. Kalau ada yg salah mohon dikoreksi.

  19. Selama ini qta selalu disuguhi cerita minor tentang tni, dan via @ps kisah heroik tni tidak kalah dengan pasukan dari negara lain, matur nuhun bung..ngarep buanget nih di jilid selanjutnya kisah hiu kencana ada donk kesuksesan nenggelamin kapal musuh 🙂 biar endingnya legaaaaaaa

    salut tni

  20. bung PS, itu warna seragamnya ko menurut saya agak2 asu wannabe, apa emang pilihan terbaik ato ada karjasama/hibah seragam? untuk perlengkapan personilnya sudah muantaaap…

  21. Denjaka itu lebih elit dan khusus d banding kopaska dan taifib.konon latihan dan perekrutan lebih ngeri dari satuan lain…

  22. Salut kepada seluruh Penjaga Kedaulatan NKRI..

    NKRI HARGA MATI…

    salam hangat untuk smuanya dari kota lontong kupang :d

  23. Kira Kira Kopaska Kita Dilengkapi pendidikan penggunaan senjata tradisional gak ya kayak panah ama sumpit

    maaf pertanyaan tukang cari rumput…

  24. Mantap…!! saya percaya dengan kualifikasi prajurit – prajurit kita, mereka kemampuannya jauh di atas rata2 pasukan asing.

    So..mari kita lengkapi mereka dengan alutsista canggih…!! beli segera…Kilo, Amur…Su-34, Su-35, sam-300, sam-400, pantsyr, & destroyer.

    Beli segeraa kawan.

  25. kopaska mantafff !!!
    secuil kisah hiu kencana jilid 10 sudah tamat bung PS ???

  26. jangankan kopaska, kami masyarakat jawa timur bagian timur insyaalloh mampu kok bung meladeni pasukan asing…taifib,kopaska aja latihannya juga ada d wilayah sini

  27. gultor,denjaka,bravo satuan khusus dengan kemampuan khusus pula.
    kami bangga padamu TNI

  28. Makasih artikelnya, membanggakan, semoga sehat2 semua. Salam NKRI

  29. kopaska mantap!
    kopaja juga mantap (kopi pake jakartegreater)…jadi pengen ngopi neh

  30. Cerita operasi yang lain dong bung ps…. Lama ga ada berita sedep sedep dri jkgr. Nuwun bung ps.

    • operasi jaga KPK? 🙂

      • hehehe…. :mrgreen:

        • jadi nge-per ya bung ya bergerombol di bawah he he he

          • Wah itu sampe Menkopolkam telp Truno1 kabarnya, dan Truno 1 katanya nggak tau operasi pengepungan itu. Menkopolkam langsung telp Truno2 perintahkan penarikan. Tapi nggak tau bener apa nggaknya, dulu klo nggak salah dimuat di majalah tempo

          • Iya bung Cakra … miris dan seru.
            Semoga ini jadi lesson learned buat POLRI, karena pada akhirnya DS terbukti bersalah di pengadilan, malah di tingkat banding di tambah hukumannya jadi 18 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar serta diperintahkan membayar uang pengganti senilai Rp 32 miliar. Miris kalo liat asetnya yang ada dimana-mana. Pengepungan di KPK adalah blunder … siapa lagi tahu kan? he he he.

            Kalo saya pahami masyarakat ada di depan head to head sama polisi. Sepertinya deploymentnya bermasalah, Truno 1 tidak tahu. Lalu sepertinya ada BKO unit elite mereka terhadap tim polda sumsel. Lalu dibelakang, banyak beredar informasi kalo Panglima mendeploy sejumlah kecil tim top markotop, walau tidak pernah terkonfirmasi. Tapi ini mungkin juga menjelaskan kenapa tidak terjadi main kayu terhadap tim pengamanan dalam KPK.

            Terus terang … kejadian ini dan dengan vonis DS … sangat memalukan. Saya nggak tahu apa yang akan dilakukan POLRI untuk menebusnya … blanko STNK dan BPKB saja susah … ini sebenarnya juga clue.

