Nov 252014
 

image

Pemerintah Taiwan ingin bernegosiasi dengan Indonesia mengenai kerjasama di bidang perikanan. Negara pecahan China ini berharap pemerintah Indonesia tidak melarang kapal Taiwan resmi yang ingin menangkap ikan di perairan Tanah Air.

Dilansir dari surat kabar China Post pekan ini, Direktur Deputi Perikanan Taiwan Tsay Tzu mengatakan pihaknya akan mendiskusikan hal ini dengan lembaga perikanan Taiwan. Lobi dengan Indonesia akan dilakukan sesegera mungkin.

“Pemerintah akan berdiskusi dengan lembaga perikanan kami mengenai keputusan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia. Kabarnya mereka akan melarang 40-60 kapal tuna kami beroperasi di perairan mereka,” ujarnya.

Perairan Indonesia sendiri merupakan rute migrasi ikan tuna. Tsay Tzu juga menambahkan apabila kapal Taiwan dilarang beroperasi di wilayah tersebut, mereka akan pindah ke wilayah untuk mencari ikan.

Menurutnya, wajar saja jika pemerintah Indonesia berusaha menjaga wilayah perairan mereka, namun Taiwan sendiri masih berharap agar Indonesia tidak akan menjalankan keputusan itu secara keras. Apalagi dia menjanjikan seluruh kapal yang datang ke perairan Tanah Air punya izin resmi.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berulang kali mengutarakan niat menenggelamkan kapal asing, terutama yang terbukti mencari ikan. Akibat selama ini terlalu lembek dengan nelayan luar negeri, pemerintah kehilangan potensi pendapatan hingga Rp 304 triliun.

“Sudahlah mereka mencuri ikan, nangkap keluar biaya, setelah disita tidak bisa digunakan sehingga bangkai kapal motor itu menghambat infrastruktur untuk nelayan melaut,” kata Susi.
(Merdeka.com).

Bagikan Artikel :

  135 Responses to “Taiwan Mohon Indonesia Tak Larang Nelayannya”

  1. Nonton Metro TV
    ada Bu Mentri kelautan dan perikanan

    • TaIwan sak karepe dewe

    • Pencurinya teriak – ternyata mengaku – bilang ijin 10 kapal – bawah 100 kapal

      • Armada pencuri Ikan dari LN misal Taiwan spt Armada laut bisa puluhan kapal dgn kapal induknya kapal kulkas/pabrik ikan kaleng jg..yg juga membawa pasokan logistik…dan pahitnya mereka beli solar subsidi dari nelayan solar he7x…mereka bisa bulanan menjarah ikan di Indonesia….jadi benar2 tdk ada uang beredar di Indonesia…kalo ada yg signifikan paling uang ‘keamanan’ ha7x…jahiliah sekali(info rekan jalan2 dari Maluku)

    • Tidak ada kompromi dengan negara manapun, kalao 1 di bakar ya bakar semua, kalao salah satu didiamkan atau di biarkan ambil ikan di Natuna atau nkri sama halnya pemborosan,,
      NYALI yg di butuhkan para pemimpin kita, bukan kepintaran atau lulusan dari akademi ternama , dan komentator saja,
      Satu di tindak ya di tindak semua, tidak ada pamrih bagi maling,iarkan laut kita dikelola oleh rakyat kita,,

    • SY DUKUNG IBU MENTERI SUSI 1000% ,” SIAPA PUN NEGARANYA DILARANG KERAS MELAUT DAN MENGAMBIL IKAN DI LAUT INDONESIA ” , ” BAKAR DAN TENGGELAMKAN ” .

    • JANGAN!!! Sebelum nelayan kita punya kapal2 besar yg lampunya Ribuan Watt… jgn dulu dikasih tuh TAIWAN

    • Coba tonton Nat Geo program Wicked Tuna, nelayan di Amerika Utara biasa nangkep Tuna … hrg Tuna sirip biru berat diatas 80 Kg/ekor bisa smp Rp35 jt … bayangkan nelayan asing yg operate di wilayah laut NKRI bisa dpt milyaran sekali melaut, blm dari lobster, paus, sirip hiu dll, jadi wajar pemerentah asing pun ikut puyeng.
      baiknya tutup aja ijin buat nelayan asing, kita kelola dg kekuatan sendiri …

