Feb 262016
 
Tank Leopard Revolution

Tank Leopard Revolution

Jakarta – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menegaskan, prioritas pengadaan alat utama sistem persenjataan tahun ini diutamakan untuk melengkapi peralatan yang sudah dibeli. Ke depan, pengadaan alutsista harus dilakukan secara lengkap.

Hal ini disampaikan seusai mendengarkan masukan Komisi I DPR, Kamis (25/2/2016), di Jakarta. Dalam rapat dengar pendapat itu, Komisi I melaporkan hasil pantauan 13 anggota ke Pasuruan, Jawa Timur. Dalam kunjungan kerja itu, Komisi I mendapati tank tempur utama atau main battle tank (MBT) Leopard yang dibeli pada 2012 tak dilengkapi alat komunikasi, alat bidik otomatis, dan perlengkapan pemeliharaan (toolkit). Selain itu, prasarana latihan untuk Leopard tak tersedia sehingga latihan menembak diarahkan ke laut.

“Ke depan, tidak boleh begini lagi. Kalau yang Leopard kurang ini itu, kami penuhi dulu. Kalau Leopard saja belum terpenuhi (perlengkapannya), masak kami beli yang lain,” kata Ryamizard.

Pada 2012, Indonesia membeli 163 tank yang terdiri dari 103 MBT, 50 tank medium, dan 10 tank pendukung. Ke-103 MBT ini terdiri dari 61 MBT Leopard Revolution dan 42 MBT Leopard 2A4. Adapun 50 tank medium adalah Marder 1A3. Pembelian tank ini bernilai 280 juta dollar AS (sekitar Rp 2,6 triliun) dari APBN 2012.

Direncanakan, 61 Leopard jenis Revolution akan tiba tahun ini. Dari jumlah ini, sebanyak 10 unit dikirim April, sedangkan sisanya pada November 2016. Tank-tank ini adalah bagian terakhir dari pemesanan tahun 2012.

Menurut Ryamizard, pengadaan perlengkapan untuk tank- tank Leopard ini akan diutamakan dengan produksi dalam negeri. Sebab, dengan demikian, pengadaan bisa dilakukan lebih cepat. Namun, apabila tidak memungkinkan, pembelian perlengkapan dari luar negeri pun akan dilakukan, tetapi tentu hal ini akan memerlukan waktu. Karena itu, dia tidak bisa memastikan pengadaan perlengkapan tank- tank Leopard akan rampung tahun 2016.

Sebelumnya, Ryamizard pernah menyampaikan bahwa tank-tank Leopard tidak akan digunakan sampai kelengkapan operasional terpenuhi. Dia juga mengakui bahwa ada kekurangan seperti pada alat komunikasi dan alat pemeliharaan. Ketiadaan alat komunikasi ini bisa memengaruhi operasional Leopard.

Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Mulyono direncanakan bulan depan berangkat ke Jerman untuk melihat alat komunikasi dan memantau uji senjata untuk Leopard. Apabila peralatan yang dipamerkan baik kualitasnya, TNI AD berharap bisa membeli perlengkapan tersebut.

MBT Leopard 2A4

MBT Leopard 2A4

Pesawat F-16C/D

Masukan yang disampaikan juga terkait pembelian pesawat tempur strategis F-16. “Dulu DPR menyetujui pembelian lima F-16 yang lengkap dan baru, tapi kemudian tiba-tiba berubah menjadi 24 F-16 bekas,” tutur Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanudin.

Saat ini, baru lima F-16 yang ada di Indonesia. Sebanyak tiga unit tak bisa dipakai dengan satu di antaranya terbakar saat akan lepas landas (take off) di Bandara Halim Perdana Kusuma, 16 April 2015.

Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais menambahkan, pembelian alutsista ke depan seharusnya dilakukan secara lengkap dengan spesifikasi yang utuh seperti rencana awal.

“Jangan membeli tapi kurang senjata, tidak ada radar, dan sebagainya. Lebih baik membeli dengan kualitas yang utuh daripada beli secara bertahap. Sebab, ini terkait dengan efek gentar yang ingin dicapai,” tutur Hanafi.

Selain perlu perbaikan rencana strategis dan realokasi penempatan alutsista, kata Hasanudin, perlu juga ada audit atas alutsista yang sudah ada. Pengadaan alutsista ke depannya, harus disesuaikan dengan geostrategis Indonesia.

Kompas

Bagikan Artikel:

  186 Responses to “Tank Leopard Revolution Datang April 2016”

  1. Wow

    • Sebuah dilema antara transparansi dan kesan ‘menelanjangi’ diri sendiri.. Sedih bila mmg demikian adanya. Pembelian alutsista yg diharapkan menjadi tumpuan sistem pertahanan, sekaligus diharapkan mampu menjadi efek penggetar.. Nyatanya justru menjadi ganjalan bagi rencana besar postur ideal TNI kedepan.. Semoga hal ini cepat dievaluasi dan menjadi pelajaran untuk pengadaan berikutnya

      • Di situlah kadang saya ngrasa ngeh….

        • Lagi-lagi SBY….. Sbg rakyat Indonesia kok aneh banget ya alumni Jendral TNI plus alumni doktor Militer tapi kebijakannya terhadap negara terkesan asal-asalan saja. Udah DPR bersama rakyat mendukung pembelian pesawat baru, ternyata yang datang pesawat tempur rongsokan. Dan sekarang terkuak lagi pembelian tank Leopard kebanggaan bangsa gak taunya tidak ada senjatanya dan teknologi pendukungnya. Sebenarnya seberapa nasionalisnya beliau sich ya??? Kok sampai sgl kebijakannya aneh bin ajaib begtu??? Udah begitu ketahuan borok2nya tapi ogah kalo dikritisi pemerintah sekarang atopun rakyatnya. LUCU BENAR KEBIJAKAN BAPAK BESAR INI SELAMA MENJABAT. Trus KPK gimana nich??? Dan apa yang dilakukan selanjutnya??? Apa karena Demokrat mendukung tak merivisi RUU KPK baru, KPK sekarang diam2 saja????

