Tank Leopard TNI Digeser ke Natuna

58
7
Tank Leopard TNI AD di Natuna
Tank Leopard TNI AD di Natuna

Pemerintah dan TNI tidak main-main dengan pengamanan wilayah Natuna dan sekitarnya. Setelah menggelar latihan pertempuran udara Angkasa Yudha beberapa hari ke belakang, kini TNI bersiap melakukan latihan pertempuran darat di Natuna, Kepulauan Riau.

Sejumlah kendaraan lapis baja TNI AD telah mendarat di Natuna, untuk melakukan Latihan Antar Kecabangan kabupaten Natuna berapa bulan ke depan.

Kapal Perang ADRI L (50) yang mengangkut antara lain : Satu tank EVLV, Satu tank ARV, tiga unit tank Leopard, dua unit Dum truk, dua unit Doser alat berat,serta berapa puluh ban mobil untuk pembangunan rumah ban PJD serta tambahan Dua unit mobil dinas jenis inova.

MBT Leopard 2 RI
MBT Leopard 2 RI

Dari gambar ini terlihat, selain MBT Leoapard 2A4, Tank Leopard Revolution juga didatangkan ke Natuna. Armada Tempur ini akan meriahkan puncak acara Jala Yudha dan ANCAB serta PPRC.

”Sunguh hebat Tank Yang memiliki Beban 60 Ton melintas diatas aspal serta mampu melewati jembatan sangat sempurna,tidak ada sedikitpun jalan aspal dilalui bergetar,” ucap Herizal Warga Ranai sempat mengabadikan iring iringan tank melintas.

Tank Leopard TNI Ad di Natuna (WartaKepri.co.id)
Tank Leopard TNI Ad di Natuna (WartaKepri.co.id)

Iring iringan kendaraan perang ini sempat 2 kali berhenti di Desa Cemaga Utara untuk melaksanakan istirahat, Di saat beristirahat, masyarakat terlihat antusias untuk melihat tank Leopard terbaru milik TNI AD ini,

Rantai tank Leopard dilapisi bantalan karet, sehingga melintas mulus di jalan raya maupun jembatan, tanpa merusak aspal.

Kabarnya Latihan Jala Yudha , yang digelar November 2016 akan disaksikan Presiden Joko Widodo serta 34 gubernur seluruh Indonesia serta para menteri.

 AVLB (Armoured Vehicle-Launched Bridge) Tank Leopard 2 (WartaKepri.co.id)
AVLB (Armoured Vehicle-Launched Bridge) Tank Leopard 2 (WartaKepri.co.id)

Belum diketahui apakah setelah latihan militer, MBT Leopard ini akan ditarik kembali ke markasnya, atau tetap dipertahankan beberapa unit di Natuna, untuk memperkuat pertahanan wilayah terdepan Indonesia ini.

Sumber : WartaKepri.co.id

58 COMMENTS

  1. Jika kemarin TNI AU yang sudah show a force, sekarang waktunya TNI AD yang show a force…

    Jika negara tetangga latihan militrrnya gabungan dan hanya sebentar, TNI kita tetap dapat tampil berkesinambungan…

    Next…

    Untuk TNI AL belum ditentukan dengan pasti lokasinya untuk mengulagi show a forcenya…
    Semoga saja di Kepulauan Natuna….

    Jadi para WARJAG Yang Terhormat (khusus WARJAG INDONESIA) jangan heran bila kemarin TNI AU berlatih di Natuna menjadi sorotan Negara China dan sekarang TNI AD akan menjadi sorotan negara tetangga…

    Kita akan lihat nanti…

  2. TNI kita banyak bgt pergerakan” antara lain banyak latihan dan khususnya brita” seputar alutsista yah bung, tp kok tetangga sebelah anteng” aja kaya ga ada kegiatan sama sekali.. mungkin bpk’ bisa jelaskan..?

    • Ini hanya pemikiran saya saja ya bung.

      Semuanya kembali kepada perekonomian dalam negrinya.
      Rata-rata negara tetangga (ASEAN) kita sedang menghadapi persoalan perekonomian yang terpuruk.
      Hal tersebut dapat di lihat dari anggaran militernya.
      Semoga saja program MEF Indonesia berjalan lancar dan perekonomian Indonesia lebih terkoreksi ke arah positif / naik.

      Salam…

  3. Setelah di terawang,dilihat dan di kalkulasi bersama @mbah bowo…ada dua hal menurutku yg perlu di barbar..
    1-jembatan yg di lewati tank leopard pasti akan kuat..dan jembatan yg tidak pernah di lewati tank leopard pasti tidak akan kuat tu jembatan..
    😀
    🙂
    😀
    2-jalanan tidak rusak karna tank leopard pakai sandal dan sepatu (rantainya di lapisi bantalan karet)

    minum kopi dulu campur sianida biar pikiran damai selalu…

  4. Setelah di terawang,dilihat dan di kalkulasi bersama @mbah bowo…ada dua hal menurutku yg perlu di barbar..
    1-jembatan yg di lewati tank leopard pasti akan kuat..dan jembatan yg tidak pernah di lewati tank leopard pasti tidak akan kuat tu jembatan..

