Des 192018
 


Su-27 Ukraina (foto : Wikipedia)

Ukraina mewarisi sangat besar persenjataan buatan Rusia, salah satunya adalah pesawat tempur Su-27. Namun karena bersengketa dengan Rusia, terutama setelah aneksasi wilayah Crimea oleh Rusia, Ukrania mulai mengalami kesulitan memelihara dan mengoperasikan armada pesawat tempurnya.

Hal ini bisa dilihat dari peristiwa jatuhnya beberapa pesawat tempur Su-27 hanya dalam waktu yang berdekatan. Dan kini total hanya tercatat 17 pesawat tempur Su-27 Ukraina yang dalam kondisi sempurna dan siap operasional.

Hali ini sangat tak terduga, padahal menjelang runtuhnya kekuasaan Uni Soviet, Ukraina diperkuat dengan 70 unit pesawat tempur Su-27 yang terdiri dari berbagai varian. Dari 70 hingga tersisa 17 hanya dalam waktu dua dekade, itu dianggap sebagai kemerosotan tercepat untuk sebuah kekuatan angkatan udara.

Ketegangan dengan Rusia telah mendorong Ukraina untuk mengambil langkah-langkah menghidupkan kembali pesawat tempur yang terbengkalai, tetapi tampaknya untuk menghidupkan kembali sangat berat dan akan butuh waktu lama.

Hal yang paling sulit bagi Ukraina bukanlah teknologi, karena Ukraina juga masih membantu negara lain mempertahankan dan mengupgrade pesawat tempur Su-27, hal yang terberat adalah anggaran. Ekonomi yang terpuruk dan kurangnya anggaran perawatan peralatan pertahanan telah membuat Ukraina menderita.

Hingga kini ada 15 negara yang menggunakan Su-27 sebagai pesawat tempur elitenya. Dengan terus melakukan upgrade, Su-27 masih menjadi salah satu pesawat tempur paling kuat didunia.

Su-27 memiliki kemampuan manuver yang tinggi dengan mesin yang bertenaga kuat, dapat mencapai Mach 2 + (2 kali lebih cepat dari kecepatan suara), atau setara dengan 2.500 km / jam.

Desain pesawat juga memiliki aerodinamika yang sangat baik (sepanjang tubuh dan sayap), yang membuatnya memiliki keseimbangan tinggi. Selain itu, Su-27 dilengkapi dengan sistem persenjataan yang kuat dan sistem pelacakan radar yang memberikan jangkauan deteksi target yang lebih luas.

Xaluan

  8 Responses to “Tak Terduga, dari 70 Kini Ukraina Hanya Miliki 17 Su-27 Siap Tempur”

  1.  

    Bentar lagi Boeing dan Lockheed rebutan kue di Ukraina 😀

  2.  

    Su-27 sejak awal dirancang sebagai pesawat interseptor dan pesawat tempur superioritas udara jarak jauh. Sukhoi Su-27 (kode NATO: Flanker) adalah pesawat tempur yang dirancang oleh Biro Desain Sukhoi, dan pada awalnya diproduksi oleh Uni Soviet. Pesawat ini direncanakan sebagai saingan utama pesawat tempur Amerika Serikat generasi baru yaitu F-14 Tomcat, F-15 Eagle, F-16 Fighting Falcon, dan F/A-18 Hornet. Su-27 memiliki jarak jangkau yang jauh, persenjataan yang berat, dan kelincahan yang tinggi.
    Su-27 Flanker dirancang sebagai pesawat tempur dengan performa tinggi dengan sebuah sistem kontrol fly-by-wire dan kemampuan untuk membawa sampai 10 AAM…. https://militerhebatdunia.blogspot.com/2016/09/sukhoi-su-27-flanker-pesaing-f-14.html

  3.  

    Sayang sekali ..tidak semudah itu ..kalau kita kepingin Beli secara borongan …itu sukhoi 27.
    Sukhoi 27 nya sudah kuno .. rusak Dan tidak efficient kalau mau di upgrade..
    Kasihan sekali pilot nya …
    Bisa jadi pesawat tempur widow maker..

  4.  

    Judulnya aneh, jelas2 suku cadang dari Rusia, dia lagi konflik sama Rusia, ya ngefek ke kesiapan tempur jet nya lah.

  5.  

    2019 ini bisa jadi ada kudeta militer di ukraine