Mar 112017
 

Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Muhammad Risahdi, M.Si (Han) selaku Kamabi Pramuka Saka Bahari Daerah Riau mengukuhkan 75 putra/putri Pramuka Saka Bahari Lanal Dumai, (29/1/2017).

Akhir akhir ini negara kita tercinta diguncang berbagai isu isu politik dan sara yang membuat gaduh, saling serang satu sama lain sesama anak bangsa.

Mari kita lihat Suriah sekarang hancur lebur karena sumber daya alam yang mereka miliki, yang diawali dengan penolakan presiden Bashar Assad untuk proyek pompa gas menuju Qatar, Arab Saudi, Yordania & Turki yang dapat disedot oleh Eropa secara langsung. Dengan menciptakan kekacauan, pemberontakan, terorisme,isu sara, senjata, penyesatan media, opini dan ideologi yang mengaitkan isu ini sebagai perang sektarian antara suni dan syah yang menyebabkan ribuan mujahid dari seluruh dunia berkumpul yang menyebabkan perang saudara. Di sisi lain pengaruh Iran dan Rusia juga memperumit persoalan yang sebenarnya adalah perebutan sumber daya alam. Maka tidak heran bila Panglima TNI mengatakan bahwa ISIS sesungguhnya adalah masalah perebutan sumber energi dan selalu menginggatkan tentang proxy war (perang tanpa bentuk atau perang boneka) yang mungkin juga sedang di jalankan di negara kita saat ini.

Dari Suriah mari kita berkaca pada sejarah di negara kita, dimana presiden Soekarno pada tahun 1961 memutuskan kebijakan baru kontrak pertambangan yang mengharuskan 60% labanya harus diserahkan kepada NKRI. Negara negara asing sebagai investor pertambang terbesar saat itu sangat terpukul dengan kebijakan Ini. Oleh karena itu selama beberapa dekade agen asing terlibat dalam berbagai upaya untuk menjatuhkan presiden Soekarno. Sudarto Danusubroto pengawal pribadi dan ajudan presiden mengatakan ada 7 kali percobaan pembunuhan terhadap presiden Soekarno, dan hal ini dibenarkan oleh eks wakil komandan Tjakrabirawa kolonel Maulawi Saelan. Tetapi pada akhirnya di tahun 1965 mereka berhasil menjatuhkan presiden Soekarno, dengan jatuhnya presiden Soekarno para pemilik pertambangan asing jadi kembali leluasa menjarah sumber daya alam milik RI.

Kejadian yang kedua adalah ketika terjadi krisis moneter yang diciptakan oleh persekongkolan negara asing, saat itu negara kita nyaris hancur lebur di semua sendi sendi kehidupan baik ekonomi, politik maupun militer, dan pada akhirnya presiden Soeharto takluk dan harus tunduk pada asing dengan ditandatanganinya perjanjian pinjaman dari IMF. Dengan menggunakan IMF sebagai senjata, mereka mendikte bangsa kita sehingga mematikan semua potensi di segala bidang yang saat itu sudah mulai berkembang pesat baik ekonomi maupun teknologi.

Di saat bangsa kita terseok seok untuk bangkit karena krisis ekonomi, agen agen mereka memainkan skenario lanjutan untuk memecah belah bangsa kita dengan adu domba sesama anak bangsa, Aceh dengan GAM-nya, Maluku dengan RMS-nya, Poso dengan isu sara, Papua dengan isu HAM dan OPM-nya, yang semua itu sebetulnya kerjaan agen agen asing yang ada di belakangnya (sumber hikmah sang patriot JKGR’ 18 sep 2015).

Alhamdulillah bangsa kita di selamat kan dan dilindungi oleh kebesaran Allah SWT dari niat jahat itu. Kini di saat bangsa kita mulai bangkit dan menggeliat baik teknologi, ekonomi dan militernya mulai nampak lagi proxy war dari musuh musuh kita dengan taktik adu domba. Keadaan sekarang hampir mirip dengan keadaan masa lalu di mana undang undang minerba mulai diusik pemerintah RI dengan divestasi saham 51% untuk RI & pemurnian hasil tambang untuk dilakukan di dalam negeri banyak pengusaha dan perusahaan asing kalang kabut karena kenikmatan & pundi pundi uang mereka makin terancam.

Tetapi dengan petunjuk dan pertolongan Allah pemerintah sekarang telah berhasil menyelesaikan permasalahan permasalahan bangsa yang dulu dirasa paling sulit dan pelik untuk diselesaikan tetapi dapat di selesai kan dengan tanpa banyak gejolak.

Urusan minyak dibenahi, petral dibubarkan tanpa perlawanan, pembangunan kilang kilang minyak baru dan kilang yang lama teknologinya dan kapasitasnya ditingkatkan, subsidi BBM dicabut tanpa banyak gejolak di masyarakat.

Kapal pencuri ikan ditenggelamkan tanpa banyak negara negara luar yang protes.

