Mar 222019
 

Jet tempur multiperan F-16 Blok 70/72 yang dikenal sebagai F-16V Viper Angkatan Udara Bahrain © Lockheed Martin

JakartaGreater.com – Komando Angkatan Udara Taiwan (RoCAF) mengatakan baru-baru ini bahwa skuadron tempur F-16 akan mengubah operasinya, dan Angkatan Udara akan mengadakan pertemuan reguler dengan AS untuk memahami kemajuan implementasi, seperti dilansir dari laman Apple Daily pada hari Selasa.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, yang bertemu dengan Anak-anak Sekolah Angkatan Udara Republik China dan delegasi Asosiasi Alumni AS-Kanada yang kembali, mengkonfirmasi bahwa Kementerian Pertahanan Nasional telah mengusulkan ke Amerika Serikat untuk membeli pesawat tempur F-16V baru.

Tsai Ing-wen hari ini bertemu dengan delegasi kunjungan sekolah Anak-anak Angkatan Udara Republik Taiwan, Asosiasi Alumni AS dan Kanada, mengatakan bahwa “membela dan mempertahankan negara adalah strategi pertahanan nasional saat ini”. Tentu saja, angkatan udara adalah prioritas utama dari strategi ini.

Dia meyakini bahwa setiap orang telah memperhatikan bahwa Kementerian Pertahanan Nasional telah mengusulkan ke Amerika Serikat harga pembelian pesawat tempur F-16V yang baru. Ada beberapa informasi yang salah dan bahkan berita palsu tentang harga dan model yang kami beli di luar, karenanya Kementerian Pertahanan melakukan koreksi.

Jet tempur F-16 RoCAF dipersenjatai rudal jelajah Wanjian (Wan Chien) © O8447 via Wikimedia Commons

Tsai Ing-wen menekankan bahwa jet tempur F-16V yang baru memiliki kelebihan yang tak tergantikan dalam hal kinerja, permintaan, dan logistik. Ini adalah keputusan pemerintah setelah evaluasi yang cermat. “Saya percaya pengadaan ini akan didukung oleh China”.

Tsai Ing-wen mengatakan bahwa sudah 27 tahun sejak Taiwan membeli pesawat tempur dari Amerika Serikat. Sudah 22 tahun sejak disajikannya dalam F-16 pertama pada tahun 1997 silam.

Dalam 20 tahun terakhir, tekad saudara-saudari Angkatan Udara Taiwan (RoCAF) untuk “mempertahankan wilayah udara dan meletakkan landasan bagi mereka”, diyakini jelas bagi semua orang. Biarkan pilot memiliki pesawat tempur berkinerja tinggi untuk terbang, tidak hanya memperkuat keselamatan pilot, tetapi juga memperkuat energi pertahanan Republik of China (Taiwan) secara keseluruhan.

Tsai Ing-wen berkata, tentu saja, tanpa mencari perang, tidak takut perang, dan berusaha untuk terus menjaga perdamaian, stabilitas dan kemakmuran regional, prinsipnya adalah, “Kami tidak akan mengubah apa pun”.