        • Menyalahkan Pemerintahan SBY dalam pembelian Tank Leopard saya kira kurang tepat. Kalau mengikutin berita seharusnya rekan2x tahu bahwa tank leopard yang datang ke Indonesia spek standart tidak disertai Air Conditioner dan alat komunikasi karena AC dipasang sendiri di Indonesia dan pemasangan alat komunikasi menggunakan produk BUMN LEN. Yang jadi tanda tanya saya kenapa sekarang justru alat komunikasi diutamakan import dari Jerman? Bukankah alat komunikasi yang dibuat LEN anti Jaming.
          Untuk alat bidik tank Leopard yang datang ke Indonesia sudah disertai tapi bukan tipe terbaru karena harga sesuai yg ditawarkan kalau mau yang seri terbaru (harus upgrade).
          Untuk masalah alat pemeliharaan tidak sepenuhnya datang lengkap, kembali kapada harga yang disetujui pemerintah saat membeli tank Leopard dan Mader USD 280 juta. Harga second (buka baru) pembelian USD 280 juta/segitu logis nggak minta segala macem alias spek canggih dan aneka asesoris serta alat pemeliharaan berikut spare part.
          Pertanyaan mengapa Menhan, mengapa tidak menagih pabrik Rheinmetall untuk segera mendirikan Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan di Indonesia? bukankah Rheinmetall serius mendirikan Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan pemeliharaan tank Leopard di Indonesia, setelah Singapura dibatalkan atau tidak jadi dibuat Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan pemeliharaan tank Leopard.
          Apakah tidak ada niat belajar mandiri membuat alutsista? bukankah dengan adanya Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan pemeliharaan tank Leopard jauh lebih mudah dan adanya penyerapan tehnologi?

        • Adanya mentoring dari orang lain seperti organisasi dari us yang membantu dalam pembuatan perencanaan , ini dapat memperlambat kita karena mereka BARAT akan membuat siasat untuk potensi kita

        • Pandova, kalo tidak ikuti berita dari awal, sebaiknya dicari besar kontrak dan apa saja yg ada dikontrak, sesuai atau tidak harga nya kemudian spek yg datang jg d cek..

      • Entah kalimat ngeles apa lagi bagi jamaah mabuk kecubung membaca berita kayak gini hahahhahaha….

      • mungkin penyebabnya pengadaan alutsista TNI nggak pernah diaudit macam KPK. Jadi…gampang diapusi (dikibuli)… .

        Nach….ngapusi lagi, khan?

      • Alasan kerahasiaan itu sudah basi dan usang. Hanya jenderal yang terlibat permainan anggaran yang menggunakan alasan itu demi mempertahankan sesuap nasi segenggam berlian. Memangnya kalo tidak transparan, prajurit di lapangan yang kontrol alutsista gak bisa membocorkan rahasia negara? Memang prajurit kita digaji dengan gaji tertinggi di seluruh dunia hingga kebal terhadap sogok? allay banget kalo percaya hal demikian.

        Transparansi bisa dilakukan dengan tetap mempertahankan kerahasiaan. Salah satu misalnya dengan mengikat investigator baik dari KPK maupun Komisi DPR melalui peraturan tersendiri yang membuat ada dasar hukum kuat bagi negara untuk menghukum bahkan hingga hukuman mati kepada pembocor rahasia negara. Dan terbukti hingga hari ini, KPK masih merupakan lembaga paling dipercaya, yang dapat juga diambil kesimpulan praktis bahwa orang-orang KPK tidak akan menggadaikan harga diri dan nama baiknya jika disogok asing dan aseng.

      • @PANDOVA
        jangam sok tau. menyalahkan ke pemimpinan pa SBY. semua rencana MEF yang sedang berjalan sekarang itu hasil pemikirian pa SBY. baca artikel lain dulu baru ngomong..

    • Biar komisinya bisa dapet berkali2 yaa belinya harus dicicil . .hahaha sekalian kunjungan keluar negri buat lihat2 perlengkapan yang akan dipasang. . .
      Kayaknya lpabrikan alutsistanya ga bodo2 amat dech. . . design alutsista mestinya udah terlrtegrated utuh supaya bisa bekerja dengan sempurna… Mungkin saking pinternya orang indonesia kaleeq mau coba2 main pasang dengan peralatan lain di pasaran

      Ibarat mau belii mobil baru ntar spion, lampu ato remnya beli di loakan biar rada murah. . . truz apa fungsinya beli mobil baru . . ?
      Capeeeek dech . . !

      • Hati2 bung, ini adalah rahasia negara yg tidak boleh dipublis,,katanya,,,

      • ya kan itu semua dari sudah dijelaskan bahwa kita hanya menerima gelondongan tank saja , alat komunikasi kan pernah diberitakan akan.dibuat oleh LEN , amunisi oleh pindad … dan pemasangan AC Juga ..
        makanya semuanya jangan di telan mentah2 karena itu semua bagian dari TOT yg akan diberikan rheinmentall jerman …
        semua pejabat pengganti pasti akan.mencibir semua program pemerintah sebelumnya …
        kapal selam.dikorea diakui langsung dibeli presiden skrg , dll dll ,
        tidak jadinya pembelian su35 sebanyak satu squadron menurut berita adalah munculnya program pembelian pesawat bearieb amfibi 4 unit , dan pembelian heli chinook 8 unit ..
        itu tidak ada di mef 1 ..

        • Jangan ditelan mentah2 apalagi bung, wong senjata yang dibeli mentah semua, gak ada radar, gak ada radio dan alat bidik, kapal gak ada rudal / CIWS-nya…
          F-16 refurbished, datang 5 yang bisa terbang tinggal 2, sisa pembelian maceeet…

          Namanya juga pencitraan, ya senjata untk pencitraan bukan untuk perang…

        • @majapuit

          Dari jaman sby sampai skrg ini potensi ancamannya masih sama: terorisme&bencana alam. Yang urgent utk tni ad heli angkut berat utk meningkatkan mobilitasnya. Ini yang diborong malah tank….pantes aja diketawain.

          Kalo caesar gue bangga tni milih yang itu

        • Jangan terlalu naif bung. Kalo jenderal garonk punya seribu alasan, ya kejar terus hingga terungkap. Katanya mau dibuat LEN, ya minta donk mana kontrak atau LOI dari TNI kepada LEN, atau katanya minta AC dipasang di dalam negeri, cek kebenarannya ada gak lelang proyek pemasangan AC tersebut.

          Gitu aja kok selalu telan mentah-mentah alasan jenderal? apa jadinya bangsa ini jika selalu gampang dibodohi koruptor?

        • Leo ini belinya murah, kan mu di-scrap ama mama Angela.. Sama kayak elang botak OmBama yg sdh ga dipake tersimpan di padang gurun tandus.. lumayan beli banyak bisa buat parade, kan parade senjata ga perlu…

      • Hebat sekali Pandova lebih pintar dari SBY. Heran juga kenapa dulu bukan Pandova saja yang jadi presiden ckkc…ckck..ckk.

