Jan 072018
 

White House, Washington DC, AS (commons.wikipedia.org)

Washington, Jakartagreater.com – Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengumumkan, pada Kamis 4 Jajuari 2018, negaranya untuk sementara menghentikan bantuan keamanan untuk Pakistan.

Juru bicara Deplu AS, Heather Nauert, mengatakan dalam acara jumpa pers bahwa jumlah pasti bantuan masih belum diketahui.

Presiden AS Donald Trump dan Gedung Putih telah mengeluarkan pernyataan-pernyataan tajam terhadap Pakistan sejak awal tahun 2018. Mereka menganggap Islamabad kurang mendukung prakarsa AS untuk memerangi terorisme di Afghanistan dan justru memberikan “tempat berlindung” bagi para teroris yang sedang diburu Amerika Serikat.

Hubungan bilateral antara kedua negara menjadi hambar sejak Washington mengeluarkan strategi Asia Selatan yang baru dan menangguhan bantuan militer senilai 255 miliar dolar AS kepada Pakistan.

Sebagai tanggapan, Pakistan telah memanggil duta besar AS untuk negara itu pada Senin1 Januari 2018 malam guna menyampaikan protes, dengan mengatakan bahwa Pakistan telah mengambil tindakan terhadap seluruh kelompok militan tanpa diskrimnasi dan bahwa pengorbanan Pakistan disepelekan.  (Antara/Xinhua-OANA)

Bagikan Artikel :

  77 Responses to “AS Tangguhkan Bantuan Keamanan Bagi Pakistan”

  1. Situasi Indonesia cukup sulit. Setelah berada dibawah cengkraman Orba yang cenderung condong ke Blok Barat 30 tahun lebih, agen dan simpatisan Barat sudah sangat mengakar di negeri ini. Bukan sesuatu yang perlu disembunyikan bahwa sejumlah elite politik membawa agenda tersembunyi sebagai proxy Barat, telusuri saja dari mana asal muasal dana yang mereka gunakan untuk membiayai sepak terjangnya. Paling tidak, dari mana mereka dapat “modal” awal. Sebagian dana mereka “siluman” alias dari money loundering yang disengaja agar susah untuk dilacak asalnya.
    Jangankan DPR/MPR, bahkan angkatan bersenjata kita sudah disusupi sejumlah perwira dengan agenda “tersendiri” walaupun masih banyak juga yang nasionalis.

  2. Amerika mempropagandakan diri sebagai negara paling demokratis di dunia, namun mereka juga menggunakan demokrasi sebagai senjata untuk melumpuhkan negara-negara yang dianggap lawan.

    “Kebebasan berkumpul, berbicara dan mengutarakan pendapat adalah bagian demokasi”
    dan mereka membayar “panitia” untuk mengumpulkan orang, memberikan bonus pada orator, menyokong dana untuk “yang sudah bersedia kumpul-kumpul” lalu membuat suasana ricuh dan sukseslah sebuah perang proxy berkat “dollar”

    Dan menyebut demonstrasi yang seagenda dengan amerika sebagai “suara rakyat adalah suara Tuhan”
    Dan menyebut demonstrasi yang tidak seagenda dengan mereka sebagai “Black Campaign Rezim yang saat ini berkuasa.”

  3. Salah satu hal yang membuat kecewa adalah kenyataan bahwa sebagian besar (kalau tidak semuanya) negara-negara anggota PBB selama ini menerima “uang suap” alias “uang sogok” dalam balutan kata “bantuan ekonomi” ataupun “natural disaster aid” tak terkecuali Indonesia.
    Soekarno : “Go to Hell with your aids!”
    Gue lebih suka membacanya sebagai “uang tutup mulut” atas kebijakan-kebijakan luar negeri yang dibuat amerika.
    Bahkan kalau di Indonesia saja ada istilah “Korupsi Berjamaah” mungkin PBB tidak kenal istiklah ini. Indonesia memang selangkah lebih maju dari PBB 🙂
    Coba saja apakah elu-elu tau berapa uang sogok yang diberikan aussie pada kita dalam balutan “natural disaster aid” atau semacamnya setiap periode, sementara mereka sendiri menganggap kita sebagai “ancaman dari utara” ?