          • Kejadiannya dilapangan tidak seperti itu tapi bung, operasi yongab di Ambon melibatkan satuan Kopassus, Denbravo, dan yang dari Marinir saya lupa denjaka atau Taifib nya dengan ternyata yongab ini sukses dan battle proven untuk perang kota.
            Untuk satgas merah putih sendiri pun juga melibatkan satuan darat dari Kopassus dan Tontaipur.
            Betul kata Bung PS Panglima memang pernah menyampaikan bahwa pasukan khusus TNI 3 matra akan di integrasikan, jadi ketika akan melakukan operasi satuan 3 matra yg di integrasikan ini yang bergerak. Cuma saya lupa berapa kekuatan personil gabungan ini, karena memang tidak seluruh personilnya yang akan di integrasikan.
            Mungkin kualifikasi yang khusus hanya paskhas dengan OP3UD nya. Setau saya satuan lain tidak ada.

          • sebenarnya kalau dilihat cikal bakal perlibatan ketiga satuan elit ini sebenarnya sudah dimulai semenjak dibentuknya Yongab Ambon bung, meskipun saat ini dibentuk menjadi beberapa gelombang…sayang komandan Yongab di gel 1 sudah gugur kecelakaan helikopter

          • Lah komen ane yang bawah kenapa nyangsrang dimari ya…padahal mau komen di no.19 nya bung PW????

          • Bung Flores infonya simpang siur sih bung. Pertama yang bisa memerintahkan Satuan Khusus seperti denjaka adalah Panglima TNI dan panglima TNI sepertinya tidak akan memerintahkan. Kedua, perwira Polisi yang menjadi petugas KPK dan akan ditangkap (desas desus nya tangkap hidup atau mati) adalah kakak dari anggota Denjaka dan sepupu Anis Baswedan. Jadi desas desus nya memang ada pergerakan tidak resmi dari satuan ini walaupun dilapangan tidak ditemukan adanya bukti bahwa satuan ini ada disana. Klo di majala Tempo, ketika Polisi yang desas desusnya bahkan menerjunkan densus dan sudah mengepung KPK akan masuk gedung KPK dan berhadapan dengan security PAM KPK, ada petugas security yang mengatakan bahwa diluar sudah bersiaga adik dari orang yang akan ditangkap dan berasal dari denjaka. Yang akan masuk gedung kpk langsung mundur. Sehingga beritanya ini sampai ke Menkopolkam. Di Tempo banyak dibahas walaupun tidak terkonfirmasi apakah betul di sekitar gedung KPK ada satuan khusus ini.

          • @cakra : yang menjadi perhatian ini, para petugas polisi yang menyeruduk KPK itu atas sepengetahuan Kapolri atau ada yang bermain di belakang nih…blunder kan sebenarnya ini

  31. Om@PS apa bner ada pasus GURITA?
    Kyknya ini lebih misterius yah…

  32. absen dulu

  33. Tq bung ps,saya tunggu artikel nya,,

  34. Maaf OOT…
    bung @ PS, bung PW…marinir yg jaga mercusuar di karang unarang ambalat itu kalau makan masak sendiri atau dimasakin di kapal perang ya? Sebab kalo diperhatiin bangunannya cuma kotak segi empat di tengah laut gitu…maaf, biasa jadi kuli bung…

  35. Itu Senapan standar Kopaska di gambar diatas itu SS bukan???

  36. Menurut gw; TNI AD harus buka sekolah Combat Diver. Jadi Kopassus; Raider; Kostrad; Kodam bisa bentuk team combat diver sendiri. US Army aja punya combat diver school sendiri. Bahkan USAF special command bakal buka sekolah sendiri krn jadwal sekolah army combat diver suka bentrok (belajar renang tempur sama Ranger bukan SEAL!)

  37. kalo menurut ane nih ya … kopaska, denjaka dan unit2x inflitrasi khusus perang lain, paling siap dan paling terlatih adalah bagaimana melakukan sabotase pangkalan2x upil misal paya lebar, changi naval base dsbnya …. sekenario dari A sampai Z sudah ada.

    • pendapat Bung Flores benar..untuk pangkalan di pinggir laut atau pantai memang sudah tugasnya Satkopaska, Taifib dan Denjaka Bung Flores.. kalo untuk sabotase markas di darat, itu tugas unit khusus matra darat.. semuanya punya tugas masing”..