Kini pertambangan dalam proses untuk dijinakkan dan yang lagi hot saat ini adalah PT.Freeport yang kebetulan habis kontrak pada tahun 2021. Dan yang unik lagi mulai tahun 2015 PT.Freeport mengalami kerugian yang membuat harga saham PT.Freeport jatuh (Rugi Freeport-McMoRan Bengkak 835% Jadi US$ 12,236 M, Sumber : Finance.detik.com) seakan akan kejadian itu memberikan kemudahan bagi pemerintah RI untuk memiliki saham Freeport. Pemerintah pusat, daerah, politisi senayan dan rakyat satu suara untuk menekan Freeport untuk tunduk pada UU minerba yang berlaku saat ini. Memang ada sekelompok negara negara kecil yang melaporkan ke PBB soal pelanggaran HAM di Papua yang katanya dilakukan pemerintah RI, padahal yang terjadi justru sebaliknya. Di Papua dilakukan pembangunan besar besaran di bidang infrastruktur baik jalan Trans Papua maupun pelabuhan dan bandara yang bisa membuat papua menjadi lebih maju dan sejahtera.

Bayang kan jika semua infrastuktur di negara kita sudah terhubung semua baik bandara, pelabuhan untuk tol lautnya, jalan jalan tol di semua wilayah sudah terhubung..! Bersamaan dengan militer yang kuat dan ekonomi yang maju tentu kita akan menjadi negara yang di segani di kawasan.

Untuk itu marilah kita songsong kebangkitan bangsa kita yang sudah mulai nampak, jangan sampai kita diadu domba apalagi menggunakan kedok isu isu agama untuk dijadikan alat memecah belah kita. Memang orang orang yang kurang paham selalu d manfaatkan & dipermainkan oleh orang serakah, cerdas dan culas. Orang orang yang kurang paham yang anti asing secara tanpa sadar justru sedang diperalat dan dijadikan pion mereka untuk mendapatkan tujuan politik dan ekonominya,.! Ini adalah urusan politik, duit dan kekuasaan, bukan masalah iman Tuhan, surga dan neraka.

Mari lah kita jaga persatuan dan perdamain bangsa kita,
Seperti pesan yang di samapaikan pemimpin kita.

Jika engkau Hindu janganlah menjadi India.
Jika engkau Islam janganlah menjadi Arab.
Jika engkau Nasrani janganlah menjadi Yahudi.
Tetaplah menjadi orang asli nusantara, dengan adat istiadat nusantara yang kaya ini

(Ir.Soekarno).

Jika engkau membenci orang yang tidak bisa membaca Al Quran, maka yang kamu pertuhankan adalah Al Quran, bukan Allah.
Jika engkau memusuhi orang yang beda agama, maka yang kamu pertuhankan adalah agama, bukan Allah.
Jika engkau menjauhi orang yang melanggar moral, maka yang kamu pertuhankan adalah moral, bukan Allah.
Pertuhankanlah Allah, bukan yang lainnya. Dan pembuktian bila engkau mempertuhankan Allah maka kamu harus menerima semua makluk. Karena begitulah Allah.

(Gus Dur).

Indonesia bukan aku
Indonesia bukan juga kamu
Tetapi Indonesia adalah kita

Salam Indonesia Raya,

By Tunjung Biru

Dirangkum dari berbagai sumber

  81 Responses to “Tanda Kejayaan Nusantara 5”

  1. Oom mantap oom…

  2. Pertalite

  3. Agen NKRI harus bisa Tangkap agen asing yang berada di NKRI yg selalu ngobok ngobok kesatuan nkri…

  4. kita indonesia

  5. bagaiikan panas terik kemudian tersiram air es cendol lllega rasanya haus dahaga hilang bung diego,,pertalite

  6. Sepertinya TUNJUNG BIRU dari banser ne….atau dari ansor…xixixi

    ……….SALAM KOPI PANAS…….

  7. – SATU NKRI untuk Kejayaan
    – SaTu tujuan untuk Dasar Pondasi
    – Satu Usaha Untuk Kemajuan
    – Dari Indonesia Untuk Bangsa indonesia
    Kita Kawal dan amankan SDA nusantara …Nasionalisasi FREEport

  8. AMEN YRA….MERDEKA !!!….buat scan,shafiq,ankmng,sultan,jawir,TMB dan agen2 maloners lainnya baca tuh artikel,jgn kalian jaguh ngatain indonesia takut sama USA,indonesia gadaikan freeport kpd USA….lihat negaramu,lihat beting alimu,masa malay sbg negara tak de maruah di beting ali,takut sama cina

    • Saya takut sama agen malon ntar saya di tembak pake vita berlendir lengket ntar tubuh ane hahaha

