Jun 242014
 

Unterluss – Saat ini Rheinmetall Defence sedang memfinalisasi sebagian dari 180 unit tank Leopard dan Marder pesanan pemerintah Indonesia. Tahap pertama, yang terdiri 26 Leopard dan 26 Marder akan dikirim dalam dua tahap dan akan tiba di Indonesia sebelum perayaan HUT TNI 5 Oktober 2014.

Penyerahan dua jenis tank itu secara simbolis telah diupacarakan resmi di pabrik Rheinmetall di Unterluss, Jerman, Senin (23/6/2014) sore waktu setempat. Unterluss, merupakan kota kecil yang berjarak sekitar 100 KM dari Hamburg. Pabrik Rheinmetall yang merupakan perusahaan swasta produsen persenjataan dan peralatan militer ini bertempat di pedesaan, jauh dari pemukiman warga.

Hadir dalam roll-out delegasi Indonesia yang dipimpin Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin. Anggota delegasi antara lain Duta Besar RI untuk Jerman Fauzi Bowo, mantan KSAD Jenderal (Purn) Pramono Edhie Wibowo, Kabaranahan Kemhan Laksda TNI Rachmad Lubis, Asops KSAD Mayjen TNI Sonny Wijaya, Danpusenkav Brigjen TNI Mulyanto, Dirrenbanghan Kemhan Marsma TNI Safii, Kapusada Marsma TNI Asep S, dan Dirut Pindad Sudirman Said.

Upacara penyerahan secara simbolis Leopard dan Marder ini dihadiri para pejabat Rheinmettal yang dipimpin Harald Westerman, managing director Rheinmetall Landsysteme. Acara ini diawali dengan sambutan Westerman mewakili Rheinmetall. Dalam sambutannya, Westerman menjelaskan kemajuan proses pembuatan 180 unit tank Leopard dan Marder.

Menurut Westerman, Leopard merupakan main battle tank (MBT) yang memiliki berat 62 ton dan merupakan generasi baru berteknologi tinggi. MBT Leopard telah digunakan banyak negara di dunia dalam memperkuat sistem pertahanan negaranya. Dia berterima kasih kepada pemerintah Indonesia atas hubungan kerja sama ini dan berharap kerja sama akan terus berlanjut. “Nanti akan ada kerjasama dengan PT Pindad terkait hal ini,” kata dia. Rheinmetall berkomitmen untuk menyelesaikan proyek ini pada 2016 sesuai dengan kontrak yang diteken.

Wamenhan Sjafrie Sjamsoeddin juga memberikan sambutan mewakili pemerintah Indonesia. Dia menyatakan dengan memiliki tank Leopard dan Marder, sistem pertahanan Indonesia akan memulai babak baru. Kini, Indonesia sudah memiliki MBT sebagaimana beberapa negara lain di Asia Tenggara lainnya yang sudah memilikinya lebih dulu, seperti Singapura dan Malaysia. “Karena itu, bagi kami Rheinmettal merupakan partner sangat penting dalam rangka modernisasi alutsista Indonesia,” kata Sjafrie.

Sjafrie menjelaskan 26 Leopard dan 26 Marder ini akan ditampilkan dalam defile saat peringatan HUT TNI 5 Oktober yang akan digelar di Surabaya. Karena itu, Sjafrie berharap pengiriman 52 unit tank dari Rheinmetall ini bisa tepat waktu

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis. Dimulai dengan lagu nasional Jerman dan lagu Indonesia Raya, dokumen penyerahan Leopard dan Marder ini diserahkan Westerman kepada Sjafrie. Setelah itu, Sjafrie menyerahkannya kepada Asops KSAD Mayjen TNI Asep Wijaya yang mewakili TNI AD sebagai pengguna Leopard dan Marder. Tanpa jeda lama, Mayjen Asep menyerahkan dokumen itu kepada pihak kavaleri TNI AD yang diwakili Kolonel Suharto Lebang.

Setelah itu, Rheinmetall memperlihatkan 1 tank Leopard dan 1 tank Marder yang sebelumnya tertutup tirai. Begitu tirai dibuka, para undangan bertepuk tangan dengan gegap gempita. Mesin kemudian dinyalakan, Leopard dan Marder warna hijau itu pun dioperasikan ke halaman gedung tempat acara ini berlangsung. Dua tank beratraksi singkat, bergerak dengan kecepatan agak tinggi sejauh 150 meter dan belok berputar berkali-kali.

