Nov 022016
 

cwkm6zqwgaafphx

Tank Boat X-18 buatan PT Lundin Indonesia diharapkan sudah bisa melakukan uji coba penembakan pada tahun depan. Pertamakali diumumkan pada Mei tahun 2015, tank boat X-18 kini telah menyelesaikan desain struktur dan fase rekayasa, serta desain konsep yang sudah menjalani tes terbatas dengan prototype tank boat yang saat ini dipamerkan di Indo Defence 2016.

Tank boat menggunakan lambung catamaran yang terbuat dari bahan komposit canggih dengan beragam persenjataan yang bisa dicangkokkan, mulai dari meriam kaliber 30 mm sampai 105 mm buatan CMI Defence.

Tank boat seberat 40 ton ini diklaim memiliki baragam kemampuan sekaligus, selain mampu beroperasi di sungai-sungai, dan di pesisir pantai untuk membantu pendaratan amfibi, pada perang skala besar tank boat juga mampu memberikan bantuan tembakan di sepanjang pesisir pantai dan laut yang dangkal.

X-18 tank boat memiliki meriam unik buatan CMI dengan laras meriam yang mampu diangkat hingga elevasi 42 °, sehingga ketika selesai membantu pendaratan amfibi di pantai, tank boat juga mampu memberikan bantuan tembakan ke daratan yang jauh dari pantai, atau berfungsi seperti bantuan tembakan artileri untuk mendukung pergerakan pasukan didarat.

Tank boat juga mampu berfungsi sebagai kapal transportasi personel dan logistik, mampu mengangkut enam hingga 20 pasukan dan perlengkapan logistik, juga dapat digunakan dalam peran evakuasi medis jika diperlukan.

9847b6e2

Tantangan utama tank boat ringan dengan meriam berat adalah pada stabilisasi, namun dengan lambung yang berbentuk catamaran dan tambahan hydrofoil (sayap bawah air) mampu menghilangkan masalah ketidakstabilan, apalagi dengan sistem gyrostabilisation yang cukup baik pada kapal dan turret meriam, sehingga boat yang relatif kecil mampu mendukung meriam kaliber besar dengan semua personil dan tambahan beban logistik.

Tantangan lain bagi tank boat adalah masalah korosi akibat air laut pada sistem kelistrikan turret dan meriam 105 mm sehingga oleh CMI ditambahkan segel perlindungan korosi pada sistem elektronik meriam.

Tank Boat memiliki perlindungan balistik dari senapan ringan kaliber 7.62 mm pada kompartemen kru dan kaliber 12,7 mm pada sisi depan. Untuk operasi pendaratan di pantai, tank boat bisa menggunakan tambahan lapisan baja tebal untuk menahan semburan amunisi senapan mesin kaliber 12.7 mm, tapi itu berarti tank boat akan memiliki berat yang bertambah.

Berbagi

  49 Responses to “Tank Boat ‘Swamp Battalion’ Menggebrak di Indo Defence 2016”

  1.  

    Mantabbb, Maju Teruss……

  2.  

    Di tunggu kiprahnya, jangan sampai terbakar lagi krn investasi sdh besar. Untuk menghadapi tembakan lawan, bukan menghadapi api dari kesalahan desain sendiri.

  3.  

    Warnanya trlalu banyak motif dan coraknya dan komposisi warnya 3 jenis, hitam, putih dan coklat, jika dikombinasikan hanya 2 warna semisal putih dan coklat akan trlihat lbh gahar dan sangar…mungkin bs utk masukan kedepannya…selebihnya keren ko…bravo lundin bravo tni

  4.  

    Bangga menjadi WNI..

  5.  

    Lundin untuk urusan Inovasi memang Mantap..

  6.  

    ayo pesan pacik.. negara anda akan jadi pengguna pertama stelah negara kami tentunya.. bisa buat ngusir pencuri ikan pacik..

  7.  

