Sep 072014
 
24 Tank Leopard dan 28 Tank Marder tiba di pelabuhan  Tanjung Perak Surabaya. (photos : Suara Surabaya)

24 Tank Leopard dan 28 Tank Marder tiba di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. (photos : Suara Surabaya)

Surabaya – 52 Tank TNI AD akan dilibatkan dalam peringatan HUT TNI ke 69 yang dipusatkan di Surabaya Oktober mendatang.

Puluhan kendaraan tempur buatan Jerman tersebut, diantaranya 24 Tank Leopard dan 28 Tank Marder, tiba di Pelabuhan Jamrud, Tanjung Perak Surabaya, Sabtu (6/9/2014) dengan Kapal Serasi X yang diberangkatkan dari Jakarta.

image

Kol Arm Totok Sugiharto Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) V Brawijaya mengatakan, Tank Leopard dan Marder ini akan mengikuti parade militer pada puncak acara HUT TNI.

“Tank ini diberangkatkan dari Jakarta menggunakan kapal turun di Pelabuhan Tanjung Perak,” kata Kol Arm Totok Sugiharto, Sabtu (6/9/2014).

Dia menambahkan, kendaraan tempur tersebut akan ditempatkan di Yonkav 8 Tank Divif 2 Kostrad, Pasuruan sebelum mengikuti puncak peringatan HUT TNI.

image

“Jenis Tank Leopard ini dapat mengarungi medan Indonesia yang berat. Selain ampuh di darat juga dapat meluncur di sungai,” ujarnya.

Sebanyak 100 Tank Leopard 2A4 dibeli pemerintah Indonesia seharga US$1,7 juta atau sekitar Rp16,4 miliar per unit. Setiap unitnya berkapasitas empat orang dan mampu melaju dengan kecepatan maksimum 72 km/jam. Fitur utama termasuk kit perlindungan modular, daya tahan, meningkatnya mobilitas dan meningkatkan kemampuan-recce. (Suara Surabaya).

  110 Responses to “Tank Leopard dan Marder di Surabaya”

  1. H.sukri….!!!

  2. pertamax

    • kalo dulu soerabaja membara krn ada tank2 sekutu mendarat, kini tank2 milik sendiri yg menggetarkan bumi soerabaja;
      jika saja kri bung tomo bisa hadir serta….., lengkap sudah riwayatnya 😀

      • Insya Allah NR class jg akan berparade bung

        • Bung PR, 7 Oktober dibuka juga untuk umum? ..

          • Insya ALLAH iya bung.JJadi siapkan makan siang dan kamera digitalnya. Kapan lagi menyaksikan hasil jerih payahrrakyat Indonesia. Ajak anak Warjager’s semua agar mrk memiliki jiwa Nasionalisme & Patriotisme.

          • Pak Jokowi dan pak JK beserta tim transisi diundang ya bung PR, agar jiwa nasionalisme makin bergolak. Bude juga diundang kayaknya setiap 5 oktoberan gak pernah diundang jd mungkin gak update beliau

          • Bung PR@ berhubung banyak rakyat Indonesia yang bergantung pada media Tv dan internet untuk menyaksikan nya, kenapa ya kualitas gambar parade militer diTVRI selalu buruk? Kuciwa bung…

        • Asyik. Saya beberapa kali ke mako armatim. Yah jalan2 ke kaprang. Trims. heheh.

          • setahu saya semua Mantan Petinggi di undang kok. Ini kn perhelatan TNI utk Rakyat. Klo mslh dtg?tdk kembali ke diri mrk masing2.. hehehe

  3. ijin melintas

  4. Foto2 nya gahar ….

  5. wuih, naeknya tengah mlm ni artikelnya hehehehehe….. mantap leo nya dah 🙂

  6. Quattro..

  7. ni leo dan marder gak dicat dulu ya baru ikutin parade HUT TNI 🙂

  8. Walau 1 merk Leopard tpi bentuknya beda2 ya,ada tipe apa aja sih,msh kurang paham ttg tipe,senjata yg d usung juga kegunaannya.brharap ada pencerahan dri warga nokturnal yg msih ngeronda 🙂

  9. siap mejeng..

  10. 10 besarr

  11. garasi si leo di kal-bar jadi g” diisi ? jgn2 di disuruh si scorpi yg isi siap-siap aja jdi santapan sipendekar alay.

  12. Nanti di cat ulang lagi kayak di monas kemarin

  13. Wuih gila seem bener ni tank. Tanknya dah nyampe, kapal angkutnya pun sudah siap. Artinya siap dimaobilisasi ke mana aja nih.

  14. Menurut ane, cat nya nih Utah menyeramkan. Hijau agak lumut.

  15. Hmmm…. Rp 2000 x 60.000 kg x 100 unit =Rp 12.000.000.000

  16. wah h sukri dah ngitung …

  17. Saya bayangkan bagaimana bangganya prajurit yang mengoperasikannya. Makin meningkatkan moral tempur.

    • Pastinya mereka selalu penuh dg.Senyuman.. sdh tdk kepanasan lg mereka skrg

    • semoga bung ghi, polemik masalah leo ini berakhir. kasihan TNI kita jika diber alusista seadanya. mungkin yg protes tentang leo ataupun alutsista tank lainnya ini tidak pernah merasakan anggota keluarganya yg hilang akibat hancurnya tank kita di tim tim, saat ini kami bersyukur telah mendapatkan ganti BMP 3, LVTP 7. Semoga ke depannya bs lebih baik

      • Iya Bung Grim. Kita harus looking forward. Melihat ke depan. Infrastruktur terus ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya secara merata sampai ke pelosok wilayah dan perbatasan. Si Leo harus dilihat sebagai pemacu semangat.

