Jun 272017
 

T-14 Armata Rusia (Vitaly V. Kuzmin)

Tank tempur next generation Rusia dilaporkan dapat menghancurkan kendaraan lapis Amerika dalam hitungan detik – dan tank itu segera bergabung ke medan perang, lebih cepat dari yang diperkirakan.

Produsen senjata Rusia Uralvagonzavod berencana untuk menguji tank tempur T-14 Armata di lokasi uji coba di kota industri Nizhny Tagil, ujar, wakil perdana menteri Dmitry Rogozin mengatakan kepada media Rusia, 20 Juni 2017. Dalam pembangunannya sejak runtuhnya Uni Soviet dan pertama kali diresmikan sebagai prototipe pada tahun 2012, militer Rusia telah melakukan pengujian di lapangan terhadap 100 tank T-14 Armata dengan harapan dapat menerima tank tersebut pada awal 2019. Jika armor baru memenuhi harapan, Kementerian Pertahanan Rusia berencana memesan 2.300 tank Armata pada tahun 2020.

Armata tentu saja mesin berotot. Spesifikasi teknis menunjukkan bahwa unmanned turret tank ini dilengkapi dengan next-gen 125mm 2A82-1M smoothbore auto-loading main gun with 45 shell, varian Armata di masa depan bisa menggunakan meriam 152mm untuk dilengkapi amunisi mini nuklir (low-yield nuclear). Senjata sekunder menggunakan senapan mesin 12,7 mm seperti Nikitin-Sokolov-Volkova (NSV) yang saat ini digunakan oleh tank tempur militer T-72, T-64, dan T-80 Rusia; Sebuah stasiun senjata (remote weapon) 7.62mm machine gun dan sebuah 57mm meriam sebagai “peluncur granat,” meskipun sebagian besar senjata era Soviet dari kaliber tersebut adalah meriam anti-tank dan anti-pesawat terbang.

Tank Armata Wake Up Call Bagi AS

Namun, yang paling mengkhawatirkan bukanlah persenjataan tank Armata, namun jangkauannya: Senjata utama Armata dilaporkan dapat menembakkan peluru kendali laser 3UBK21 Sprinter (improved) yang mampu menghancurkan sasaran hingga 12 kilometer, atau 7,4 mil, jauh – jauh melampaui kisaran efektif 4 kilometer (2,5 mil) dari senjata utama yang baru dari tank M1A2 SEP V3 Abrams, ‘M256 120mm, menurut catatan Popular Mechanics. Ini berarti, jika terjadi konfrontasi darat antara pasukan A.S. dan Rusia di medan perang, katakan di Suriah atau Ukraina, Armata bisa mengalahkan lapis baja Amerika sebelum unit peleton berhasil bergerak menjangkau sasaran.

Bahwa Armata dapat menimbulkan masalah bagi dasawarsa dominasi Abrams kemungkinan tidak mengejutkan para perencana di Departemen Pertahanan AS. Pada bulan April, Letnan Jenderal Angkatan Darat AS, John Murray bersaksi di hadapan Komite Angkatan Bersenjata Senat bahwa tank asing seperti Armata dan Merkava Angkatan Bersenjata Israel dengan cepat mendekati “paritas” tank Abrams, yang menantang kemampuan peleton tank AS di medan perang. – sebuah tren yang menunjukkan bahwa Pentagon telah tertinggal dalam memperbarui kemampuan armor modern untuk mendapatkan keuntungan strategis.

Pada hari yang sama, saat Rogozin Rusia mengumumkan time line baru tank Armata, House Armed Services Committee AS mengeluarkan draf undang-undang tentang Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional tahun 2018 yang mendesak Angkatan Darat untuk mempercepat usaha modernisasi dengan penekanan pada, antara lain, ” Pengembangan kendaraan tempur infanteri generasi berikutnya dan tank tempur utama “untuk menggantikan Abrams dan M2 Bradley IFV. Namun Angkatan Darat telah mengeluarkan lebih dari $ 18 miliar selama dasawarsa terakhir untuk tugas tersebut, tanpa satu kendaraan pun yang berhasil ditunjukkan, Armata mungkin akan menggantikan Abrams sebagai tank tempur utama yang dominan, dalam operasi saat ini.

Kebutuhan Kendaraan Tempur Masa Depan

Meskipun demikian, kecemasan atas dominasi tank Rusia mungkin sedikit terlalu dini. Militer Rusia memiliki sejarah panjang dan aneh untuk membangun mesin perang yang mengerikan yang tidak sesuai dengan harapan mereka, seperti jumlah raksasa 44.900 tank T-34 yang dihancurkan oleh senjata dan amunisi Jerman selama Perang Dunia II, sampai tank T-80 yang terbukti sebagai bebek duduk untuk roket anti-tank di Chechnya pada tahun 90-an karena lemahnya bagian lapisan tank. Dan meskipun Armata seolah-olah mengatasi kekurangan masa lalu di tank tempur utama Rusia dengan kombinasi pelindung reaktif dan sistem perlindungan yang dirancang untuk mencegat dan menghancurkan roket masuk, namun tank Abrams bukanlah seperti bebek duduk di medan perang bahkan meski jangkauan tank Armata telah diperluas.

