Tabrak Pesawat Tanker, F-35B Jatuh

Jakartagreater.com – Sebuah jet tempur F-35B jatuh di Imperial County, California setelah bertabrakan dengan pesawat tanker KC-130J pada Selasa sore. Tabrakan terjadi saat F-35B sedang diisi bahan bakar oleh pesawat tanker di udara, lansir DailyMail.

F-35B entah bagaimana akhirnya menabrak pesawat tanker tersebut, menyebabkannya jatuh ke tanah dan terbakar. Pilot berhasil eject keluar dan terjun payung ke tempat yang aman – pilot akhirnya dirawat karena menderita cedera.

Pesawat tanker KC-130 akhirnya melakukan pendaratan darurat di lapangan dekat Thermal, California. Delapan awak pesawat tanker selamat dan tidak terluka.

Korps Marinir AS mengonfirmasi tabrakan terjadi selama operasi pengisian bahan bakar, di mana pesawat tanker mentransfer bahan bakar ke pesawat penerima di udara, yang memungkinkannya tetap beroperasi di udara untuk jangka waktu yang lebih lama.

Menurut Korps Marinir AS w sekitar pukul 4 sore waktu setempat, sebuah F-35B melakukan kontak dengan KC-130J selama evolusi pengisian bahan bakar udara-ke-udara, yang mengakibatkan jatuhnya F-35B. Pilot F-35B berhasil keluar dan saat ini sedang dirawat.

KC-130J berada di sekitar Bandara Thermal, semua awak KC-130J dilaporkan selamat. Penyebab resmi kecelakaan saat ini sedang diselidiki. Rincian tentang kondisi pilot dan tingkat cederanya belum dirilis oleh Marinir AS.

Pesawat tempur siluman F-35 telah mengalami masalah dan mengalami sejumlah kecelakaan selama bertahun-tahun.

Pada September 2018, sebuah F-35B jatuh di luar Pangkalan Udara Korps Marinir Beaufort, Carolina Selatan, karena tabung bahan bakar yang rusak. Pilot pesawat berhasil keluar dengan selamat.

Kecelakaan itu mendorong pejabat untuk menghentikan semua F-35 untuk memeriksa armada pada 11 Oktober, sebelum mengembalikannya ke status penerbangan pada hari berikutnya.

Pada April 2019, F-35A Jepang dari pangkalan udara Misawa jatuh di lepas pantai Jepang. Pilot Mayor Akinori Hosomi menghilang selama misi pelatihan dan kemudian ditemukan jatuh di Samudera Pasifik.

Pada bulan Mei tahun ini, F-35A Angkatan Udara AS jatuh saat mendarat di Pangkalan Angkatan Udara Eglin di Florida.

6 pemikiran pada “Tabrak Pesawat Tanker, F-35B Jatuh”

Tinggalkan komentar