Taiwan Beli F-16 Viper, Tiongkok Pamer Formasi Siluman J-20

Jet tempur siluman J-20 Weilong (foto:Twitter East Pendulum)

Beberapa minggu setelah AS menyetujui penjualan jet tempur F-16 ke Taiwan, Angkatan Udara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLAAF) memamerkan formasi tujuh pesawat tempur siluman J-20 dalam sebuah video resmi, lansir Defenseworld.

Televisi pemerintah merilis video yang menunjukkan tujuh pesawat lepas landas dan terbang dalam formasi selama penerbangan malam. Pesan itu tampaknya ditujukan langsung ke Taiwan yang baru-baru ini menerima persetujuan Departemen Luar Negeri AS untuk pembelian 66 jet tempur F-16 Blok 70/72 terbaru yang dilengkapi dengan radar AESA, data link, dan peperangan elektronik.

Pesan lain di balik formasi terbang tujuh J-20 bisa jadi menunjukkan bahwa militer China sudah mengoperasikan sejumlah besar J-20, “yang dapat mencapai superioritas udara regional dan menghancurkan fasilitas strategis musuh jauh di wilayah musuh,” tulis Global Times yang mengutip dari pakar yang tidak disebutkan namanya.

Wang Ya’nan, pemimpin redaksi majalah Aerospace Knowledge, mengatakan kepada Global Times, Selasa, “sejumlah besar unit mungkin siap untuk menerbangkan J-20.”

PLAAF belum mengungkapkan jumlah total J-20 yang tersedia. “Jika tujuh J-20 dikirim secara bersamaan ke pertempuran, mereka akan memiliki kemampuan menyerang yang signifikan dengan senjata udara-ke-udara dan udara-ke-permukaannya, “kata Wang.

J-20 Tiongkok dapat mencapai superioritas udara wilayah itu dan menghancurkan simpul strategis jauh di belakang garis depan pertahanan musuh.

Pada bulan Juli, Angkatan Udara PLA untuk pertama kalinya merilis foto jet tempur siluman J-20 dengan nomor seri unit tempur, menunjukkan bahwa pesawat tempur telah menyelesaikan uji coba.

Reaksi persetujuan pembelian F-16 Taiwan telah mengkhawatirkan di Tiongkok. Media pemerintah sebelumnya mengatakan bahwa F-16 akan memberi Taiwan kemampuan untuk meluncurkan misi serangan terhadap target daratan.

Tinggalkan komentar