    • Bisa apa sih beruk2 korengan itu???..cuman bisa nyaplok patok batas.??? Huh….saya orang yg pertama daftar relawan tempur kalo ganyang beruk ada lagi atau masih seperti Astralala yang kemaren menghina lambang negara…liat saja!!!…biar waktu yang berbica…INI RASA NASIONALIS BERGOLAK tatkala melihat, mendengar dan merasakan betapa pedihnya Lambang Kehormatan di hina oleh Tetangga2 berengsek. Walaupun gak punya alutsista GAHAR jangan remehin BANGSA INDONESIA….kami gak perlu itu semua untuk MERDEKA…cukup BAMBU RUNCING dan DERAP KAKI PERSATUAN bak GENDERANG TABUH GONG RAKSASA langkah kaki sudah menyurutkan nyali mereka…JANGAN TAKUT BANGSAKU….NUKLIR lah negara kami berjuta-juta kali….tapi TIDAK AKAN PERNAH BISA MENYURUTKAN DERAP PERSATUAN DAN KESATUAN SELURUH RAKYAT INDONESIA RAYA…TAMENG KAMI ADALAH BHINEKA TUNGGAL IKA ….MERDEKALAH BANGSAKU…JAYALAH BANGSAKU
      PERCAYALAH…KITA ADALAH BANGSA YANG BERMARTABAT DAN TERHORMAT !!!!….kami bukan kacung2 imperalis…bukan kacung2 kapitalis atau puMATI
      o liberalis seperti kalian bangsa tetangga….sudah cukup kesabaran ini …sudah cukup perih ini….yang patut sangat disadari MUSUH TERBESAR KITA ADALAH DISINTEGRASI….WASPADALAH !!! WASPADALAH !!!!
      MERDEKA ATAU MATI

      Sumpah Palapa :
      Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada: “Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tañjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa”.

      Sumpah Pemuda
      Pertama:
      Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

      MERDEKA !!!!!!
      Kedoea:
      Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
      Ketiga:
      Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

      MERDEKA !!!!!

  9. Warjag dah sepi mungkin dah pd tidur.mending tidur aja

  10. Bener sekali,akhir2 ini marak sekali ulama bayaran yg hanya mengejar kepentingan politiknya dgn dasar2 agama sebagai dasar keinginan politiknya padahal syahwat politiknya itu yg dibalut dgn dalil2 agamanya itu tdk bener ajarannya

    • Itu memang bener ada..di Alquran ada bung…
      Jadi bukan pendapat ulama..
      Ulama hanya menyampaikan saja..
      Beda klo aparat hukum yg..sibuk membela salah satunya….maaf..sekali lagi maaf..agama bukan makanan parasmanan yg bisa di ambil..yang enaknya aja..sekali lagi..Islam bukan anti NKRI..maaf..bung sekali lagi..

      • Loh…. siapa yg bilang islam itu anti nkri??? Sini biar saya Fentung kepalanya

        • Fahami..comen comen di medsos.dan pendapat2 yg mengindikasikan islam phobia.anda bisa menganalisa ….sendiri…maaf klo tersinggung..mungkin sebaiknya kita cek tensi dan kolesterol..bareng..yook..hehehe….

  11. Thanks bung Tunjung Biru ..
    udah lama nggak ada artikel yg membangkitkan jiwa nasionalisme dan menyatukan bangsa, yg kayak dulu sering di buat bung Satrio.

  12. Sepertinya sentilan buat pion yg d sebelah nih.

  13. War is peace. Freedom is slavery. Ignorance is strength. – George Orwell, 1984

    wajib bela negara harus diiringi dengan wajib pembelajaran sejarah kalau mau nasionalisme kita tetap utuh
    dan segera potong logistik dana2 lsm lokal buatan asing baik organisasi, pemerintah maupun individu tanpa memperdulikan teriakan HAMburger dan agama

  14. herannya di medsos kalimat tsb hanya beredar sepenggal

    “kalo jadi islam jangan jadi orang arab”

    dan “mereka” menganggap kalimat tsb sebagai sentimen terhadap golongan tertentu….

    untuk artikelnya cukup membuat jiwa yg meradang kembali sejuk

  15. Siip. Setuju !!!

  16. Sebenarnya mindset atau pola fikir kita yg harus sesuai norma2 hukum adat, agama dan negara yg pancasilais agar Indonesia bs maju, kuat dan berwibawa! Untuk itu disiplankan aparatur negara karena ditangan merekalah urusan negara ini kita amanahkan! Tugas berat bagi Intelegent untuk menghancurkan para penghianat bangsa beserta usernya melalui kontra intelegent.Jayalah Negeriku Jayalah Bangsaku NKRI harga mati!

  17. good job

  18. sudah saatnya lsm yg nadanya selalu nyinyir ke pemerintah dan ga pernah mengapresiasi sama sekali harus di bubarkan. udh jelas maksut dan tujuan mereka. gak ush takut lg dengan gertakan asing. pejabat yg suka nyinyir karungin aja merekalah penghianat bangsa yg paling berbahaya

  19. Thanks Artikel Yg Berbobot..Rindu Dengan
    Tulisan Yg membangkitkan Rasa Nasionalis
    Di Saat Kita sedang di obok obok oleh agen agen asing melaluI media kapitalis neo kolonial era moderen ..Perkuat persatuan NKRI Harga mati

    • Mau baca artikel nasionalis? Baca patriotgaruda bung, isinya mantan jendral dan patriot bangsa lainnya. Artikel yg dimuat membangkitkan nasionalisme, lihat saja dari namanya : “Patriot Garuda”

      • ????……PATGA.CROT….?masalah FREEPORT aja gak berani NGUNGKIT bung veron…..

