Apr 282017
 

Jet tempur siluman F-35B STOVL milik Korps Marinir AS, seperti yang diinginkan oleh Taiwan. © Combat Aircraft

Taiwan pada bulan Juli akan meminta persetujuan Amerika Serikat untuk membeli sejumlah jet tempur siluman Lockheed Martin F-35B Lightning II dalam jumlah yang belum ditentukan, sebagai upaya untuk mendapatkan superioritas udara terhadap pesawat tempur generasi keempat Angkatan Udara China, seperti dilansir dari China Topix.

Tampaknya Taiwan sangat pede (percaya diri) AS akan menyetujui permintaannya karena memiliki hubungan erat antara presiden AS Donald Trump dan presiden Taiwan Tsai Ing-wen. China, bagaimanapun akan berusaha melakukan semua upaya yang bisa diperbuat untuk menyabot kesepakatan tersebut.

“Kami akan mengirimkan permintaan kami ke AS untuk membeli jet pada bulan Juli. Kami berharap AS memahami kebutuhan kita. Jet tempur kita benar-benar sudah terlalu tua”, kata Wang Ting-yu, ketua Komite Legislatif Pertahanan Luar Negeri Taiwan.

Taiwan secara khusus ingin membeli jet tempur siluman F-35B, versi jet tempur yang hanya diterbangkan oleh Korps Marinir AS. F-35B terkenal karena kemampuan lepas landas dan mendarat dimana saja (SVTOL) selama ada permukaan tanah yang datar.

Taiwan akan menyertakan tawaran untuk membeli jet tempur F-35B pada pembelian senjata pertama, dan akan diserahkan ke pemerintahan Trump.

“Kami berharap bisa memperolah F-35”, kata Wang. “Kami telah menunggu update F-16V, namun terlalu lama, waktu mereka telah habis, jika kita membelinya sekarang, dalam waktu 10 tahun kedepan mereka tidak akan berguna lagi”.

Ketika mengajukan permintaan untuk membeli pesawat F-35B, Taiwan akan membatalkan permintaan lama untuk jet tempur multiperan F-16V yang lebih maju untuk menggantikan armada tuanya, menurut Wang.

Tidak ada presiden AS yang telah menjual jet tempur canggih ke Taiwan sejak George HW Bush pada tahun 1992 agar China tidak mengganggu Taiwan. Mantan presiden AS Barack Obama pada tahun 2011 menyetujui upgrade 140 unit armada jet tempur F-16 Fighting Falcon Angkatan Brsenjata Taiwan, sebuah keputusan yang telah memperburuk hubungan antara AS dan Beijing. Upgrade tersebut akhirnya tidak pernah terjadi.

Situasi anti Taiwan ini tampaknya telah berubah seiring dengan naiknya Donal Trump menjadi presiden AS dan setelah sambungan teleponnya ke Presiden Tsai pada bulan Desember 2016 sebelum Trump dilantik sebagai Presiden AS.

F-35 akan dikerahkan oleh Angkatan Udara Taiwan untuk mendukung Angkatan Laut dan Angkatan Daratnya. Taiwan yakin F-35B, varian STOVL, diperlukan untuk dapat memberi respon cepat terhadap ancaman dari Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Bagikan Artikel:

  27 Responses to “Taiwan “Pede” Akan Memperoleh Jet Siluman F-35B dari AS”

  1. Indonesia pun pede bakal punya Su 35 walau jumlahnya sangat sedikit sekali…

  2. asu g bakalan ngabulin permintaan taiwan..cino bakalan gila kalo sampe asu kabulin taiwan dapat f 35b ..kecuali asu sudah siap dg segala resikonya..

  3. cek cek 123

  4. Biarpun masih banyak masalah tekhnis nih pespur masih aja ada negara sekutu AS yg pengen membeli dan memiliki!

  5. Asyik loh ternyata baca liku liku as taiwan china dgn segala mcm jenis pemerannya di artikel diatas. Lebih nikmat drpd bc ttg f35 nya..

  6. Kasian banget Taiwan… sang naga setiap saat siap mencaplok… tp pertahanan diri tdk bgt kuat untuk menghadapi sang naga….

  7. Jimmy siapkan brosur mig 35 untuk taiwan dari pada mereka beli pesawat burung kalkun

  8. Tni al pesan lpd 124m ke pt pal, disuruh bikin yg panjangan dikit, ehh malah dipendekkin lg dr 125m jd 124m…hadeehhhh…kpn mau maju dan disegani bangsa ini…

  9. masa kita gk malu sama negara tetangga dan negara luar ,giliran korupsinya terliunan ehgiliran beli alutista 10 ,tar giliran perang bingung,ujung ujungnya rakyat jg disuruh bantu ikut perang ,padahal rakyat sdh bayar pajak dll tp kehian belum merata karna disikat tikus tikus oknum negara ,kasian indonesia sungguh malang nasipmu,kita sdh di kepung basis militer asing kalau pertahan gk kuat gmn jadinya,yg kuat cuman korupsinya,yg sy tonton di berita tv masalah korupsi aja gk ada habis habisnya gk ada sadar2 nya tar di datangi malaikat maut baru baru tuh para koruptor stop permanen korupsinya,amin amin amin.

  10. biarpun sulit mendapat f35 b(tipe sejenis pespur harrier tanpa landasan take offnya)minimal bagi paman sam,taiwan merupakan kartu truf dalam bidang keamanan dan pertahanan menekan china mainland(pla).

    biarpun taiwan mendapatkan pespur f35b juga sulit untuk membendung armada laut china dan hantaman rudal2,arteleri jarak dekat dan sedang.

    masalahnya berapa pac patriot bisa menangkis ribuan rudal kalo terjadi perang di jalur dekat taiwan???

    kasel,arhanud dan kaprang merupakan penambahan wajar selain pespur f35b,tanpa itu akan menjadi sasaran empuk2,tanpa bantuan dr pihak luar(usa+japan)sulit dalam jangka waktu
    sedang dan lama kalo terjadi konflik taiwan bisa bertahan.

    biarpun china mainland menang dalam perang ditaiwan,juga kalah dikedua pihak(jalur diplomasi merupakan paling utama)<<<<misal terjadi perang kedua pihak

    analisa pribadi saja,salah dimaafkan saja

    salam damai selalu met siang

  11. => Mantan presiden AS Barack Obama pada tahun 2011 menyetujui upgrade 140 unit armada jet tempur F-16 Fighting Falcon Angkatan Brsenjata Taiwan, sebuah keputusan yang telah ”memperburuk hubungan antara AS dan Beijing”. UPGRADE TERSEBUT AKHIRNYA TIDAK PERNAH TERJADI..

    => Lho katanya RRC itu musuh Usa…?? kq sekutu Usa gk dikasih oleh Usa ketika RRC marah…
    Musuh apa Musuh yaaa….??? hihihi….

 Leave a Reply