Tank Leopard dan Marder di Surabaya

110
100
24 Tank Leopard dan 28 Tank Marder tiba di pelabuhan  Tanjung Perak Surabaya. (photos : Suara Surabaya)
24 Tank Leopard dan 28 Tank Marder tiba di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. (photos : Suara Surabaya)

Surabaya – 52 Tank TNI AD akan dilibatkan dalam peringatan HUT TNI ke 69 yang dipusatkan di Surabaya Oktober mendatang.

Puluhan kendaraan tempur buatan Jerman tersebut, diantaranya 24 Tank Leopard dan 28 Tank Marder, tiba di Pelabuhan Jamrud, Tanjung Perak Surabaya, Sabtu (6/9/2014) dengan Kapal Serasi X yang diberangkatkan dari Jakarta.

image

Kol Arm Totok Sugiharto Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) V Brawijaya mengatakan, Tank Leopard dan Marder ini akan mengikuti parade militer pada puncak acara HUT TNI.

“Tank ini diberangkatkan dari Jakarta menggunakan kapal turun di Pelabuhan Tanjung Perak,” kata Kol Arm Totok Sugiharto, Sabtu (6/9/2014).

Dia menambahkan, kendaraan tempur tersebut akan ditempatkan di Yonkav 8 Tank Divif 2 Kostrad, Pasuruan sebelum mengikuti puncak peringatan HUT TNI.

image

“Jenis Tank Leopard ini dapat mengarungi medan Indonesia yang berat. Selain ampuh di darat juga dapat meluncur di sungai,” ujarnya.

Sebanyak 100 Tank Leopard 2A4 dibeli pemerintah Indonesia seharga US$1,7 juta atau sekitar Rp16,4 miliar per unit. Setiap unitnya berkapasitas empat orang dan mampu melaju dengan kecepatan maksimum 72 km/jam. Fitur utama termasuk kit perlindungan modular, daya tahan, meningkatnya mobilitas dan meningkatkan kemampuan-recce. (Suara Surabaya).

110 KOMENTAR

  1. Pagi Warjag. saya sedikit binggung dengan kedatangan tank LEO ini ke indonesia. dari jumlah yang datang 28 Marder : 24 Leopard (http://jakartagreater.com/puluhan-tank-leopard-tiba-di-indonesia/), sedangkan dari berita (http://jakartagreater.com/kri-teluk-bintuni-melaut/) : “Kapal ini rencananya akan berangkat ke Jakarta pada tanggal 25 September, dan kemudian pada tanggal 28 September kapal akan diuji coba untuk dimuati 10 tank Leopard di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Daya muat KRI Teluk Bintuni ini mampu untuk membawa 10 tank Leopard, 2 helikopter dan 361 pasukan bersenjata lengkap.”
    apa temen ada yg bisa ngasih pencerahan.. tank Leopard mana lagi yang kan diangkut, sedangkan beritanya Leopard yang datang udah stay di Tanjung perak untuk persiapan & Oktober.

          • Yang saya mau bukan itu bung PR. Saya mau nanti 7 oktober keluar leo RI plus astros merah plus tenk pasir di kasih es teler.
            Dari udaranya 22M di giring cocor bebek ama jin rafa/typhoon. Lautnya wiro sableng sama hiu hitam. Kan masih pak SBY kan yah. Tolong bilang pada beliau ya. Warisan yang ngga akan di lupakan biar PDIP melek itu kebanggan TNI bukan hanya Bung Karno. Tapi seluruh rakyat indonesia yang menjadi RI 1 wajib menjadi kebanggaan negrinya. Terlepas kekurangannya. Saya harap Pak SBY baca. Jangan kebiasaan mikul dhuwur mendem jero. Hanya karena pingin strateginya ngga ke baca negara ular terus diam saja. Kan ngga tau jumlah sama deploynya. Paklek sam pasti ngasih tau apa aja yang di pake saat latgab. Tapi ngga tau juga kalo kita bisa jammer satelit biar ngga bisa liat hehehe.

  2. Saya kurang antusias dengan parade militer di HUT TNI, selagi kualitas gambar TVRi masih begitu2 saja..mohon kepada yang memiliki otoritas untuk memperbaiki nya, kualitas gambar yang baik juga penting untuk efek deterjen lewat internet. Hehe..