        • Aduh saya udah males bener baca patga…. baca aja tuh artikelnya, bnyk yg menyudutkan Rezim jokowi, bahkan yg komen pun juga selalu menyudutkan Rezim jokowi, bahkan penangkapan2 yg dilakukan polisi seperti penangkapan patrialis, tersangka makar, bahkan penangkapan Ustad BN juga mereka sebut Kriminalisasi.
          Jd…. yg ada di patga itu jgn ditelan bulat2, jgn mau kepala kita digiring oleh mereka

      • seperti group paduan suara… xixixi

  20. KENAPA ITU TERJADI?, KARENA RAKYAT INDONESIA MASIH BANYAK YANG BODOH,

    • Pasti Mbah orang Pinter ya…. Karena Bisa mengatakan Banyak Orang Indonesia Bodoh….

    • YANG BODOH ITU KAMU MBAH !!!…KALO KAMU MERASA PINTER KENAPA GAK IKUT MENCERDASKAN BANGSAMU…MBAH NOTO TIPIS KALI RASA NASIONALIS KAU

      • bung @pensil sakit, tolong pahami dan kaji dulu makna yang tersirat dari komentar @Mbah Noto 😀

        salam

        • Maaf bung moderator…dalam filsafat sufistik aspek penciptaan tidak dikenal Tuhan menciptakan manusia bodoh..dalam kitab2 suci manapun tidak pernah dituliskan manusia itu bodoh, semua diciptakan secara sempurna. Mengapa ada kebodohan dinegara ini dikarenakan Pembodohan publik untuk kepentingan baik sosial politik kekuasaan dan lain2
          Sehingga terkesan dibeberapa hal kita disebut bodoh

          Menurut wikipedia Kebodohan adalah keadaan dan situasi di saat kurangnya pengetahuan terhadap sesuatu informasi bersifat subjektif. Hal ini tidak sama dengan tingkat kecerdasan yang rendah (kedunguan), seperti kualitas intelektual dan tingkat pendidikan yang dimiliki seseorang. Kata “bodoh” adalah kata sifat yang menggambarkan keadaan di saat seseorang tidak menyadari sesuatu hal, tetapi masih memiliki kemampuan untuk memahaminya

          Sedangkan menurut kamus besar Bahasa Indonesia
          bodoh/bo·doh/ a 1 tidak lekas mengerti; tidak mudah tahu atau tidak dapat (mengerjakan dan sebagainya): anak ini — benar, masakan menghitung membodohkan

          lima saja tidak dapat; 2 tidak memiliki pengetahuan (pendidikan, pengalaman): penjajah sengaja membiarkan rakyat — agar mudah diperintah; 3 cak terserah (kepadamu): kalau tidak menurut nasihatku, –;

          membodohkan/mem·bo·doh·kan/ v 1 membiarkan bodoh (tidak berpengetahuan dan sebagainya): penjajah sengaja – rakyat supaya dapat diperalat untuk kepentingan mereka; 2 menganggap (memandang) bodoh: ia sering – teman sejawatnya; 3 menipu; mengakali: polisi gadungan itu telah berhasil – beberapa toko;- diri pura-pura bodoh; berlagak bodoh;

          memperbodoh/mem·per·bo·doh/ v membodohkan;

          kebodohan/ke·bo·doh·an/ n 1 sifat-sifat bodoh; ketidaktahuan; 2 kekeliruan; kesalahan;

          pembodohan/pem·bo·doh·an/ n proses, cara, perbuatan membodohkan

          Saya pribadi membenci dan sangat muak dan selalu melawan ketika mendengar resume, cerita ataupun argumen orang2 luar negri yang sering mengatakan dan menganggap kebodohan kita ini atau bangsa indonesia bodoh lah, bisa dikelabui lah bisa dipolitisir lah, apalagi dijaman atau era Post Truth seperti sekarang ini dimana ilmu pengetahuan dibolak balik dari pemahaman bumi bulat lalu muncul istilah bumi datar, atau isu2 UFO, isu2 hoax Pemerintah, teori konspirasi de el el
          Saya pasti lawan dan tidak terima ketika bangsaku dikatakan bodoh tidak peduli siapapun dan dimanapun
          Ironisnya di negara kita yang tercinta ini di sosial media, dialog2 formal dan informal, dialektika akademika, dan lain2 suka sekali mengatakan bahwa masih banyak orang Indonesia yang bodoh.
          Saya tidak suka pendapat tersebut karena makna yang terbaca adalah sudah tahu ada banyak orang yang tidak tahu kenapa kita hanya katakan bodoh?? dimana kita saat ada kebodohan, apa kita biarkan kebodohan tersebut
          Benar sekali apa kata Bung Bhineka Pancasila, ” hanya orang2 yang sok pinter yang selalu mengatakan bodoh kepada orang lain”
          Pertanyaan retorisnya ? Sudah pintarkah saya?? Atau bodohkan saya??? Atau justru saya mengatakan bodoh kepada orang lain karena karena kebodohan kita sendiri yang tidak tahu siapa mereka sebenernya

          Maaf Bung Moderator yang saya hormati
          Saya punya rasa nasionalis yang tinggi sama seperti anda dan semua warjag dimanapun kita berada
          saya tidak suka dan akan selalu mendebat dan juga akan selalu membela bangsa saya ini
          Kami bukan bangsa yang bodoh
          NKRI harga mati !
          Kebodohan terjadi karena adanya Pembodohan, Pembodohan dilakukan untuk sesuatu tujuan tertentu oleh orang2 tertentu dan biasanya yang mengatakan bodoh justru orang2 yang tidak mau tau dan tidak perduli akan sesamanya
          Ketika 1 jari menunjuk kepada orang lain maka 3 jari yang lain menunjuk kepada kita sendiri

          Maafkan apabila bahasa tulisan saya yang kasar ini dan saya sedang tidak untuk menggurui
          Saya hanya berpendapat dan menyampaikan kegelisahan saya
          Sekali lagi maafkan saya
          Indonesia bukan bangsa yang bodoh
          Mari kita bersama-sama turut serta aktif mencerdaskan bangsa ini
          Terimakasih dan salam sejahtera
          NKRI harga mati !