  4. Dan selama kita masih belum bisa independen dari bayang-bayang negara “superpower” baiklah kita menjaga keseimbangan “Ying dan Yang” (Busyet dah) 🙂
    Jokowi mendapat sokongan dan perlindungan sejumlah mantan Jenderal yang — sekalipun mereka tidak sepenuhnya bersih — setidaknya memiliki jiwa nasionalis. Disini akan selalu ada agenda pribadi, namun setidaknya agenda pribadi mereka tidak ditujukan untuk memporak-porandakan bangsa dan negara sendiri, tidak seperti kubu sebelah. 🙂

    Dan (lagi) apakah elu-elu pikir mendapat sesuatu gelar kebangsawanan atau semacamnya dari Barat (setidaknya saat ini adalah dari Barat) berarti semata-mata adalah penghormatan pada orang tersebut khususnya dan bangsa dan negaranya secara umumnya? Naif sekali!

    Tidak ada satu sistem atau pemerintahan di Barat sana yang akan memberikan gelar penghormatan tanpa pamrih, tanpa alasan dan tanpa agenda tertentu! Dan bagi orang yang mengejar kejayaan, tidak masalah bahwa hal itu berarti harus terlibat dengan sistem pemerintahan dunia yang penuh intrik dan kotor!

  5. Nah ini salah satu trik politik amrik utk mencengkeram negara lain, biar pada nurut kemauan amrik disamping pake trik2 lain nya

  6. Awas hati-hati embargo dan sanksi pencabutan bantuan…

  7. Sebentar lagi Indonesia kena sanksi pencabutan bantuan ekonomi dan sanksi peralatan militer / suku cadang ( embargo ) karena menentang keras Donal Bebek masalah Jerusalem..

  8. Wahhhhh baru dpt apache, harap2 cemas kena embargo nihhhhh….

  9. Si bebek org nya dendaman…klo di PBBA lsg keluarkan statement kek gini,,,bisa2 semua negara penentang akan kena imbas nya,,,.xixixi Indonesia kena jg ga ya,,,,

  10. Bahkan sebenarnya USA berusaha melibatkan India juga untuk memberikan dukungan kepada militer Afganistan… tetapi India memilih lebih berposisi memberikan dukungan perawatan alutista saja… Pakistan sendiri sepertinya mulai mengurangi peran di Afganistan karena mereka mendapat tekanan hebat di dalam negeri dati Taliban… beberapa kali kejadian teror terjadi di Pakistan dan justru terjadi di area militer/kepolisian Pakistan…

  11. Apakah amerika akan mengembargo indonesia lg? ato memberikan sangsi krn membeli alutsista dr rusia!!!

    • Karena Indonesia kelihatan merapat kepada Russia mereka (USA) kembali loyal dengan mencabut embargo militer dan mulai menawarkan beberapa alutista unggulan kepada Indonesia seperti AMRAAM, yang sebenarnya tidak akan pernah disetujui senat untuk di jual kepada Indonesia… menjual F-16V dengan opsi Hibah dan akirnya hibah yang diambil, termasuk Apache…
      USA sangat sulit diprediksi, mungkin ketika seperti di era Orba dimana kita sudah memiliki ketergantungan dengan alutista barat, maka dengan mudah mereka akan berbalik menekan kita termasuk dengan cara embargo militer..

  12. Udah, daripada diskusi yg gak jelas lebih baik liat ini aja biar lebih enjoy. Hhhhhhhhhh

    https://youtu.be/j7I4i–FNrQ

    • Walahhhh…selera e Agato….

    • Tepok jidat plak!! Wkkkk….

      Dulu perasaan ada warjager yg nickname nya amami haruka, dia pake avatar cewek anime dari Blend s terus ada yg ngoceh2… Wah, pake ava anime sok ngomongin militer lagi, disini Forum militer bukan Forum wibu!! Ehh, ga taunya sekarang yg ngoceh2 nyebar2 lagunya tuh anime xixixi… Wibu kok teriak wibu wkkkkkk….

      • Wahhh, kok Bung FNC tau anime winter terbaru 2017 nih. Wahh, Wibu detected nih. Hhhhhhhhhh, suka ngevent atau cosu ya Bung.

      • Atau jangan-jangan malah yg pake Nick Amami Haruka tuh Ente ya Bung FNC, hhhhhhhhhh

      • Ane ulang lagi kata2 di atas… Wibu kok teriak wibu wkkkkkk…

        Yes, saya suka kok Nonton Anime begitu pun Dng Film Hollywood emangnya ada yg aneh yah? Emang kalau begitu otomatis harus suka dan mendewakan jepang dan Asu juga gitu?? Lah, orang Rusia musuh besar asu aja banyak yg suka Film Hollywood kok wkkkk… Jadi menurut ente kalau suka Film Hollywood itu otomatis harus jadi pendukungnya si Trump dan Fansnya Alut asu yah? Terus kalau suka anime otomatis berarti juga harus Asu lagi karena jepang adalah sekutu asu xixixi… Lama2 komen ente ngawur bin lucu kek si qarin, Apa jng2 emang sengaja ngikutin gaya ngawurnya si qarin?? Cie… Cie… Jng2 penggemarnya si qarin nih bung grigoro wkkkkk…

