Nov 302018
 

Teknik Rubber Duck ini dilakukan  dengan menerjunkan perahu karet dari udara yang dikaitkan pada parasut selanjutnya para peterjun dengan teknik free fall menyusul dan mengejar arah jatuhnya perahu karet.

Jakarta Utara, Jakartagreater.com   –   Menjelang pelaksanaan Latihan Fungsi Taifib Tahun 2018 prajurit Intai Amfibi Marinir menggelar latihan parsial terjun Rubber Duck Operation (RDO) dan terjun tempur (Junpur), pada Selasa 28-11-2018  di Dermaga Banjir Kanal Timur (BKT) Jakarta Utara.

Latihan yang dipimpin langsung oleh Danyon Taifib – 1 Marinir Mayor Marinir Mahkfud, Latihan parsial ini merupakan uji coba untuk kesiapan personel dan material Prajurit Taifib dengan menggunakan teknik rubber duck atau lebih dikenal dengan rubber duck operations,” yang akan digelar di Sabang Aceh pada tanggal 29 – 30 Nopember 2018.

Teknik Rubber Duck merupakan suatu jenis latihan yang berisiko tinggi yang sering dilakukan oleh Pasukan Denjaka dan Intai Ampibi Korps Marinir TNI AL, yang diawali dengan menerjunkan perahu karet dari udara yang dikaitkan pada parasut selanjutnya para peterjun dengan teknik free fall menyusul dan mengejar arah jatuhnya perahu karet.

Kemampuan Rubber Duck dan Junpur tentunya akan sangat menunjang pelaksanaan tugas yang diembankan Korps Marinir, tujuan dilaksanakannya latihan ini, untuk meningkatkan keterampilan dan mengasah kemampuan terjun prajurit Taifib Marinir sehingga mampu melaksanakan infiltrasi ke sasaran-sasaran terpilih dalam operasi amfibi, operasi darat dan operasi khusus lainnya dalam menghadapi berbagai macam operasi sebagai pasukan khusus TNI AL.

Pada kesempatan ini Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah M, Tr (Han), dan Asintel Pasmar – 2 Kolonel Mar Ena Sulaksana melihat secara langsung latihan parsial Rubber Duck dan Terjun Tempur yang dilakukan oleh Prajurit Intai Para Amfibi Marinir. (marinir.tnial.mil.id).

Bagikan:

  One Response to “Taifib Korps Marinir Latihan Tekhnik Rubber Duck dan Junpur”

  1.  

    Sebagai kesatuan khusus dlm korps Marinir, para anggota yontaifib memiliki berbagai kemampuan khusus untuk menjalankan berbagai operasi khusus
    https://militerhebatdunia.blogspot.com/2016/07/taifib-intai-amfibi-marinir-indonesian.html?m=1

 Leave a Reply