Aug 212014
 

Pasukan Denmark nekad memasuki wilayah ladang ranjau yang ada di Afghanistan. Tank Leopard mereka, akhirnya memakan ranjau yang ditanam gerilyawan. Tidak ada korban jiwa, Tank Leopard mengalami kerusakan, namun hull-nya tetap utuh.

image

Tank Leopard Denmark di Afghanistan (photo: NATO, Danish Army)

 

image

 

image

 

image

 

image

 

image

  148 Responses to “Tank Leopard di Ladang Ranjau Afghanistan”

  1. leo lagi..lanjut..!

  2. Nah ntu die buktinye….!!!

    ….NKRI HARGA MATI…

  3. Pertamax 🙂

  4. si leo bikin geger jakartagreater.

  5. sumber perdebatan di mulai lagi,,
    di tunggu argumen tmn2 semua,,
    Nb, : usahakan se romantis mungkin debat nya,,

    wasit,,, di mulai..

  6. kelemahan pada roda rantai tank….
    semoga bisa dilihat para petinggi bangsa….
    supaya gag asal beli

    • Wuìhhh lemah yah boss rantai nyaa.. mgkn kalo T 90 atau M1 abrams lebih kuat kali yahh.. apalg anoa pasti lbh kuat lagi

    • Bsa kasih msukan ga bung ..MBT apa yg rantenya anti ranjau biar user jgn asal beli sprti yg ente bilang..

      • Amx scorpion anoa ga bakal trbalik jika manggul pondasi monas..piss..

      • Kiloton? Ini ranjau, bukan bom nuklir

      • wkwkwk, ukuran yang dipake bung Arul ngeri-ngeri sedap nih…

      • MBT yang Rantai’a tahan Ranjau ea hanya Leopard Revolution R1 Indonesia , yang lagi nongkrong di selter..he he he he

        Lanjutkan jalan2mu Leopard . Indonesia menanti aksi2-mu

      • liat saja sendiri bung arul@ ,,
        itu lubang bukan karena bon ranjau ,tapi kelebihan berat badan makanya merosot bumi ( tanah )
        indonesia gak cocok leo ,,aku setuju karna ini negara kepulauan maka sudah selayaknya indonesia mempunya alustista yg cepat akurat dan tidak merepotkan apabila ada perang mobilitas tinggi,,apajadi klu tejadi agresi di p. sumatera ,,di jambi,aceh.lampung,sumbar ,riau gimana memindahkan si leo,,apa lewat laut, karam tu kapal ,lewat udara gak bisa takeoff bung ,,lewat darat keburuh habis waktunya ,,belum kena macet ..wakkaka,,yg bikin pusing si leo mau perang ambas duluan di rawa sumatera yg ada leo ini bikin sakit peruutt..
        62 ton x 200 leo brp tu..,bisa tenggelam indonesia ,,tinggal gunung doang..

        ya salammm aja buat leo

      • masang rentenya gk lama2 gk ampe 1/2 jam kalo disupport zeni

    • Hahah pakek komodo bung anti ranjau bannye

    • Kelemahan pada roda rantai ya bung. Kalau pakai Ban kena ranjau mungkin ranjau gak jadi meledak kali ya. kan ban dari karet jadi empuk gitu.

      tapi sepertinya mau pakai ban/rantai nginjak ranjau ya bakalan ancur semua. Tinggal dipikirkan perlindungan awaknya dari efek ledakan dibawahnya. dan terbukti Leopard diatas masih utuh badannya. Bahkan nampak foto lapisan pelindung di bawah platnya nggak penyok. Masih bisa muntahin amunisi 120mm dan coaxial gun. dll dan pasukan kavaleri/infanteri yang lain bisa bikin perlindungan perimeter di sekitarnya saat perbaikan.
      Tinggal sambung rantai (mungkin perlu ganti sebagian Track Link, Track Shoe, Track Pin)

      Namun seandainya lawan yg dihadapi memiliki senjata lengkap (ATGM, ASM, Heli serang, Hefire) ya wassalam. Kitapun belinya cuman 100an biji. Sebagai alat latihan mempelajari cara ofensive. defensive dengan MBT. sekaligus bisa mempraktekkan secara langsung (bukan lihat youtube saja) bagaimana cara mengalahkan MBT selevel Leopard seadainya kita beneran berhadapan dengan musuh. Gak mungkin kan kita mau latihan ngadepin MBT tapi minjem ama Sonotan/Sonora. Mana mungkin kita dikasih.