          • penciptaan manusia paling sempurna diantara semua makhluk yg diciptakan tetapi tdk ada seorang manusiapun yg sempurna menjalanina. faktanya manusia itu ada yg bodoh dan ada yg pintar tergantung kemampuan mengolah dan menggunakan akalnya. manusia adl makhluk paling serakah karenanya layak disebut makhluk bodoh. Tuhan pun jg berkata demikian dalam firmannya. msg. manusia itu dipenuhi nafsu, tempatnya salah, khilaf, lupa makannya selalu disuruh berdoa dan beristigfar mhon ampun. ini petunjuk jk manusia it makhluk yg tak luput 100% dari dosa kebodohan. mau bantah?

          • Bung Bocah Sodron…saya sepakat dengan anda
            Karena saya tidak menuliskan kesempurnaan yang absolut dalam tulisan saya
            Terimakasih

  21. ijin share Bung Diego..

  22. terima kasih bung Diego, salam damai buat warga JKGR semua

  23. Bhinneka Tunggal Ika adalah moto atau semboyan Indonesia. Frasa ini berasal dari bahasa Jawa Kuno dan seringkali diterjemahkan dengan kalimat “Berbeda-beda tetapi tetap satu”.

    Diterjemahkan per kata, kata bhinneka berarti “beraneka ragam” atau berbeda-beda. Kata neka dalam bahasa Sanskerta berarti “macam” dan menjadi pembentuk kata “aneka”
    Dalam Bahasa Indonesia. Kata tunggal berarti “satu”.
    Kata ika berarti “itu”.
    Secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika diterjemahkan “Beraneka Satu Itu”, yang bermakna meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap adalah satu KESATUAN Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan.

    Kalimat ini merupakan kutipan dari sebuah kakawin Jawa Kuna yaitu kakawin Sutasoma, karangan Mpu Tantular semasa kerajaan Majapahit sekitar abad ke-14.

    Kakawin ini istimewa karena mengajarkan toleransi antara umat Hindu Siwa dengan umat Buddha

    Kalimat semboyan Bhinneka Tunggal Ika pertama kali dimuat dalam sebuah karya berjudul Kekawin Purusadasanta (Kitab Sutasoma), yang ditulis oleh Mpu Tantular tujuh abad silam pada zaman kerajaan Majapahit. Kalimat tersebut sebenarnya dibuat Mpu Tantular untuk menyatukan perbedaan yang ada dalam dua agama besar saat itu, yakni Buddha dan Hindu. Bunyi lengkap Bhinneka Tunggal Ika, seperti yang termuat dalam kitab tersebut adalah sebagai berikut:

    Rw?neka dh?tu winuwus Buddha Wiswa,
    Bhinnêki rakwa ring apan kena parwanosen,
    Mangka ng Jinatwa kalawan ?iwatatwa tunggal,
    Bhinnêka tunggal ika tan hana dharma mangrwa.

    Terjemahan:
    Konon Buddha dan Siwa merupakan dua zat yang berbeda.
    Mereka memang berbeda, tetapi bagaimanakah bisa dikenali?
    Sebab kebenaran Jina (Buddha) dan Siwa adalah tunggal
    Terpecah belahlah itu, tetapi satu jugalah itu. Tidak ada kerancuan dalam kebenaran.

    Pak Moh. Yamin merupakan tokoh yang pertama kali mengusulkan agar semboyan Bhinneka Tunggal Ika tersebut diadopsi menjadi semboyan Negara.
    Usul ini diterima oleh Soekarno dan ikut menjadi pembahasan dalam rapat BPUPKI. Akhirnya, semuanya sepakat untuk menjadikan kalimat ini sebagai semboyan bangsa Indonesia bersama-sama dengan burung Garuda yang ditetapkan sebagai lambang negara Indonesia.

    “Bhinneka Tunggal Ika, mungkin ada yang belum tahu, bahwa kalimat itu TIDAK UTUH . Sebab sebenarnya mesti dilengkapi dengan kalimat Tan Hana DHarma Mangrwa. yang Artinya
    Tiada Kebenaran Yang MENDUA ( Rancu )
    Sehingga dapat memberikan makna yang utuh. Mpu Tantular, sang maha cendekia kerajaan Majapahit dalam karyanya berjudul “Sutasoma” memang tidak memisahkan dua kalimat ini.
    Sebab “Tan Hana Dharma Mangrwa” yang juga bermakna “Tiada Pengabdian Yang Mendua” sesungguhnya menjelaskan prinsip yang mendasari kehidupan dari satu bangsa yang Bhinneka Tunggal Ika” (beranekaragam tapi satu).