  2. wani piro? 🙂

  3. Sungguh aneh bila sampai di izinkan

    • Ikut nimbrung Bung@Raymond,,gregetan ya bung dengernya,semoga aja pemerintah ttp konsisten dengan keputusan yg akan mencabut/tdk mengeluarkan izin tangkap ikan baru di perairan RI bagi para nelayan asing.rakyat ingin nya sih sistem perizinannya mapan dl,segera ditingkatkan armada perahu nelayan kita dr sisi bobot GT nya, lebih modern perlengkapan berikut alat tangkap dan sensornya,serta mendirikan idustri pengolahan yg siap menerima hasil tangkapan para nelayan sesuai harga pasar,bkn mlh harga tengkulak. pemerintah pusat dan daerah hrs serius mengembangkan daerahnya dgn memetakan terlebih dahulu sebagai basis penghasil tangkapan yg sifatnya spesifik (industri tuna kah,kepiting kah,lobster kah).paling tidak selama izin di bekukan dan nelayan kita dlm proses upgrade,semakin memudahkan petugas dlm patroli pembersihan nelayan ilegal dr perairan kita,tdk repot lg utk ngecek & memastikan izin nya asli atau tdk ke pusat.semoga tetap konsisten,amanah dan tegas tanpa pandang bulu dr negara mana nelayan ilegal itu berasal ( termasuk Tiongkok dan siJiran) klo perlu babat habis bung…

    • Yang mengijinkan pasti pejabat korup. Jaman sekarang sudah tidak aneh lagi.

  4. duh gusti matur nuwun kulo saget PERTAMAXX..

    menurut saya boleh menangkap ikan di Indoneisa tp harus diolah di sini sehingga bisa menjadi nilai lebih dan menyerap tenaga kerja…

  5. mau nego nie ceritanya…

  6. hahaha ketegasan jokowi sudah samapai ke seluruh Antero Asean hehe 😀
    Saya Yakin Ketegasannya Adalah awal dari kemajuan Bangsa Indonesia dalam sektor maritim 😀

    • Preeeerttt

    • amiiinnnn

    • @Yulio

      Emang benar pernyataan anda, akan lebih baik lagi koment anda memakai kalimat misalnya begini ” hahaha ketegasan pemerintahan sekarang sudah sampai ke seluruh Antero Asean hehe ”

      akan lebih elok semua SR maupun Warjag membacanya ,
      mengapa demikian sebab disini masih ada “pengagum-2 yang lain ” , nanti anda disebut pencitraan bila menyebut salah satu tokoh

      dan Juga tak usah menyebut dibanding pemerintahan terdahulu begini …begini .. misal
      sekalian buat penggemar pemerintahan yang lalu mengunggulkan demikian.. demikian

      agar Terjaga Jiwa Nasionalisme berbangsa dan kenetralan forum ini ,
      selain itu biar tidak ada debat kusir seperti forum sebelah …

      Marilah masing – masing kita menjaga pernyataan masing- dan komentar dimulai dari diri saya sendiri .

      Mari pergunakan isi koment yang berguna dengan klik langsung send dan terdisplay di web tanpa menunggu authorisasi

      Kurang lebihnya mohon maaf

      BFB

  7. ojo gelem

  8. kalau sekarang mohon brarti dulu2 boleh dan dibiarkan aj oleh pmrth kta …?!

  9. aku suka gayamu tegas lugas….

  10. iyo iku mas bro.. dulu pajak brpa tuh taiwan…..???? koq bisa tuna yg besar2 diambilin???

  11. satu persatu negara mulai kebakaran jenggot…

  12. boleh tangkap ikan… harus tinggal di RI, izin usaha sebagai nelayan, jual hasilnya ke koperasi ikan nelayan..jadi mereka datang sebagai buruh nelayan tangkap ikan saja di RI…silahkan..silahkan…silahkan…

  13. ngurus negara ya seperti ini, jangan seperti kemarin diinjek kroco kate macam PNG malah diam tak berkutik…

  14. menterinya jokowi lebih galak dari ksal

  15. Ayo dukung penyelamatan hasil laut Indonesia darj penjarahan orang asing yang difasilitasi oleh oknum. Mantap.

  16. Mohon jangan sembarangan menenggalamkan kapal, budayakan santun dan kompromi

    Ya kalau yang ditenggelamkan kapal vietnam atau taiwan, Lha kalau kapal nelayan Negeri China yang Agung yang ditenggelamkan maka akan beda Ceritanya, sangat sangat berbeda,

    Skenario bila kapal china ditenggelamkan
    1. dengan seketika kapal patroli mereka akan berani mendekat mencari kapal penenggelam kapal nelayan mereka, setelah ketemu akan di berondong artileri dan senapan mesin sampai kapal patroli kita gantian tenggelam.