    😀

    😀

    2-jalanan tidak rusak karna tank leopard pakai sandal dan sepatu (rantainya di lapisi bantalan karet)

    minum kopi dulu campur sianida biar pikiran damai selalu…

  5. Disaksikan Presiden serta 34 gubernur …

    Apakah masing2 propinsi nanti kebagian MBT ?

    Ada propinsi yang wilayahnya sempit seperti DKI yaitu DIY.

    Jika DKI akan disediakan yonkav sendiri maka DIY untuk yonkavnya akan bergabung dengan Jateng.

    Karena 1 gabung maka butuh 34 – 1 = 33 batalyon

    Dulu pernah saya bahas di artikel Ayo Mari Kita Berhitung yang tentang MBT.

    Di situ ada 1300 MBT yaitu :
    Leopard series 440 unit
    T90 430 unit
    Trus 430 unit lagi yang dari Korsel.

    440 = 40 × 11 batalyon
    430 = 40 × 10 batalyon plus 30 x 1 batalyon
    430 = 40 × 10 batalyon plus 30 x 1 batalyon

    11 + 10 + 1 + 10 + 1 = 33 batalyon

    Mungkinkah ?
    Tunggu saja tanggal mainnya.

    xixixixi

    • Yup MBT 1300 unit ya bung, kalo rusia kalo gak salah ada 30 ribuan tank..berbagai jenis..

      Seumpama satu batalion 100 MBT..berarti 3.400 MBT…jadi masih 1/10 jml tank rusia..

      Dari jumlah segitu harus ada tank special penangkis serangan udara, surface to air missile berjumlah setengahnya…xixixi

      Tank untuk radar bergerak..berjumlah seperempatnya…

      Tank apc ifv lainnya berjumlah 10.000 unit..

      Untuk sebnyak itu artinya harus serap teknologi dan juga fasilitas produksi…

      Jadi inget PD2 tank sangat cepat diproduksi..baik rusia jerman maupun as…
      Massal sekali…

      Jadi PR negara ini masih banyak…
      Duit masih banyak..dibutuhkan..

      Kira kira jual satu gunung cukup gak ya…ke raja arab…wakakakaka…

    • Nggak kebanyakan bung tukang ngitung…mungkin jumlah tank MBT+medium yg baru 1300 mungkin pas…hahahaha ini pendapat saya…MBT mungkin sekitar 400-600…tp ya kalo MBT semua…pasti dong pada suka…haha..@seto mungkin pelindung paling gampang murah PAntsir S1,dan yg paling cocok utk kavaleri…sekali lagi hanya pendapat ane…coba didiskusikan..

  6. Bener krn ambalat melon busuk masih nafsu sama ambalat..termasuk natuna..dan pulau sekitarnya…

    Ingat melon busuk..artinya ya busuk hatinya ya busuk otaknya..busuk juga bau konspirasinya…

  7. berharap sodaranya Leo si BMP 3F marinir juga ada banyak di Natuna, yakin negara tetangga yang nafsu punya sertifikat HM Natuna gak akan berani lagi bahkan cina pun yang pura2 mengakui Natuna milik RI pun kena batunya berhadapan dgn RI, mana ada negara kawasan sekitar yang berani tempeleng cina yang suka main serobot lapak pancingan kecuali TNI AL seperti kmrn dulu

  8. kep. Natuna posisinya terlalu strategis kalau sampai Indonesia bangun pangkalan besar disitu banyak negara yang akan santun dengan kita ibarat mercusuar di jalur pertigaan pelayaran dunia kita pos polisinya begitu pak polisi tutup salah satu jalur mau apa kita….pesan yang akan disampaikan jangan main2 dengan Indonesia

  9. Ini hanya sebagai bukti bahwa TNI bisa mendeploy alutsista kemana saja di butuhkan . Kalau mau menempatkan permanen leo di Natuna tentu tidak tepat . Yang cocok itu ,kapal patroli ,pespur tukano dan f16 . Sebenarnya rudal jarak sedang yang kita buktuh disana ditambah radar pengawas maritim .
    Jadikan natuna sebagai ADIZ (Air Defense Identifications Zone) dimana setiap pesawat yang lewat harus melapor kepada Indonesia. Yang di laporkan zone yang mau di lewati,tujuan penerbangan. Tentu agar semua patuh harus ada rudal dan radar yang canggih ,kalau tidak sama juga bohong. Dengan adanya ADIZ maka kewibawaan indonesia di Natuna semakin di hargai .

  10. German tuh genius bikin tank maka dibuatlah karetnya sebagi part pd roda tank. Utk mengurangi decitan gesekan antara roda besi Dan rantai, jg utk bantalan supaya rantai tidak bertemu langsung ke aspal.

    Semoga dibeliin lagi TNIAD

  11. waktu di pimpin orang yg sebelum sekarang ini negara kita dijarah orang bung lautnya, ….perbatasan digeser masuk, ada daerah perbatasan yang mau di HM atas nama negara sebelah

LEAVE A REPLY