Mar 222017
 

Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen melambaikan tangan dari sebuah kapal selam di Kaohsiung, 21 Maret 2017. (© AFV via Getty Images)

KAOHSIUNG – Presiden Tsai Ing-wen mengatakan bahwa “Taiwan tidak punya pilihan selain untuk membangun armada kapal selam sendiri saat ia mempromosikan kesepakatan untuk menyebarkan kapal selam pertama dalam waktu kurang dari satu dekade”, sebagaimana dilansir dari Bloomberg.

Presiden Tsai menyebut kontrak dengan CSBC Corp, Taiwan, pada hari Selasa, 21 Maret 2017 dalam kunjungan ke pangkalan Angkatan Laut Taiwan di kota selatan Kaohsiung sebagai langkah penting untuk meningkatkan pertahanan negara pulau itu. Perusahaan berencana untuk memberikan prototipe kapal selam diesel-listrik pertama pada tahun 2024, dengan penyebaran diharapkan satu atau dua tahun kemudian.

Dalam kunjungan ke pangkalan utama Angkatan Laut Taiwan yang berada di Tsoying, atau disebut juga Zuoying, Tsai menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman untuk pembangunan kapal selam.

“Di bawah konsep strategis untuk pencegahan (deterrence) berlapis dan efektif, kemampuan tempur bawah permukaan adalah kekuatan pertahanan yang paling dibutuhkan oleh Taiwan”, kata Tsai. “Ini adalah masalah yang disadari oleh semua orang akan tetapi dimasa lalu kita tidak pernah bisa menyelesaikannya”.

Dilansir dari Defense News menyebutkan bahwa salah seorang korespondennya, Mike Yeo , mengatakan bahwa program kapal selam Taiwan masih dalam masa pertumbuhan, karena masih sangat sedikit informasi yang diberikan tentang perusahaan tersebut.

Angkatan Laut Taiwan saat ini hanya memiliki 2 (dua) unit kapal selam yang siap tempur, yaitu kapal selam kelas Zwaardvis yang dibeli dari Belanda pada era 1980-an melalui sebuah kesepakatan yang menyebabkan keretakan besar hubungan diplomatik antara Bejing dan Den Haag.

Meskipun pemerintahan George W. Bush pernah berjanji untuk membantu Taiwan untuk pengadaan lebih banyak kapal selam, AS tidak lagi membuat kapal selam diesel-listrik yang sangat diperlukan oleh Taiwan dan tampaknya tidak mungkin bagi Taiwan untuk meminta pembuat asing untuk membagikan keahlian mereka.

Laporan sebelumnya mengatakan bahwa Taiwan sedang mencari 8 unit kapal selam baru, meskipun Tsai tidak memberikan rincian lain selain mengatakan bahwa pembuatan kapal selam akan menjadi aspek pengembangan “yang paling menantang” bagi peningkatan industri pertahanan dalam negeri Taiwan.

Kapal selam  akan dibangun melalui usaha patungan antara pemerintah melalui Institut Sains dan Teknologi Nasional Chung-Shan dan pembuat kapal yang sebelumnya adalah milik negara yaitu CSBC Corp.

Pengumuman ini datang minggu setelah Presiden Taiwan, Tsai mengumumkan investasi sebesar USD 2,1 miliar untuk memproduksi pesawat jet latih untuk Angkatan Udara Taiwan yang harus dirancang dan diproduksi di pulau tersebut.

China telah berhasil menggunakan pengaruh diplomatik dan ekonominya untuk mencegah banyak pembelian peralatan militer di luar negeri oleh Taiwan, yang diklaim oleh Beijing sebagai bagian dari wilayahnya sendiri.

China saat ini memiliki setidaknya 53 unit kapal selam diesel listrik, banyak diantaranya yang ditempatkan di Pulau Hainan, sebelah barat daya dari Taiwan. Kekuatan yang kemungkinan besar akan tumbuh menjadi 69 hingga 78 unit kapal selam pada tahun 2020 nanti, menurut laporan terbaru dari Pentagon mengenai kekuatan militer China.

Sebagian besar perangkat keras militer Taiwan adalah produksi dalam negeri dan sebagian lainnya dibeli dari Amerika Serikat, yang terikat secara hukum untuk memastikan agar Taiwan dapat mempertahankan diri, meski hanya memiliki hubungan tak resmi dengan pulau tersebut.

