Tank Leopard dan Howitzer Caesar 155 di Natuna

28
15

tank-leopard

Moncong meriam MBT Leopard 2 yang melewati tanah basah di Natuna. MBT Leopard 2 ini ternyata tidak ambles.

Howitzer Swa-gerak Caesar 155mm yang telah tiba Natuna, untuk ikut latihan Antar Cabang TNI AD di Natuna. (Credit to basriarseda).

28 KOMENTAR

    • @edodol

      Sepet juga bung, masih ada yang berkutat soal MBTnya bakal ambles atau tidak…

      Lebih penting memikirkan AD danggup mengoperasikan MBT ini dg optimal atau tidak dinegara kepulauan….sanggup membiayai operasional dan pelatihaan MBT yang terkenal rakus bahan bakar atau tidak…?

      Dengan fitur yang dikurangi (tanpa fitur balistik&autotracking computer)…jika harus berhadapan dh MBT sekelas milik aaussy atau singapur, apakah masih bisa bertahan…?

  1. @carin

    Indonesia ini adl negara tropis yang curah hujannya tinggi, sementara struktur tanahnya tergolong muda…jadi kalo MBT melintas dimedan yang salah dan dimusim yang salah, ambles juga tanahnya.

    Beda lagi dg jalan tanah yang sdh prepared/dipadatkan spt diareal pertambangan atau area logging di hutan yang scr periodik mendapatkan pemadatan/compacting.

    Tapi kalo tanah/jalan asli/unprepared…gak ada ampun !!

  2. Yang juga harus diperhatikan sebenarnya adalah Pulau Laut , pulau kecil dengan luas 37,58 km². dan penduduknya sekitar 500 KK tinggal dalam 3 Desa (1 Kecamatan). Pulau Laut dapat ditempuh selama 4 jam perjalanan kapal cepat dari Ranai Natuna . Pulau inilah yang sebenarnya merupakan garda terdepan NKRI, berbatasan langsung dengan perairan lepas Laut Cina Selatan menuju negara Vietnam.

  3. Sebenernya lo diliatin tanahnya emang becek,tapi kan itu tanah bukan didaerah rawa2,emang harus dibuktikan ini tank leo dibawa ke daerah kalimantan apa papua yang berawa2,masih dialam liar…? Soalnya kalau perang kan gak mungkin milih2 daerah tanah padat kalo sedang terdesak,itu sebatas pikiran ane,apa ada yg mau nambahin…? kasih ide…?