  38. Ini kan seragam kopaska terinspirasi dari film ACT OF VALOR ya atau mirip navy seal 😀

  39. lah wong delegasi uni eropa saja minta bantuan untuk atasi masalah pembajak di somalia ap nga hebat bgt tuh tni al kita…. mantap dah kopaska. usut punya usut ternyata nga ada satu pun pasukan atau armada laut yang berani masuk ke perairan somalia selain tni al kita saat atasi pembajak di kpl sinar kudus wkwkwkw padahal seabrek aramada laut dr negara eropa dan amerika bahkan kapal induk di sana hanya bisa memonitor kapal perang tni kita yg masuk ke sarang pembajak somalia.sng kapten kapal induk mamarika cuman bisa bilang tni al memang gila dan wow banget…. bukti keterbatasan teknologi dan kecanggihan armada laut kita tak membatasi KEBERANIAN DAN PROFESIONALISME TNI dalam setiap tugas tempur.jaya lah TNI ku

    • sak nekat2x nekatnya perompak Somalia, lebih nekat arek2x Suroboyo nglawan pemenang PD II 🙂

      • itulah jiwa nasionalisme bangsa kita,bung….tidak satu pun yang berani menginjak harga diri kita sebagai bangsa yg berdaulat
        Hidup TNI,..NKRI harga mati

      • makanya … kalo dilawan secara fisik, kita nggak akan kalah ….. lah musuh2x NKRI ini sudah tahu itu …. dikirimlah segala macam ular.

        atau kalo secara teknis pertempuran operasi tempur yang melibatkan pendaratan pasukan gitu sudah dilupakan ya sama NATO? Jadi pasukan marinir atau infrantri baru mendarat di pantai setelah bumi hangus? he he he.

    • Ada sumber info nya nggak bung? Saya tertarik ceritanya nih

  40. boleh dishare ga yang denjaka hitamnya…..?

  41. Mantab nih TNI, btw @bung ps kalo bung sendiri dr ksatuan apa yah ? Heheee pnsrn mode on, salam kenal dan hormat bung ps

  42. menurut kesaksian seorang veteran PD II d Surabaya yg kebetulan teman orang tua saya, waktu pertempuran terjadi banyak pemuda pejuang kita yg gugur karena hanya bermodalkan nekat. karena minimnya senjata dan pengalaman tempur,kalo tidak salah TKR dan laskar rakyat yg punya pengalaman tempur yg memberi perlawanan sengit.waktu itu bukan arek2 Suroboyo saja yg bertempur melainkan juga ada kiriman pasukan2 TKR dan pemuda2 dari luar daerah Suroboyo yg dikirim k Suroboyo ,termasuk dari kota kami Banyuwangi…itu menurut kesaksian beliau

  43. TEPOK JIDAT …… liat latihan kopasus di yutup aj udah ngeri gitu,,, gimana pasukan khusus diatasnya ya ?

  44. @Pak PS : piye kabare Pak Komandan? masih sibuk??? ceritain dikit ttg seorang anggota denjaka yang di panggil untuk back up karang unarang dong Pak,biar pada tau hehehhe berapa kepala tuh di kasih ke atasannya pas malem malem??heheh kabooooorrrrr 😀

  45. Seruuu Abissss, Lam kenal sesepuh warjenger, permisi anak kebo mau nyimak

  46. Mantap deh Indonesian Frogman Gak kalah ama navy seal latihan saja mereka sering bareng

  47. sekalian nanya … kalo itu Kopaska Luminox gak dijual buat umum ya? he he he. Kalo yg navy seal dijual buat umum sepertinya.

    Yang aseli kan tahan 200M, bisa buat nyilem.

  48. Bung PS, Luminox yg d pake kopaska spek kelebihannya apa ya bung? and brapa kira2 harganya?

  49. Ijin gabung dong….mumpung ada artikel tentang pasukan khusus plus plus…
    Kampanye militer ‘preemtive strike’ tentunya bukan sembarang kampanye juga bukan lucu lucuan apalagi gertak sambal karena yang digertak juga bukan pasukan remeh temeh, namanya kampanye nggak mungkinlah bermain sendiri, pasti ada kampanye balasan…just check it out. Dan program selanjutnya kalo menurut ane ya ‘test the water’ dan untuk keperluan ini passus yg akan digunakan….he he he sayang senyap deh. Test the water bertujuan mengukur derajat kekuatan dan deteren terkait kampanye yang sedang berjalan sekaligus mengetahui siapa sebenarnya kawan sejati dan tentu saja musuh sejati…(yg dr luar lo ya)….hehehe cuman celoteh camar kagak betulan….alias ngayal.com

