JakartaGreater.com - Forum Militer
Mar 292016
 

Tank terbaru militer Rusia — Armata, dan dua platform lapis baja — Kurganets dan Boomerang, yang untuk pertama kalinya dipamerkan ke publik, pada 9 Mei 2015, dalam sebuah parade yang menandai 70 tahun kemenangan atas Perang Patriotik Raya. Tank terbaru ini memicu ketertarikan media global yang belum pernah terjadi sebelumnya. Setahun kemudian, perangkat ini ‘hilang dari pandangan media’. Namun menurut sebuah pernyataan yang dibuat mantan Kepala Angkatan Darat Federasi Rusia, pembelian tank dan kendaraan lapis baja tentara ini (dalam jumlah besar) seharusnya dimulai pada tahun 2016. RBTH mencari tahu apa yang terjadi pada mesin-mesin yang menjanjikan tersebut pascaparade.

Tank-tank tempur Armata beriring-iringan di sepanjang Jalan Tverskaya menjelang latihan Parade Hari Kemenangan di Lapangan Merah, Moskow.

Tank-tank tempur Armata beriring-iringan di sepanjang Jalan Tverskaya menjelang latihan Parade Hari Kemenangan di Lapangan Merah, Moskow.

Platform Tempur Universal Armata

Jumlah negara yang memproduksi kendaraan lapis baja tak banyak, sehingga jarang ada inovasi dalam sektor ini. Di Rusia, modernisasi armada lapis baja nasional skala besar merupakan konsekuensi atas perubahan ideologi konstruksi militer dan awal dari transisi tipe tentara dengan mobilisasi massal menjadi pasukan bersenjata yang lebih padat dan efisien.

Armata merupakan sebuah basis yang nantinya akan menjadi dasar untuk diciptakannya sejumlah kendaraan militer kelas berat lainnya, yang dapat beroperasi dalam kondisi sulit pascapenembakan — terdiri dari tank tempur utama T-14 Armata, pengangkut personel lapis baja T-15, platform artileri otomatis Koalitsiya-SV, dan kendaraan pemulihan lapis baja (armored recovery vehicle) T-16.

Kurang dari setahun sejak Parade Hari Kemenangan pada 2015, terlihat jelas bahwa implementasi masif dari teknologi ini tak bisa diharapkan dalam waktu dekat. Hingga 2020, hanya unit individu yang akan dilengkapi oleh Armata T-14. Untuk saat ini, 20 tank tengah diproduksi untuk tes perdana. Uji coba tersebut ditujukan untuk mendeteksi kelemahan platform ini, yang dapat diperbaiki sebelum produksi massal dilakukan.

Platform artileri otomatis Koalitsiya-SV pada parade militer yang menandai peringatan 70 tahun kemenangan di Perang Patriotik Raya pada 1941 – 1945.

Platform artileri otomatis Koalitsiya-SV pada parade militer yang menandai peringatan 70 tahun kemenangan di Perang Patriotik Raya pada 1941 – 1945.

Pengiriman pengangkut personel lapis baja T-15 dan platform artileri otomatis Koalitsiya-SV mungkin akan dimulai, entah secara bersamaan atau belakangan, setelah tank T-14. Sementara itu, industri Rusia mengembangkan komponen untuk produksi Armata. Pada 2015, mereka memulai produksi massal lapis baja keramik, mesin komunikasi dan sistem elektronik untuk platform kelas berat. Di saat yang sama, mereka mengupayakan perancangan kendaraan, berdasarkan platform Armata platform, untuk ekspor. Hal ini akan mengurangi biaya per unit untuk angkatan bersenjata Rusia.

