Taiwan Luncurkan Kapal Penjaga Pantai Catamaran

GI200427150146653292 e1590598692834

Taipeh, Jakartagreater.com – Taiwan meluncurkan kapal patroli catamaran pertama yang berkapasitas 600 ton, yang dirancang secara lokal dalam sebuah upacara yang diadakan di pelabuhan selatan Kaohsiung pada 27 April 2020 lalu, lansir The Star.

Upacara peluncuran kapal patroli 600 ton Anping berlangsung di dermaga Jong Shyn Shipbuilding Company (JSSC) dan dihadiri oleh Wakil Perdana Menteri Chen Chi-mai, ketua Komite Kelautan Lee Chung-wei, ketua JSSC Han Pi -hsiang dan petugas penjaga pantai.

Pemerintah Taiwan berkomitmen akan menyediakan kapal-kapal patroli terbaik dan senjata-senjata terbaik” kepada penjaga pantai, sebagaimana rilis dari Pemerintah Taiwan.

Kapal patroli 600 ton yang baru dibangun di galangan kapal JSSC dibangun menggunakan basic dari korvet rudal Tuo-chiang catamaran, yang sekarang sedang dibangun untuk Angkatan Laut Taiwan.

Kapal catamaran untuk penjaga pantai Taiwan memiliki kecepatan jelajah 35 knot, dan dipersenjatai dengan meriam air bertekanan tinggi, tetapi dapat dikonversi dengan membawa rudal anti-kapal di masa perang.

Kapal catamaran ini adalah bagian dari program untuk meningkatkan kemampuan penjaga pantai Taiwan untuk mempertahankan diri dari serbuan dari penangkapan ikan ilegal atau penyelundupan dari negara-negara tetangga termasuk dari Cina dan Filipina.

Pada tanggal 16 Maret, sebuah kapal penjaga pantai Taiwan diserang oleh 10 speedboat Tiongkok dalam sengketa penangkapan ikan di Pulau Kinmen di dekat kota Xiamen di Cina.

3 thoughts on “Taiwan Luncurkan Kapal Penjaga Pantai Catamaran”

      1. Betul bgt.. Ada kabar sampai foto nya di perlihatkanlah dlu.. Katanya akan jadi pertengahan 2019.. Tp skrg udah 2020 ga ada kabar lg.. Mgkn di oper alih ke kapal tank antasena dana nya.. Atau mungkin memang blm jadi..

Leave a Reply