    • Itu jg msh pesanan periode lalu,msh sja blum lengkap,trus 2 thun ni ap aj yg kau lakukan RR?deal2 alutsista sja blum trdngr brang sebijipun,cm bnxk omongan d media TNI akn kuat,kuat apanya?????mikirr…jgn cm cri popularitas,negara seupil sja punx bnxk alutsista menggentarkan,ap lg negara bsar sprti qt,msa cm punya 1 skuadron sukhoi??f16 rongsok??mana hrga diri indonesia sbgai negara besar??

      • Menyiapkan sarana dan prasarana,,,

      • Konol koe…mikir… barang2 yang rongsok dan gak mumpuni itu zaman sapa..dibagusi dan mulai dilengkapi kekurangannya waktu sekarang malah sewot…orang kerja disana cuk…lah elu comment doang ma gila jadi tentara…sadar…sadar…

      • 2 tahun ini si RR terkaget-kaget, tercengang dan terpesona oleh alutsista yang datang hasil dari pembelian seniornya dulu:

        Pesawat yang disetujui DPR baru blok 60 eh yang dateng viper rongsok, si Leo yang katanya gahar, eh yang dateng kok gigi taringnya dah tanggal semua, pesawat latih tukino, kok datengnya lelet, dah gitu cuma bisa sekali penalti lagi….

        Bener-bener kata Pak RR, senior gue emang AJIBBBBBB

    • Beli tank / pesawat canggih tanpa alat pendukung sama jg beli kaleng rongsokan…!!!.Sadar Jendral -2 NKRI rawan konflik..!!! Hentikan cari untung pribadi ..!!!

    • kebiasaan BURUK yg harus dihentikan, beli alutsista semua di downgade mulai dari tank sampai pesawat tempur, untung presiden dan menhan yg sejarang menyadari kesalahan fatal tsb. pengadaan alutsista tni harus transparan jngan berlindung dibalik kata RAHASIA NEGARA! kalau kita blm mampu memenuhi kebutuhan alutsista dr dlm negeri omong kosong rahasia negara hanya untuk berlindung para oknum nakal di jajaran kemenhan atau tni itu sendiri. percuma punya pesawat kalau buta, percuma punya MBT tp ompong. bersyukur pd Alloh presiden jokowi menyadari kesalahan fatal tentang buruknya sistem pengadaan alutsista tni. semoga cara” yg tidak tepat yg dilakukan di masa lalu tidak terulang di era presiden jokowi sehingga TNI benar” mendapatkan alutsista dg spesifikasi yg lengkap. salut buat pak menhan, jangan ulangi cara” yg kurang tepat di masa lalu dan semoga PERTAHANAN RI semakin kuat dan tangguhdi bawah kepemimpinan pak RR.

    • kena tipu bpk besar gkgkgkgk

    • Tank tercanggih Rusia T-90 (aktif bertugas. Klo armata blm krn masih prototipe) hancur oleh ATGM lawas AS TOW (varian TOW yg disupply ke pejuang Suriah adl varian tua yg sudah tidak dipakai AS lg), cek videonya : https://www.youtube.com/watch?v=fYOJSz1WOEg
      Video dr RT Rusia: https://www.youtube.com/watch?v=2rfyeR-YaJw
      Kelihatannya Sistem anti ATGM milik T-90, Shtora, tidak berfungsi dan ractive armor ERA sepertinya cukup mampu menahan hantaman TOW lawas, sehingga 1 kru masih bs menyelamatkan diri, tidak tau nasib kru yg lain. Tapi T-90 ini akhirnya loss.

    • Sontolyo, lagi2 pembelian dibawah standar, Rezim dulu emang bajingan , ngebahayain prajurit jika berprang

    • kenapa cuma pura2 kaget di depan wartawan ? hahaha :)p

      apa lagi yaa kira2 tujuan akhirnya ?

      pernah bakar2an F16 buat nolak viper secara alus,
      terus bakar klewang satu biji buat nutupin 4 lainnya yang pake material beberan,
      kemaren bikin pengumuman akan menyembunyikan produksi klewang class (30 biji next generation) di singapore air show,

      sekarang mau apa lagi ?

    • Tampilan jkgr bagus yg ini bagus, sayang kita agak susah mau nyari artikel baru ato yng lama.. . Lagian ciri khas nya terasa hilang.. .mf bung Diego ato admin.. .

    • Menhanya sepertinya kurang…
      Kontrak alutsista yg dapat diandalkan mana? Bisa2 uangnya udah habis untuk ngurusi yg seperti diatas, kan kaya komunikasi bisa diupdate secara domestik.
      Kawatir aja sih selama 5 th ke depan tidak ada produk alutsista baru yg dibeli, tapi habis untuk hal2 kecil yang tidak ada fisiknya.
      Teriak2 bikin tentara rakyat, berjalan sebentar. Terus anggarannya dari mana pak menhan? Bisa2 potong pula dari anggaran mef. E… bisa 2 mef gak jalan.
      Dan sementara yg berjalan ini masih masa kontrak sby, bukan pemerintah Jokowi.

  2. waduh beli tank kosong ya… baru ngeh ane

  3. Nah waktu beli itu mpresidennya siapa gaaaa…jendral melooooowwwwww donk

  4. jos gandoooossssss mrengesssssss
    tank Ri gitchu lochhh

  5. Barang bekas barang bekas barang bekas

    • Lucu kalian2 dsini…yg menjelekan leopard TNI…

      >>>>BACA BAIK2…
      Dari awal TNI dan pemerinta sdh memutuskan ingin beli MBT & tank medium dari jerman,tetapi bekas namun murah,,lalu bisa beli banyak.

      “DAN sepertinya semua senang,bahagia..dan…setuju….”
      SANGAT JARANG YG TIDAK SETUJU.apalagi dapet banyak….

      Forum militer heboh…
      Berita2 heboh…
      Dmn2..TV,berita online,formil membahas tank leopard.

      Seperti menghilangkan mimpi buruk krn di ASEAN indonesia termasuk negara besar namun tidak pernah punya MBT…kalah dibanding dengan kamboja.

      Yg paling lucu…menghina2 malaysia..pdhal mereka dluan punya..itu pun baru..lalu muncul leopard vs pt-90 pendekar…intinya tank pendekar kalah kelas…pdhl TNI beli bekas.

      Sekarang seteelah semua itu…..kalian begini…bilang…ini…itu…menjelek2kan…

      Memang benar kata pengamat…moral anak muda bangsa ini harus di rubah secara extreme.
      Harus di kerasin…

      NASIONALIS KELAS TERI…..KALIAN…>>>dicatet*
      ini bisa dibilang RAKYAT INDONESIA KTP :D

      Gak jelas…maunya apa..

      Jgn ngomong pemerintah gk beres kalau kamu sj masih melanggar lalu lintas,atau tdk pake helm atau parkir di troar/sembarangan ,atau buang sampah seenaknya…

      • Uda ga heran kl perang mulut sm malaysia mah gw aja sampe bosen liatnya, kl posisi uda bgn giliran kt yg diledekin sm dia org jgn2 itu tank kursinya eject sendiri gmn cb kl diledekin bgt rasanya, kondisi berbalikkan.

      • @ pelawak…

        dan ente sendiri otaknya teri,…binti oon parah tahap gaban..
        catat,…!

        ha ha ha

      • Waduh, mohon dimangapkeun teman-teman, salah satu pasien saya lepas…..tolong bantu ditangkep, masukin got dulu sampe saya dateng yah….

      • @pelawak

        Ini kan mirip yang nyetak sawah ratusan ribu hektar tapi ndak dibangun dulu waduknya.

        Mborong leopard kosongan, gak punya tempat latihan….kayak bikin rumah, belum dipasang genteng tapi udah beli tv 51 inch duluan?!!!

  6. Perkuat teruss..

  7. Hadeuh leopard ny msih ompong

  8. Kebo dugul mbt.

  9. Rencana beli 5 biji F16 baru, kok jadi 24 F16 bekas? yg datang 5 biji, 3 gak bisa dipake, terus yg 19 biji mana?.. kok menyedihkan banget ya, bisa jadi inspirasi bikin lagu ini.

    • Wahahahaha bener skali bung, stujaaaaaa

    • Ternyata warga warjager lebih nasionalis yaa dari seorang jendral. .
      Apa guna pangkat jendral kalo tidak punya pemikiran akan kejayaan bangsa hahaha. . dan itu terbaca pada pembian alutsista. . beli pesawat tanpa radar. . beli tànk kosongan. .
      Kasihan bapak RR yang melanjutin program kabinet yll. . serba salah jawab di rapat dpr

      Buktikan pak Jokowi. . . presiden dari sipil lebih punya jiwa nasionalisme dari militer. . . sgr beli alutsista yg gahar2

  10. OOO gitu rupanya toh, ……….. setuju dah dgn opsi yg bagus dr pak RR, ……. !!!

  11. Pembelajaran yang sangat berharga. Dan terimakasih banget ya ama kepedulian DPR….JAYA LAH INDONESIA KU

  12. judul lagunya Sungguh… Terlha..lhuu… ya bung..
    salam kenal bung juke.. hehe…

  13. Saat ini, baru lima F-16 yang ada di Indonesia. Sebanyak tiga unit tak bisa dipakai dengan satu di antaranya terbakar saat akan lepas landas (take off) di Bandara Halim Perdana Kusuma, 16 April 2015…wkwkwkw harus bilang wowwww g2….indon2

  14. Ada yang tau kenapa di data SIPRI tank leopard revo secondhand ?

    • Kayaknya tank bekas juga tapi sdh ditingkatkan sistem proteksinya setara leopard a-6….kan hobinya beli yang “setara”

      • “Leopard II Revolution Indonesia memang teknologinya di atas tipe 2A4 tapi tidak bisa di-upgrade lagi. Yang tipe 2A4 masih bisa di-upgrade,”

        Kelebihan tank ini ada pada sistem kanonnya yang mampu mendeteksi musuh dan kawan secara otomatis. Kemudian moncong kanon kaliber 120 mm dapat mengunci musuh bahkan mengikuti suhu panas kendaraan tempur musuh.

        “Identifikasi friend or foe itu semacam radar, jadi sudah terintegrasi bisa membaca kedudukan kawan dan musuh. Ada night visionnya juga heat lock,”.

        Kelebihan teknologi ini membuat tank Leopard II RI memiliki kecepatan bidik melebihi tank-tank lainnya. Prajurit di dalam kubah kanon hanya tinggal mengarahkan binokular ke arah kendaraan tempur musuh dan kanon pun mengikutinya.

  15. janganlah ada pembelian barang bekas lagii, Negara Indonesia kaya masa beli barang bekas….

    masa kalah ma tetangga sebelah….

    daripada beli f16 bekas mending jg beli gripen baru. harganya sama murahnya….

    plus kombinasi sukhoi, mantab…..

  16. Kacow dah..untung negara aman2 saja..kbayang kl tiba2;trjadi perang tp tank kita gk ada mesinnya,gk ada pelurunya,gk ada alat komunikasinya..wkwkwk

    • Betul bung

      Jangan sampai tank sekelas leopard kita jika terjadi perang terbuka di perbatasan, tanpa ada alat yg Standar di kelasnya, apa jadinya ?? Main seruduk tu, jangan sampai kayak bom bunuh diri pakai mobil seperti di timur tengah hemmmmmm

  17. Hasil kerja bapak besar …….

  18. Hercules bekas, f16 bekas, tank bekas, untung ks gak jadi bekas, kasian tni di kasih barang bekas kbeh, yang baru t50 pesawat buat angkut pisang doang sama buatn embrer yang bs buat nembak beruk, benr” sedih

  19. Sebenarnya banyak alutsista yang belum lengkap seperti Kapal KCR,40,6O, sigma ,Bung TOMO klass.Sigma. Untuk AU F50 dari Korea juga nggak lengkap, Yang fullgear baru senjata perorangan .

  20. Ancor Pesena TeLooooorrrrr ……

  21. SEDIH.mending kl duitnya kurang sekalian ga beli..daripada ompong kan kasian TNI

    • siapa yang bilang kurang bung, berlebih malah, tapi itu yang keluar dari Kas Negara, masalah sampe ke produsen alutsista atau gak sampe ya Wallahuallam…

  22. “Gelar bangsawan nya aja yang baru & komplit”, ya terang aja abis 150 triliun cash.

  23. Indonesia indonesia.tolobg bpk bpk pejabat negara yg baik dan politikus busuk. Marilh bersama memikirkn nasib negara.berhentilh korupsi. Perkuatlh negri ini. Jika perang terjadi. Uang kalian aplgi uang yg di korupsi tdk akn berarti..semua hancur. Masak klh sama vietnam.singapork. negara kecil dan baru merdeka

    • Betul bung..berhentilah korupsi ria,korupsi berjamaah..bertobatlah wahai pejabat nkri..dunia sbntr lagi kiamat..ahirat pembalasannya,semua harta yg didapat akan ditsnya kelak dama tuhan,dapat duit 5000 perak aja ditanya dr mana..apalagi duit milyaran pasti lama ditanysnya,,jawabnya hsl korupsi dikepret sm malaikat pake gada segede gunung ..