Platform Tempur Menengah: Kurganets-25

Kurganets-25 merupakan ‘anak kedua’ dari trio kendaraan lapis baja terbaru ini, yang bobotnya hampir sepuluh ton lebih berat dari kendaraan lapis baja paling modern yang saat ini digunakan oleh tentara Rusia, BMP-3. Namun, tak seperti T-15, Kurganets bisa berenang. Kru mesin tempur ini kelak bisa mengandalkan senjata canggih dan sistem pertahanan aktif dan pasif yang mumpuni. Mesin ini akan melindungi nyawa para kru dan pasukan penyerang jauh lebih baik dibanding BMP, yang dijuluki ‘kuburan infanteri persaudaraan’ oleh militer (bratskaya mogila pekhoty). Berdasarkan platform baru ini, ada peluang untuk memasang sejumlah modul senjata – dan menciptakan kendaraan tempur infanteri (persenjataan meriam) serta APC (persenjataan senapan mesin).

Kendaraan tempur infanteri Kurganets-25 pada parade militer yang menandai peringatan 70 tahun kemenangan di Perang Patriotik Raya pada 1941 – 1945.

Kendaraan tempur infanteri Kurganets-25 pada parade militer yang menandai peringatan 70 tahun kemenangan di Perang Patriotik Raya pada 1941 – 1945.

Uji coba mesin ini seharusnya selesai pada 2016, dan produksi massal rencananya dimulai pada 2017 – 2018. Pada musim gugur 2015, Albert  Bakov, Wakil Presiden Traktornyye Zavody Concern, yang memproduksi platform Kurganets, menyebutkan bahwa tenggat waktu untuk riset dan pengembangan platform tempur menengah Kurganets-25  telah diundur satu tahun, dan kini uji coba negara baru akan dimulai pada 2017.

Platform Tempur Menengah: Boomerang

Boomerang akan menggantikan keluarga pengangkut personel lapis baja beroda BTR-80 dan BTR-82, serta versi lama milik tentara Rusia. Berbeda dengan versi lama, mesin tempur baru ini mampu bertahan dari serangan senapan mesin berkaliber tinggi dan bahkan granat, bisa berenang, serta mampu mengangkut sejumlah modul senjata. Platform ini juga akan menjadi dasar kendaraan tempur infanteri serta APC beroda.

Boomerang

Pada awal 2016, Alexander Krasovitsky, Direktur Jenderal Perusahaan Industri Militer (Voyenno-Promyshlennaya Kompaniya), yang mengembangkan APC baru, mengumumkan awal uji coba Boomerang. Rencananya, produksi massal kendaraan Boomerang akan dimulai pada 2017, dan pengiriman skala besar untuk pasukan bersenjata akan dilakukan pada 2019.

Sama seperti Armata dan Kurganets, perusahaan manufaktur ini secara aktif mencari pembeli asing dan mitra untuk penyempurnaan produk mereka. Hal tersebut diumumkan oleh Krasovitsky, yang menyebutkan bahwa perusahaannya siap memasok Boomerang untuk ekspor, segera setelah mendapat izin dari pemerintah.

Indonesia.rbth.com

Berbagi

  27 Responses to “Tank Armata, Hilang dari Pandangan Mata”

  1.  

    wah kekar tanknya

  2.  

    petromax

  3.  

    kren

  4.  

    Kalo di Rusia ada Armata maka di Indonesia punya Armada. Beda tipis doank tapi sama hebatnya.

  5.  

    Kenapa apc nya d namai boomerang ya, iti kan nama ostrali, nanti kl dimarahi pakmerang gimn..?

    •  

      @bung meong dinamain boomerang biar nanti ausi lo macem macem sama RI langsung dibantui pakai ni bung sama rusky, …
      Edisi mendem kecubung. Wah wah wah..

  6.  

    sabar bung sisa kredit state nya msih $ 2,1 M lgi xxixixixiixi
    bisa bli yg diatas rtusan bhkn lebih..wkwkkwk

    sok dibabar dulu dimari..wkwk tinggl diwaithlist next ajuin deal ..terettttt…xixiixixi

  7.  