    2. Kapal perang sekelas KCR atau apalah namanya akan datang membantu dan pasti akan terjadi tembak menembak dan saling kejar. dan pada fase ini sangat riskan,
    ingat ya adek adek sekalian Laut china selatan menurut bisik bisik yang mbah dengar di huni oleh puluhan kapal selam diesel china akan langsung mensalvo KCR kita dan sudah bisa dipastikan nasib buruk yang dialami KCR kita.

    3. Kapal Fregate dan pesawat angkatan laut akan datang membantu dan pasti akan dimangsa armada laut china yang terdiri dari berbagai kapal perang sekelas fregate dan destroyer.

    Jangan maen maen adek adek sekalian !!!!!!
    Yang kalian hadapi adalah “TENTARA ABADI”
    “TENTARA YANG BILANGANNYA SEPERTI PASIR”
    “YANG BERMENTAL BAJA DAN GANAS NAN BUAS”
    “KEJAM DAN TIDAK BERBELAS KASIH”

    Sekuat kuatnya armada laut dan udara kita akan dengan mudah oleh PLA dan PLAN seolah olah tanpa ada rintangan apapun.

    • Mbah2 Mbah masih jadul – hukum harus ditegakan

    • mbah Bowo yang patroli dan minta uang tebusan ya……saya dukung…

    • Memang mbah owob … kekuatan angkatan laut PLA pasti lebih hebat dan canggih .. apa yg diperintahkan jokowi seperti pengawasan kontrol udara sepihak china di wilayah yg tumpang tindih dengan jepang taiwan dan korea selatan .. tapi setelah bomber USA lewat ternyata ancamannya macan kertas dan ompong alias amsiong … itu juga akan terjadi dengan perintah tenggelamkan kapal pencuri ikan .. hehehe

      • Kita lihat buktinya apa sekedar retorika .. shock theraphy .. pengalihan perhatian kenaikan BBM atau yang lain … saya sangat berharap kapal tiongkok yg ditenggelamkan .. kalau berani !!! berarti HEBAT

        • bener dek, mbah berpikir begitu pula, mbah tunggu aksi nyata kapal nelayan China yang ditenggelamkan.

          MAKA TUNGGULAH MALAPETAKA YANG MENGERIKAN
          Dan kehancuran total yang akan di dapat SIAPAPUN YANG BERANI MENYENTUH SEUJUNG KUKU NELAYAN CHINA.

      • hahahaha si embah ini bisa aj …. mbah ini pantas jadi sutradara film kolosal ….

        • prediksi mbah tahun antara 2020 – 2022 – 2025 akan menjadi kenyataan, bisik bisik tidak akan pernah salah,

          • kira” mbah udah di alam kubur blum ya?

          • anda mengatakan prediksi (sesuatu yang belum tentu terjadi)
            tapi anda bilang bisik2 tidak pernah salah (sungguh kontra)
            apakah kesalahan tersebut menandakan kepintaran anda?

          • Mbah, tiga angka itu udah keluar bulan lalu, Rabu malam ini pasti gak akan keluar kepala 20…berarti itu bukan prediksi mbah, itu simbah ketinggalan berita 🙂

    • mbah-mbah, kebanyakan nonton Naruto ya…..,

      • Tapi beneran bung … kapal patroli china di spratlay ada puluhan sekitar 80 kapal patroli besar atau kecil lengkap dengan helikopternya belum fregat dan destroyernya yg keliling , dan itu filiphina dan vietnam yg protes .. kita cuman mau tau aja respon china misal nelayannya ditangkap dan ditenggelamkan kapalnya … hehehehe panas nih suasananya

    • mbah bowo.. kirimin gw alamat lo donk…
      tak bawain kain putih.. skalian tak kubur ae. wkwk
      krg dah bkn jaman lo mbah..
      apa skalian rumah lo tak kafani. 😀