      Semoga program Drone pak JKW beneran dilaksanakan. Tahun 2015 langsung order 32 unit IAI Eitan, 32 MQ Reaper, 32 MQ Predator. 64 Wulung Next Generation. Kalau kagak ya cuman NATO..No Action Talk Only
      salam NKRI.

      • klo saya lebih suka drone nya rusia bung, lebih inovativ.. body dan bentuk nya keren,, tp ga tau sih kemampuan nya,, maaf bukan saya memihak block, tp cuma seneng liat bentuk drone nya aja yang unik,
        http://www.adcom-systems.com/Image/United40block5/United40block51.JPG

      • bung Tango_M saya suka pendapatnya, mbt sebagai latihan kita bila suatu saat menghadapi mbt, kalau negara kita diserang negara sekelas usa ya mbt kita ga terlalu berguna,pasti mereka hancurkan dulu lewat serangan udara dan ga cuma mbt kita tapi semua aset militer kita ks,kaprang,pespur..bakal diburu dan setelah kekuatan udara laut hancur baru pasukan darat mereka masuk..ujung2nya kondisi kita seperti di afganistan tentara dan rakyat kita mungkin kembali bergerilya dihutan2 dan kota yg masih kita kuasai

    • ???

  7. lanjut kan

  8. Battle proven…

  9. Ya semua tank kelemahan kl kena hantam ranjau rantai putus, tapi hullnya liat,utuh khan, jd personil ttp aman di dalam, coba tank lain mungkin udh ancur, TNI tdk salah pilih tank, mantap lanjutkan

  10. Itu ranjau bukan ATGM…

    • Ranjau dan rudal ATGM memiliki perbedaan dalam daya rusak. Kalau ranjau hanya menggunakan daya ledak saja. Tapi kalau rudal ATGM memiliki kemampuan pada penetrasi menembus badan tank lebih dari 900 mm dan menghancurkannya dari dalam yang mengakibatkan kerusakan lebih parah dan bisa juga menewaskan awaknya yang di dalam tank.

      • Tank terbaik di dunia merkava dan abraham sudah merasakan ciuman maut rudal ATGM. SI Leo cuma beruntung saja belum merasakan ciuman maut rudal ATGM karena belum merasakan pertempuran yang sebenarnya. Si Leo kayak model aja kebanyakan dijadikan hanya sebagai pertunjukan tubuh yang gagah dan sexy tapi pengecut.

        • Setubuh bung….golongan anti Leo jg gak ngasih alternnatif mbt apa saja yg baik selain Leo, mau gak pake mbt? Liat aja tuh pasukan polandia di ww2 yang cuma ngandalin pasukan berkuda, disapu habis dg blitzkrieg oom Hitler, dalam kurang lebih seminggu perang selesai

        • Kalo mnrt bung Lorem, tank apa didunia yg bs kebal thd ATGM? Siapa tahu bs dibaca oleh petinggi TNI usul bung Lorem utk mendapatkan tank yg berkualitas dan sesuai dng kondisi di Indonesia serta mampu terbeli oleh pemerintah?