    Manusia penghuni Nusantara memang terdiri dari beraneka ragam suku, agama, latar belakang sosial, tapi sesungguhnya di dalam dirinya bersemayam nilai-nilai perekat kebersamaan, yakni kesadaran akan pengabdian terhadap Tuhan Maha Esa, kepada kemanusiaan yang adil dan beradab, terhadap keberlangsungan hidup bersama, yang kemudian oleh Ir. Soekarno disebut sebagai Pancasila.

    Makna hakiki dari “tan hana dharma mangrwa” itu tentu relevan direnungkan kembali, agar bangsa ini tidak terus menerus terjebak dijalan sesat. Sebab, bukankah karut marut yang mendera selama ini akibat penduaan dharma yang bermula pada kalangan elite, tapi kemudian menular ke masyarakat luas.

    Kenyataan yang terjadi saat ini adalah kalangan politisi telah menduakan dharmanya, dengan mengatasnamakan rakyat untuk menindas rakyat, para pejabat negara disatu sisi mengaku sebagai abdi negara tapi juga sekaligus menguras kekayaan negara untuk diri sendiri dan kelompoknya, para penegak hukum yang seharusnya mengabdi demi tegaknya kebenaran dan keadilan hukum, justru kian telanjang memperkosa dewi keadilan itu sendiri, dan ironisnya lembaga pendidikan sebagai lahan persemaian bagi tumbuhnya karakter kebangsaan justru kian kehilangan karakternya sendiri.

    ‘Tan Hana Dharma Mangrwa’ menegaskan pentingnya tindakan nyata. Yakni dharma bagi kemanusiaan, bagi perbaikan kesejahteraan rakyat. Dharma itu bersifat tunggal tidak bisa berlaku ganda. Ia berpusat pada perbaikan kualitas hidup manusia dan nilai-nilai kemanusiaan. Karena tidak bisa dimanipulasi dengan pencitraan. Sebab, betapa pun hebatnya polesan pencitraan, pada saatnya baik atau buruknya pelaksanaan dharma kepemimpinan akan terkuak juga.

    Jangan MENDUA dalam Berdharma dan Kebenaran karena bila Kualat maka akan menjadi alat membunuhmu sendiri
    Seorang yang biasa bermain dengan Samurai akan mati karena Samurai,

    Bhinnêka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa. itu PERINGATAN Sutasoma kepada Purushaada, Raja Lalim yang selama ini menindas rakyatnya sendiri.

  24. (COPAS. Bagus!)
    BUDAYA JUJUR. Dua belas tahun lalu, seorang wanita pergi kuliah di Prancis. Dia perhatikan bahwa sistem transportasi di sana menggunakan sistem otomatis, artinya anda beli tiket sesuai dengan tujuan melalui mesin. Setiap perhentian kendaraan umum pakai cara “self-service” dan jarang sekali diperiksa petugas. Bahkan pemeriksa insidentil oleh petugas pun hampir tidak ada. Akhirnya lama kelamaan dia temukan kelemahan sistem ini, dan dengan kelihaiannya dia bisa naik transportasi umum tanpa harus beli tiket dan dia perhitungkan kemungkinan tertangkap petugas karena tidak beli tiket sangat kecil. Sejak itu, dia selalu naik kendaraan umum dengan tidak membayar tiket. Dia bahkan merasa bangga atas kepintarannya tersebut Dia berpendapat dalam hati karena dia anggap dirinya adalah murid miskin, dan kalo bisa irit ya irit. Namun, dia tidak sadar dia sedang melakukan kesalahan fatal yang akan mempengaruhi karirnya kelak. 4 tahun berlalu, dan dia tamat dari fakultas yang ternama dengan angka yang sangat bagus. Hal ini membuat dirinya penuh percaya diri. Lalu dia mulai mengajukan aplikasi kerja di beberapa perusahan ternama di Paris, dengan pengharapan besar untuk diterima. Pada mulanya, semua perusahan ini menyambut dia dengan hangat. Tapi berapa hari kemudian, semuanya menolaknya dengan berbagai alasan. Hal ini terus terjadi berulang kali sampai membuat dia merasa tidak terima dan sangat marah. Bahkan dia mulai menganggap perusahan-perusahan ini rasis, karena tidak mau menerima warga negara asing. Akhirnya, karena penasaran dia memaksa masuk ke departemen tenaga kerja untuk bertemu dengan managernya. Dia ingin tahu alasan apa perusahan-perusahaan tersebut menolaknya. Ternyata, penjelasan yg didapat diluar perkiraannya… Berikut adalah dialog mereka… Manager: Nona, kami tidak rasis, sebaliknya kami sangat mementingkan anda. Pada saat anda mengajukan aplikasi pekerjaan di perusahan, kami sangat terkesan dengan nilai akademis dan pencapaian anda. Sesungguhnya, berdasarkan kemampuan, anda sebenarnya adalah golongan pekerja yang kami cari-cari. Wanita: Kalau begitu, kenapa perusahan-perusahaan tersebut tidak menerima saya bekerja? Manager: Jadi begini, setelah kami memeriksa di database, kami menemukan data bahwa nona pernah tiga kali kena sanksi tidak membayar tiket saat naik kendaraan umum. Wanita: (Kaget) Ya saya mengakuinya, tapi apakah karena perkara kecil tersebut perusahan menolak saya? Manager: Perkara kecil ?!? Kami tidak anggap ini perkara kecil, nona. Kami perhatikan pertama kali anda melanggar hukum terjadi di minggu pertama anda masuk di negara ini. Saat itu petugas percaya dengan penjelasan bahwa anda masih belum mengerti sistem transportasi umum disini. Kesalahan tersebut diampuni. Namun anda tertangkap 2x lagi setelah itu. Wanita: Ohh waktu itu karena tidak ada uang kecil saja. Manager: Tidak, tidak. Kami tidak bisa terima penjelasan anda. Jangan anggap kami bodoh ! Kami yakin anda telah melakukan penipuan ratusan kali sebelum tertangkap. Wanita: Well, tapi itu bukan kesalahan mematikan bukan? Kenapa harus begitu serius? Lain kali saya berubah kan masih bisa? Manager: Saya tidak anggap demikian, nona!. Perbuatan anda membuktikan dua hal: 1. Anda tidak mau mengikuti peraturan yg ada Anda pintar mencari kelemahan dalam peraturan dan memanfaatkan untuk diri sendiri. 2. Anda tidak bisa dipercaya ! Nona, banyak pekerjaan di perusahan kami bergantung pada kepercayaan. Jika anda diberikan tanggungjawab atas penjualan di sebuah wilayah, maka anda akan diberikan kuasa yg besar. Karena efisiensi biaya, kami tidak akan memakai sistem kontrol untuk mengawasi pekerjaanmu. Perusahan kami mirip dengan sistem transportasi di negeri ini. Oleh sebab itu, kami tidak bisa pakai menerima anda, nona. Dan saya berani katakan, di negara kami bahkan seluruh Eropa, tidak ada perusahan yg mau menggunakan jasa anda. Pada saat itu, wanita ini seperti tertampar dan terbangun dari mimpinya dan merasa sangat menyesal. Perkataan manager yang terakhir membuat hatinya bergetar.