    • waktu gw di Beijing …tentara China jauh dari kesan yg menakutkan…mirip muka anak PKL…malah culun2…aja…kalo yg ganteng malah mirip boyband…he7x…

    • Enjoy aja Mbah 😀 😀 ga akan mungkin China gampang naik pitam Begitu.. Soalnya mereka “Tau” Kunci sukses Dapat LCS itu ada di Indonesia Ga akan Mungkin China main Arogan sama Indonesia… Ditengah Seluruh Asean Lagi ga mesra sama china Justru Indonesia Lah yang Fenomenal, Apakah Mbah berpikir bahwa china akan semudah itu merusak hubungan yang mereka Jalin Susah payah???? 😀 😀

    • Bowo kampret, gak sabar gua menguliti nih orang

    • Bowo….bowo,……. bukan belain bangsa sendiri malah melemahkan, yg begini jangan di contoh.

    • Ngak akan berani, NAVY China ngajak ribut TNI AL, mungkin pertama kita akan kalah, tapi kita Tinggal minta ARMADA ke7 Ungle SAM, parkirin di NATUNA beres BOWO, jangan picik dan selalu berfikir sempit.

      • eh phadyl.. U.S itu tdak akan membantu indo secara cuma2.. apalg untuk melawan tiongkok yg sudah negara kuat baik secara ekonomi & militer… ingat yach phadyl.. U.S itu punya bnyak hutang dngan tiongkok, sama2 membutuhkan dlam kerja sama ekonomi, ekonomi negara U.S jg dipegang oleh orang2 chinese & tiongkok itu mitra strategis dr U.S.. indo itu bukan sekutu apalg mitra strategisnya U.S… jd jngan mimpi & berharap terlalu bnyak minta bantuan dr U.S untuk bantu indo melawan tiongkok… bung saya ini mantan WNI yg sudah resmi & tinggal selama di U.S serta saya mengabdikan diri
        saya untuk negara U.S…

  17. Mereka memang memiliki izin menangkap ikan. Pelanggaran itu biasanya, misal mereka mengajukan izin untuk dua kapal, pada kenyataannya, ada 10 kapal yg menangkap ikan.

    Repotnya, kalau pun mereka diusir, katakanlah dari laut Aru, Nelayan Indonesia tidak mampu melaut ke sana. Biasanya faktor fisik. Mereka bisa satu tahun di situ nangkap ikan. Kapal pengepul dan penyuplai logistik menghampiri mereka.

    Nelayan Indonesia, satu bulan sudah rindu keluarga. Belum lagi soal ukuran kapal yg harus besar

    • betul bung diego,itu karena kita sdh lama memunggungi lautan, jadi jiwa pelaut ulung mulai hilang tak berbekas, yg bagus bikin semacam kapal induk ditiap hot spot ikan, jadi nelayan bisa langsung menyetor hasil laut ke kapal besar tersebut yg didalamnya menjadi pabrik pengolahan atau storage. kapal induk ini harus dipunyai bumn atau koperasi nelayan sendiri.

  18. daripada mereka tangkap ikan di indo, mending kita export ikan ke sana, mlh bisa mendaya gunakan nelayan2 kita

  19. Waduh kalau sdh nyinggung tiongkok, muncul lah pembela nya

    • salam kenal… saya kira kalau maksud bung tedhs adalahmbah bowo, saya kira ada benarnya apa yang disampaikan mbah bowo… dari pada di tenggelamkan di denda saja, + hasil tangkapan sita.. Kasih denda yang besar.. misal seharga 75% kapal nya…. maka dengan sendirinya akan kapok dan kita dapat sumber dana… Makin sering mencuri makin banyak dana terkumpul…..

  20. @@[0:[0:1:pret kah]]

  21. Bukan Susi Similikiti brow……………….

  22. Mbah bowo mental TEMPE, kalau di goreng gurih. mau kaya TENTARA ABADILAH, mo TENTARA SUPER apalah. kalau sudah menyangkut NKRI kenapa mesti lihat lihat dia siapa, kalau itu rumput liar yah babat saja.