  50. Kesatuan Gurita (Octopus Squad) is an Indonesian Naval Special Forces unit based in Jakarta. Their primary role is off-shore counter-terrorism against shipping and oil installations. The units draws its troops from Indonesian Marine Corp soldiers.[1]

    Kesatuan Gurita is made up of eight regiments, each with 50 Marines. The 400 specialists live in almost total isolation, secluded from family members and outside media during their four year tour with the unit. The specialists are forbidden, under threat of forcible removal of finger and toe nails, from speaking of their work even after they finish their tour of duty. The Indonesian Navy implants sensors in the neck of the soldiers, allowing monitoring of speech from the beginning of their tour to the time of the specialist’s death.

    The unit is made up entirely of men, after a change in policy in 1988, which excluded women from serving in Kesatuan Gurita. Prior to the policy change women and men served side by side. The change in policy, which was controversial at the time and continues to spark controversy in Indonesia from time to time, stemmed from a pregnancy that occurred in 1986 in one of the women serving in the unit. While there was no formal policy forbidding frateranization between soldiers, leadership in the Indonesian Navy felt that the temptation was too great to have men and women serving together, bunking side by side, and in total seclusion. The leadership also felt that the risk of fetal harm was too great and indicated in an official statement that “the value of a non-terrorist human life, especially one that has yet to sin, is too great to compromise in the world of explosives, bio-chemical terror agents, and elements that we may not even know yet.” There was a significant outcry from the 132 women who were in the unit and not pregnant, as they had to be reassigned to different areas within the military. One female soldier, who appeared on television without releasing her identity, said, “We are trained couter-terrorism agents. We take precautions everywhere we go, in every activity. I wear three weapons when I go to the grocery store. The fact that this (expletive deleted) couldn’t take the simple and obvious precation to prevent pregnancy when she was just scratching an itch is disappointing. That I have to give up a position I have trained my entire life for because two people were thinking with parts other than their brains is infuriating.”

    • kalau perang,kesatuan ini bakal di terjunin bareng matra asalnya ga ya bung? denger denger ini kesatuan keahliannya diluar nalar manusia..best of the best bisa dibilang hehehe 😀 atau tetap bergerak di bidang keahlian mereka??

      • gak tau saya bung.. ini nemu di wikipedia.. ngeri2 sedaap bacanya.. cuman ada tulisan yng bikin dahi ngrenyit juga bung… “The Indonesian Navy implants sensors in the neck of the soldiers, allowing monitoring of speech from the beginning of their tour to the time of the specialist’s death”===> segitunya kah..? ini kayaknya lebih dari level Seal tim six.. hampir sama kayak CIA black operative agents.. kayak james bourne gitu.. hahaha.. kebanyakan nonton film saya..

        • hehehhehhe denger denger dari Pak KRI 201,kesatuan itu memang lain daripada yang lain 😀 keahliannya di luar akal sehat manusia….andai saja semua special force di setiap matra memiliku keahlian seperti octopus squad,ngeri ngeri sedapp…udah ah ga mau bahas,tar ada yang nyamperin lagi hehehhe kesatuan yang sangat rahasia tuh hehe kalo mau liat,mampir aja ke depan mangga dua kata pak KRI 201…..mudah mudahan beliau baca ,salam hormat untuk Pak KRI 201…ditunggu di mariiiiii

        • Soalnya biar ngga kayak denhartop bung ucav. Si bb kan kasus. Sampe sekarang belum selesai. Lagian anggota yang lain ngga tau ada dimana. Kalo pake transmitter mungkin bisa di jejak keberadaannya kalo membelot. Lagian passus begini kalo menurut saya ilmu kadigdayaannya dasar aja kalo udah medium kecuali sampe beneran tinggi bisa bahaya. Soalnya biasanya kalah sama perempuan. Kalo yang tinggi beneran (beneran turun gunung istilahnya) itu insyaallah aman bung ucav tapi ngga cocok jadi tentara. Untuk menjaga ilmunya tetep ada ngga bisa kudu ngantor apa kudu apel atau apalah yang rutin. Jadinya susah.

          • kalau kasus si bb kan cuma gara gara perempuan dan beliau sakit hati sama orang orang di atas Bung Freaxout…..tapi skrg udah reda kayaknya. semoga aja kasus ini udah selesai dan tdk ada rasa dendam yang mendalam Bung…mari kita doakan saudara bb…….

