Apr 252017
 

Kapal Selam Nuklir AS, USS Michigan (U.S. Navy photo by Brian Nokell)

Seoul – Kapal selam bertenaga nuklir Amerika Serikat menyinggahi pelabuhan di Korea Selatan pada hari Selasa dalam sebuah demonstrasi di tengah kekhawatiran bahwa Korea Utara dapat menandai fondasi militernya dengan peluncuran rudal atau uji coba nuklir, menentang tekanan AS dan China.

Persinggahan oleh SSBN-727 USS Michigan, yang diumumkan oleh militer AS di Korea Selatan, terjadi saat utusan nuklir utama dari Korea Selatan, Jepang, dan Amerika Serikat bertemu di Tokyo untuk membahas tanggapan terhadap penolakan Korut untuk menghentikan program nuklirnya.

USS Michigan dibuat dengan kemampuan membawa rudal balistik berbasis kapal selam (SLBM) dan rudal jelajah Tomahawk.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump meminta sanksi PBB baru yang lebih keras terhadap Pyongyang pada hari Senin, dengan mengatakan Korea Utara adalah ancaman global dan masalah yang harus diselesaikan bersama.

“Status quo di Korea Utara juga tidak dapat diterima,” ujar Trump dalam sebuah pertemuan dengan 15 utusan Dewan Keamanan PBB termasuk China dan Rusia di Gedung Putih. “Dewan harus bersiap untuk menjatuhkan sanksi tambahan dan lebih kuat pada program rudal nuklir dan balistik Korea Utara,” Pejabat Korea Selatan dan AS khawatir tes nuklir Korea Utara keenam bisa segera terjadi suatu saat. Spekulasi telah berkembang bahwa tes semacam itu, atau peluncuran rudal jarak jauh lainnya, bisa bersamaan dengan peringatan 85 tahun pendirian Angkatan Darat Korea Utara pada hari Selasa.

Harian “China Daily” mengatakan bahwa waktunya bagi Pyongyang dan Washington untuk mundur selangkah dari retorika yang keras dan memperhatikan alasan yang menyerukan sebuah resolusi damai.

“Dilihat dari kata-kata dan tindakan baru-baru ini, pembuat kebijakan di Pyongyang telah benar-benar salah membaca sanksi PBB yang ditujukan atas provokasi nuklir atau rudalnya, bukan sistem atau kepemimpinannya,” kata surat kabar tersebut dalam sebuah editorial.

“Mereka sekaligus sangat melebih-lebihkan kekuatan mereka sendiri dan meremehkan bahaya yang mereka emban untuk diri mereka sendiri,” katanya menambahkan.

Dalam percakapan telepon dengan Trump pada hari Senin, Presiden China Xi Jinping meminta semua pihak untuk menahan diri.

Kapal Selam Nuklir AS, USS Michigan (U.S. Navy photo by Mass Communication Specialist Seaman Apprentice Chris Salisbury)

Dua kapal perusak Jepang melakukan latihan pada hari Senin dengan gugus tempur kapal induk AS yang juga menuju perairan Korea, dikirim oleh Trump sebagai peringatan ke Korea Utara.

Trump juga berusaha menekan China untuk berbuat lebih banyak untuk mengendalikan negara tetangganya yang bersenjata nuklir tersebut.

China yang menjadi satu-satunya sekutu utama Korea Utara, marah dengan sikap Pyongyang serta program nuklir dan rudalnya.

Terlepas dari hal tersebut, Korea Utara telah melakukan uji coba nuklir dan rudal yang bertentangan dengan sanksi PBB.

Marah dengan pendekatan gugus tempur Kapal Induk USS Carl Vinson yang bisa tiba dalam beberapa hari, Korea Utara mengatakan bahwa penempatan tersebut adalah “tindakan yang sangat berbahaya yang dilakukan oleh pihak yang merencanakan perang nuklir untuk menginvasi”.

“Amerika Serikat seharusnya tidak mengamuk dan harus mempertimbangkan secara hati-hati konsekuensi bencana dari tindakan provokatif militernya yang bodoh,” tulis “Rodong Sinmun”, surat kabar resmi Partai Pekerja Korea Utara, dalam sebuah komentar.

Antara/Reuters

Bagikan Artikel:

  19 Responses to “Tambah Panas, Kapal Selam Nuklir AS Merapat ke Korea”

  1. Nyilem kok panas ?

  2. ayo kim tambahin lagi apinya biar tambah panas si trump

  3. Ngalamat korsel dan jepang jadi abu..AS kabur..

  4. Ah tai kucing lah trump sama jong un,,aku berani taruhan potong kuping dan terjun dari monas kalo memang trump sama jong un jdi perang..dua2 ny cuma gertak sambal terasi..10 tahun lagi pun belum tentu ada yg berani nyerang,…

  5. Untuk satu hal menghancurkan korut ni ane setuju banget,kasihan rakyatnya yg tertindas selama puluhan tahun,rezim KIM family mesti tumbang atau ditumbangkan agar rakyat korut bisa bersatu lagi dg saudara sesama Korea,dan bisa menikmati hidup seperti seperti negara2 lain yg SDH maju.

    • Tumben sampeyan ikut ngompori Trump untuk menidurkan Kim Jong Un pakcik? Pasti sampeyan msh dendam pd Kim ya? Karena sebelumnya Kim sempat kirim agen pembunuh saudara sendiri diwilayah pakcik. Saran ane, cobalah negara sampeyan, Malaysia ikut mengirim semacam destroyer atawa pregat untuk ikut bergabung bersama armada USS Carl Vinson, pregat Jepang dan Korsel untuk mengepung Korut…

  6. Puanas,,,hot….hot….huft…huft….

    Ada kabar klo kim mau lakukan test nuklir dibawah tanah. Dan amrika sdh siap membobol bunker nuklir hanya dgn tomahawk…..

    Tpi masih kabar blum dikonfirmasi.

    Oya katanya rusia bikin MLRS tipe baru ya…semacam smerch….

  7. Paling segitu doang..

  8. Kalau semakin panas di semenanjung Korea yg tensinya semakin tinggi gimana y dengan program pesawat tempur masa depan kita KFX/IFX soalnya kmrn sempat tertunda jg..mudah2an si kalau semakin memanas program dan line produksinya pindah ke PT. DI..kan Mirroring Programnya di PT. DI..

  9. semakin merapat USS Carl Vinson….semakin panas pak Kim

  10. cina tdk bs mengendalikan sekutunya itu, seandainya cina bs membujuk korut untuk mau berunding mk perang tdk prlu terjadi, dan cina akn bs ttp bersekutu dgn korut….

  11. NKRI harus borong kapal selam nuklir buatan USA..2 unit..akulla class 2 unit,u 212 4 unit,scorpene 1000 5unit,Amur class 2 unit,dan changbogo 4000 ton buatan PT PAL 10 unit,Baru joss…

  12. Yang diuntungkan tetap AS karena jualannya diborong Jepang Korsel bgt jg dollarnya, bagaimanapun AS yg menang dgn cara gertak2an aja bs ambil untung apalgi terjadi perang bakalan biaya perang dibebankan ke Jepang Korsel.

 Leave a Reply