  23. Nah ni sikap taiwan kayaknya masuk di pemikiran awam saya. Ibarat sebuah cerpen. Ada sebuah keluarga besar mempunyai halaman&kebun buah2 an yg tumbuh subur alami buahnya bnyk&lebat,depan.belakang,samping kiri-kanan. Juga punya banyak tetangga. Pertama keluarga besar ini bersikap ramah,sopan pada anak2 tetangga,yg ambil buah seperlunya untuk dimakan(berbaik hati).tpi lama2 anak ini makin ngawur(sembrono/tak tahu diri) skrng semakin suka2 hati mengambilnya. Tentu yg punya kawasan lama2 berang juga,di remehkan & tak di anggap.maka kemudian di bikin peringatan kepada para orang tua si anak tetangga ” nanti kalo masih ada anak2 suka2 hati ambil buah tampa izin akan dihkum”…mungkinkah amaran ini merupakan arti dari sebuah sikap yg merasa di rugikan terus menerus, betul atau tak perlu di dengar. gimeno.?…

  24. Baru ketahuan satu persatu negara luar yang selama ini menangkap ikan secara ilegal di Indonesia, yaitu salah satunya Taiwan dan sebentar lagi akan menyusul negara2 lainnya!

    Segala kebijakan yang tegas menyangkut SDA maupun perikanan diwilayah laut kita patut diapresiasi dan dtindaklanjuti, bu Susi telah melangkah lebih maju dalam mengambil kebijakan Larangan Ilegal Fishing oleh pihak asing, tanpa kompromi sehingga inilah yg membuat negara Ilegal Fishing di negara kita merasa gerah dan terusik!

    Persoalan keinginan Taiwan untuk bernegoisasi agar bisa diberi izin menangkap ikan tuna dilaut Indonesia sebaiknya sementara tidak bisa dilaksanakan sampai segala persoalan Ilegal Fishing benar2 diselesaikan secara tuntas, karena jelas sekali sebelum adanya Keputusan Menteri Perikanan dan Kelautan, mereka dg cara2 ilegal bersuka ria bahkan menertawakan kelemahan aturan kita yg terlalu lunak sehingga berharap selama2nya mengeruk harta kekayaan SDA kita, lalu kini baru ada permemintaan negosiasi setelah terpojok salah tapi memang butuh?….Lalu, apakah mereka bersedia mengganti kerugian sekian trilyun dari hasil pencurian ikan dari sejak pertama kali mereka menangkap ikan di laut Indonesia hingga sekarang? …. Non-sense!

    Waspadalah terhadap para mafia ataupun oknum2 dinegara kita sendiri yg mungkin akan berkhianat utk membantu mencari celah agar negara2 Ilegal Fishing tetap berjalan seperti semula! Mengapa? Karena semata2 sekali lagi hanya demi segepok uang diantara mereka ada yg rela menggadaikan kedaulatan NKRI!

  25. Pemerintah juga hendaknya menyiapkan juga armada nelayan yang sangat besar, karena sia2 jika kita melarang orang lain mencuri ikan tapi kita pun tidak menangkap ikan itu sendiri.

  26. Bakar…!!! En tenggelemin lah sekalian klo masih ngeyel mo negara mane kek..!! Tegaas..!! Udah maling ga mau di tangkap lagi..!! Ga terima pemerintahnye trs ngajakin perang ladenin aje LOEJUAL ANE BORONG…!!! Hehehe…ngapain takut…!! INDONESIA STROONG…!!!

    …NKRI HARGA MATI…

  27. betul betull;;; betullll….. tapi apa sudah dibekali destroyer dan ratusan fregate ?

    kasian dek yang di lapangan kasian…..

    Ngomong sih gampang. udah dimodali belum yang di suruh nengelamin ??????

    • wew komentar mbah ni nyucuk ke hati

      setuju mbah…sesuaikan dulu perlengkapan keamanan dengan postur maling nya…

      tar keamanan pake pentungan ehh maling nya bawa senjata laras panjang..

      kan sia2 tu nyawa melayang percuma…

    • Mbah kung ini biarpun dibully orang2 se-warjag kadang2 masuk akal juga meski kadang nyeleneh 🙂 Bener juga ente Mbah, jadinya kongtradiktif ya? Maunya disuruh nenggelamin tapi konon BBMnya krisis he..he..yang patroli cuma hitungan jari. Mestinya supply BBM buat kaprangnya dulu yah yang diberesin. Kadang kasihan juga mbah liat dirimu jadi bulan2an. Sehat terus ya Mbah, warjag ini terkadang butuh penggoda seperti mbah supaya ada yang menyadarkan semua warga. Yah kurang lebih seperti kita butuh tetangga brengsek seperti Malaysia sebagai wake up call..