        • Jujur aja, yg nama Nick Amami Haruka itu cuma bentar, bahkan Ane yakin gak banyak yg tau charnya dari Blend S, apalagi itu anime baru dg segmented terbatas buat cowok yg suka moe dan karakter2 tertentu. Hayo, ngaku aja kalo Ente itu Amami Haruka kan?? Gpp ngaku aja.

          Lagian disini gak ada yg ngomongin film Hollywood kok.

          • Si amami kalau komen tuh pake Huruf gede2 yg suka pake Caps lock kalau momen tuh biasanya bung ganar makanya dulu banyak yg nyangka dia Klonengan bung ganar…kan ane udah bilang di atas ya sy suka kok nonton anime sekarang udah banyak bung situs2 yg ngasih anime sub indo wajar kalau aja sy tahu, yg sy ga tahu itu ada berapa Doujinshi hentai Tsunade xixixi… Bung aming dan ente keknya yg lebih tahu wkkkk… Ini orang kok ngotot amat sih bw2 anime?? Ane ulang omongan ente yah… Di sini tuh forum militer bukan Forum wibu!! Stick to military topic pliss…

            Udah agato jng bw2 Blend s kesini apalagi moe2 hahaha… kalau mau ngemeng anime ya saya ga kesini tapi ke forum lain, sy kesini karena sy pun military fansboy seperti warjager yg lain Capiche…

          • WHm,.. malah bawa doujinshi. Beneran nih gak mau ngaku, noh Bung Seven aka Edo aka Good People aja dah ngaku. Tapi yaudah kalo enggak. Hhhhhhhhhh.

            Btw stick to military topic tuh apa artinya?? Stick= tongkat gitu???

          • Kalau stick yg itu buat di tancepin ke pantat ente aja wkkkk… Biar Fokus nyalesnya sm produk2 loket dan tidak lagi promo produk saingan xixixi….

          • Ngomong pake bahasa Indonesia aja kalo pake bahasa Inggris gak lancar. Hhhhhhhhhh

    • Walah… kenapa bahasnya jadi tentang Anime gini. Serasa salah masuk web karena bahasanya para Otaku dan Wibu.. ixixixixixi.

    • Hhhhhhhhhh, Ente luar biasa Bung FNC, penggemar anime yg suka Militer. Hhhhhhhhhh

  13. Pakistan ga takut wong sekrg di back up sino ,kecil 13 t wong investasi sino dipakistan 65 milyar dolar sekitar 950 triliun kok

    • Pakistan gak dibackup sama China. Keduanya sama-sama membutuhkan khususnya China yg pengen menghindari Selat Malaka. Entah kalo terusan Kra jadi dibuat, apakah Pakistan akan jadi Sekutu utama China atau enggak. Kemungkinan besar USA gak akan melepaskan Pakistan karena berguna buat membentengi China-Rusia dari jalur Selatan.

      Rusia butuh pelabuhan air hangat, sedangkan China butuh Supply minyak dan gas tetap ada sekaligus mematahkan blokade Pasifik.

      • Pakistan memiliki masalah berat dengan Taliban, dan Pakistan memiliki masalah persaingan dengan India… China adalah alternatif terbaik bagi Pakistan terutama karena hubunganya yang memburuk dengan USA… sepertinya Pakistan mendapat tekanan hebat dari Taliban sehingga terjadi banyak sekali kegiatan teror di Pakistan tahun2 sebelumnya, dan cara terbaik adalah memilih tidak terlibat dalam konflik Afganistan sehingga secara langsung berpengaruh pada hubungan dengan USA…
        Wilayah Pakistan dituduh sebagai tempat persembunyian militan Taliban Afganistan sehingga sering menjadi sasaran serangan USA yang juga sering mendapat reaksi protes dari pemerintah Pakistan…
        Tekanan dari Taliban sepertinya yang menjadikan hubungan Pakistan-USA semakin memburuk, hal ini juga bisa di lihat dari situasi di Pakistan yang semakin membaik dari serangan teror dibandingkan beberapa tahun sebelumnya…

      • Pakistan gak dibackup cina?? Tentu saja cina akan backup pakistan, cina punya kepentingan besar di pakistan Karena satu alasan CPEC…

