Jul 162016
 

Hingga saat ini, pemerintah Indonesia tetap menegaskan bahwa tidak akan melakukan operasi militer guna membebaskan Warga Negara Indonesia (WNI) yang disandera kelompok bersenjata di Filipina.

Alasan utamanya adalah karena konstitusi Filipina melarang intervensi militer negara lain di wilayahnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan, menjelaskan bahwa lokasi penyanderaan WNI memiliki medan yang berat.

“Lebih taktis lagi tadi kami mendapat laporan bahwa medan tempat mereka disandera (menyebabkan) sangat sulit dilakukan pembebasan, khususnya pelolosannya,” ujar Luhut di Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (15/7).

Saat ini, satu-satunya jalan yang bisa dilakukan pemerintah Indonesia adalah perundingan dengan para penyandera.

Untuk mencegah agar peristiwa penyanderaan terhadap WNI tidak terulang kembali, pemerintah Indonesia telah menyiapkan beberapa opsi pengamanan tambahan khususnya bagi kapal-kapal tunda dan tongkang berukuran kecil yang mengangkut batu bara ekspor ke Filipina.

Luhut menjelaskan bahwa pemerintah mempelajari lebih cermat terkait peraturan yang ada dalam Organisasi Maritim Internasional (IMO). Ia memastikan, 15 persen kapal yang membawa batu bara dari Indonesia ke Filipina akan dikawal.

“Kami sedang kaji secara cermat agar tidak melanggar peraturan perundang undangan. Tapi yang pasti akan dikawal oleh personel bersenjata,” kata Luhut.

Menko Polhukam mengatakan bahwa pemerintah belum menyepakati apakah personel keamanan bersenjata tersebut melibatkan TNI atau keamanan swasta. Menurutnya, pemerintah masih mencari format terbaik.

Sumber: antaranews.com dan republika.co.id

Berbagi

  12 Responses to “Tak Ada Operasi Militer Pembebasan WNI, Namun Pemerintah Akan Kawal Kapal ke Filipina”

  1.  

    Oke

  2.  

    Konkret seperti apa…kok negara malah mau berunding dengan pemberontak terus dimana kewibawaan negara sehingga mau diajak kelompok separitis

    •  

      Lomot leleyt Siput
      – Brp hari kasus penyadraan pertama
      – sudah Brp hari kasus penyadraan Kdua
      – Masih belum bejar juga – act ke 3
      – Lambat gila – sandra bertambah

  3.  

    utamakan keselamatan sandera, bila opsi militer indonesia dan gagal menyelamatkan sandera toh militer indonesia akan di cap jelek di mata internasional pak.. tebus aja ga apa biar duwitnya di buat belanja senjata abu sayap, dan lebih kuat melawan pemerintah filipina. asal di buat perjanjian dgn absay jgn pernah menculik dan menyandera lg WNI.. mungkin lbih apik pak..

    •  

      2 kasus Kemaren juga dengan perundingan tapi nyatanya malah terjadi penculikan kembali malah yg terakhir menimpa 3 abk WNI dilakukan diluar wilayah Filipina dengan menyasar WNI secara spesifik krn dipaksa menunjukan Paspor lebih dahulu sebelum diculik dan dibawa ke wilayah filipina lalu dimana Wibawa Nama besar Negara ini, apa ada yg salah dengan proses kemaren? Ok lah nyawa WNI kita lebih penting tapi apa mau tiap bulan kita WNI kita diculik disana utk dimintai Uang tebusan oleh Kelompok Abu gosok tsb

  4.  

    Seperti nya percuma gembar gembor pasukan elit terbaik ketiga di dunia, militer masuk 15 besar dunia,
    Ngurus diplomasi supaya bisa dapat izin aja lemah,
    Bisanya cuman verunding buat nawar harga penebusan WNI, ntar jadi negara sapi perah beneran Indonesia,

  5.  

    pasukan sudah mulai bergerak…

  6.  

    TENANG SAJA DEK PEMERINTAH LEBIH TAHU …OPSI APA PASTI UJUNG2NYA PEMBEBASAN…BILA TAK ADA PEMBEBASAN MAKA PENERINTAHAN JOKOWI AKAN DI GUNCANG GEMPA DAN SUNAMI POLITIK

  7.  

    Betul mbah bowo dan aku tendang mbah bowo…
    Maaf salah mbah bowo….
    Aku dukung perkataan mbah bowo….wkwkwk

    minum kopi dulu campur sianida biar pikiran damai selalu…..

  8.  

    Kabar jogja diributkan dengan ormas yg menentang aksi mahasiswa papua yg ada di jogja..
    Diindikasikan OPM sebagai dalang dalam demo yg dilakukan mahasiswa papua di jogja untuk melakukan voting atau menentukan nasib sendiri warga papua barat..
    Akankah papua barat melepaskan diri dari NKRI?!
    NKRI HARGA MATI

  9.  

    negara malon hebat uang tebusan ahsil jual harta rakyat pun disonglap

    http://www.sarawakiana.net/2016/06/abu-sayyaf-marah-wang-tebusan-tidak.html

  10.  

    Ini masuk….. Dobel pulak…

 Leave a Reply