Apr 272017
 

Sistem pertahanan anti peluru kendali THAAD (U.S. Army)

Seoul – Militer Amerika Serikat / AS mulai memindahkan bagian-bagian dari sistem pertahanan anti peluru kendali THAAD yang kontroversial dan akan ditempatkan di Korea Selatan, ujar kantor berita Yonhap melaporkan pada Rabu, 26/4/2017 di tengah meningkatnya ketegangan diwilayah itu terkait program peluru kendali dan nuklir Korea Utara.

Amerika Serikat dan Korea Selatan telah sepakat untuk menempatkan THAAD untuk menanggapi ancaman peluncuran peluru kendali Korea Utara, namun China mengatakan hal itu tidak banyak mempengaruhi Korea Utara untuk menghentikan program mereka itu, justru tindakan tersebut dapat menimbulkan ketidakstabilan keamanan wilayah sekitar.

Truk-truk trailer yang membawa bagian-bagian dari Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) mulai memasuki wilayah penempatan di daerah Seongju, yang terletak di bagian selatan Korea Selatan, kantor berita Yonhap dan televisi YTN melaporkan.

Pejabat kementerian pertahanan Korea Selatan dan pejabat militer AS tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai keterangan.

Amerika Serikat mulai memindahkan bagian awal dari sistem pertahanan rudal ke Korea Selatan pada Maret setelah Korea Utara melakukan uji coba peluncuran empat peluru kendali balistik.

Namun pihak militer AS dan Korea Selatan enggan untuk secara terbuka membahas kemajuan penempatan itu, yang mengakibatkan terjadinya perdebatan terkait pemilihan presiden 9 Mei, apakah tindakan itu akan terus dilakukan atau tertunda menunggu setelah proses pemungutan suara selesai.

Korea Selatan mengatakan bahwa China telah melakukan diskriminasi terhadap beberapa perusahaan asal Korea Selatan sebagai aksi balasan terkait penempatan sistem anti peluru kendali itu.

Antara Reuters

Komentar Facebook :
Bagikan Artikel:

  8 Responses to “Tambah Panas, Sistem Pertahanan Anti Rudal AS Masuk Korsel”

  1. Pertamax Turbo

  2. YONHAP mengatakan: …

    • KWAAAAAKK…KWAAAAKK….KWAAAAKK….. kesalip !!….

      Lupa nyalain NOS ya pak ??…… 😆

      • Hahahaaaaa….
        Lihat kolom komen masih kosong justru saya kebingungan mau komen apa.
        Akhirnya bung djocky nylonong sambil mengasapi saya.
        xixixixixiii….

        Selamat deh buat bung djocky, anda berhak mendapatkan gadis Korea. Silakan jemput dia di Korea Utara.

  3. Kita tunggu US usil akan kena batunya .

  4. mari kt tunggu bung… korut atau us cs yg kena batunya… sementara itu bersabarlah dl sumbunya aja blm disulut

  5. Laris manis jualannya si amirikiyah, tgl negara mana lg yg bs dikompori dan dianeksasi berikutnya!

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)