          • Saran saya buat kemenhan dalam pembelian tank sebaiknya mempertimbangkankondisi geografis dan kekuatan infrastruktur jalan dan jembatan yang ada. Jangan sampai heavy tank yang kita gunakan bukannya menjaga infrastruktur strategis dari serangan musuh malah sebaliknya tank itu sendiri yang menghancurkannya.Truk truk besarpun dibatasi berat beban yang diangkut oleh pihak kemenhub, apalagi tank yang memiliki bobot 60 ton lebih. Tank leo ga cocok untuk pertempuran kota di kota kota indonesia karena kualitas aspal yang ada di jalanan indonesia masih kualitas KW.
            Semua jenis tank baik yang kelas menengah maupun yang kelas berat tidak kuat menahan serangan rudal ATGM. Penggunaan heavy tank lebih dimaksudkan untuk memperbesar badan tank agar bisa mengangkut persenjataan yang lebih banyak yang dibawa dan mampu menempuh jarak yang lebih jauh. Untuk jenis senjata yang dibawa pada tank kelas menengah maupun heavy tank tidak terlalu ada perbedaan, malah ada tank kelas menengah yang memiliki senjata utama yang lebih besar jika dibandingkan heavy tank. Contohnya tank kelas menengah T 72 memiliki senjata utama 125 mm smoothbore gun, sedangkan kelas heavy tank seperti leopard memiliki senjata utama 120 mm smoothbore gun.
            Di dalam pertempuran yang paling menentukan adalah TAKTIK dan STRATEGI bukan jenis alutsista yang digunakan. Contohlah milisi hizbullah dan hamas walaupun mereka kekurangan jenis senjata mereka tetap bisa melawan israel yang memiliki persenjataan yang jauh lebih banyak dan modern. Di dalam pertempuran ada dua hal yang menentukan kemenangan yang pertama dan utama adalah manusianya dan baru yang kedua senjatanya.

          • misal indonesia tidak memiliki MBT,

            setelah AL + AU RI + sistem pertahanan udara dilumpuhkan oleh agresor, kemudian agresor mengirimkan AD atau Marinir mereka ke kota2 di indonesia dan mereka menyerang dengan MBT, ya jalanan di indonesia tetap hancur juga oleh MBT plus bom2 yang dijatuhin sama pesawat mereka mereka.

            Apakah ketika perang berlangsung orang pada mikirin jalan?

            Ketika masa damai apakah leopard tiap hari lewat jalan raya?

            Apakah leopard latihan di dalam kota?

            :v

          • Bung surti saya tidak mempermasalahkan kita menggunaka tank pada pertempuran kota. Tapi di dalam pertempuran kota sebaiknya kita menggunakan tank kelas menengah karena bisa lebih mudah beroperasi di jalanan dan jembatan yang ada di kota kota indonesia. Kualitas aspal yang ada di indonesia masih kw.
            Seperti yang sudah saya katakan tidak ada perbedaan dalam persenjataan yang dibawa tank kelas menengah maupun heavy tank. Perbedaannya cuma hanya pada beratnya saja agar bisa menempuh jarak yang lebih jauh.

          • benar2 sangat disayangkan ada yang tdk setuju adanya mbt di indonesia, mbt merupakan salah satu alutsista yg sangat strategis.
            kita membeli mbt, kasel, kapur, pespur, dll selain untuk pengamanan wilayah, juga sebagai penyeimbang di kawasan.
            sebelum anda menghujat adanya mbt di ndonesia, anda lihat dulu negara sekitar kita udah mempersiapkan diri dengan apa? karena yg menyerang NKRI kemungkinan terbesar adalah negara yg ada disekitar NKRI.
            memang benar strategi pertempuran itu sangat berpengaruh, tp jangan mencontoh hamas atau hizbullah, strateginya memang berani, dengan persenjataan yg minim tp bisa melawan zionis yg memiliki persenjataan lengkap, tp apa yg terjadi dengan pertempuran yg tdk seimbang itu? rakyatlah yg menjadi/dijadikan korbannya.
            saya rasa msh banyak lg yg perlu saya tulis untuk memberikan pemahaman bagi yg tdk suka dengan alutsista strategis kita, khususnya mbt, tp saya capek nulisnya, jd saya sudahi aja dulu, hehehe…

          • @Bung Lorem…

            kemarin itu Leo di kirim dari Cilangkap ke jawa timur pake Truck Trailler loh..Ko ga ambles ya jalan,Inget ya…Leo + Trailler brp TON tuh bobotnya..?? Hayoo mohon dpt di jelaskan..amblesiahnya dmn..? kan juga ada kompi Zeni om yg di beli..apa ga dugunain tuh..
            Tank itu rodanya rantai dari depan ke belakang…luas penampang Roda yang merata mengurangi bobot dari Tank itu sndiri..dibanding dengan Truck Trailler yang bebannya di topang hanya dengan Roda sempit,Jatuhnya titik tekan lebih berat Truck Trailler itu sndiri di banding Leo..