      • Setuju bung. Ingat omongan bapak Besar pd JKW saat peresmian proyek kmrn yg di siarkan tv! “Jadi pemimpin hrs siap & mau mendengar suara rakyat”. Miris jk kita mendengar kisah para penghuni bangsal Rehab di rumkit Veteran.. smoga dg peningkatan kualitas alutsista,kesejahteraan bsa mengurangi hal buruk yg terjadi di medan operasi

  18. CMIIW itu poto yang paling bawah bukannya leo RI, tapi ngga pake baju. hahag waduh dan sarkem pasti girang abis dah

  19. Sepertinya itu baru dicat dasar anti korosi air/angin laut, tiba di indonesia baru dicat loreng sama mekanis yonkav kalo ndak keburu baru ditempel stiker loreng

  20. Pagi Warjag. saya sedikit binggung dengan kedatangan tank LEO ini ke indonesia. dari jumlah yang datang 28 Marder : 24 Leopard (http://jakartagreater.com/puluhan-tank-leopard-tiba-di-indonesia/), sedangkan dari berita (http://jakartagreater.com/kri-teluk-bintuni-melaut/) : “Kapal ini rencananya akan berangkat ke Jakarta pada tanggal 25 September, dan kemudian pada tanggal 28 September kapal akan diuji coba untuk dimuati 10 tank Leopard di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Daya muat KRI Teluk Bintuni ini mampu untuk membawa 10 tank Leopard, 2 helikopter dan 361 pasukan bersenjata lengkap.”
    apa temen ada yg bisa ngasih pencerahan.. tank Leopard mana lagi yang kan diangkut, sedangkan beritanya Leopard yang datang udah stay di Tanjung perak untuk persiapan & Oktober.

    • Jangan Bingung Bung..
      Yang Penting Uang Pajak anda serta kita.Semua sdh di pergunakan semestinya dan penuh Tanggung Jawab. Apa lagi jika tahu jumlah Leo yg sdh datang serta Operasional, bakal hoax hoex nti.. hehehe

      • Kalo sanjaya bilang 850. Kalo saya pasti lebih banyak dari singaparna. Soalnya ada tempat perawatan. Tiap pulau besar 100 pulau kecil ada juga.

        • Tambahin lah dikit jgn segitu bung freax..

          Angela Merkel ketolong tuh gara2 Leo nya di borong.. hehehe

          • Yang saya mau bukan itu bung PR. Saya mau nanti 7 oktober keluar leo RI plus astros merah plus tenk pasir di kasih es teler.
            Dari udaranya 22M di giring cocor bebek ama jin rafa/typhoon. Lautnya wiro sableng sama hiu hitam. Kan masih pak SBY kan yah. Tolong bilang pada beliau ya. Warisan yang ngga akan di lupakan biar PDIP melek itu kebanggan TNI bukan hanya Bung Karno. Tapi seluruh rakyat indonesia yang menjadi RI 1 wajib menjadi kebanggaan negrinya. Terlepas kekurangannya. Saya harap Pak SBY baca. Jangan kebiasaan mikul dhuwur mendem jero. Hanya karena pingin strateginya ngga ke baca negara ular terus diam saja. Kan ngga tau jumlah sama deploynya. Paklek sam pasti ngasih tau apa aja yang di pake saat latgab. Tapi ngga tau juga kalo kita bisa jammer satelit biar ngga bisa liat hehehe.

      • betul itu bung, nyang jadi pertanyaannya, leo yang mana lagi nih yang mao diangkut ke surabaya menggunakan KRI Bintuni? kan dah nyampe semua tuh di surabaya. misteri mode on lagi neh 🙂

  21. siap2 ambles ni jalan surabaya, nunggu twitter dulu ni leo mau dijual apa dipertahankan…

  22. makin rame nih HUT TNI dengan datangannya Alutsista yang sudah ditongolin dimedia yang ghoib di tongolin nga ya di parade nanti ?

  23. setelah 7 oktober segera bertugas ya……,… kalimantan merindukan mu !!!

  24. Bagi yg tinggal di Surabaya dan sekitarnya selamat anda semua beruntung bisa menyaksikan parade leo yg gagah nan gahar kami yg di jkt nunggu foto2nya ya tolong nanti di share biar kebanggaan itu menular ke daerah lain amin

  25. Ada yg di t4kan di natuna tak ya. Tlng para sepuh di umbar dong. Ngarep.com

  26. Saya nunggu yang dr om putin aja….

  27. ini mv serasi X, sekali angkut 24 leo + 28 marder ?

    buset, diakuisisi aja ama TNI AL…

    http://img4.fleetmon.com/thumbnails/MV_SERASI_X_235387.940×1000.jpg

  28. Semuanya ditompok di Jatim yah… 😉

  29. tanknya kereen Bung .. ,

  30. alhamdulilah bisa melihat senyum bangga di wajah tni kita

  31. Saya kurang antusias dengan parade militer di HUT TNI, selagi kualitas gambar TVRi masih begitu2 saja..mohon kepada yang memiliki otoritas untuk memperbaiki nya, kualitas gambar yang baik juga penting untuk efek deterjen lewat internet. Hehe..

  32. anakpahang ??? orang Malon ??? (malaysia) awass bahaya !!

  33. Bung PS…bung PS…mana nih bung PS,
    Mesti dikasih sesajen nih biar nongol…..
    Bung PS, itu kapal bawa si Leo, dibawah dijaga lontong kagak?…
    A. 877
    B. 636
    C. 212
    D. 206
    E. 209

    Teeettt…..silahkan bung PS 😀

  34. Kabar nya malon udah nimbun senjata anti tank ya…

 Leave a Reply