          • Makanya itu di tempelin transmitter. Juga jangan naggung kalo tinggi ya beneran tinggi kalo dasar ya beneran dasar. Biar ngga kalah sama perempuan

          • yup betul Bung!!! 😀

  51. “The 400 specialists live in almost total isolation, secluded from family members and outside media during their four year tour with the unit. The specialists are forbidden, under threat of forcible removal of finger and toe nails, from speaking of their work even after they finish their tour of duty. The Indonesian Navy implants sensors in the neck of the soldiers, allowing monitoring of speech from the beginning of their tour to the time of the specialist’s death.” =========> benarkah ini bung PS..? gile syerem amit doktrinnya…

    “We take precautions everywhere we go, in every activity. I wear three weapons when I go to the grocery store” ==========> udah kayak operative agent CIA kesehariannya..

  52. ajib
    absen dl
    n salam penghuni jkgr

  53. Bung PS,ada di artikel yg menyebutkan 3 sukwan yg mau meledakkan kapal induk karel doorman di terusan panama, sudah siap di ledakan,kenapa di gagalkan ya..??mohon pencerahan nya bung PS,tx.

  54. Jakarta, Aktual.co — Sebanyak 16 patok perbatasan Republik Indonesia-Malaysia hilang dan rusak maupun bergeser. Patok yang hilang ini berada di RT 13, Desa Sekaduyan Taka, Kecamatan Siemanggaris, Kabupaten Nunukan.

    Perusakan patok ini sudah dilaporkan ke Polres Nunukan oleh anggota TNI dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia Yonif 100/Raider, berada di kawasan perkebunan kelapa sawit PT Bhumi Siemanggaris Indah (BSI).

    AKBP Robert Silindur Kapolres Nunukan mengatakan patok-patok perbatasan yang rusak, bergeser dan hilang ini diduga akibat aktifitas pekerjaan pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit PT Bhumi Siemanggaris Indah (BSI). “Penyelidikan sementara hilangnya patok perbatasan ini akibat aktifitas pekerjaan pembukanaan lahan,” ucapnya, Selasa (17/6).

    Anngotanya juga mengamankan beberapa barang bukti diantaranya  satu unit alat berat jenis bomag Nomor BW 211D – 40, yang diduga digunakan untuk merusak patok perbatasan.

    “Kita akan selidiki terus perusakan patok perbatasan negara ini,” tutupnya.

  55. selamat malam teman teman warjager semua..
    mf wong pinggiran ikut nimbrung..
    Q lgi liat kamera ria,di tampilkan latgab 2014, barusan q liat kayaknya ada jet tempur su 34 dan rafale kalau ga salah,soalnya cepat banget tayangannya..
    mohon pencerahannya dari para senior warjager..

  56. Indonesia memiliki pasukan khusus yg hebat sbenarnya sudah ada sejak nenek moyang kita…Majapahit bisa menguasai asia tenggara karena pasukan dan armada laut yg tangguh dan hebat, bahkan mungkin cina dan mongolia pun saat itu gentar dg pasukan Majapahit. mungkin sudah menjadi takdir bangsa kita memiliki kearifan lokal yg luar biasa yg tidak semua negara memilikinya…..konon, prajurit sekelas Rider aja d bekali kanuragan dasar. apalagi sekelas denjaka ato pasukan gurita. tidak heran mereka memiliki kemampuan d luar nalar. d tempat kami walaupun sudah langka, masih ada juga orang yg bisa berjalan d atas air ato sholat d atas pucuk daun. kalo kulit gak tembus pelor 7,6mm insyaalloh sudah umum…tapi kelemahannya sama politik adu domba…itulah taktik yg d pakai oleh asu dkk

  57. PT BSI..Pemiliknya sering sarapan sama wamenhan kita he2..karyawannya sering wajib militer kalau ga salah si..

  58. PT BSI..Pemiliknya sering sarapan sama menhankam kita he2..karyawannya sering wajib militer kalau ga salah si..

  59. Ijin menambahkan Bung PS
    Baret Kopaska diganti dari biru tua menjadi merah bara, Sejak 30 April 2007.
    calon anggota Kopaska dari anggota TNIAL tapi bukan anggota marinir,minim pernah berdinas di KRI selama 2 thn,lulus kesamaptaan pasukan khusus,Lulus Tes Berenang (militer, gaya katak dan gaya bebas),Lulus Tes Ketahanan Air,Lulus Psikotest khusus
    Walau Korps mereka sebenarnya Pelaut , bagi bintaranya biasanya disertakan kecabangannya,, misal Sersan mayor “Katak” Jalo ..

