TAI dan BAE Siapkan Kesepakatan TF-X, Pakistan Bisa Jadi Mitra

Pesawat Tempur Experimental TF-X buatan Turki. © TAI

Turkish Aerospace Industries (TAI) dan BAE Systems akan meneken perjanjian desain dan pengembangan jet tempur generasi kelima TF-X sebagai kelanjutan dari nota kesepahaman yang telah mereka teken di bulan Januari di ajang International Defense Industry Fair yang berlangsung di Istanbul, seperti dilansir dari QUWA.org.

Pada bulan Januari lalu, TAI dan BAE Systems telah menyetujui kontrak senilai GB £ 100 juta atau sekitar US $ 129 juta, yang akan melibatkan BAE Systems untuk membantu TAI Turki merancang dan mengembangkan pesawat tempur multi peran generasi kelima TF-X atau Turkish Fighter eXperimental.

Media berita berbahasa Turki, Yeni Safak melaporkan bahwa perjanjian TAI-BAE tersebut akan diteken selama IDEF 2017. Yeni Safak juga menambahkan bahwa Pakistan, yang telah diikutkan pada program TF-X tahun 2016, dapat meneken “kesepakatan persahabatan” dan menjadi mitra dalam program TF-X. Namun rincian tambahan tidak disediakan.

Angkatan Udara Pakistan (PAF) hingga kini belum mengungkapkan rencana khusus terkait rencana jet tempur generasi kelima. Hal tersebut menjelaskan secara garis besar dalam beberapa kesempatan bahwa Pakistan Aeronautical Complex (PAC) Kamra akan memainkan peran kunci dalam membawa program ini bisa hasil, terutama pada dukungan fasilitas pendidikan.

Pada bulan Maret, Kepala Staf Angkatan Udara Pakistan, Marsekal Sohail Aman menyebut bahwa masa depan PAC terletak pada pembuatan pesawat tempur generasi ke- 5 serta radar AESA. Namun, secara khusus mengenai kemitraan atau pemasok untuk jet tempur generasi ke-5 Angkatan Udara Pakistan (PAF) tidak disediakan.

Meski PAF belum berkomentar mengenai TF-X, namun Kementerian Pertahanan Produksi Pakistan (MoDP) telah membicarakannya berulang kali. Pada bulan Agustus 2016 lalu, Rana Tanveer Hussain mengatakan pada jaringan televisi PTV bahwa Turki meminta partisipasi Pakistan pada program TF-X.

Kemudian pada bulan November, Sekretaris MoDP, Letjend (purn) Syed Muhammad Owais mengatakan pada MSI Turkish Defence Review bahwa rincian dan ruang lingkup kerjasama serta partisipasi sedang digarap antara kedua pemerintah tersebut.

Pada pameran pertahanan dwi tahunan Pakistan IDEAS , Wakil CEO Pesawat Terbang TAI Ozcan Ertem mengatakan kepada MSI bahwa TAI dan Pakistan telah terlibat pada proyek TF-X Turki.

Dalam sebuah wawancara terbaru dari MoDP di ajang IDEF oleh Anadolu Agency, Hussain mengatakan bahwa pada awalnya Pakistan dapat berkontribusi dalam pekerjaan integrasi pada fasilitas PAC, namun akan dilakukan upaya untuk membentuk hubungan bisnis dengan BAE Inggris, dimana PAC akan menjadi partner dalam program TF-X.

Tinggalkan komentar