Jan 082019
 

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., meresmikan Taman Halim pada Selasa 8-1-2019 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Jakarta Timur, Jakartagreater.com    –    Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., menghadiri peresmian Taman Halim oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., pada Selasa 8-1-2019 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dalam sambutannya mengatakan, tujuan pendirian monumen pesawat VIP F-28 di Taman Halim adalah sebagai sarana rekreasi dan edukasi yang dapat dimanfaatkan oleh semua kalangan sekaligus sebagai sarana wisata sejarah TNI AU khususnya Lanud Halim Perdanakusuma.

Acara peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Panglima TNI dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto. Proses pembangunan Taman Halim ini sendiri keseluruhannya dikerjakan oleh personel Skadron Teknik 021 Lanud Halim Perdanakusuma.

Berdiri di atas lahan 5000 meter persegi, di area ini ditempatkan monumen pesawat angkut VIP jenis F-28 MK 3000 dari Skadron Udara 17 yang diproduksi oleh Fokker VFW Aircraft Netherland tahun 1976. Berbagai misi operasi dan latihan telah dilaksanakan oleh pesawat F-28.

Misi pertama yang diemban adalah penerbangan VIP Panglima ABRI pada 17 Januari 1995 dan pada 11 November 2016, pesawat ini melaksanakan penerbangan terakhir dan dinyatakan sudah tidak layak operasional lagi (grounded) karena faktor usia pakai.

Hadir pada acara tersebut Wakasau Marsdya TNI Wieko Syofyan, Pangkoopsau I Marsda TNI Fadjar Prasetyo, S.E., Pangkohanudnas Marsda TNI Imran Baidirus, Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI M. Tonny Harjono dan Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Ayu Yuyu Sutisna. (Puspen TNI).

Bagikan: