Jun 302014
 
MBT Leopard 2A4+ Indonesia (photo: arc.web.id)

MBT Leopard 2A4+ Indonesia (photo: arc.web.id)

Unterlüss – Peluncuran MBT Leopard Indonesia diselenggarakan di fasilitas Rheinmetall GmbH di Unterlüß Jerman pada 23 Juni 2014 baru lalu, yang dihadiri oleh High Level Commitee Delegation Indonesia.

Pada acara ini diserahterimakan kunci simbolis dari Rheinmetall GmbH, kepada Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia Sjafrie Sjamsoeddin, sebagai tanda resmi, Indonesia memiliki Tank terbaik kelas dunia. Menurut rencana Tank Leopard dan marder akan dikirim secara bertahap pada akhir bulan Juni 2014.

Dalam acara yang digelar secara apik oleh Rheinmetall tersebut, dikumandangkan Lagu Indonesia Raya yang menggema memenuhi seluruh ruangan, beberapa saat setelah lagu Kebangsaan Jerman dinyanyikan. Di atas panggung, Bendera Merah Putih berdiri sejajar dengan Bendera Jerman.

MBT Leopard 2A4+ Indonesia (photo: arc.web.id)

MBT Leopard 2A4+ Indonesia (photo: arc.web.id)

Di hadapan hadirin, tepat di belakang panggung, tampak siluet konstruksi kokoh yang ditutupi tirai tinggi. Tepat setelah kunci simbolis diserahterimakan, secara mengejutkan tirai terbuka disertai pancaran lampu yang datang dari segala penjuru mengarah pada MBT Leopard dan IFV Marder. Pada bagian atapnya sudah dipasangi bendera Merah Putih.

Sebelum hadirin menyelesaikan aplausnya, beberapa detik kemudian meraunglah mesin berkekuatan 1500 horse power milik MBT Leopard dan Marder, kemudian Tank tersebut melesat keluar meninggalkan hall.

MBT Leopard 2A4+ yang gagah didampingi Marder yang cantik, kemudian menunjukan kemampuan manuvernya secara singkat di hadapan hadirin. Pada dynamic display, yang masing-masing dikomandani oleh seorang perwira Kavaleri TNI Angkatan Darat tersebut, nampak bendera Merah Putih berkibar-kibar dengan menawan.

IFV Marder Indonesia (photo: arc.web.id)

IFV Marder Indonesia (photo: arc.web.id)

Perwira Kavaleri yang bertindak selaku Komandan Kendaraan MBT Leopard tersebut, menyatakan saat itu adalah saat yang paling ditunggu-tunggu selama ia bertugas di Jerman. Yaitu mengomandani manuver pertama MBT Leopard yang secara resmi telah menjadi milik TNI dengan Bendera Merah Putih berkibar-kibar di Jerman adalah suatu kebanggan teersendiri.

LEOJERMAN 5

Elfi Behling (photo: arc.web.id)

Dari penuturannya pula diketahui untuk mendapatkan kain Merah Putih selebar 45×30 cm adalah suatu hal yang tidak mudah. Berbeda halnya bila kondisi itu dialami ketika berada di kampung halamannya sendiri. Ketika ditanya dari mana ia mendapatkan bendera itu, dengan nada haru dia menjawab bahwa kain untuk bendera itu dibeli oleh seorang wanita Jerman, dari sebuah toko di kota yang jauhnya 84 kilometer, kemudian dijahitnya menjadi bendera. Wanita Jerman tersebut bernama Elfi Behling seorang petugas medis, istri dari Pierre Behling sahabat baiknya selama dia bertugas di Jerman.

“Mas, saya berharap bendera tersebut tetap terpasang, menemani Leopard mengarungi lautan, menempuh jarak yang jauh menuju rumahnya yang baru di Indonesia…Salam hangat dari Unterlüß Jerman.” Demikian kata Perwira Kavaleri tersebut mengakhiri penuturannya. (arc.web.id).

  128 Responses to “Tank Leopard Indonesia Mulai Dikirim”

  1. satu

  2. 10 besar

  3. Willkomen Leopard und Marder

  4. <:D
    ?) siap !!!
    _||_ Komandan !!!

  5. <:D
    ?) siap !!!
    _||_ Komandan !!!

  6. Wah..malam ini banjir artikel..makasih bung diego..mantap :mrgreen:

    • Itu di turret sebelah kiri ATGM kah..kira2 apa ya pinsilnya? TOW apa Milan?

      • Bkn bung akung…itu pelontar granat asap kalau leo membutuhkan kamuflase untuk menghilang…

        • Oh..sepanjang itu kah bung wehr..bukannya yg tengah tuh yg ada enam biji tutup item..soale pernah baca dulu banget klo marder bawa juga rudal anti tank..jadi biarpun dia IFV tapi juga siap lawan battle tank :mrgreen: koreksi koo salah bung wehr 🙂

          • Oh yg di marder too…sy kira kita lg bahas turet leo :mrgreen: maaf ya bung akung…

            Nah kalo di marder sy kurang yakin itu rudal anti tank karena sistem senjata biasanya harganya hampir setengah dari harga platform.dgn harga segitu kayaknya kecil kemungkinan dapet sistem rudal AT…

            Kalau menurut saya itu sistem RWCS dan tabung mirip launcher di kiri kanan turet kanon 20 mm itu adalah box magazin karena kanon rheinmetall 20 mm memang ada yg menganut double feed…cmiw…

          • @ bung wehrmacht, just curious…klo seandainya di install metis-m,erick,spike atawa milan bijimane bung? kira2 memungkinkan gak?…..pertanyaan ngawur ya?……he,he,he

          • @Erich Hartman apakabar nya bung :mrgreen: semoga sehat selalu di negeri orang 😀 tuh maenan sudah ready kan KTP nya :mrgreen:

          • Metis-m keren kayaknya kang erich n bung wehr :mrgreen:

          • Mungkin aja bung erich…manual tp nembaknya,komandan tank harus siap keluar dari kupola,siap siap di cocot kunang kunang merah :mrgreen:

        • apakah turet yg misil launhcer ikut pulang juga @bung wer

  7. podium…. 😀

  8. Semoga lancar dan tak ada kendala apapun, tank ini harus punya dari pada gak punya

  9. 10 besar

  10. Terharu…

    “Mas, saya berharap bendera tersebut tetap terpasang, menemani Leopard mengarungi lautan, menempuh jarak yang jauh menuju rumahnya yang baru di Indonesia…Salam hangat dari Unterlüß Jerman.”

    • Izin Admin, share sekedar info:

      Elfi “Si pembuat bendera” dan suaminya Pierre…di awal Oktober th 2014 ini mereka akan liburan, liburan pertama berdua ke luar negeri sejak 18 tahun ini, mereka sudah booking hotel di 3 kota, menyiapkan paspor, dan menghitung hari demi hari sampai saat tiba keberangkatannya.

      Mereka akan melihat sebuah Parade Militer di negara tropis….

      Tujuan liburan mereka adalah, Indonesia….!!!

      *Salam hangat dari Unterlüß Jerman…*

  11. NKRI HARGA MATI

  12. Leopard Revolution Indonesia…….hanya untuk Indonesia…good job rheinmetall.

  13. tlg pak moeldoko tank leopardnya dikasi tulisan “not for sale”..buat jaga2 takut ntar nasibnya sama dgn tanker

  14. nie Leo diserahterimakan pake upacara resmi mirip upacara kebesaran militer artinya Jerman sangat hormat ma NKRI cq TNI, sy kira Jerman jg bangga Leo ini punya kelebihan teknis yg hanya diberikan utk kita, smoga Leo kita mampu menjaga NKRI

  15. Apa sih perbedaan Leopard 2A4+ Indonesia di banding Leopard 2A4 standard? upgrade apa saja yang ada di Leopard 2A4+ RI?. Tolong diulas karena yang sering saya temukan adalah Leopard Revolution.

    Terima kasih

  16. Mantapp…jaya lah NKRI….I love full..

  17. Welcome home…

  18. siap sambut leo di pangkuan ibu pertiwi,…NKRI harga mati..!!

  19. mhn dibabar disini bung Pur … biar kita faham

    • injih den bdg ……. setidaknya bila disetiap putra putri NKRI ini punya jatidiri atas keluhuran kearifan budhaya …. pasti NKRI akan menjadi kekuatan mercusuar dunia ……… keluhuran budhaya identik dengan pambudi / budhi pekerti yang luhur …. sikap suka bekerja keras, pantang menyerah, berdoa dengan khusuk ikhlas ……. pasti sebentar juga NKRI akan berjaya ….. ada fakta fakta dan elemen elemen nyata yang tinggal nunggu saat saat start……

  20. guten Abend

  21. misi pertama ajak presiden terpilih naik leo lewat jembatan yakinkan rakyat tank ini pilihan tepat

  22. MANTAP!…. Kasih pamer untuk jalan di ibu kota… Amblas apa enggak, biar kaum ” amblasiah” malu sendiri, negara mau kuat kok pada ribut, TNI tahu yang dibutuhkan Demi NKRI JAYA!

  23. ndelok photone wae wis trataban
    opo maneh ndelok asline dijamin lambene ngeces

  24. Alhmdllh..Akhirx terwjud jg indonesia pny tank mbt,hny brhrp tank nie bs dtmptkn dprbtsn kalimntn biar da efek gentarx biar da lwn seimbng dg tank pendekarx malon sok jaguh..hrpn org prbtsn aja yg g inginkn kita trs dilecehkn & diprlkukn kasar…

  25. semoga lancar.. 🙂

  26. Pokoknyaaa nambahhhh…. jumlahnya nambahhh ini leopard… pengen juga punya divisi lapis baja atau divisi MBT

  27. Nanti pamerkan manuver ngebut di jln ibu kota Jakarta di hadapan Jokowi dan mbok Mega ambles tdk jalan yg dilewati mbt

  28. SELAMAT DATANG DI RUMAH BARULEOPARD

  29. saya termasuk yg beruntung karena pernah ngelus elus tank ini waktu pameran di monas.

  30. Duuh, kelewatan sehari aja udah metungul 4 artikel….

    Enaknya kalo ada aplikasi khusus buka JKGR di android nih, gimana bung Diego?

  31. ma’el: ooh pin,tak kau tengok jiran kite sblh tu..
    Ipin: ade hal ape lg el?
    Ma’el: engkau tengoklaaah,lagaknye tambah jadi..kerete kebal nye nak tibakan banyak lagi..saketnye ati aku ni..
    Ipin: eh ngape pulak jd engkau yg saket ati..tak boleh cam tu,itu iri namenye..tak pasal lah indonesia nak beli kerete kebal dan weapon heibat2..die org punye wang,boleh nak beli ape die org suke..kite tak patut lah nak dengki sm saudare sendiri,tak baek el..paham tak ni?
    Ma’el: iyelaaa..apa kate kau jee..bulan puase aku ngalaah,tp kau tengok lepas lebar..jgn kan nak kalah..seri pun aku tak nak..sabar kan hati ku ya allah..bulan puasee

  32. Salam Bung Admin,

    saya masih penasaran, kalo Arab Saudi, Mesir dan Iraq beli M1 Abrams kan diberi sama US versi downgrade alias tanpa DU Armor.

    nah kalo Indonesia beli Leopard ini ke Jerman apakah versi downgrade juga?
    (dibandingkan Leo 2A4 Jerman vs Leo 2A4 TNI)

    terima kasih Bung Admin

    • Tidak downgrade, malah upgrade di sistem elektronik penembakan, jenis peluru yang bisa ditembakkan dan sistem pendingin, makanya disebut 2A4+. Upgrade yang lebih tinggi lagi, yang jenis 2A4 dikonversi oleh rheinmetal menjadi leopard revolution, dengan penembahan sistem armor, pembidik dan lain sebagainya

      • Bung @Diego. Apakah Leo 2A4+ kita kesaktiannya setaraf Leo 2A6? kalo iya berarti memang masuk akal mengapa TNI memilih leo 2A4+ dan leo 2 Revolution di bandingkan leo 2A6, di samping lebih murah kemampuan juga gak kalah.

        Sebuah pilihan yg sangat cerdas di tengah keterbatasan dana 🙂

        ]

        • Mungkin bisa dikatakan relatif seimbang dengan 2A4 yang diupgrade menjadi leopard revolution RI. Sistem pembidik (elektronik-digital), canon sama dengan 2A6 dan armor tambahan.

          Kayaknya Jerman belum melepas tipe 2A6 ke non-nato. Celah ini dimanfaatkan rheinmetal dengan menguprade 2A4 menjadi leopard revolution, yang relatif setara dengan 2A6. Hal ini bisa dilakukan rheinmetal, karena dialah produsen dari canon mbt leopard

          • Siiip. Saya emang termasuk orang yg gak percaya kalo TNI mau beli barang lama dalam kondisi standar, pasti di oprek abis sehingga kemampuannya setara barang versi terbaru. Ibarat HP…casing boleh lama tapi jeroan baru :mrgreen:

            Terima kasih bung Diego m(_ _)m

  33. barangkali ada yang bisa kasi info, ini ngirimnya pake kapal apa ya? sekali angkut berapa biji? pengiriman begini termasuk rahasia ngga sih? rawan disabot ngga? ada ks yg ngawal ngga? jadi inget tanguy & laverdure yang misinya pengiriman pesawat mirage & di perjalanan penuh upaya sabotase…

  34. mohon pencerahanya, kalau LEO RI di adu sama LEO singa, PENDEKAR malay dan OPLOT thai, menang mana? dan dari segimana???….trus kelemahan yang subtansi dari LEO RI apakah ada?

    • ijin jawab, pake kira2 tapi..
      sebenere harapin bang wehr yg jawab, tau napa kagak diambil..

      leo ri ma leo upil sama2 dari 2a4 yg di apgred jadi revo, sedang punya malon ntu tenk twardi poland n oplot thai dari ukraina juga sama pengembangan dari besic tenk 72 kalo kagak salah..

      sebenere kagak bisa diadu antar tenk, karna tenk2 jaman karang dah dilengkapi pelingdung aktif n pasif ma muatan senjata, tinggal seberapa efektif pelindungnya menetralisir peluru anti tenk lawan..sapa yg punya pelindung n senjata bagus dia yg menang..leo revo punya ri n upil punya pelindung pasif tambahan berupa baju armor yg dipasang di tubuhnya, diharapin peluru lawan tidak langsung mengenai dinding leo yg mengurangi daya tembus peluru ntu sendiri..
      serta kompartemen munisi yg terlindung baik akan mengurangi korban dari awak tenk ntu sendiri, tenk rusia biasanya jelek..

      bukan cuman leo, tapi semua tenk punya kelemahan pokok yaitu di kakinya..tapi diminalkan dgn tambahan plat penutup walopun kagak mempan ma ranjo tanam/ied..

      sori kalo kagak muasin, kagak sempet gugling seh, murni kira2 😀

      • Nambahin dikit bung lare :mrgreen:

        Spek leo 2A4 evo sing dan 2A4 Ri kita hampir mirip karena sama2 mengadopsi pelindung tambahan AMAP.Bedanya AMAP leo sing di dandani oleh Deisenroth sedangkan leo kita di oprek oleh rheinmetall.basisnya sama,leo 2A4 bekas pakai bundeswehr produksi pabrik Krauss Maffei…jadi setaralah…

        Kalau twardy dan oplot sih seperti kata bung lare kelemahannya pada proteksi.makanya twardi menambahkan pelindung ERA (Explosive Reactive Armour).kelebihannya adl.kaliber meriamnya lebih besar yaitu 125 mm berbanding leo yg 120 mm.tapi amunisinya terkenal mandul kalo menghajar Tank buatan Eropa (tau kalo buatan ASU) karena peluru APFSDS nya menggunakan penetrator konstruksi dua bagian yg mudah patah saat menembus kulit tank sedangkan Leo menggunakan konstruksi tungsten monoblok yg utuh walau harganya lebih mahal…rheinmetall menjamin pelurunya bs menembus lapisan pelindung tank manapun.mengenai twardi polandia sendiri tadinya menggunakan tank ini sbg arsenal utama brigade kav-10,satuan kav terbaik polandia.setelah polandia membeli leo 2A4 bekas bundeswehr twardi di geser ke brigade kav-15…jadi ketauan kan mana yg lebih superior?