  24. Bukan jamanya pake bambu runcing buat perang

  25. Kah kah kah ini yg mau battle sama pt 91 sekali pukul hancur leopard

    • hak hak hak, gakusah leo. jawir aja kasih sperma hitam dah mampus. hak hak hak. wiiiiiir wir, mau ngadu domba ya … makan 4njing dulu wir keja banyak . wkwkkwkwk

      • Sakit hati ku…
        hampa hati ku leopard second hand tampa tool kit kah kah kah berak muka pak birin croooot

        • wkwkwkwkkwkwk ilok kosongan wir, second kan aduhai juga wir … lah jande aja krenyes2 … daripada jawir new tapi selingkuh ntar di dor tetanggge wir … berak paras jawir criiiit.. wkwkwkk

  26. Rencana pemerintah dahulu.. merencanakan jeroan leo di produksi di indonesia..yaitu PT.LEN

  27. MBT buat parade

  28. Manthaaaaap, duit banyaaaak hak hak hak. Jokoplak cuman nyembunyiin aja duitnya, diem2 mah dia ngeglongsorin dana sebenernya, walaupun leo pengadaan zaman bapak BESAR. hak hak hak hak.

  29. setelah goreng sukro sampai setengah gosong, sekarang giliran leo yang mau digoreng ulang …. kalo belum lengkap, kenapa waktu ada konflik malay-Sulu, leonya dikirim ke Kalimantan ???

  30. parah.. dulu perencanaan gimana waktu mau beli? udah bekas semua ompong lagi. ya ginini cari pencitran doang, gk tau nya …

    • ejreng….ejreng…..ejreng…..ooooooooo……Leo ku lari takkan kembali…jreng…jreng…jreng….jreng….jreng…..

      ayo lari……tank kopong pespur kobong…….

      Leo ku lari kencang….masuk ke rumah ujang…ujang lagi telanjaaaaannngggggggggg…..

      (dikutip dari Album terakhir setelah bertapa di pantai klayar…;)

  31. mending makan singkong dari pada makan roti boongan jendral . sakit jendral .

  32. ini lah akibat hobi beli barang rongsok..f16 blok d 52 yang katanya canggih .refurbish sana sini..tau nya blom layak pakai.. dari 5. unit, 3 unit sakit tipes,, satu unit RIP.. sisa 1 nya ga jelas
    #stopbelibekasdanhibahbarangbekas

  33. Kalo ane jadi orang Jerman pasti teriak :

    “SAAT LEO BERDINAS DI NEGERI KAMI … SEMUA NYA LENGKAP KOQ … SUERRRR PISAN”

    kirain amrik aja yg selalu kasih barang downgrade
    au ah gelap …

  34. Bekas? yes , baru? No.. No.. No.. Go out… Indo the enemy is easy… Wakakkk

  35. Rencana awal pembelian Leopard dulu kalau tidak salah pengadaan alat komunikasi diproduksi perusahaan dalam negeri (PT LEN) kalau tidak salah lagi, munisi katanya mo diproduksi PT Pindad..
    Menurut Ryamizard, pengadaan perlengkapan untuk tank- tank Leopard ini akan diutamakan dengan produksi dalam negeri.

    Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Mulyono direncanakan bulan depan berangkat ke Jerman untuk melihat alat komunikasi dan memantau uji senjata untuk Leopard.

    Pemerintahan sekarang masih mengacu pada MEF atau bikin rencana baru ya? Saya kok bingung.. gagal paham.

    • Pemerintah sekarang melakukan tugas CUCI PIRING….BERSIH-BERSIH HASIL TIPUAN JENDERAL KEBO…..

      Tapi NASI SUDAH JADI INTIP…

      Kalo nyalahin presiden yang dulu ntar dibilang apa-apa nyalahin lagi….meskipun memang kenyataan ya begitu itu….terpaksa harus meneruskan program pembelian dengan tambal sulam sana-sini…..NASIB JADI PRESIDEN TUKANG CUCI PIRING YANG SUKA BIKIN ALBUM….

  36. @didoth..Nah kan rupanya sampean bisa cri berkasnya… hahaha.. diatas ada yg gak pwrcaya tuh.. padahal jeroan leo bakal di peoduksi LEN..

  37. Boroknya pembelian Alutsista jaman Bapak Besar a.k.a SBY terlihat jelas pd artikel ini mulai dari Leo sampai T50. Mungkin dia (SBY) juga terinspirasi dg cara belanja Mega Wati, yg beli Sukhoi tanpa rudal. Ngomong2 tentang “Bapak Besar” sebenarnya apa sih yg terlihat besar secara fisik dr SBY selain perutnya yg buncit & obesitas ?

  38. Pembelian tank ini bernilai 280 juta dollar AS (sekitar Rp 2,6 triliun) sesuai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2012. Sebelumnya, direncanakan anggaran tersebut
    tank baru yang dipesan di era presiden SBY

  39. f16 bikin nyampah di gerasi, merusak pemandangan jangan2 buat kamikaze klau darurat perang.
    ember mana ember gue mau muntah.

  40. Tank tunk tank tunk.. Tetap aja mah.. Tank kamu tumpat pistolnya, wakakkk..

  41. Seharusnya ada lembaga independen khusus yang mengawasi penyerapan dana apbn di sektor militer karena rawan dengan korupsi,apalagi pengadaan alutsista tidak bisa transparan karena sudah dilindungi dengan uu. Jadi masyarakat sebagai pemegang kedaultan negara tidak bisa mengawasi langsung, rasanya kpk juga tidak bisa mengawasi karena dengan polri saja seperti cicak dan buaya apalagi dengan tni.