Tank Leopard merupakan tank berat yang digunakan untuk menyerbu musuh dengan memiliki canon kaliber besar berukuran 120 mm. Tank ini memuat 4 prajurit. Ini merupakan tank ber-canon paling besar yang dimiliki Indonesia. Sedangkan tank Marder berfungsi sebagai penyerbu dan juga digunakan untuk membawa personel.

Sebelum penyerahan secara simbolis ini, Wamenhen Sjafrie bersama delegasi juga diajak berkeliling pihak Rheinmetall ke pabrik untuk melihat proses pembuatan Leopard dan Marder sekitar 1 jam. Rheinmetall memperlihatkan beberapa tank yang tengah dirakit dan menjelaskan prosesnya.

Dikirim dalam 2 Tahap
Di tempat yang sama, Senior Vice President Integrated Logistic Support Divisian Combat Systems Rheinmetall Karl Ulrich Zulauf mengatakan pengiriman 26 Leopard dan 26 Marder akan dilakukan dua tahap. Tahap pertama akan dikirim dari Jerman sekitar akhir Juli dan tahap kedua akan dikirim akhir Agustus. “Pengiriman dengan kapal ini membutuhkan waktu sekitar 5 minggu dari Jerman sampai ke Indonesia,” kata Zulauf.

Hingga saat ini, Zulauf yakin proses pembuatan Leopard dan Marder tahap pertama ini akan selesai sesuai waktu yang telah direncanakan. Sedangkan sisanya akan diselesaikan hingga 2016. Dalam waktu dekat Rheinmetall dan pemerintah Indonesia akan segera membahas mengenai teknis pengiriman.(news.detik.com)

Pembelian Tank Leopard Buka Babak Baru Kerjasama Militer dengan Jerman

Jakarta – Pemerintah Indonesia memesan 164 unit tank Leopard dari Rheinmettal AG melalui Pemerintah Jerman. Pembelian ini sekaligus menjadi babak baru kerjasama militer Indonesia-Jerman.

“Babak baru kerjasama militer dengan ini sekaligus pertanda makin dipercayanya Indonesia oleh negara-negara Barat, khususnya Jerman,” kata mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal (Purn) TNI Pramono Edhie Wibowo dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/6/2014).

Pramono bersama rombongan High Level Committee (HLC) dipimpin Wamenhan Letjen (Purn) Sjafrie Sjamsoedin saat ini sudah ada di Unterluss, Jerman. Mereka akan mengikuti upacara roll-out 52 tank Leopard dari 164 unit yang dipesan Indonesia November 2013 lalu.

“Seiring dengan dipercayanya Indonesia memiliki alutsista modern sek???elas tank Leopard untuk mempertahankan kedaulatan NKRI, Indonesia juga harus turut aktif terus menjaga perdamaian dunia,” lanjut Edhie.

Upacara roll-out akan dilaksanakan di fasilitas manufaktur milik Rheinmettal AG di Unterluss, Jerman, pukul 15.00 waktu setempat. Rheinmettal AG adalah perusahaan Jerman pembuat alat-alat militer canggih seperti tank Leopard.

52 Unit tank Leopard itu diperkirakan akan tiba di Indonesia pada September 2014 mendatang. Saat ini, sudah ada tiga orang tenaga ahli Indonesia yang berada di Jerman sejak beberapa bulan lalu untuk proses alih teknologi.

Nantinya beberapa suku cadang dan amunisi tank Leopard ini akan diproduksi oleh Pindad,” ujar Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri (Danpusenkav) Brigjen TNI Mulyanto dalam kesempatan yang sama.(news.detik.com)

  75 Responses to “Tank Leopard dan Marder Tiba 5 Oktober”

  1. Nomor Wahid….

  2. first

  3. second

  4. minyak tanah campur oli

  5. Ada TOT juga.

  6. mudah2an lancar…

  7. 10 besar

  8. mari kita dukung untuk sukseskan TOT nya…

  9. Kok di foto Leo nya jelek amat; kubahnya ngga ceper?

  10. Menyimak dulu….

  11. tank ini bagusss tapi kenapa kok bekas ya…dan saya lebih setuju beli tank molik rusia..T90 tuh..mang TNI AD,,masih pemikiranya ketinggalan teruuuuuuuuuuussssssssss