  14. Alternatif jika amerika main ancam2 an adalah berteman dengan blok timur..!!

    • Sebetulnya itu hal yg riskan Bung, apalagi sekarang USA menerapkan Black and White. Indonesia yg punya politik bebas aktif pun seperti gak berani menerapkan thousands friends zero enemy seperti SBY, tapi langsung memilih blok juga akan menghambat laju kekuatan Indonesia khususnya di bidang sosial-ekonomi. Ekonomi yg kuat akan mendukung militer yg kuat. Kalo hanya mementingkan militer yg kuat jelas akan menghancurkan ekonomi. Maka cara teraman adalah dg menerapkan pemerintahan otoriter seperti Korut. Apa kita siap seperti itu?? Dengan kondisi sekarang gak mungkin diterapkan di Indonesia, bisa pecah perang saudara dan jadi Yugoslavia kedua entar.

      • Penerapan thousands friends zero enemy tetap diberlakukan lho..bung, untuk menguatkan kebijakan politik bebas aktif. selama blom menjadi negara yg kuat secara ekonominya. Kalo tdk, bagaimana mau menerapkan poros maritim dunia bung. Itu saling berkaitan.

        Kita jng melihatnya dng perspektif sempit yg mengkaikan unsur militer saja. Di jaman modern spt ini tdk ada negara yg mandiri secara penuh dibidang ekonomi, tetap butuh negara yg lain.
        Indonesia sdh bulat bergabung dng negara non blok. Itu artinya memberikan peran yg besar kpd negara utk bebas bersahabat dng siapa saja demi kepentingan ekonominya.
        Jd jng anda seret opini bahwa Indonesia condong ke barat (USA).

        Kita mengalami embargo dan mengalami krisis ekonomi akibat ulah kita sendiri yg bergantung pd produk import yg besar lho bung terutama produk barat. Beda dng India yg mandiri dng bangga dng produk lokalnya, mereka bisa bertahan bahkan mereka bisa bebas milih dng siapa ia mau berdagang tanpa tekanan.
        Jng salahkan pemerintah. Salahkan diri anda sendiri knp suka banget pake produk import termasuk saya…..xixixi

      • Saya gak menyeret opini apapun, namun penerapan thousands friends zero enemy jelas membuat kita lemah. Lihat, bagaimana sikap Malaysia terhadap kita, Singapura terhadap kita, Aussie terhadap kita, kelakuan pencurian ikan China terhadap kita, suara kita yg tidak didengar oleh komunitas ASEAN dan regional atas masalah luar negeri yg terjadi baik LCS, keseimbangan Asia-Pasifik hingga masalah Ukraina hingga Palestina.

        Maka untuk mencegah hal itu terulang sekaligus memperkuat bargaining power serta suara Indonesia diwilayah sekitar dan dunia pada umumnya maka Indonesia mengenalkan lagi konsep, membangun hubungan yang setara, menekankan pada non blok dengan mengutamakan kepentingan nasional. Hal itu disampaikan oleh Pak Jokowi saat pidato perdana pelantikan Presiden, dengan konsep Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia adalah bentuk kongrit dari idealisme tersebut. Yah, kalo disingkat menjadi : INDONESIA FIRST !!! Jadi ingat pidato seseorang kan, seseorang yg para Russian fanboys suka benci. Hhhhhhhhhh

    • Indonesia sebenarnya sudah menerapkan sistem itu… dengan menggunakan alutista buatan Russia maupun USA/barat, sehingga jika ada salah satu yang bermasalah dengan kita, kita masih tetap kuat baik di darat udara maupun di laut…
      Yang paling berasa adalah pespur… ketika kita terlalu kebarat2an, begitu di embargo langsung K.O, sedangkan sekarang sudah mulai bermain cantik dengan bermain di dua sisi, dan itu adalah cara terbaik untuk menjamin kemampuan militer kita…

  15. Horeeee horee horeeee horeee

    Indonesia tambah lagi AMRAAMnya…

    http://tucson.com/business/raytheon-wins-m-foreign-missile-contract/article_f4bf3586-f00b-11e7-a7d4-035d1f86bb66.html

    Siapa yang kemarin minta-minta rudal ?

    Tuh udah dibeliin rudal, tunggu jadinya di 2020 ya.

    Kalau soal bantuan Amrik ditutup kita nggak khawatir sebab kita itu beli, jadi Amrik nggak bisa nolak duit.

  16. Bener bung…apalagi sales nya ,,,,huuuu…njijik i

 Leave a Reply