  42. la klo leopard d adu ma tank pny china bs ancur duluan, la macan ompong, mknya kita jgn sk menghina ma china, klo kita spt ni pa ga malu, mosok beli peralatan tempur ga ada isiannya, bekas lg, tuh f-16 aj yg msh 16 biji msh d gurun nevada krn ga ada mesinnya mlh pihak lockeed martin mau pinjem mesin f-16 yg ada d kita tuk bw f-16 sno d bw k sini satu2, la trs stlh sampe sini jd brg pajangan, drpd duitnya d hambur2kn yg ga jls mending kasikan k aq aj buat bangun sekolah2, panti asuhan, panti sosial lainnya. Spesifikasi tucano aj ga lengkap gr2 duitnya krg, pantesan nyingsep

  43. jgn2 nanti leopard kita jg selain ga lengkap isiannya, trs d uji dgn d tembak pk senapan SPR2 buatan pindad mlh pd bolong2 smua, maklum brg bekas jls kualitasnya beda dgn yg br n lengkap, tinggal wani pirooo…klo mau lengkap smuanya, ngga tau ya klo apache dtg nantinya lengkap ga dgn rudal n roketnya, klo ga ya sm aj macan ompong, klo cm pamer ma seblah tetangga, anak TK pun bs, ni td gue beli…tp ga taunya kosongan dlmnya cm luarnya aj yg gebyar, capede…

  44. Low classs

  45. Gue jadi ingat waktu debat capres yang lalu, pak prabowo dg setengah hati membela pembelian tank mbt: “gimana lagi sdh terlanjur dibeli, kan bisa digunakan untuk penugasan pasukan garuda diluar negri”. Sebenarnya beliau ini tau persis alutsista mana yang cocok untuk TNI, makanya dulu pernah mentang pembelian humvee dan lebih memilih land rover yang ukurannya lebih kecil dan ringan.

    Jadi dengan kejadian ini dipertanyakan kembali urgensi pembelian mbt oleh negara kepulauan? Seorang perancang tank dari alvis/inggris(tahun 60an) pernah melakukan penelitian dan menyimpulkan bhw mbt tidak cocok digunakan di negara kepulauan asia tenggara, selain bobot, struktur tanah, ketersediaan infrastruktur dan tingginya frekuensi perpindahan moda angkutan(tank transporter-lst-kereta api-jembatan modular) akan mengurangi efektivitas pergerakan tank.

    Perancis adalah salah satu negara eropa yang mengoptimalkan penggunaan ranpur beroda sbg unsur pemukul dalam misi-misi ekspedisi lintas negara

    • Minimalkan bisa di pake buat perang kota kwkwkwkw…makanya tuh di perbatasan kalimantan di bangun jalan…biar si leo bisa nyantai jalannya coba aja tes jalan rawa di kalimantan bakalan separu badan tuh leo tenggelam hahaha….syukur2 kalo bisa jalan…hihihi…

      • Tul bang, bisa dibayangkan kalo dipake operasi lintas pulau yang sebagian besar perairannya pantainya dangkal….tank seberat itu lebih banyak digendong(tank trasnporter, kereta, lst, dsb) daripada bergerak sendiri. Tiap mau melintas jembatan harus menggelar jembatan lipat krn takut pondasinya tdk kuat. Pada intinya, mobilitas mbt di negara kepulauan tdk seefektif di negara benua.

      • Biar perang kota juga jalannya bisa ambrol pak. Diguyur hujan saja pada bolong bolong apalagi dilindas si gajah bengkak begini. Dulu malah banyak yang bilang, jalanan dan jembatan kita kuat kuat. Tronton 60 an ton pun bisa lewat dengan aman. Iya panjang tronton berapa? Panjang trek yang nyentuh permukaan si Leo berapa? Kalo si Leo cuman 4,5 meter, si tronton bisa 5 kali lipat panjangnya. Tentu bedalah efek beban terpusat dengan beban terdistribusi. Ibarat nginjak tanah lembek, satu cuman pakek sendal, satunya pakek landasan papan. Yang akan kejeblos sudah ketauan. Sungai di Kalimantan kan lebar lebar, apa ada jembatan lipat sampek ratusan meter panjangnya? Paling pakek jembatan ponton… Ck ck.. Repotnya. Bikin nangis Zipur dan Bekang.

      • Bung, emang presiden yang beli tank dulu tau, bahwa Jokowi mau bangun jalan perbatasan????

        Berarti beli tank dasarnya apa???

  46. Bisa tidak kalau sebenarnya kondisinya lengkap, namun berhubungan ada kunjungan kerja Dewan, maka perlengkapannya dicopoti demi uang/penambahan anggaran
    Salam ghoib

    • Anda jgn berpikiran dangkal bung ghoibiah, mari berpikiran yg rasional bahwa pd era sby kasus korupsi juga byk liat aja para menterinya dan jg kasus century saya pribadi mencurigai ada kkn dalam proses pengadaan alutsista, 2 periode menjadi presiden cuma byk beli alutsista seken, pantesan aja daya tawarnya lemah dibilang koar2 kuat, lebih baik byk diam tapi kita kuat, Tni juga manusia biasa pasti ada oknum2 aparatnya yg korup juga.

  47. Apa Alkom bikinan PT.LEN gak sesuai harapan ya ??? Kok malah akhirnya mo balik beli ke Jerman buat alkomnya…

  48. Beli pespur…… Downgrade…..
    Beli KCR……….. Downgrade……
    Beli MBT………. Downgrade……

    Beli WRANGLER……. FULL SPECs……. yessss

    • Komen paling keren…kwkwkwkw…baru nyadar gue…hihihihi….kalo urusan tumpangan perwira harus ho oh geto… urusan nyawa prajurit kek gimana geto…
      Liat saja perjuangan prajurit2 jaga kita di perbatasan…miris..jengkel lihatnya… F16 kita mending upgrade jd drone aja tuh kayak amerika…

    • maksudnya? didown grade biar bisa beli rubicon/wrangler????

  49. MEGA KARTI sih senang aja bisa punya 103 Leopard walaupun kurang di sana-sini dibanding rencana awalnya dananya cuma cukup buat 44 unit doang …

    44 unit leo doang mah bakal diketawain sama malon karena Malon punya 48 unit pendekar, Upil punya sekitar 200 unit leo (data resmi 150 Leo) …

    lagi pula dana yang disetujui cuma USD 280 JUTA bisa dapat :

    42 Leopard 2A4
    61 Leopard 2RI
    42 Marder 1A3
    8 Marder 1A3 (as sparepart)
    11 Support Vehicles

    dengan dana cuma USD 280 JUTA tidak mungkin bisa dapat barang full spec dalam jumlah seperti tersebut di atas …

    coba deh dikasih USD 1 MILYAR pasti bisa dapat baru dan banyak, cuma masalahnya duwite sopo ?

    jadi menurut MEGA KARTI ini adalah trade off sebuah keputusan yang sulit yang harus diambil oleh suatu negara yang anggaran militernya masih kecil (50% buat gaji, 30% buat maintenance, 6% buat lain-lain dan 12% buat alutsista)

    Vietnam itu punya anggaran ghaib namun pembelian mereka tidak ghaib buktinya waktu ditanya wartawan berapa sesungguhnya budget militer Vietnam ? mereka menjawab : RAHASIA

    dari sana MEGA KARTI masih berharap 60 Su-35 yang sedang dibuat tidak ada satu pun untuk Vietnam dan Venezuela melainkan semuanya untuk …

    (karena sampai saat ini belum ada berita dari Vietnam dan Venezuela)

    cuma sotoy mode on … kikikikikih …

  50. 42 MBT Leopard 2A4 diupgrade dimanaya.? Kenapa hanya 61 aja yg diupgrade dijadikan MBT Revolution?

