Jun 072019
 

Kementerian Pertahanan Taiwan telah mengajukan permintaan pembelian persenjataan senilai US$ 2 miliar yang mencakup tank, sistem pertahanan udara dan rudal anti-tank dari Amerika Serikat, rilis Kemenhan Taiwan.

Kementerian Pertahanan mengatakan telah mengajukan Letter Of Request (LOR) untuk 108 tank M1A2 Abrams, 1240 rudal anti-kendaraan lapis baja TOW, 409 rudal anti-tank Javelin dan 250 sistem pertahanan udara portabel Stinger dari Amerika.

Menurut laporan yang diterbitkan pada bulan Maret tahun ini, Taiwan sedang mencari pembelian 108 tank tempur utama M1A2X buatan AS (MBT).

“Pentagon dan Departemen Luar Negeri telah secara tidak resmi memberi tahu Kongres tentang kemungkinan kesepakatan 2 miliar dolar dengan Taiwan yang mencakup penjualan pertama dari salah satu tank terbaik Angkatan Darat AS,” kata seorang pejabat yang akrab dengan proposal itu kepada Bloomberg.

Pemberitahuan informal, yang dilaporkan pada hari Rabu sebelumnya oleh Reuters, akan diikuti oleh pemberitahuan formal dan publik kepada Kongres yang kemungkinan akan disetujui dalam proses peninjauan normal 30 hari.

Permintaan itu berjalan “seperti biasa,” kata Menteri Pertahanan Taiwan.

Kementerian Pertahanan Taiwan juga dikatakan telah mengajukan permintaan 66 jet tempur F-16V Blok 70/72 dari AS dengan perkiraan biaya US$ 13 miliar pada Februari tahun ini, dengan biaya sekitar 70 juta hingga 90 juta untuk satu pesawat.

Defenseworld

 Posted by on Juni 7, 2019