          • Bung gogon.. terus kenapa truk dibatasi beban angkutannya oleh dinas perhubungan ?
            Di tempat saya ada banyak jalanan yang aspalnya sudah bergelombang dan ada juga yang berlubang karena dilewati truk truk pengangkut kerikil. Itu baru truk pengangkut kerikil, apalagi kalau tank berat sekelas leo yang memiliki bobot lebih dari 60 ton bisa retak tu aspal. Di jalur pantura juga sudah banyak aspal yang bergelombang dan berlubang karena sering dilewati truk besar. Sekali lagi sebaiknya kalau pertempuran di kota kita menggunakan tank kelas menengah saja.

          • iya ya, mungkin maksud bung melektek seperti ini, nok nok nok hello bung apa sudah bangun, debat sudah dimulai lo

        • lebih bermanfaat perbanyak kaprang,kasel,pesawat tempur,pesawat intai n drone.

        • Bung lorem. Kalau leopard jalan tiap hari ratusan biji kayak bis antar kota baru punya efek. Leo lewat jalan raya dalam setahun bisa dihitung dengan jari. Lagipula secara teknis sudah banyak diulas bahwa karena rodanya banyak dan pakai rantai maka lebih tak merusak karena bebannya terbagi lebih banyak dibanding bis yang hanya 6 roda. Intinya, kita proporsional melihat hal semacam itu.

        • Semua MBT tanpa active protection system & ERA kalo kena ATGM kemungkinan bakal tembus.

          Tak dapat di pungkiri lagi Merkava merupakan top 5 MBT terbaik (tak bisa spesifik karna rata2 mbt teknologinya banyak yg rahasia), yang dihancurkan hezbullah kebanyakan Merkava 2&3 yang lama. Merkava 4 yang benar2 hancur cuma 2, 1 sama IED yang bener bener besar, 50KG-100KG tanknya ampe kebelah 2 dan 1 lagi gara2 ATGM paling sakti didunia KORNET ATGM. Semua tank diatas gak ada yg pk active protection system. Tapi merkava 4 sekarang sudah di upgrade jadi merkava 4 windbreaker yg pk throphy active protection system, jadi ATGM dah gak mempan dah……

        • jangan lupa abramsnya iraq & saudi juga ancur pake Kornet, padahal armornya abrams ada yg pk depleted uranium. Semua karena gak pake active protection system.

          Nah, kan leo kita gak ada yg pake, nanti kalo tetangga ada yang beli, bisa kepanggang idup2 itu tank crewnya

  11. kena’ ranjau AT atau ranjau AP nih??? kalo ranjau AT masih bisa dimaklumin

  12. kayak nya jenis leopard 2A5, yeng kena ranjau,,

    Soal nya Leopard 2 A7+ milik jerman memiliki fasilitas yang lebih lengkap daripada pendahulunya. Selain meriam Rheinmetall L55 kaliber 120 mm dan mesin pendeteksi ranjau, tank tempur yang dikembangkan untuk misi baru Angkatan Darat Jerman ini dilengkapi dengan sistem yang berfokus pada perlindungan 4 awaknya dari serangan roket, ledakan ranjau, hingga lontaran granat.

    Tank jenis ini juga dilengkapi peralatan untuk membersihkan jalur dari ranjau, jebakan bom, atau puing-puing yang dapat menghalangi pergerakan. Sarana komunikasi eksternal yang lebih canggih juga dipasang pada tank tempur ini. Tak hanya itu, Leopard 2 A7+ juga dilengkapi dengan sensor panas di bagian depan dan belakang serta peningkatan kemampuan periskop untuk pengintaian jarak jauh.

    Dengan berat 67,5 ton, panjang badan dan meriam 10,97 meter, lebar 4 meter, tinggi 2,64 meter, Leopard 2 A7+ memiliki mesin berkekuatan 1.500 tenaga kuda yang mampu dipacu hingga kecepatan 72 kilometer per jam. Daerah jelajahnya mencapai 450 kilometer. Tembakan meriamnya mampu menjangkau jarak hingga 6 kilometer.

