Jun 182014
 

m1a1-abrams

Lima main battle tank M1A1 Abrams Irak hancur oleh anti-tank guided missiles (ATGM) dan lima helikopter ditembak jatuh sejak 1 Januari hingga akhir bulan Mei 2014, ujar seorang Pejabat Amerika Serikat yang tidak mau disebut namanya kepada New York Times 13 Juni 2014.

Pejabat itu menambahkan 28 tank Abrams Irak mengalami kerusakan setelah bertempur dengan milisi, lima diantaranya hancur ditembus peluru ATGM.

Amerika Serikat menyediakan 140 tank refurbished M1A1 Abrams untuk Irak antara tahun 2010 hingga 2012. Meski tentara Irak mendapatkan tank baru untuk meningkatkan kemampuan mereka, namun tank itu tidak dilengkapi paket depleted uranium amour yang mampu meningkatkan proteksi tank dari serangan frontal.

Tembakan peluru shaped-charge warhead tetap saja bisa menimbulkan korban dari awak tank, namun dapat mencegah kehancuran total, khususnya jika tank memiliki ruang amunisi khusus (dedicated) seperti dalam kasus Abrams.

Terlepas dari hal itu, pejabat AS mengatakan, militer Irak kesulitan untuk memelihara tank Abrams, sehingga akan sulit membuat tank yang sudah rusak, dapat kembali beroperasi.

Sedikitnya satu video menunjukkan tank Abrams terbakar setelah terkena tembakan ATGM saat pertempuran tahun ini di barat provinsi Al-Anbar, Irak.

Gerilyawan yang beroperasi di Al-Anbar juga merilis sejumlah gambar serangan terhadap tank Abrams lainnya, yang menggunakan ATGM 9K11 Kornet, RPG-7 dan M70 Osa rocket launcher.

Sebelumnya, senjata Yugoslavia tersebut banyak digunakan gerilyawan di Suriah, tetapi jarang terlihat di Irak.

Kerusakan yang ditimbulkan pada tank sulit dinilai dari gambar yang dirilis kelompok gerilyawan. Gambar yang ada, sebagian besar still image dari video yang belum dipublikasikan. Gambar itu menunjukkan ledakan yang spektakuler, tapi tidak ditunjukkan bagaimana keadaan kendaraan tersebut setelah serangan dilakukan.

Hanya ada satu gambar yang diposting oleh Twitter dengan akun pro-Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL), tanggal 6 Juni 2014, yang menunjukkan tank Abrams benar-benar hancur. Seorang gerilyawan terlihat menempatkan peledak pada tank dan satu obyek juga dilemparkan ke dalam lubang palka (hatch) turet. Api tampak keluar dari lubang palka, sementara nasib kru di dalamya tidak diketahui informasinya.

Gambar lain (sequence dari video still), diposting pada 28 Mei 2014 menunjukkan gerilyawan yang menempatkan peledak pada turret tank Abrams lain. Tingkat kerusakan yang disebabkan oleh ledakan itu tidak jelas. Namun gambar itu memberi makna bahwa gerilyawan berulang kali bisa mendekati tank Abrams. Tank tersebut tidak mendapat perlindungan yang memadai dari infantri.

Kendaraan lapis baja lain yang digunakan oleh Angkatan Darat Irak mengalami penyusutan jumlah yang lebih tinggi dari tank Abrams. Gerilyawan Irak merilis banyak gambar yang menunjukkan dihancurkannya : Humvee, Kendaraan lapis baja pengangkut personel (APC) M113, serta kendaraan taktis anti-ranjau “Mine Resistant Ambush Protected (MRAP).

Mine Resistant Ambush Protected (MRAP)

Mine Resistant Ambush Protected (MRAP)

Lapis baja peninggalan Uni Soviet yang digunakan Angkatan Darat Irak di pertempuran wilayah Al-Anbar juga mengalami kehancuran, termasuk: MT-LB multipurpose armoured vehicles, BMP-1, dan Tank T-55.

Pejabat AS mengatakan enam helikopter Irak telah ditembak jatuh dan 60 rusak dalam pertempuran antara 1 Januari dan akhir Mei 2014. Kerusakan ini memberikan proporsi yang signifikan dari menyusutnya aset Angkatan Darat Irak. Helikopter lain ditembak jatuh oleh senjata anti-pesawat(light anti-aircraft gun -Laag) di atas wilayah Al-Saqlawiyah pada tanggal 16 Juni 2014 yang menyebabkan dua awaknya tewas.

Tidak jelas, berapa banyak Irak telah kehilangan helikopternya, tapi gerilyawan telah merilis penembakan melalui senapan mesin berat atau LAAG yang berhasil menjatuhkan setidaknya dua helikopter tempur Mi-24/35 yang sedang melakukan operasi.(Janes).

Bagikan:

  132 Responses to “Tank M1A1 Abrams Rontok di Irak”

  1.  

    indonesia adalah negara religius, jadi dg adanya peralatan secanggih cangghnya di dunia ini, dia g begitu mempdulikan, as mau pny nuklir, cina mau bikin bom kimia, ato australi pgn pny kpal induk, indnsia g trlalu risau. loh apa hubunganya.?
    ya pasti ada. krn indnsia tahu betul ngara ini mau kmana ms depanya nanti.,mau perang, mau damai, mau jaya. smua udah ada yg ngatur. kalau smp ada PD3, negara dunia mau nuklir2an. indnsia g bngung.
    indnesia g akn ikut2an.,biarlah qt dihina2 trus, pntng qt ini ttp damai
    qt dihina diam aja anggaplah smua itu hrs qt trma, bercrmin pd nabi qt yg tiap hari dihina. cb pikir lbh mulia mana nabi ato org yg mnghina.?
    g ush pikir u perang kawan..cb byngkan aja anak cucu kamu yg lucu dan imut jika trjadi prng, mereka mati brsimbah darah, apa gak sedih kamu? apa gak iba kamu?
    damailah indnesiaku.!.!.!.!