Apr 082017
 

Kapal selam kelas Balao Angkatan Laut Taiwan, merupakan kapal selam warisan era perang dunia kedua

Taiwan berencana untuk membangun 8 kapal selam. Desain awal diperkirakan akan selesai pada tahun 2018, kata seorang pejabat senior di Angkatan Laut Taiwan, seperti dilansir dari Reuters.

“Dalam proyek kapal selam buatan dalam negeri, kami berharap untuk dapat membuat 8 kapal selam”, menurut Lee Tsung-hsiao, Kepala Staf Angkatan Laut Taiwan, kepada anggota parlemen. Lee Tsung-hsiao mengkonfirmasikan secara terbuka untuk pertama kalinya jumlah kapal yang direncanakan akan dibangun untuk Angkatan Laut Taiwan.

Cheng Wen-lon, kepala galangan kapal milik pemerintah, CSBC Corp Taiwan, yang telah dikontrak untuk membangun kapal selam tersebut juga mengatakan kepada anggota parlemen bahwa desain awal akan sepenuhnya selesai awal tahun 2018. Taiwan saat ini memiliki 4 armada kapal selam tua yang dibangun oleh negara asing.

Pejabat militer dan industri pertahanan Taiwan mengatakan bahwa kapal selam pertama diperkirakan mulai beroperasi dalam waktu 10 tahun. Komentar Lee datang menjelang pertemuan pertama antara pemimpin Amerika Serikat dan China minggu ini di Taipei, yang telah menimbulkan kecemasan.

Cina menganggap bahwa Republik Rakyat Taiwan (RRT) merupakan bagian dari wilayahnya dan tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk mengendalikan apa yang dilihatnya sebagai provinsi bandel.

Amerika Serikat yang diwajibkan oleh ketentuan hukum AS untuk membantu Taiwan dalam mempertahankan diri, namun penjualan senjata ke Taiwan membuat marah Beijing dan kini AS telah memperlambat laju penjualan tersebut.

Bulan lalu, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen bersumpah bahwa pemerintahannya akan melihat kemungkinan menjalankan program kapal selam mandiri saat ia mengunjungi salah satu dari 4 kapal selam tua milik Angkatan Laut Taiwan, yang dulu dibeli dari Amerika Serikat dan Belanda, setidaknya 30 tahun yang lalu, menurut laporan itu.

Taiwan tidak pernah membangun kapal selam sebelumnya dan membutuhkan dukungan teknologi asing untuk membuat kapal selam canggih, menurut pakar pertahanan. Proyek kapal selam Taiwan sedang dalam fase desain melalui kontrak 4 tahun yang dianggarkan sebesar 3 miliar dolar Taiwan (US $ 98,7 juta) yang dimulai pada tahun 2016.

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

  9 Responses to “Taiwan Berencana Membangun 8 Kapal Selam”

  1. Pertamax kah

  2. Kirain nama kaselnya Balado, hihihi ,,ternyata Balao. Mungkinkah taiwan juga akan membangun kasel changbogo seperti yang sedang kita bangun…edisi mimpi siang bolong.

  3. Masih kalah sama Indonesia yg akan berencana membangun 18 kapal selam

  4. Daripada nanti Taiwan sibuk buat Kasel sendiri, lebih pesan di PT.PAL dengan aneka rasa dan model.

  5. Gara2 China rakus semua negara kawasan meningkatkan kewaspadaan dan kekuatan militernya yg diuntungkan negara2 produsen alutsista dunia.

  6. changbogo yg pertama kapan datangnya, ni yg ketiga udh mulai di bangun di sini eh daalah ko yg pertama ko lom datang datang

    • Bung sutarjo, changbogo pertama kita memang sudah beres, cuma mampir dulu ke rumah papah putin, agar bisa diinstal rudal rasa blok timurr,, makanya jadwal kedatangannya telat daripada yang dijadwalkan semula…xixixiixi

  7. Belum pengalaman bikin kasel, apalagi kasel modern . . . Indonesia sebenarnya punya pengalaman bikin kasel tahun 1949, tapi kasel itu disita pada saat Agresi Militer Belanda 2.

  8. gila bener kasel sisa pd 2 masih bisa nyelem mungkin karena tak de rasuah dan ade wang serta enjin

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)