    MORAL OF THE STORY Sahabat hebatku, Dalam kehidupan sosial, Moral dan etika seseorang bisa menutupi kekurangan IQ atau kepintaran. Tetapi IQ atau kepintaran bagaimanapun tingginya tidak akan bisa menolong etika yang buruk…. Attitude atau suatu sikap mental menjadi dasar utama keberhasilan kita, oleh sebab itu jangan dianggap remeh. Attitude diibaratkan seperti berkendara dengan ban kempes, dimanapun kita berada, baik di lingkungan sosial maupun di lingkungan pekerjaan, attitude seseorang akan dengan mudah dirasakan oleh sesama dan orang2 disekeliling kita akan memberikan reaksi yg sama terhadap attitude kita. Jagalah selalu attitude kita dimanapun karena hal tersebut akan mempengaruhi keberhasilan kita di dalam semua bidang sosial maupun pekerjaan Selamat menjalani hari yang penuh dengan pengharapan positif dan kegembiraan dalam berusaha. *mari budayakan kejujuran* TANHANA DHARMMA MANGRVA. Happy weekend..

  25. pantesan yang Makar kemaren pada di tangkepin, polri cepet juga ya geraknya

    • Coba anda buktikan yg ditangkap kemarin ada yg benar melakukan makar atau tidak. Anda komen seakan-akan mereka melakukan makar. Padahal baru ditangkap utk diperiksa.

      • tanyakan sama PENYIDIK dong bung veron….satu lagi bung veron,diwarung PATGA.CROT yang diulas KEMBALI ke UUD 45 asli,yang jadi pertanyaan,selama 10tahun pemerintahan SBY kenapa gak ada yang koar2..padahal kalo gak sala revisi UUD itu udah dari tahun 2002…CMIIW…..(salam LAYAR TERKEMBANG….??????….katanya FEBRUARI….ini udah pertengahan MARET gak keliatan LAYARNYA…?????)

      • @autoveron, bukti? Tanya aja saama polisi yg nangkep, buktinya apa? Kalo gk ada bukti ya gk mungkin bisa ditangkep

  26. Sepertinya saya sangat kenal dng seseorang yg memiliki gaya2 penulisan yg membangkitkan sisi nasionalisme spt ini.
    Beliau sering menyebut artikel Kewiraan namun wawasan beliau tentang alutsista jg sangat bagus yg tidak hanya bermodalkan gugling doank sdh merasa sok pintar dr yg lain.
    Beliau jg merupakan warjag senior dulu disini. Tp sekarang mungkin kesibukan beliau sehingga gak sempat menyumbangkan artikel lg disini. Semoga beliau sehat selalu.

  27. JAngan Lupa Juga PR dalam negeri, tentang kesetaraan kesempatan ekonomi, yang menjadi biang kesenjangan sosial, yang akan menjadi sumber potensial perpecahan. Jika Setiap Rezim tidak mampu mengurai ini, potensi kehancuran Negara sedia nya ada di dalam kita sendiri..

    Harapannya Allaah Subhana Huwataalaa menuntun para pemimpin bangsa dan Punggawa negara untuk bertindak adil, jujur, dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Bukan kepentingan pribadi, kelompok/partai (jadi deg-deg an sama petugas partai), dan golongan. Dan berpihak pada masyarakat kebanyakan….