    Koalitsiya-SV keren tuh. tank manggul artilerri..jadi inget maglevnya NAzi.

  8.  

    WAJIB DAN HARUS. TAPI LIHAT KANTONG DULU.

  9.  

    kereta kebal rusia ni dibuat thun 2015..mode mbt..perancangan dari ural design bureau.berat 48 t.pnjng ade 10.8m atau kira 35ft.tinggi 3.3 m kira 10 feet.pakai engjin diesel horse power 1,500 sampai 2000.keceptn 90 km/h..ni kereta kebal sistem main battle tank atau mbt..sama dngn leopard.untuk lawan leopard punya indon saya maseh boleh ambil armata..leopard krew ada 4..kecptn hanya 72 km/h.engjin diesel twin turbo.horse power hnya 1500 sahaja senjate 7.62 mm…armata ada secondary armament 125 mm.armor 44s..lbih komplet armata mereka ada senjate kedua..krew hanya 3 sahaja..!!

    •  

      Malon ade beli tak ?

    •  

      TMB. untuk kereta kebal Rusia Termasuk bagus karena masuk Top 10 Dunia. Adapun negara nagara yang bina kereta kebal Top dunia adalah. Jerman/leopard,Amerika/Abram,Rusia T90,prance/clekler,Britis/chalennger,israel/markava,china,korea selatan/phanter,japan. Jika mbt pendekar malaysia dikata haibat kenapa tidak masuk top 10 dunia ya???……kenapa poland sebagai pembuat mbt pendakar guna LEOPARD sebagai satuan tank utama mereka??…… jika mbt pendakar haibat kenapa hanya sedikit negara yang membeli padahal harga murah beda dengan Leopard,Abrams,T 90 Rusia yang dipakai banyak negara????….sila jawab…..

    •  

      provokentut lu…heh…orang kampung lagak jadi org malay…gak capek2 jadi provokentut…basi lu…!

  10.  

    @satrio..indon nak senyap2 nak jalin keakraban dengn israhell pengganas..!!

    •  

      @Tmb. you jangan buat fitnah. Itu keinginan israel bukan keinginan INDONESIA.jika Israel cakap macam tu wajar saja sebab hak israel berhubungan dengan negara manapun. Karena israel punya kepentingan besar jika berhubungan dengan RI Tapi itu tidak dengan RI . keinginan israel buka diplomat di Indonesia sudah sejak lama tapi selalu di tolak oleh Indonesia.

  11.  

    yank gila lagi denger-denger tank armata sudah ditempatkan di NATUNA wadeh malon semakin tertinggal kahkahkahhhhh

    •  

      awak punya kerajaan..presiden awakpun tak suka tu leopard tak boleh untuk buat jaln indon kate….

      •  

        TMB. Leopard sudah diuji dijalan dan jembatan terbukti tidak merusak jalan dan jembatan. Karena dalam perang pun MBT tidak selalu lintasi jalan maupun jembatan. Karena dirancang pakai beroda rantai maka bisa melintas jalan tanah dan menerobos hutan.

  12.  

    out of topic..you cari idea kebenaran cakapan awak sendri sahaja..!!

  13.  

    lebih baik yg udah kita punya MBT revolusion sambil pengembangan sendiri…jgn konsumtif..setiap ada yg baru..beli..beli…hadeh2..

  14.  

    mungkin..itu pakcik maseh ada darah indon kerja kat sini..hehe.betol tak…

  15.  

    sukhoi sahaja berhutang nak beli armata..hahaha

    •  

      enak dong dp ngutang, itu tandanya masih dipercaya sanggup untuk melunasinya….
      lha malon mau ngutang kemana ??
      gak ada yg percaya…
      teruk sangat malon….
      wkwkwkwkk……

  16.  

    hahaha.awakpun taktau malaysia..!!

  17.  

    aaah bilang aja malon gak mampu beli………
    wkwkwkkkk…..

 Leave a Reply