  13. Affirmative 😈

  14. hoooahh…..iya

  15. Bung meletech mana.. biar seru.

    • bung meletecch lgi semedi manggil gurunya hehe

    • Bung meleketehe lagi panggil pasukan amblesiyah bung..hehe

    • jangan menghina, bung melektek adalah sesepuh di sini, istilah warjager (warung jakarta greather) itu copyright dari dia

      • betul bung @imam, bung melektech itu sesepuh warjag…. gak kerasa dari sma sampe mau tamat kuliah gini masih bisa baca komen dia ….

        • yg di katakan bung melektech@ masuk akal dan logiss..,,maju terus bung melektech sepuh dilawan..
          leo vs drone ,,menang drone
          leo vs atgm ( drone ) menang atgm ,,gimana gak menang itu leo berat dan ada awaknya ,,drone /atgm seperti malaikat mautt gak punya hati dan rasa takutt ,,kalau leo ma berhadapan sama drone udah keluar keringat ,,tetap rugi si leo jadi tetap kalah

          salam bung melektech@ aku suka argumen anda logis dan tegas..aku termasuk yg suka baca komen anda

          salam satu jiwa satu raga

  16. TOLONG KOMEN YANG BAIK DAN SANTUN..beda pendapat boleh,tp jgn saling mengejek…(ilmu padi)

    • Bener Bung,dari komengnya kan kita bisa lihat tingkat kedewasaan mereka…belajar filosofi padi semakin berisi semakin menunduk, Jangan pake filosofi PEN*S laki2 semakin berisi semakin ndongak k atas…hehehe. Alloh nggak butuh orang cerdas pintar genius yg menDEWAKAN isi otak.Manusia yg genius cerdas pintar tapi takabur sombong arogan hanya membuat kerusakan keonaran d muka bumi. Alloh hanya butuh hamba yg tawakal. Alloh akan membinasakannya melalui seleksi alamnya…dan menciptakan kembali ribuan generasi2 cerdas. Dan itu sudah terjadi pada peradaban manusia yg lampau. Bagi yg nekat punya hobi takabur congkak arogan SILAHKAN LANJUT….entenono pas wayahe….hehehe

  17. lagi membayangkan kalau tank nya pk jokowi 30 ton lewat di ranjau segede gtu… bisa salto tuh tank 😛

    batalion mekanis sebanyak appun yang katanya bsa melindungitank sekalipun 1 orang bawa satu metal detektor bisa runyam tuh msalah… hahahahha

    ap lagi banyak cara mengakali metal detektor sinar x saja bisa di akali ap lg metal detektor…
    belum kalo nyali batalion mekanis nya kaya krupuk..

  18. Wow ternyata leopard denmark kuat dan terbukti.. TNI beruntung punya mbt nih tapi bekas apa kira-kira kuat gak ya kayak gini..

  19. Mantap

  20. Leopard bkin rame..Tni Ga pnya MBT dbilang bgini bgitu..giliran dah punya MBT msih dibilang bgini bgitu..haduuh..mikir napa..kita ini cuma bisa ngoceh..yg praktek itu tni..perang juga yg pling depan tni..blum tentu kita dblakang tni ikut mmprtruhkan nyawa..apapun alutsista tni kta wajib dkung krna user ttap lbih mngrti dgn apa yg mreka btuhkan..kritik pedas boleh2 sja tpi jgn pernah mrendahkan/mnyepelekan tni..mreka mmprtruhkan nyawa demi mlindungi nkri..mlindung kluarga kita.. Jasa mreka jlas2 sgat bsar dan takan prnah kita sanggup mmblasnya..mikir..jgn jdi warga negara yg bisanya mrendahkan mnyalahkan tni..

  21. Leo lagi neh …
    Wait and see

  22. Sebaiknya TNI atau Polri sudah mendapatkan barang ini sebelum pelantikan president nanti…untuk mengantisipasi DEMO Panasbung..