        • Oh maaf ada yg ketinggalan…biasanya tank satu pabrik menggunakan Battle Management system (BMS) yg sama sehingga di lengkapi IFF untuk menghindari friendly fire.menurut kabar burung emprit,Leo kita menggunakan BMS buatan sendiri sehingga gak ada cerita kita tdk bs menembak sesama leo punya musuh kita (warning buat sing neh :mrgreen: )

          • Mantapppp….penjelasan yang sangat memuaskan bung, lare sarkem dan wehrmacht…

            salam kopi hangat dari BDG…

  35. saya salut dengan pemerintah jerman atas ceremony yg telah dselenggarakan, kita sepakat bung den, salam

  36. leo 2a4 & 2a6

  37. Q tggu kedatangan MU..

  38. Untuk mempererat kerjasama dengan Jerman ada baiknya Elfi Behling & Pierre Behling diundang dan diberikan emblem Kavaleri pada acara peringatan 5 Oktober 2014 sebagai tamu kehormatan khususnya Korps Kavaleri

    • saya sependapat dengan bung ayoeng, kalau bisa korps kavaleri jerman diundang ke Indonesia dalam rangka Latma MBT Leopard 🙂

    • setuju….

    • Pierre sudah pernah ke Indonesia th 2013, dan bercerita banyak ttg Indonesia kpd Istrinya (Elfi), ada kesan yang manis di hati Pierre ttg Indonesia, mungkin itu salah satu sebab, mengapa mereka begitu baik kpd kami.

      Dan….awal Oktober th 2014 ini mereka akan liburan, liburan pertama berdua ke luar negeri sejak 18 tahun ini, mereka sudah booking hotel di 3 kota, menyiapkan pasport, dan menghitung hari demi hari sampai saat tiba keberangkatannya.

      Mereka akan melihat sebuah Parade….

      Tujuan liburan mereka adalah, Indonesia….!!!

      *Salam hangat dari Unterlüß Jerman…*

  39. Simbol kerjasama dan persahabat indonesia- jerman.semoga terjalin sampai tank medium.

  40. dari dulu memang JERMAN punya ikatan emosional yang kuat dengan kita,yang memberikan nama negeri kita INDONESIA adalah sosiolog JERMAN,ADOLF BASTIAN.
    MATUR NUWUN

  41. absen dulu..

  42. wuihh hebat tenan..siap mikul NKRI matra darat..kalo bisa kulak lagi..

  43. GAGAH PERKASA…… PENGEN NUNJUKIN KE PAK JOKOWI BIAR TAU………… HAHAHAHAHA

  44. Lapor ndan,situasi 86,apalagi di tambah kehadiran si Leo,tambah 86 lagi……Jayalah NKRI ku……Lanjutkan……!!!!!

    • kok yang itu,, lah yang revo mana , , , ??????????????????????????????????????????????????????????????????

      • lah kemaren yang Leo RI , yang buat pameran, apa sudah dikembalikan????? ada yang lihat ngga, dibalikan lagi stlh pameran.
        Colek para sesepuh
        biar banyak tanda tanya

        • Jangan2 bisa jadi jermannya bilang, “Kamu coba dulu, kalo suka boleh nambah” wkwkwkwk

          • lah kalo ternyata emang ntu kiriman tahap pertamanya Leo RI, masa barang bagus di kasih lihat tetangga, ntar pada ngiri, . . . .
            lagian biar tetangga ga pada mriyang, pura-pura ngadain pameran, ntu pun yang di kasih lihat cuman satu-satu.
            Ga tahunya udah pada di kirim ke kandang.
            No publish

  45. mantab…………. lanjutkan………

 Leave a Reply