    Tugas tugas Kopaska ”
    Tugas dalam Operasi Amphibi : Beach Recconaisance, Post Reconnaisance, Beach Clearing, Lead and put Beach shore navigation.
    Operasi Khusus : Sabotase / Anti Sabotase, Clandestein, Salvage Combat, Mine Clearance Ops, Send and Pick up agent
    Operasi Tambahan : PAM VIP VVIP & Vital Obj, Underwater Survey, SAR, Factual Information Gathering

    Kopaska bukan saja dipersiapkan untuk operasi amfibi, tapi juga untuk menangani operasi klandestin, sabotase, kontra-sabotase, explosive-ordnance disposal dan salvage combat. Kemampuannya bermanuver di empat media /Matra (darat, laut, udara, dan bawah air)

    Sekarang Latihan Kopaska Juga ditingkatkan
    Materi penyelaman pencarian dengan system Cirle dan Jack Stay, penyelaman dalam dan pencarian, pergerakan ke pantai / sneak attack, penghancuran dermaga, gerakan perorangan dan tim melalui media bawah air.
    Seluruh rangkaian kegiatan latihan periodik biasanya diawali dengan renang malam, sejauh 3 mile laut ketinggian gelombang 1,5 meter di tengah kegelapan malam dan gelombang, seluruh pasukan Kopaska berenang dan menyelam untuk sampai ke pantai pendaratan dengan menggunakan peralatan selam open circuit, alat selam semi sampai peralatan selam close circuit LAR VII yang tidak mengeluarkan gelembung udara.
    seluruh rangkaian latihan ini diakhiri dengan Full Mission Profile (FMP)

    Kopassus juga berlatih UDT ke Kopaska,sedangkan Kostrad mempercayakan pendidikan intelijen aspek laut untuk calon anggota Ton Tai Pur kepada Kopaska

    Untuk Camo Kopaska ada juga doreng dengan motif Kodok printing,,
    Seingat saya Camo coklat itu Mulai dipakai saat Komandan Satuan Komando Pasukan Katak (Dansatkopaska) Koarmatim Kolonel Laut (E) Y. Bramantyo, ( Yeskil 😀 )
    Awal tahun 2000 an beliau menjabat komandan sekolah selam di armatim,, gak tau sekarang sudah suriken apa belum,.,sepertinya dimabes
    hehehehe

    Nyumbang Gambar Kopaska saat diresmikan Presiden Sukarno pada tanggal 31 Maret 1962.didermaga ujung Surabaya,

  60. Anak buah bung PS ngapain juga ngawal passus latihan Inflitrasi di kasel memakai Kaos bertuliskan
    Satuan Kasel Kilo
    https://fbcdn-sphotos-d-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash4/t1/1656120_687102718008894_1907187459_n.jpg
    hehehehe just hoax…

  61. Waduuu bung@satrio kalo anda uda dpt potona masak hoaxx ?? Waahh mantabb ni. Itu tg duduk bukan bus ps ya ndan ? Heheh colek bung ps

  62. soalnya belum ada dan gak ada perintah dari atasan Bung Ipur.. teman” Polri masih bisa menjalankannya.. kalo untuk BIN dan BAIS sudah berkoordinasi.. 🙂

  63. sayang, belum punya wewenang yang diatur undang-undang alias payung hukumnya Bung, mudah-mudahan pemerintah kedepan mau membuat legitimasinya :mrgreen:

  64. Bung@PS tu di poto Bung Satrio, ntu kopaska lg pada jalan di atas KS…? KS apa ntu bung..?

  65. Mantap artikelnya

  66. Salutttt……

  67. Serka Ismail melaju dengan motor boat bersama Serda Muhadi dan Kelasi Satu Yuli Sungkono. Ismail memerintahkan motor boat itu melaju zigzag dengan kecepatan tinggi

  68. semoga Indonesia tetep maju. Hidup INDONESIA

  69. Thanks for your share…..

 Leave a Reply