  12. Senengannya :mrgreen:
    Ayo 2 cari klunya udah ada. Di baca baik 2

    • 1.jumlah leopard sebenarnya berapa
      2.indonesia dijadikan tempat sucad leopard d asia
      benar g tuh bung freaxout tebakan saya

      • Tinggal hitung bung negara mana aja yang punya macan diluar region eropa. Terus liat jumlahnya. Terus ada pabrik sucadnya ngga. Skrg kalo ada pabrik sucad minim berapa :mrgreen
        Lihat spek yang model revolution, bagusan mana sama yang singaparna. Asli mangap dah belum lagi di kasih sisik sama anak kuliahan. Serem MBT kita
        Satu lagi inget omongannya bung nara “di banting lunas”

        • 1.pengguna macan d asia cuma indonesia n singapura serta oman n arab saudi yg berniat membeli macan dalam jmlah besar.
          2.diantara keempat negara itu blm ad pabrik yg produksi sucad macan.jdi RI menjadi pabrik sucad stlah dpat TOT dari rheimetall.
          3.klo dlhat dari spek macan revolution jauh di atas macan singapur bahkan oman jga kecuali punya arab yg beli macan terbaru
          4.jdi macan spanyol n belanda jdi kta beli bung,,,
          makasih bung ats pencerahan’a n salan kenal

    • Ada 2 blanket contract 180 dan 164 = 344?

      • Kok jumlahnya berubah2 sih…tahun kemarin katanya 153 dan udah dateng 2leo dan 2 marder untuk hut tni tahun kemarin…
        sekarang mau dateng lagi maksudnya mungkin yaaa….hehehe

        Kelihatan banget jadiny yaaaa kalo para atasan militer kita seperti ada informasi yg disembunyikan sehingga tidak ada kesamaan dan konsistensi dalam press release. Ini dengan asumsi bahwa wartawan yg nulis itu bener sesuai pernyataan narasumber lhoo yaa.

        http://jakartagreater.com/tank-leopard-tiba-di-indonesia/

  13. tank ini mah udah kono..ketinggalan jaman kenapa ngak beli yg baru,,,,yg tipe 2a6 aja atau T90 milik rusia..cara berpikirnya kok ketinggalan jaman terussss kita

  14. Wuaah mantappp bro … beli 164 Leo+Marder yg dikirim jd 180 unit (dikasih bonus tuh…)
    Kita lihat kapal laut yg kirim tanknya … sekalian beli ama kapalnya !!!

    • dikirim 2 tahap … sekali angkut kapal angkut tank jerman bisa angkut sekitar 26 tank ….. kapal angkut tank bikinan dalam negri sementara hanya mampu angkut sekitar 10 tank leopard …..

  15. mbah pokoknya tidak setuju, sangat sangat tidak setuju, rusak jalan2 semua kalau tank ini lewat di jalanan.

  16. Leo2Ri nya kok gak muncul difoto ya….

    • 180 atao 164 nih? BONUS 16 bentuknya apaan nih?

      • mungkin itu yg versi recovery untuk Zeni, atau bisa jg tank suku cadang

        • Kayaknya ndak deh bung, kompoosisi awalnya 61Leo2Ri(+)43Leo2A4+(+)42Marder 1A3(+)8Marder 1A3Spare+10Recovery,Bridge,dll = 164 unit….lha yang 16 lagi jenis apa nih

          • apa mungkin jenis yang bisa terbang? soale jumlahnya pas 1 skadron kecil nunut kebiasaan tni-au. Tapi harga segitu mungkin yang gak pake sopir yah….

          • yg 16 unit … ngarep Pzh 155mm, boleh kan …?