    Seharusnya dipasang roda sekalian, supaya bisa merambat ke darat untuk bantuan tembakan.

    •  

      @Yassinta : Ini tank boat…!
      Bukan tank amphibi ataupun tank darat.
      Jadi pahami dahulu jenis dan fungsinya, lalu silahkan tulis komentarnya.
      Kedepannya jangan minta di tambahin sayap ya…!
      Takut ada yang lempar bata… 😀

  8.  

    Bangga nya menjadi Warga Negara Indonesia.. @Bung Diego tolong diangkat artikel Kapal perang jenis Destroyer Sovremeny Class yang singgah di TJ. PRIUK menemani Kapal perang Udaloy Class..

  9.  

    Canon Tank, emang di desain buat nembus armor Tank yang emang tebel, padat dan kuat.. Sementara Armor kapal gak sekuat dan setebal armor Tank.. Sudah pasti dengan mudah Tank boat gampang melubangi lambung kapal, cuma masalahnya range aja..
    CMIIW

  10.  

    X-18 Platoon:
    1. X-18 + meriam 105 mm + 12,7 anti-material buat nembus lambung kapal lawan/dukungan serangan pantai
    2. X-18 Medical & Evac
    3. X-18 Engineering Support
    4. X-18 + VSHORAD untuk perlindungan udara terbatas
    5. X-18 + meriam 30 mm, infantry (marine) fire support
    6. X-18 + SMB untuk patroli pantai

  11.  

    welehweleh joss

  12.  

    Woi… Yg masih ngeyel su 35… Su 35…su 35… Kapan datang,stop jangan ada lagi yg ngomong gitu.memang su 35 itu monster udara,opung akui.tapi…kan ada tapinya.. Mau gak ifx berjalan aman? Kalau mau ifx lancar ikhlaskan su 35 jadi kenangan.jokowi beli banyak su 35 biar dapat tot,takut proyek ifx dijegal,beli sedikit supaya asu gak merajuk,gak dapat tot,bingung gak? Woi opung tanya sama kalian semua,jawab…jawab.sekali lagi stop membicarakan su 35,opung uda gerah mendengar su 35.apa kalian tau kalau pemerintah pun bingung memutuskan,ifx atau su 35,…

    •  

      Masuk akal juga ini, sampai saya tidak terpikirkan sampai ke sana,Memang jika saya jadi si ASU…yg paling potensi saya jegal hanya IFX..untuk melemahkan bangsa ini..bempernya Korsel karena mau tidak mau Korsel sudah terkunci oleh ASU hampir dr segi pertahanan…semoga ada solusi Dr para strategic kita…berarti masih akan terus berlanjut ya penjegalan sukhoi dikita…semoga ALLOH SWT memberi jalan terbaik untuk negri ini …AAMIIN!!!…

  13.  

    @maduranet&senopati pamungkas

    Trus…..nasibnya IFX gimana dong?

    Dengan produk yang sudah lama diproduksi aja, after sales servisenya masih kedodoran….gimana dg IFX?

    Biasanya [email protected] pamungkas punya solusi yang jitu….monggo !!

  14.  

    Tahniah indonesia…saya rasa bine tank boat macam X-18 ini sangatlah susah,mesti hitung stabilizer saat fire amunition,so sungguh complicated…Tahniah indonesia

  15.  

    tank boat emang pengembangan ide kreatif anak bangsa, tpi jarang negara yg ngembanginya,, munkin ada kekurangan dan lingkungan yg kurang pas di sebagian besar negara,
    kelemahan tank boat mungkin kurang fleksibel di area sungai/pesisir jika dalam kondisi tempur sangat mudah jadi sasaran empuk dengan bobot yg lumayan dan bodi armord tipis mudah tenggelam sekeli kena tembak,,

  16.  

    test maju terus

  17.  

    kebutuhan bukan keinginan.!!! jokowi menyetujui impor panci dari china dengan sarat TOT 100% demi kemandirian industri dalam negri. mengingat kebijakan impor pemimpin” terdahulu tidak pernah ada sarat TOT, jadi tidak heran hingga saat ini masih impor garam, peniti, jarum penTOL dll. SU 35 ga penting banget meskipun ada TOT 100% karna sdm negri ini ga bakal mampu menyerap alih tekhnologi tersebut..!!!