“Dalam situasi perang dunia nyata, jarang ada situasi di mana dua objek di permukaan tanah saling terlihat satu sama lain sejauh tujuh setengah mil, ujar Kyle Mizokami dari Mekanika Populer. “Di luar dataran Kansas, padang rumput Rusia, dan gurun Sinai, jarang ada tempat di mana dua benda terlihat bahkan tiga atau empat mil. [Dan] bahkan jika Armata berhasil mengunci Abrams pada rentang yang ekstrim, … armor Abrams ‘, diperkuat dengan lapisan depleted uranium dan reactive armor, secara luas dianggap sebagai yang terbaik di dunia. Reactive armor sangat berguna untuk melawan hulu ledak seperti Sprinter Rusia. ”

Waktu akan bicara bagaimana tank Abrams dan Armata benar-benar berdiri tegak di medan perang. Pada awal Juni, pemerintah Rusia menantang kru tank NATO untuk berhadapan dengan batalyon tank Rusia dalam lomba tahunan “Tank Biathlon,” sebuah keinginan memperkuat hubungan militer-ke-militer yang dapat membantu de-eskalasi konflik karena ketegangan antara Gedung Putih dan Kremlin yang sedang tinggi. Tapi tidak mengherankan bila undangan ini menunjukkan bahwa pejabat Rusia hanya ingin mengirim sebuah pesan kepada teman-teman di Barat : Hari-hari Anda untuk mendominasi armor akan segera berakhir.

“Ini saatnya berhadapan langsung dengan kalian, guys,” ujar awak tank Rusia kepada Rusia Today dalam sebuah tantangan konyol bagi NATO. “Daripada mengarahkan senjata ke satu sama lain, mari datang berkompetisi satu sama lain dalam latihan darat. Datang ya. Kami menunggumu. ”

Taskandpurpose.com

  16 Responses to “Tank Armata Rusia, Jangan Dilawan !”

  1.  

    Semoga sprinternya bisa diaplikasikan ke leopard kita…gak usah jauh2 cukup 7++ km aja…(tapi khusus indonesia aja yg punya..diluar rusia dan temen2nya….xixiixix)

    •  

      Tuh bung col udh dijawab kan sm bung diego soal kemaren…jadi 10 peringkat mbt terkuat di dunia itu sdh basi, ga up to date, skr rusia lah pemimpin owner mbt terkuat sejagat yaitu Armata…m1a1 lewat, merkava ga da papa2nya, leclerc, oplot, challenger 2 dan mbt milik china dan pakistan semua harus hormat sm Armata…

      •  

        Belum basi dong kan ini tank rusie belom produksi, belom ikut latgab, belom battle proven, dll. Jd masih bertahan peringkat Tank krn dimana2 juga pada klaim ini itu termasuk USA kan dijelaskan diatas juga “akan” upgrade Tank-nya. Sama2 masih akan..

  2.  

    Sombong kali Russia……

    Kalo dah di medan perang, situasi sesulit apapun tetep harus dihadapi, mana ada kelebihan tanpa kekurangan.

    Tapi salut sama capaian tembakan 12 kilonya, mantab ….. tapi ga usah di borong, terlaluvriskan duitnya.

    •  

      Betul bung…mana ada kelebihan tanpa kekurangan…kayakna..lapisan bodynya..masih ragu mereka..makanya ambil inisiatif hajar duluan..iya jangan di borong kalo belom bisa diaplikasikan di leo kita..hahah…biar tua semprotannya bisa jauh..(kalo bisa diaplikasikan)hahahah

    •  

      Tank T-90 Rusia gak hancur 100% diserang BGM-71 TOW Pemberontak di Suriah (Buatan Soviet).
      Tank Leopard 2A4s Turkey gak hancur 100% diserang Fagot ISIS (Buatan USA).
      Dah itu ajaa..
      Hehe

  3.  

    Kita bisa ketika ada di medan latihan nanti!!!

  4.  

    No.1 MBT

  5.  

    yuk diborong tank armatanya, gak perlu banyak-banyak 20 tank sudah cukup…

  6.  

    BREAKING NEWS

    NAJIB PM Malay dan keluarganya lg berlibur di bali sampe tgl 30,tolong diangkat min beritanya

    •  

      :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias

  7.  

    ikut BORONG ARMATANYA…

  8.  

    Pelan tp pasti…
    Amerika dan sekutu nya tertinggal jauh dibelakang, perekonomian nya juga sdh mulai ancur xixixi

  9.  

    Moncer ni barang..
    Gakusah beli hihi

  10.  

    Semoga saja melengkapi mbt leopard…

    Doa dan harapan :

    – 200 MBT Leopard
    – 100 MBT Armata
    – 200 Medium Tank join fnss pindad

  11.  

    kemampuan armata yg utama tetap daya jelajah dan jangkauannya..

 Leave a Reply