          • Kayaknya ndak deh bung, kompoosisi awalnya 61Leo2Ri(+)43Leo2A4+(+)42Marder 1A3(+)8Marder 1A3Spare+10Recovery,Bridge,dll = 164 unit….lha yang 16 lagi jenis apa nih

            + ……. 16 tank leopard 2A6++ kali ya …… harapbanget.com

  17. Semoga ilmu yg diserap dijerman oleh tenaga ahli kita dapat diimplementasikan.

  18. Perkuat Militer kita demi menjaga Perdamaian Dunia.

  19. tes..tess.. postingan ane nongol ga ya? 🙂

  20. Perkuat Militer kita demi menjaga Perdamaian Dunia.
    Semoga yang Leopard Revolution sesuai dengan cita rasa Indonesia. Amin

  21. Beberapa komponen dan peluru akan diproduksi pt pindad , kayanya alih teknologi ini untuk pengembangan tank buatan pt pindad itu yaa , semoga saja lancar aminn

    • sebenernya TOT ini yang penting. Beberapa suku cadang yang bisa dikaitkan dengan MBT sekaligus blueprint medium tank marder yang diperlukan oleh pindad adalah rantai ban, sistem penggerak roda, suspensi roda, dan sumber listrik. kalau hull tank sepertinya mengacu pada teknik rekayasa secara umum sesuai dngan blueprint yang dimiliki.

  22. Import Tank bolehlah, tapi eksport Karet, Sawit, Jeruk, Sayur, Tembakau? kenapa Jerman Embargo komoditi eksport kita coba? Dasar politik

  23. di mana2 satu dulu,baru seterusnyaa…heheheh

  24. dulu jual indosat sm tanker pertamina..
    Ntar klo no 2 naik,jual leopard ganti sm anoa/banteng..trus jual jet fighter sukhoi,f16 dll..ganti sm drone..kcr ganti sm tugboat..

  25. tahap pertama 164 buah
    tahap kedua 180 buah
    dapat TOT
    pabrik suku cadang di RI
    apalagi yah?????????

  26. alhamdulillah leopard segera di kirim ke indonesia. hati hati ada antek asing yang akan melemahkan TNI lewat 2 jarinya waspadalah

    • salam persatuan dan kesatuan ……

      perbedaan pendapat dalam demokrasi adalah biasa, sepanjang dilakukan dengan cara baik, benar, dan bermartabat……

      hindari cara cara seperti tokoh antagonis pewayangan ” SENGKUNI ” ….. dia ( sengkuni ) tau kalau dia tidak memungkinkan untuk jadi pemimpin utama, maka dia menebar kebencian dengan cara cara yang tidak bermartabat …… ( mencaci, mengolok olok, mencari cari kelemahan,….. atau bahasa kerennya black campanye ) ….

      beliau pasangan PRABOWO HATTA dan pasangan JOKOWI JK …. adalah 2 pasang tokoh dari putra putra terbaik NKRI …… disinilah tokoh tokoh peran para sengkuni masuk di kedua kubu untuk memperkeruh suasana ………

      wis pokok e … jaga persatuan, kesatuan, rukun, damai, dalam BER BHINNEKA TUNGGAL IKA ….. maaf para sepuh warjager and anggota member warjager kalau koment agak menyimpang dari topik bahasan tank leopard ………..

  27. <:D
    ?) siap !!!
    _||_ Komandan !!! Tlaaattt truss saya absenyaa…

  28. Harus diperhatikan barang ginian kalo sudah obsolete susah daur ulangnya.. setuju banget pengadaan bertahap karena repeatorder penggantian akan mengganti yg tua terlebih dahulu

  29. semoga pengiriman leo tepat waktu dan dp memberikan gambaran jelas bg yg selama ini berpolemik.

  30. Baru datang leopard jadul aja dah sombong kalo dah punya destroyer pespur sekelas f22 rudal icbm baru preemptive stroke namanya tank kayak ginian kalo perang beneran bakal ko dah sama wartog apalagi langit kita dah dikuasai musuh gak bakal tahan lama nih tank langit sama laut harus berdaulat ambil fir dari singaporn secepatnya baru bilang kuat !!!

  31. Bukannya mbt yg dbeli Indonesia mbt bekas dr mbt surplusnya jerman. Knp mesti dirakit dn diproduksi ulang???

  32. Menunggu rahasia dibalik pengadaan Leo?

  33. Lebih banyak lebih tepat,,, minimal 1000 leopard dan 500 marder,,, ambil alih teknologinya buat PINDAD ,, Maju terus TNI,,,,,

  34. …….

 Leave a Reply