    • kalau nunggu modal gede dari dulu gak usah merdeka mbah. ikut penjajah saja sebagai budak. gak perlu perang. kalau sudah tua itu ibarat kata sebelah kakinya ada di liang kubur. masa mau mati tanpa arti ? kalau sudah takut mati berarti anda anak muda yang mengaku-aku tua.

    • PLA juga mikir untuk berbuat macam2, tapi anda mungkin tidak seperti itu.

    • Wo….Wo….., ngak usah banyak ngomong lah, sy pernah dinas diperbatasan, prajurit kita sangat kuat dan jiwa patriotnya sangat Tinggi, ngak kaya kamu BOWO, malu anda berpura-pura jadi orang Tua, menjelekkan bangsa sendiri dan tentara kita sendiri…….

    • Mbah Wo,lama- lama bener juga nih.Mo nanya mbah.Kapan ya rencana PLA aneksasi lcs? Sepertinya makin cepat makin bagus loh mbah.

  28. Loncat lagi, respond @bung tukang kebun no.3

  29. maling, ngapain kamu disini… hus hus

  30. Nelayan nelayan tangguh itu, selain dari Taiwan, juga dari Vietnam dan Thailand.

    Hot spot penangkapan ikan antara lain Laut Aru dan Natuna.

    Ada yang sudah sering Patroli di laut Aru bilang, bisa ada ribuan nelayan asing di laut Aru. Dengan menggunakan lampu ribuan watt, kalau malam, tampak seperti sebuah Kota terapung di laut.

    Tapi malam hari, mereka susah diidentifikasi. pagi hari, barulah AK 47 diletuskan ke udara. Mereka cuek saja dan tetap tidur. setelah ditembakkan meriam 20 mm ke pinggir kapal mereka, barulah awalnya keluar dan angkat tangan.

  31. Si maling mulai triak2 H???H?

    Kalo loe emg bukan maling kenapa harus takut ??

    Modar sia ….dasar maling !!!

    Maaf emosi

  32. Lalu gembar gembor dana subsidi bbm yg mau di alihkan ke hal produktif,apa akan tenggelam ke dasar laut. Skrng lah sa’atnya kita minta di beri tau berapa alokasi dana utk kelautan secara tranparan. Agar kita2 bisa belajar berhitung mana utk patroli,mana utk nelayan&mana utk bangun infrastruktur.ya.,anggap aja bantu pemerintah menganalisa secara gratis bejama’ah. Pasti lebih afdol dari pada di hitung pemerintah sendiri’an,apa lgi klo di bantu DPR,(ora percaya blas!), dhedhe medha itetogeni benara rengona loukhoh *cepat sekarang bicara rame rame*(bahasa papua suku Do’ie)..

  33. Bung Mijoe
    Aku tunggu reaksi kamu malaysia, …. seberani apa kamu. Prediksi aku, kamu akan bawa bawa negara tuan kamu untuk menekan kami. Kami sangat siap jika kamu malaysia memulai gesekan ini. Belum apa apa singapure sudah takut para TKI ditarik dari sana, …. ayuk sudah tidak sabar nunggu konfrontasi dengan kamu.

  34. MALING NYEPETI DAN NGGATELI … RENEO TA TUMBAK RAIMU

  35. Inilah salah satu ciri bangsa pejuang,Bung Mijoe…..

    Kalau salah satu ciri bangsa penjilat,sdh anda berikan lewat komen anda yg “tegas”…mohon ditambah lagi ciri2 nya ya……

    Salam kenal n salam persahabatan,bung Mijoe

  36. taiwan gak usah berharap2, ini pelanggran hukum. Pak TNI lanjutkan misimu..

  37. Enak banget minta izin ngambil ikan di laut RI emang laut RI nenek moyAng dia. Entar negara malehsial. Singapusi
    Filipina dll. ikut2an kalo d ksh
    izin..nelayan kita aja masih bnyk yg sengsara..