  28. bung Diego
    kenapa isu PKI gak disinggung samasekali
    seharusnya ditambahin
    kalo mau jadi etnis keturunan jangan jadi pki

  29. cukup dg Doa Bersama saja saya jamin indonesia aman dr proxy war, komunis, radikal, GPK, begal, terorisme, narkoba, koruptor, Cukong, perampokan, ilegal fishing, kejahatan kerah putih aseng/asing & serangan rudal nuklir dr AS

  30. sip sutuju……JANGAN SAMPE URUSAN POLITIK DI CAMPUR ADUKKAN DG AGAMA SPT YG SEKARANG TERJADI

  31. Mantap…..
    Terutama kata-kata Sukarno dan Gus Dur

    Terima kasih Tunjung Biru

    Salam

  32. Thanks Bung TB.

  33. sama sama bung , semoga bangsa kita selalu damai, gemah ripah loh jinawi. toto tentrem karto raharjo.

  34. NICE artikel bung TB….terima kasih WEJANGANNYA……

  35. di artikel ini saya kok merasa aneh yaa..
    terkesan iya.. terkejut iya,, tersindir iya, seperti masuk kelas filosofi…
    mungkin sufi sufi nusantara mulai berkomentar he he he…

    tapi apapun itu, merupakan khasanah budaya bangsa yg bisa diambil bagian positifnya…
    bagi saya:
    budaya adalah jadi diri kita..
    agama adalah hubungan pribadi dengan Sang Pencipta
    moral adalah urusan pribadi..
    kebebasan adalah hak saya, tapi bertanggung jawab agar tidak melanggar hak orang lain…

    selamat siang warjager!!!

  36. Kesalahan terbesar adalah pada saat kepemimpinan soeharto…freeprot…petral…otomotif…aceh..dumai..balikpapan..sumatra kalimantan kayunya..plus otot tentara nya krempeng dn hanya matra darat yg diberi asupan..oposisi adalah komunis..tangkap!!!…
    Memutus generasi orba memang berat..tegakkan pancasila harusnya bukan pada saat ini saja..tapi pada saat soeharto..jadi saya sangat sakit hati apabila ada yg triak2 tegakkan pancasila untuk saat ini..kemana aja loe bang sblum sblum nya?
    Apalagi ada yg triak2 presiden dipilih dpr,tp tdk mengajarkan bagaimana memilih dpr agar tdk spt skarang..yg jauh dr “dr rakyat,untuk rakyat dn kembali merakyat”

    • Benar atau salah itu relatif bung 😀 semua kembali pada diri kita masing, karena kita memiliki hak dan bebas untuk menentukan apakah informasi yg kita terima itu benar atau salah.

    • setuju, jaman sekarang masih takut isu pki ? wkwkwk itu dulu jamanya kita diadu domba intel2 amerika plus keserakahan s0eharto yang pas untk jatuhkan indnsia demi sda. Dah tau ada foktor yang kontras antara 1slam yg natabene sangat memusuhi hal2 yang tak berTuhan vs komunis yang tak beragama(katanya) ,eh malah diadudomba oleh asing. Maka yg terjadi adalah dor dor dor… perang saudara. Salah siapa ? Makanya jangan salah paham ANTARA berita dan adu domba. maaf bung mimin nyinggung sara dikit #cuma meluruskan sesuatu yg abu-abu

  37. Doa saya “TERSINGKIR DAN TERSUNGKURLAH ORANG YANG AKAN MERUSAK NKRI”…AAMIIN!!…

  38. Amerika cuma takut pada negara yg punya nuclear..titik.

  39. benarkah@ sego jagung, amerika hanya takut dengan negara yang punya nuklir….?

    • Pendapat bung @Seto sepertinya masuk akal @Tunjung Biru, meski AS mengaku punya penangkal rudal tercanggih, tetapi dalam pertempuran yang menggunakan nuklir apa saja bisa terjadi, meski misalnya “negara musuh AS” hancur kena nukir AS, namun apakah bisa dijamin 100% bahwa nuklir yang diluncurkan lawan bisa di hadang semua?

      Anggaplah misalnya cuma 10% wilayah AS yang terkena ledakan nuklir dari musuh, ini merupakan kerugian besar, berarti pemimpin AS tidak bisa menjaga keselamatan warganya…

      Saat suatu negara (selain AS) memutuskan untuk bertempur, mereka berani terima apapun resikonya, apalagi mereka punya nuklir. Dan sikap berani mati seperti hal ini masih diragukan dimiliki oleh AS.

  40. ralat, nuklir…..?

  41. articel yang bagus.
    mampu menambah rasa nasionalisme, kencintaan terhadap bangsa indonesia..
    ditunggu articel selanjutnya bung tunjung biru.

  42. @tias terima kasih semoga sehat dan sejahtera selalu.

  43. sama-sama@Tunjung biru

  44. Nice artikel tunjung biru

  45. Kalau tidak ada (Mulut Comberan) itu, mungkin Indonesia damai – damai aja

  46. Mantap, tambah semangat pokoke yakin dan yakin kita semua pasti bisa, Insya Allah…..

 Leave a Reply