  23. kalo kijang/apansa istilahnye tu lagi pecah ban kali yak..?? :mrgreen:

  24. …jangan belajar jadi gila di mari…,
    mari kita gila di dunia nyata sesungguhnya…ane dah ba’al di tereakin gila di dunia nyata !

  25. ijin nyimak. salam untuk para sesepuh dan penyinta WarJaGer. JAYALAH NKRI.

  26. Kapan pertamax ya. Ngarap.com

  27. battle proven

  28. Kalau saya pengen riset tuch roda dan rante MBT kayaknya bagus.

  29. wow llleopard tni apakah bakal diuji ranjau g ya?

  30. Itu kan di gurun.. laa kalo di hutan yg banyak pohon, emang si leo bisa seenaknya jalan..? Pernah liat dokumenter di tvri, waktu perang vietnam.. tank amrik masuk hutan.. tau2 vietkong udah kepung tank.. dan udah ada di atas tank..

  31. adminnya ikutan keki. nyindir pantzer bhantenk

  32. bung jet si leo solo ya kalo perang :p

  33. Semoga jadi pelajaran untuk kita semua betapa pentingnya LEO UNTUK TNI AD !!

  34. Sotoy banget

  35. Mantab lanjut terus si Leo… …bair negara ini bener bener menjadi Leo Asia

  36. T-90 bakal berantakan karena armornya belum selevel dgn Leopard. Btw walaupun Leopard sangat kuat tapi kenapa nekad lewat ladang ranjau ya?

  37. mantap

  38. Kalo bukan MBT (leo) pasti sudah hancur berantakan n awaknya sudah pasti luka atau bahkan tewas, bersyukurlah kita punya si leo. Dan pastinya kita dukung dech pengadaan leo leo selanjutnya mengingat wilayah kita yang sangat luas. Kalo ada yg tidak setuju, perlu dipertanyakan itu dari semua sisi …..?

  39. kayaknya rantai nya cuma putus doang tinggal di tambahi mata rantai baru disambung, lanjut perjalanan…

  40. Keren nih leo

  41. @freaxout utk tank pakemnya tdk blh maju sendiri hrs d lindungi infantri.

    Smua MBT punya kelemahan di 3 titik, 1 adlh Hull,2 adlh kubah/turret,3 adlh rantai gerak. Klo yg tank leo denmark sy jamin anak zipurkavtank bsa bongkar pasang rantai max 30menit dlm kondisi peluru sliweran. Jk hull aman,awak tank msh bs ksh bantempur(bantuan tembak tempur ) dg main gun/coaxial gun 12,7/7,62mm ny. Utk proteksi Leopard terbaru & RI sdh pnya bintang 5/slh satu terbaik. Klo d hantam ATGM smua MBT psti hancur trmsk Leo,Abram,centurion,ariete,lecrec. Anti dot MBT adlh AtGM apalagi dksh tembakan salvo,jgn kn ATGM pk RPG 16 3 salvo jg tewas awaknya.

  42. Kalau dihina orang, loe doain tuh orang…jgn nyumpahin orang tambah sial..and jangan bawa2 wali..pengalaman spiritual masih cetek jangan dibanggain

  43. Tahun depan mungkin judulnya “panzer banteng diladang SINGKONG kalimantan”

  44. Bung Bhd dan bung G. sigma mari kembali berdiskusi yg baik tentang alutsista, Masih banyak rekan2 yg butuh pendapat dan analisa njenengan berdua.Klo bicara moral dan akhlak semua punya dasar sndri2,jadi panjang nnti klo dijadikan debat. mari gunakan pengetahuan yg njenengan miliki untuk mencerdaskan yg lain.Salam ..

  45. hehehe…bung @bhd..ente gagal paham maksud tulisan2 ane…terserah ente lah !
    sepanjang ane komen di mari seingat ane ga pernah nyerang komen warjager laen…
    terserah kalo ada yg laen nyerang komen ane…ane terima dgn lapang dada !
    latar belakang pengetahuan…pengalaman kita berbeda”…tentulah pemahaman setiap warjager di sini atas artikel dan komen berbeda pula….terima kasih atas perbedaan yg telah terhidang…sehingga memperkaya nuansa kehidupan…!

