Taiwan Kirim Permintaan Pembelian F-16 Viper

F-16 Block 60 Uni Emirate Arab (Foto:Common Wikipedia)

JakartaGreater.com – Angkatan Udara Taiwan dilaporkan sudah mengajukan permintaan untuk membeli 66 pesawat tempur F-16V dari Amerika Serikat dengan harga total US $ 13 miliar.

F-16V, adalah versi F-16 yang paling canggih dari Lockheed Martin, dengan radar canggih Active Electroicaly Scanned Array (AESA) komputer misi modular, perangkat peperangan elektronik, sistem penghindaran benturan tanah otomatis (Auto GCAS), dan Helmet Mounted Cueing System (JHMCS) yang memudahkan pilot untuk mengunci dan menyerang target dengan rudal AIM-9X Sidewinder.

Menurut Apple Daily, Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan secara resmi menyerahkan sudah aplikasi untuk pembelian F-16V pada 27 Februari.

Paket pembelian itu juga termasuk pelatihan pilot, rudal udara ke udara dan udara ke permukaan, dan dua tahun jaminan perawatan pesawat tempur ,” tulis Apple Daily.

Laporan yang masih belum dikonfirmasi tersebut datang di tengah kekhawatiran tentang peningkatan kekuatan militer China, termasuk kenaikan lebih dari 7 persen anggaran pertahanan tahunannya dan penempatan pesawat pembom strategis baru-baru ini yang hanya berjarak 450 kilometer dari Taiwan.

Gambar dari citra satelit sipil ImageSat International menunjukkan empat pembom strategis Cina Xian H-6 di tempatkan di Xingning Airbase, untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun.

DefenceBlog

Tinggalkan komentar