  51. Yah cmn 2,6 T. anggaran DKI aja beli UPS 12 T piye to…

  52. Ya wajarlah wong beli 104 Leopard + 50 Marder total 2.6,T (246 jt $). Harga Leopard baru 7 jt $ (Rp 90M) perbiji blm termasuk amunisi dan pelatihan awak. Masak harga seperlima mau full spec. Trus yg dibeli bkn bekas pakai AD Jerman, tp mmg tank yg tak terpakai. Pastilah alkom & kendali senjata sdh dipreteli. Pak RR kebanyakan bacot, thn 2015 tak ada akuisisi alutsista, yg a da cma kajian,kajian dan kajian.

  53. Kasihan…

    Ter’nyata msh pakai pola pikir yg tdk benar…

  54. dulu ada yg bilang tank leopard cocok untuk perang di kota wkwkwk, emang klo perang itu cuma di kota doank wkwkwk ngakak guling guling

  55. Xixixixi

    Pengadaan multi years ya pelengkapnya datang bertahap. Kalau soal alat komunikasi ini ada beritanya dan ada fotonya tuh.

    http://jakartagreater.com/uji-coba-alat-komunikasi-tank-leopard/

    Jangan2 pakai alasan ke Jerman mau nyobain alat komunikasi padahal sekalian mau deal baru lagi….untuk nambah yang ada di inventaris atau untuk pengadaan yang belum ada di inventaris (mungkin lho ini ya)

    Xixixixi

    • Berpikir positif ya Bung? :D

      Cuma menurut saya hal seperti ini bisa jadi pisau bermata dua. Di satu sisi menyamarkan hal-hal yang strategis, namun dilain sisi justru melemahkan semangat anak bangsa. Cara penyampaian berita yang simpang siur, akan membuat rakyat merasa dibohongi.
      Jika terjadi situasi darurat, mereka tidak tahu lagi informasi dari siapa yang bisa dipercaya. Bukankah ini berbahaya?

      • Wah wah ane setuju ni dengan bung phd…hihihi

      • Saya suka perspektif + data (link) dari Bung PHD (termasuk artikel bung PHD).
        @bung Tumini, sebenernya saya juga khawatir dengan kabar yg simpang siur (mungkin itu tujuan dari propaganda), tapi masalah utamanya adalah mental sebagian rakyat (esp. military fanboy) yang superpesimistis. Biarpun diberi berita yang sebenarnya, saya koq punya feeling mereka akan tetap ga percaya, sebelum lihat pake matanya sendiri.

        Anyway, yang bikin ga nyaman ya, komen2 yg pilihan kata2nya mirip orang ga diajarin sopan santun…mana isi komennya destruktif…hadeuh… Dalam kondisi darurat, saya yakin yg seperti ini adalah orang yang akan memprovokasi orang2 untuk mengatakan bahwa kita lemah….

        Last. Sbagai orangtua, saya tidak akan mengatakan kepada anak saya yg sedang sekolah, bahwa bapak sudah tidak punya uang. Sebagai orangtua saya akan mengatakan kepada mereka “sekolahlah yg baik”, terlapas dari saya sedang kesulitan keuangan atau tidak. IMHO

    • Setuju dengan anda, bung Phd, kemungkinan TNI mau nambah tank Leo. Kalo marder, cuma mau digenapi 200. Ini TNI sekalian test perang G-IV. Ujicoba G-IV yang di Suriah, yaitu benturkan pemerintah dgn rakyat. Kalo lihat komentar disini, bisa saja Indonesia seperti suriah. Ini PR bagi pemerintah, supaya tingkat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah meningkat. Kalo dibenturkan pake cara SARA, kemungkinan berhasilnya kecil, contohnya sudah banyak, dan berhasil dinetralisir TNI dan Rakyat.

  56. ayo diusut tuntas beli leo gak lengkap…jangan jangan di invoice nilai terbelinya komplit?????
    alat komunikasi, alat bidik otomatis, dan perlengkapan pemeliharaan (toolkit). ckckckckck

    F16 baru malah jadi bekas……………wah wah skandal nih?????

  57. Tess. Bisa komeng gk?

  58. Pak sby gmn sih belinya dulu???

  59. Katay indonesia kuat katanya alutsista kita kuat… Lah kok leo aja gak bisa nembak q merasa muak lihat para elit2 negara kita… Apa para elit negara kita sudah tak punya rasa nation dgn bansa ini… Hanya demi kekayaan mereka rela merampok uang bangsa ini…. Sebetuly komen2 ini percuma gak akan di denger para elit penjabat negeri ini yg rakus2…..

  60. gpp yang penting dapat banyak. 280jt dollir dapat uakeh. nanti upgrade next.. next….

  61. Semua dibeli demi buat parade…parade…dan PARADE…INGAT PARADE is the best

  62. ane bingung mau percaya sama siapa? percaya yang mana?

  63. Tampilan kolom di komentar jadi melar sana sini ya susunan nya…
    Mau nyari artikel baru ato yng lama jadi susah!

  64. yang jelas dari slide power point presentation jumlah MBT yang akan diakuisisi berjumlah 398 unit … (entah bagaimana logika di balik angka ini, mungkin tiap pulau besar kebagian)

    sejauh mana kemajuannya itu cerita lain … kikikikikikih …

  65. yes … komen MEGA KARTI langsung nongol dalam 1 detik … JKGR menjadi sangat ringan … mantap !!!

