Nov 242016
 

ddg1000-01

Siapa bilang hanya kapal induk Admiral Kuznetsov yang pernah mogok dan harus ditarik oleh kapal tugboat, bahkan kapal perang super-modern U.S.S Zumwalt (DDG-1000) baru-baru ini mengalami kerusakan dan mogok.

Fregat siluman berteknologi tinggi saat itu sedang melewati Terusan Panama dan dalam perjalanan ke pangkalan barunya di San Diego, ketika kemudian mengalami kerusakan mesin dan harus ditarik sampai diujung kanal. Kerusakan itu mengakibatkan USS Zumwalt berhenti di bekas pangkalan Angkatan Laut AS Rodman untuk perbaikan. Belum diketahui berapa lama Zumwalt harus menjalani perbaikan.

Kapal perang seharga US$ 4 milyar ini kehilangan tenaga propulsi di pelabuhan selama transit dan kru kapal juga menemukan rembesan air di kedua Advanced Induction Motors (AIMs) Zumwalt – motor listrik besar yang memberi tenaga pada turbin gas kapal sekaligus memberi daya kelistrikan pada sistem kapal.

Fregat ternyata mengalami tabrakan kecil dengan kunci dinding di kanal terusan Panama yang mengakibatkan kerusakan kecil pada bagian luar. Angkatan Laut kemudian memutuskan kapal tidak bisa meneruskan perjalanan ke pangkalan barunya di Naval Station San Diego tanpa perbaikan tambahan.

Insiden ini berselang hanya beberapa bulan setelah Zumwalt menderita kerusakan lain, di mana sistem auxiliary motor drive oil system mengalami kebocoran air yang mengakibatkan kapal membutuhkan perbaikan hingga 2 minggu.

Zumwalt adalah kapal perang permukaan terbaru dan paling canggih milik Angkatan Laut AS yang dilengkapi dengan sistem persenjataan dan teknologi eksperimental. Zumlait juga menggunakan berbagai perangkat dan sistem pengoperasian yang serba digital sehingga hanya membutuhkan separoh awak kapal dibandingkan kapal perusak lain.

Bagikan:

  27 Responses to “Tabrakan Kecil, USS Zumwalt Harus Ditarik Tug Boat”

  1.  

    nggak moncerrr

  2.  

    Salah pake gas nih kaprang,
    Gas 3 kg 😀

  3.  

    gak pakai pampers…bocor dahh

  4.  

    Cuman kesenggol gembok aja bocor…..katanya canggih…….hadueh……..

  5.  

    ceritanya mungkin sama panjang nya ama F-35… high tech but high risk

  6.  

    Wooooooow….

    yg suka teriak” & meleceh’kan brg China Kw pd ke’mn yaaa….???

    Woooooooiii….
    Jgn ngumpet….

  7.  

    BANNED

  8.  

    mesin rongsok
    mesin bosok
    orangnya plok

  9.  

    “….MOTOR LISTRIK BESAR YANG MEMBERI TENAGA PADA TURBIN GAS KAPAL sekaligus memberi daya kelistrikan pada sistem kapal.” ???
    Ini “elektro motor starter” atau “elektro generator/alternator”? atau berfungsi dua-duanya seperti “motor traksi” pada kereta listrik ya?!

    •  

      motor stater dan generator beda fungsinya bang . motor stater sebagai penguat atau untuk menyalakan mesin dengan cara otomatis mengunakan listrik . biasanya tanpa motor stater harus di stater manual kan repot tohh heheheh . kalau generator itu penghasil tenaga listrik yg awalnya sedikit di naik kan tegangan menjadi berlipat lipat . sekian .

    •  

      Advanced Induction Motors (AIMs) Menurut saya ini jenis motor induksi yang berfungsi sebagai motor stater dan bisa jadi generator. Mungkin maksud advanced itu rotornya menggunakan magnet tetap, seperti motor hardisk. Kalau IM biasa, rotornya menggunakan aluminium, seperti motor pompa air.

  10.  

    makanya bikin kapal tuh yg lazim bentuknya!!!

  11.  

    Haaa 3x….

    Salam Kenal Bang Fajr….

    Apa’pun alasan kerusakan…
    tetap aja itu kpl ng’gak bisa operational….

  12.  

    Haaa 3x….

    Salam Kenal Bang Fajr….

    Apa’pun alasan kerusakan…
    tetap aja itu kpl ng’gak bisa operational….

    maksud’x kita:
    apa’pun & kyk gmn’pun product suatu negara…
    kalo bisa jgn’lah kita komen” yg men’jelek’kan & me’rendah’kan….
    Apalg product itu juga ternyata msh tetap di’beli & di’pakai sndr….

  13.  

    berat sekitar 15ribu ton dan kamu tulis itu fregat? Lalu yang 2ribuan ton itu kamu nanti tulis apa? Patrol vessel?

  14.  

    tes

  15.  

    hemm

  16.  

    ada pertamax lg ?

 Leave a Reply