Jun 102019
 

Bandara Internasional Goa di India ditutup sementara selama dua jam setelah sebuah tangki bahan bakar eksternal pada pesawat tempur MiG-29K jatuh di landasan, menumpahkan bahan bakar dan menyebabkan kebakaran pada jalur pendaratan dan lepas landas di bandara.

Operasi penerbangan di Bandara Internasional Dabolim di Goa kembali dibuka pada Sabtu sore setelah ditutup sementara, kata Angkatan Laut India.

Akibat kebakaran landasan yang disebabkan jatuhnya tangki bahan bakar MiG-29, personil Angkatan Laut India diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan, membersihkan landasan dari bahan bakar yang telah tumpah di atasnya dan melakukan perbaikan kecil di sepanjang landasan yang terbakar.

“Ini adalah tangki bahan bakar eksternal yang melengkapi pesawat yang memungkinkannya menempuh jarak terbang yang lebih jauh. Tangki semacam itu yang terpasang pada MiG-29K biasanya dilepaskan dari jet saat serangan mendadak dan mendarat di landasan pacu,” kata pihak berwenang kepada wartawan.

Sebanyak tujuh penerbangan dari berbagai bagian negara India, yang seharusnya mendarat di bandara Goa, telah dialihkan.

Angkatan Laut mengoperasikan MiG-29K dari kapal induk INS Vikramaditya dan skuadron tersebut berbasis di pangkalan udara Angkatan Laut, Goa. Hingga kini belum diketahui apa penyebab jatuhnya tangki bahan bakar MiG-29K India.

The Hindu

 Posted by on Juni 10, 2019

  One Response to “Tangki MiG-29K India Jatuh Sebabkan Kebakaran Landasan”

  1.  

    Jan koclok tenan…pilotnya koclok.