Jul 242019
 

Pesawat tempur F-16 Block 70 (@ Lockheed Martin)

Taiwan mengharapkan agar AS secara resmi mengumumkan pengadaan 66 pesawat tempur F-16V kepada Taiwan pada akhir bulan ini. Pesawat tempur AS yang diusulkan untuk dijual ke Taiwan adalah konfigurasi lanjutan dari F-16 Block 70.

Pada bulan Februari, Angkatan Udara Taiwan mengusulkan ke Amerika Serikat untuk membeli 66 pesawat tempur F-16 yang dimodifikasi (F-16V).

Para ahli Washington mengatakan bahwa pemerintah AS telah menyelesaikan peninjauan antar-menteri dan diharapkan untuk memberi tahu Kongres pada akhir bulan ini. Para ahli mengungkapkan bahwa F-16 akan menggunakan mesin F110 (GE), yang berbeda dari mesin F100 Pratt & Whitney (P&W) yang digunakan oleh Angkatan udara Taiwan. Mesin tersebut memiliki daya dorong yang lebih besar.

Namun, beberapa veteran Angkatan Udara menunjukkan bahwa F-16 yang telah menggunakan mesin F100 selama bertahun-tahun, sudah memiliki pengalaman operasional yang kaya.Jika diganti dengan mesin baru F110, Negara harus menyediakan dua set perbaikan dan pemeliharaan logistik. Dalam jangka panjang, itu berarti biaya yang lebih besar.

F-16V adalah nama lain dari program Lockheed Martin Promotional F-16, bukan model resmi. Militer AS menyebutnya sebagai F-16 Block70 / 72, perbedaan antara keduanya adalah penggunaan pada mesin yang berbeda.

Mei Fuxing, direktur Pusat Penelitian dan Analisis Keamanan Taihai, mengatakan bahwa AS menyarankan agar Taiwan memilih F-16 Blok 70 dengan mesin F110.

Dengan mesin yang lebih kuat, versi yang ditingkatkan dari badan pesawat dan roda pendaratan, jet tempur dapat membawa bahan bakar dan amunisi 30% lebih banyak, dan dari life time yang meningkat dari 8.000 jam menjadi 12.000 jam, atau sama dengan operasional normal dua tahun lebih panjang.

AS diharapkan juga akan menjual “tangki bahan bakar konformal” dengan resistansi rendah yang melekat pada bagian belakang F-16, yang akan meningkatkan daya angkut bahan bakar sebesar 40%, dan meningkatkan radius tempur. Selain itu juga dilengkapi sistem pencarian dan pelacakan inframerah (IRST).

Pada mesin F100, meski ada versi yang disempurnakan yang mirip dengan daya dorong F110-GE-129. Kemungkinan AS tidak merekomendasikannya untuk Taiwan. Mei Fuxing menunjukkan bahwa alasan utamanya adalah pertimbangan biaya. Selain harga unit perangkat keras, Taiwan berencana untuk menginstal sistem penghindaran tabrakan otomatis di F-16 baru, sehingga harus memodifikasi sistem kontrol elektronik mesin, dan biaya uji integrasi yang relevan juga harus dihitung karena dapat meningkatkan harga.

UDN.com

 Posted by on Juli 24, 2019