Tambah Kekuatan, Kikav 8 Kostrad Terima Tiga Ranpur Panser Anoa

Kompi Kavaleri 8 Kostrad menerima kedatangan 3 unit kendaraan tempur (Ranpur) jenis Panser Anoa 2 buatan PT. Pindad Indonesia. (Pendiv2)
Kompi Kavaleri 8 Kostrad menerima kedatangan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) baru berupa 3 unit kendaraan tempur (Ranpur) jenis Panser Anoa 2 buatan PT. Pindad Indonesia, Selasa (31/1).

Ketiga unit Ranpur tersebut memiliki jenis dan fungsi yang berbeda-beda, antara lain Anoa 2 Commando yang digunakan sebagai kendaraan taktis komandan, Anoa 2 Ambulance yang dipakai untuk mengevakuasi korban di medan yang tidak memungkinkan, dan Anoa 2 Recovery yang digunakan untuk pemulihan kendaraan lain yang terperosok atau mengalami kendala lain.

Komandan Kompi Kapten Kav Solikin mengatakan bahwa datangnya Alutsista baru ini berarti tugas dan tanggung jawab juga semakin bertambah. “Ranpur ini sudah dilengkapi dengan sistem pengoperasionalannya yang modern, untuk itu seluruh prajurit dituntut lebih professional dengan adanya Alutsista yang semakin canggih”, ujarnya.

Ranpur Anoa 2 ini merupakan hasil penyempurnaan dari Ranpur jenis sebelumnya yaitu Anoa. Bagian yang telah mendapatkan pengembangan meliputi sistem suspensi, sistem pengereman, sistem komunikasi dan persenjataan. Pada kendaraan tempur Anoa 2 ini juga dilengkapi sistem pendeteksi kerusakan melalui monitor kontrol yang berada di ruang kemudi.

Sumber: Pendiv2

Sharing

Tinggalkan Balasan