  66. Kihkihkih apalah ini MBT berapa sih yg mau dibeli Indonesia?? Kih kih kih coba yg ini MBT LEOPARD kira kira sekitat 440 unit
    MBT T90 440 unit(opsinya T14 ) kih kih kih
    Marder 2 Revolution 200Unit kih kih kih
    Untuk Black Panter masuk list gak ya?? Hmm masukin aja deh 420an
    Duh harusnya bung TN.PhD ini yg hitung hitungan
    Tp coba saya hitung sendiri
    MBT 440+440+420=1300 MBT alamak ini banyak sekali mau perang dengan negara mana, sedangkan wilayah kita kepulauan,( ini untuk MBT ) nah untuk Marder,Medium tank, dll belum saya sebutkan, hmm klo semua ini untuk menggeruduk Tetangga kira kira gimana ya?? Kih kih kih,,buset dah MBT aja sebanyak itu mau ditempatkan dimana?? Yg jelas dihatiku kk hahaha, tentunya klo tank sebanyak itu harus ada yg angkut, jelas lah sudah ada yg bisa angkut,. Banyuwerno gila masak Armata yg baru diluncurkan sudah mau dibeli Hoax nih tukang hoax, hihihihi. Leopard aja produksinya akan dipindahkan ke sini, apalagi beli T14 mudah itu -_-

  67. Ah yg bener@ bung banyu werno..? Gak ngibul tuch,ane seneng lo betul & ane gk sedih lo mang gk betul.. xiixiii….

  68. Ini pd gagal fokus apa gimana yah rata2 yg komen disini?? Kan udah jelas leopard dibeli dgn kondisi sebagian perakitan akan dipasang disini karena bagian dari TOT.. jelas itu pak RR ngoceh begitu,, mungkin antara dia ga ngerti atau ada udang dibalik bakwan (a.k.a projek baru/lahan basah).. PT LEN sudah mampu dan antara PT. PINDAD dgn Rheinmetall sudah ada perjanjian kerjasama.. knp pak RR jd bimbang? Knp meragukan 2 perusahaan ini? Yg jelas2 PT LEN dan PT Pindad sudah sanggup utk mengupgrade dan pemerintah tinggal mensupport..
    kalo alasannya lama, pemerintah tinggal mempercepat proses TOT agar kedua perusahaan ini cepat menyerap ilmunya..

  69. Kaum ghoibiyah nyungsep bersatu…xixixixixixi
    sering-sering ngobrol dengan prajurit….dongeng hanyalah dongeng.
    koki, pesanan saya sudah matang belum?! Laper banget nihh….xixixixixixi

  70. membaca artikel ini pahit rasanya tapi harus jujur dengan diri sendiri bhw bangsa kita (Indonesia) belum bisa dibandingkan dengan negara lain di asia tenggara soal beli alutsista, selalua ada kurangnya, dapat hibah, rusak semua atau minus teknologi, beli baru, masih ketengengan karena budaya masih suka kreditan dan juga selalu nyolong uang negara ada aja kurang itemnya,atau alasan geopolitik lain yang gak dijelaskan ke rakyat, so kalo mau jujur, kualitas yang di harapkan dari TNI adalah kualitas tempur prajurit infantri yang menurut saya setara atau bahkan melebihi SS Waffen (sorry kalo menurut saya pasukan elit dunia masa kini hampir kebanyakan jiplak pola latihan SS Waffen) maaf kalo dianggap anti Semit tapi kenyataan bahwa kualitas tempur pasukan infantri ya harus standar SS Waffen, kalo soal alut sista AL dan AU, maaf saya nasionalis tapi saya gak percaya kualitas tempur, awak nya pasti ingin profesional, tapi pada era teknologi cyber ini, awak yg pro tapi alut sista yg masih jaman 45. hancur dah dilibas, fakta yang pahit, krn inovasi teknologi kita sebenarnnya setara rusia dan RRC tapi kembali selalu alasan duit ( kalo gak ada uang rokok utk koruptor, gak mulus lah)

  71. hayo tebak..
    pembelian tank leopard bekas sama f 16 bekas dijaman siapa???
    sapa bisa jawab tak ksh pulsa gratis…

  72. Dear All,berita yang sangat menyedihkan dan harus membuat kita prihatin,saya mungkin orang bodoh dan tolol,tapi saya sangat cinta dengan negara ini,saya tidak bisa bayangkan jika para jendral,yang katanya sangat nasionalis,masih berani bermain dengan hal yang sangat krusial menyangkut system keamanan dan kemampuan negara kita dalam menjaga kedaulatan dan kehormatan wilayah negara,bagaimana mungkin para petinggi tni bisa mempertaruhkan bangsa dan negara dengan keputusan dan kebijakan yang dapat membahayakan keselamatan bangsa dan negara dengan praktek,dan cara cara yang tidak benar dalam hal proses pengadaan dan pembelian alutsista,yang ternyata masih dipenuhi dengan praduga terjadinya praktek downgrade dan lain sebagainya.saya yakin seyakinnya,bahwa jika ada kemauan kuat,negara kita mampu mempunyai angkatan perang yang disegani,dan dilengkapi dengan alutsista yang canggih,dan dengan kemampuan yang ada saat ini kemampuan yang hebat tadi,saya yakin bisa dicapai dalam 10 tahun kedepan,dengan catatan tidak ada korupsi,baik itu dipenuhi dari import maupun produk dalam negeri.sayapun heran,bagaimana keputusan seperti kasus pembelian si LEO bisa terjadi seperti ini ? untuk apa membeli MBT,yang kemampuan nya tidak MBT ? dan yang saya heran knp pengambil keputusan saat itu menyiakan dengan skema yang ada ?.
    Saran saya kedepan,pembelian alutsista,diusahakan baru,kalau perlu kita beli/anggarkan setiap tahun,dengan catatan alutsista yang dibeli sudah siap dugnakan setiap saat untuk menjaga kedaulatan NKRI,contoh : kita beli MBT,dengan asumsi akan dipakai untuk 20 tahun,kapasitas laras misalkan untuk 10.000 tembakan,kita harus berani membeli MBT tersebut dengan system paket beserta amunisi seperti yang saya sebut diatas.tidak ada istilah membeli kelengkapan secara mencicil,ingat perang bisa terjadi setiap saat.tidak ada gunanya MBT yg ktnya canggih kalau tidak ada kelengkapan dan amunisi,itu untuk kasus MBT LEO.Untuk jumlah unit disesuaikan dengan anggaran yang ada,misalkan setahun kita hanya mampu beli 20 unit,jumlah itulah yang kita beli,mungkin kita bisa anggarkan membeli 20 unit setiap tahun,selama 5 atau 6 tahun.tapi kita dapat alutsista yang mumpuni dan siap digunakan untuk bertempur secara maksimal,sekali lagi semua tergantung itikat baik.kira kira itulah pikiran saya,dengan kondisi kemampuan negara yang terbatas saat ini.untuk alutsista yang lain polanya sama.jangan lagi membeli alutsista tapi tidak bisa digunakan.semoga bermanfaat,salam kenal

 Leave a Reply