Bagikan Artikel:

  25 Responses to “Taiwan Luncurkan Program Kapal Selam Mandiri Untuk Melawan Invasi China”

  1. 1

  2. Taiwan mulai mencoba mandiri mengembangkan dan memproduksi alutsista dlm negeri, apakah mereka melihat ada perubahan peta kekuatan pada negara pendukungnya ya? Terlebih lagi China mulai agresif menaikkan anggaran belanja militernya

  3. Taiwan sdh menjadi negara yg merdeka dan sdh diakui pbb, jd mrk ingin mandiri salam hal apapun dan tdk ingin trgantung selalu kpd china, walau china msh mengakui bahwa taiwan merupakan provinsi yg membangkang tp ttp taiwan tegas mengatakan, kami bukan china, tp kami taiwan yg merdeka…

    • Ga kebayang, dgn angaran militer yg dimiliki china saat ini, akan menjadi spt apakah china di 50 thn mendatang??.yg pst ditahun2 mendatang anggaran mrk akan terus bertumbuh, jd sebaiknya dr skr kita selalu waspada dan terus perbanyak alutsista jika tdk ingin natuna hilang dr indonesia….

    • taiwan tetap china namun bukan pemerintahan komunis china

  4. Tambah rame.. mudah mudah taiwan tambah gahar senjatanya

    Biar tiongkok ada tambah gatel gundulnya….

  5. apa taiwan punya rencana strategis jika taiwan dianeksasi china dgn terus mengobarkan perlawanan membentuk pemerintahan asing seperti negara2 daratan eropa pada pd 2?
    kira2 dimana letak negara penampungannya? singapura atau jepang?

    analisa dikit

  6. Klo menurut saya GA MUNGKIN PERANG mereka. alasannya karena Mereka sama2 mendukung klaim 9 garis putus2 di LCS.

    • Hanya itu? Bisa dditambah? Argumen bung belum kuat. Namun dengan cepat langsung mengatakan mereka tdk akan perang. Perang itu sulit ditebak dan diprediksi

    • faktor historis dan ideologi bung mohonlah diperhatikan berapa kali krisis selat taiwan terjadi
      apalagi penghancuran budaya ribuan tahun china oleh revolusi budaya mao zedong menjadikan ketimpangan budaya serta kebencian antara daratan utama china dan taiwan

    • haha oke bung. tapi sejarah mencatat tidak pernah perang secara head to head cina vs taiwwn seperti korut vs korsel kan?

  7. Pengerjaannya kg rapi..kaya baju yg blm di afrika..tapi ane salut udah mampu bikin lontong salawat byk gangguan di tengah keterbatasan dan tekanan dari china

  8. Pengerjaannya kaga rapih ky baju blm di setrika..tapi tetep salim sama taiwan ditengah keterbatasan dan tekanan dari china ttp bisa bikin lontong

    • Iyo las lasan sama platnya pletat pletot..ngono yo iso nyelem..pancen huebat taiwan..

      • Bung di perhatikan gambarnya dan sesuaikan dengan bacaan artikel nya,baru mau buat prototipe kapal selam, dan baca hanya mempunyai 2 kapal selam yang di beli dari belanda th 1980.Ya jelas pletat pletot lah orang kapal sudah lama.Jangan di salutin baru mau buat dn selesai thn 2024 prototipenya, salut sama negara walau baru ngerakit.

  9. setidaknya ada sebuah kekuatan yang bisa mengibangi china, di asia tenggara yg bisa diandalkan kekuatanya hanya indonesia dan vietnam, semoga ada satu kekuatan lagi untuk membendung hegemoni china dan saya berharap pada filipina yg sudah mulai berbenah, hmmm kalau untuk malon maaf yaa sepertinya tidak bisa diandalkan

  10. Sulit untuk bersatu, sedangkan Ekonomi ASEAN pun masih bergantung pada china.

    • lah itu memang taktik china agar asean masuk pengaruh china dgn jalan apapun
      mungkin utk mengimbanginyaa adalah dgn mengundang investor2 asing terutama dari eropa

  11. Paling jg ujung2nya seperti Hong Kong.

 Leave a Reply