Taiwan Berencana Borong Lebih Banyak F-16 Blok 70

Jet tempur F-16 Viper © USAF via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Angkatan Udara Taiwan telah mengutarakan ketertarikan untuk membeli lebih banyak jet tempur F-16 Blok 70 baru atau F-16V, namun masih belum diketahui apakah AS akan setuju, seperti dilansir dari laman China Times.

Pejabat militer yang relevan mengatakan bahwa “Angkatan Udara Taiwan” bermaksud untuk membeli jet tempur F-16V terbaru dari Amerika Serikat dan akan meningkatkan kemampuan pertahanan udaranya.

Namun, itu hanya sebatas proses perencanaan. Apakah AS setuju atau tidak masih belum diketahui. Sementara itu, Menteri Pertahanan Taiwan Yan Tak hari ini di Yuan Legislatif. Angkatan Udara Taiwan harus merencanakan dan mempromosikan kekuatan tempurnya sebagai respon atas 3 jenis armada tempurnya. Selama mereka memenuhi persyaratan operasional akan dimasukkan ke dalam pertimbangan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Angkatan Udara Taiwan selalu berharap dapat membeli jet tempur generasi baru selain jet tempur F-16C/D dari Amerika Serikat. Namun AS pun telah berulang kali menolak rencana Taiwan untuk mengakuisisi F-35 dan menawarkan jet tempur F-16 blok 70 sebagai gantinya.

Jet tempur multiperan F-16 buatan Amerika Serikat © Lockheed Martin via Alert5

Hal ini dapat dimengerti bahwa saat ini Angkatan Udara Taiwan mengoperasikan 3 jenis jet tempur termasuk F-16, Mirage dan Ching-kuo, usia armada tersebut saat ini adalah sekitar 20 tahun.

Kinerja armada udara telah ditingkatkan oleh Hanxiang Company, upgrade F-16V baru saja dimulai, dan Angkatan Udara dalam hal ini tidak membeli jet tempur F-35, memang saat ini Angkatan Udara Taiwan tertarik membeli sekitar 60 unit jet tempur F-16V, guna  meningkatkan kemampuan pertahanan udaranya.

Pada era Menteri Pertahanan Li Tianyu, Angkatan Udara Taiwan mengusulkan gagasan pembelian 66 unit jet tempur F-16C/D, tetapi AS tidak menyetujui, kemudian, Amerika Serikat sepakat untuk memodernisasi armada F-16 aktif dan tidak perlu membeli jet tempur F-16C/D baru.

Para pejabat militer mengatakan Angkatan Udara Taiwan bermaksud untuk membeli jet tempur F-16V, karena dianggap bahwa jet tempur F-16V dan jet tempur F-16C/D punya kinerja yang setara. Pejabat militer mengatakan bahwa jika AS akhirnya menjual, jalur produksi berada di Amerika Serikat dan tidak akan dilakukan oleh `Hanxiang.

Angkatan Udara Taiwan hanya menekankan bahwa itu akan menjadi penyeimbak situasi dan memenuhi kebutuhan operasional, setelah menyelesaikan penilaian keseluruhan, itu akan dimasukkan ke dalam perencanaan militer bersama Angkatan Udara Taiwan.

Tinggalkan komentar