  38. Lha Bagi negara yg Lain industri ikan itu layaknya emas kok…misalnya saja klo Tuna disini hitungan jualan nya per Kilo tpi oleh misal negara Taiwan klo tuna udah pack dan dijual ke eropa ato jepang tuna biasanya dijual per gram/ons jdi selisih harganya bisa jauh lebih mahal dan lebih banyak untung maka nya Taiwan udah ketar ketir krn di laut nya sendiri mereka dikeliling ma PLA klo mo cari tmpt lain pasti ongkos produksinya akan membengkak…ya emank industri Perikanan kita selama ini cuman dipandang sebelah mata oleh pemerintah mngkin krn gak mau/malas mengelolanya padahal ini industri recycle jadi gak kayak industri barang

  39. apakah benar mereka amerika,rusia,cina,india,jerman,perancis,inggris dan iran tidak melihat adanya kekuatan yg tdk terbendung atau mungkin akan bisa melampui mereka dalam waktu cepat.

  40. salam knl mbah bowo…
    kesimpulan komentar MBAH BOWO itu positif jg,istilah kta sedia ember sebelum hujan.
    tp lbh bnyak lg negatif’a…krna itu sma aj mendoktrin penghuni warjag ini untuk pesimis dngn sgla keterbatasan’a…pdhl eyang buyut’a mbah sndri merebut kmerdekaan ini dngn hnya bermodal BAMBU RUNCING.
    Jd sudah spantas’a mbah dan sluruh rakyat INDONESIA itu slalu OPTIMIS dlm keterbatasan tersebut…ingat mbah,HUKUM TUHAN YG ABADI ITU: DIDUNIA INI SELAMANYA TIDAK ADA YG MUSTAHIL

    maaf koreksi klo salah.

  41. Bu Susi lebih galak dari KASAL bahkan panglima TNI hehehe…semoga kebijakan ini dilakukan tanpa kompromi dengan pihak manapun…kedaulatan laut NKRI adalah harga mati…dari rakyat,oleh rakyat untuk rakyat…bukan dari rakyat, oleh asing …untuk asing…

  42. Hi Mijoe..you tak perlu risau dengan kami..Indonesia sudah pernah krisis tahun 98 tapi baik2 saja tuh bahkan sekarang kami jauh lebih kuat daripada malon..urus saja MH370..cari sampai ketemu…Malon usir TKI kami biasa saja…tapi ketika kapal malon mau ditenggelamin, you ribut kakaka…

  43. Pejabat taiwan ini orang sarap,…………..Mau maling dirumah kita kok jangan dilarang !
    yang ada tangkap semua maling tanpa pandang bulu dan,……bakar ditempat !!!

  44. Taiwan ini apaan sih? Dia ini negara ga ada yg ngakuin aje mau macem2… sikat!!

  45. Silahkan tekan kami, dan siap siap nasionalisasi semua…

  46. Tenggelemkan…! Tenggelamkan…! Tenggelamkan…! kembalikan supremasi Nusantara.

  47. Ini benar benar uji nyali he he he buat pemerintaha kita

  48. Kepada pemerintah / TNI kami mohon sekali lagi….Jangan….jangan ragu-ragu untuk habisin kapal para pencuri ikan…katanya lu senggol gue bacok…itu baru disenggol..gimana kalo dicuri…

  49. Korea,jepang,taiwan,china,vitnam,malon,thailand sudah lama jarah laut Indonesia kok sekarang baru geger aneh dulu pemerintah kemana siih ,,,!!???

  50. test

  51. apalagi taiwan yg punya embel2 resmi nangkep ikan di Indo …ini mah sama aja kyk freepot dan tman2nya …mrk tdk mmberikan kontribusi yg brarti bg nelayan Indo…. hrsnya dari dulu mereka latih nelayan2 kita bgmn cra nangkap ikan tuna yg efektif skaligus donasi GPS kek, atau kapal yg mmpuni bwt nangkep ikan tuna dsb …dsamping byr pjk ke neg bwt ijin resmi nangkep ikan d prariran Indo……ITU SEMUA perlu DIAKHIRI SEKARANG JUGA TITIK !!!!

  52. kok sak enakmu dewe, cuk

  53. @ bowo jangan ajak para muslim percaya ramalan itu di larang agama.
    Al quran mengatakan berapa banyak golongan yg kecil mampu mengalahkan yg besar seizin ALLAH,, kalau negara di ganggu hukumnya wajib membela kalah menang urusan ALLAH,,,ingat sejarah islam yg musuh pasukan muslim selalujauh lebih besar dan selalu menang

 Leave a Reply