  46. Pasukan penyapu ranjaunya MANAAA…???

  47. hm gemana kalau atgm vs t90ms, hm ingat kan rusia punya alat kalau ada rudal anti tank yg mendekat akan meledak lebih dulu sebelum mengenai tank tersebut

  48. mohon maaf atas ketidaknyamanan telah ane sajikan melalui komen” ane kepada siapapun…ane tiada bermaksud menyerang siapapun…
    komen” ane di atas terkait dgn artikel dan komen” di lapak sebelumnya yg menurut ane tiada elok untuk tersaji oleh mereka” yg sudah di anggap sepuh di mari !
    adapun tulisan ane ttng wali dsb itu adalah cara pandang ane kepada siapapun mereka dgn segala latar belakangnya ane tiada peduli…..ane hanya hormat kepada
    siapapun di sini yg nulis artikel dan komen yg memberikan pencerahan dgn santun meski ada yg nyeleneh hehehe….sepanjang ane di mari baik sebagai SR maupun aktif
    komen seinget ane mereka” tidak pernah menyerang..menghina pribadi” warjager lainnya meski tidak sependapat dgn mereka, ..mohon maaf sekali lagi atas tulisan ane yg hanya secuil pengalaman hidup ane yg tiada tempat dan artinya di sini…memang kita berbeda….dan ane kaga mau memperlebar hal tsb…MOHON MAAF !

  49. Seandainya kita tak jadi ngambil MBT terus AD mau perang pake apa? Pakai SS2 sm Anoa saja yh? Atau pakai pasukan jin aja yh? MBT bukan dibandingkan tapi disandingkan.Kalau AD punya 1 juta MBT pun bakalan keok kalau ga dipayungi Pesawat tempur.Strategi perang bukan cuma gagah2an tapi kombinasi serangan dan taktik.cobalah bawa tu ATGM menghadapi F35 atau SU34/SU35 yang menggendong Brahmos dr jarak 300km uda menarget sasaran di jamin yg bawa ATGM uda kencing dlm duluan dlm seluar.

  50. Dear Warjager ,

    semua alutsista ada fungsi dan kedudukan masing-masing dalam hirarki kemiliteran. tidak bisa dilihat dari satu sisi saja, harus dilihat secara utuh karena masing masing saling menutupi yang lain. apabila hanya tank leo jadi masalah…dan jadi untuk di gunjingkan sepertinya tidak fair….adapun apabila warga ingin mengkritisi…silahkan dengan cara yang indonesia bangeettsss…misalkan klo leo liwat jembatan trus jembatannya ambruk…rame rame teliti…apakah kadar dan kontruksi jembatan sudah sesuai dengan SNI atau hitungan keilmuan ato leo nay di modif biar sebaran bobot dan daya tekan nya lebih merata…
    terimakasih…just IMO…

  51. kelemahannya tank ya dirantai…
    makanya perlu penangkal ranjau.

  52. Hehehehehhe, saya bingung kok jadi samain Tank Leopard dengan Panser Anoa??? 😀

  53. mending lah rantainyasaja….ketara kan armornya kuat

  54. seharuse kalo tau mo masuk ladang ranjo, tenknya di kasih gluduk gluduk anti ranjo kayak enih..

    http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/f4/M60-panther-mcgovern-base.jpg

  55. udahlaahh…sesama warjager ga ush saling ribut.kan malu d ktawain ttangga sbelah.klo mau diskusi/debat berlakulah yg santun..jaga etika ketimuran..masalah mbt cocok ngganya liat aja nanti para petinggi kita n user untk menggodoknya lg..kan dlm debat capres kmrn baru wacana n blm final.bagi yg ilmu/wawasannya luas berilah pemahaman yg baik n sopan.jgn cepat k pancing Nafsu…smua juga tujuannya baik.demi NKRI yg lbh baik.

  56. sabarr bung@sigma..,nyatai saja sambil ngopi,,klu melektech@ itu ngomong menguasai ilmunya jadi lebih baik dibaca klu ragu bertanya klu gak logis bantah…gitu aja ,jgn repot,dan gila apalagi bawa nama ??

    ya salam

 Leave a Reply