  18.  

    P><P

  19.  

    Buat yg byk trus kirim ke wilayah kalimantan.papua.dan selat malaka.
    Lanjutkan

  20.  

    OppO

  21.  

    Opung ini mbah bowo ya ?? Bahasa nya mirip” gimana gitu ..
    Soal nya udah jarang liat mbah bowo ahir” ini ..
    Selama ini cuma SR aja. Baru sekarang” ini ikut komen

  22.  

    tes

  23.  

    @padli zonk, otak koplak. majikan lo sengaja impor cangkul, biar sudara lo yg 2miliar biar bisa bertahan hidup.. hahahaha

  24.  

    Opung langganan JKGR, pesennya dimana Pung? awak ikut la…

  25.  

    tes

  26.  

    apa keuntungan platform ini dibanding platform hovercraft dengan senjata yang sama?
    monggo dibabar

  27.  

    Untuk dapur pacunya X18 menggunakan mesin diesel buatan MAN berdaya 1.200 HP untuk memasok tenaga sepasang waterjet MJP450 dengan speed maksimum 40 knots (74 km per jam).
    Disain Catamaran dengan tambahan Hydrofoil / sayap kecil.
    Struktur bahan komposit yang lebih ringan 10 kali dan lebih kuat 10 kali dibanding baja serta tentunya tahan api. Sementara untuk material pada kubah, digunakan bahan alumunium yang lebih ringan dari baja.

    Jenis laras yang digunakan meriam CT-CV 105HP adalah tipe L51 dengan panjang 5.545 mm. Gyro stabilized dan firing control sistem.
    Desain tekanan laras mencapai 120% dari gun pressure pada meriam 105 mm klasik.

    Operasi kubah dapat digerakkan secara secara elektrik dan mekanik. Laras meriam kaliber 105 mm smoothbore dapat menembakkan berbagai jenis amunisi (termasuk jenis APFDS) dengan jarak tembak efektif minimal 1.500 meter. Laras dibekali bore evacuator dan dilapisi thermal jacket.
    Olah gerak turret : Sudut elevasi maksimum 42 derajat hingga -6 derajat, sudut putar kubah 360 derajat.

    Turret CT-CV 105HP juga dapat menemakkan rudal anti tank, yaitu Falarick 105.
    Rudal yang masuk segmen Gun-Launched Anti-Tank Guided Missile (GLATGM) ini dapat menghajar sasaran sejauh 5.000 meter. Falarick 105 mampu membawa hulu ledak tandem hollow charge. Rudal seberat 25,2 kg ini dipandu dengan sistem semi otomatis lewat laser beam. Waktu yang dibutuhkan untuk terbang menyasar ke sasaran sekitar 17 detik. Falarick 105 punya panjang 1015 mm dengan kaliber 105 mm. Temperatur operasional rudal ini di rentang -40 hingga 60 derajat Celcius.

    Untuk mengnci sasaran, gunner dibantu auto target locking system, untuk memudahkan dalam olah pertempuran, juga ada pemilihan sasaran secara otomatis lewat hunter killer system dan IFF (identification friend or foe).

    Lemur RCWS (Remote Control Weapon System) dengan senapan mesin kaliber 7,62 mm.

    Jika prototypenya sudah jadi dan semoga dapat melakukan test secara menyeluruh secepatnya.

  28.  

    Bikin yang banyak,buat ngepung sekeliling pulau upil agar “sarang lebahnya” bolong2 & hancur baru kemudian marinir didaratkan.Kereennn….TNI-ku

 Leave a Reply