Jun 182014
 

m1a1-abrams

Lima main battle tank M1A1 Abrams Irak hancur oleh anti-tank guided missiles (ATGM) dan lima helikopter ditembak jatuh sejak 1 Januari hingga akhir bulan Mei 2014, ujar seorang Pejabat Amerika Serikat yang tidak mau disebut namanya kepada New York Times 13 Juni 2014.

Pejabat itu menambahkan 28 tank Abrams Irak mengalami kerusakan setelah bertempur dengan milisi, lima diantaranya hancur ditembus peluru ATGM.

Amerika Serikat menyediakan 140 tank refurbished M1A1 Abrams untuk Irak antara tahun 2010 hingga 2012. Meski tentara Irak mendapatkan tank baru untuk meningkatkan kemampuan mereka, namun tank itu tidak dilengkapi paket depleted uranium amour yang mampu meningkatkan proteksi tank dari serangan frontal.

Tembakan peluru shaped-charge warhead tetap saja bisa menimbulkan korban dari awak tank, namun dapat mencegah kehancuran total, khususnya jika tank memiliki ruang amunisi khusus (dedicated) seperti dalam kasus Abrams.

Terlepas dari hal itu, pejabat AS mengatakan, militer Irak kesulitan untuk memelihara tank Abrams, sehingga akan sulit membuat tank yang sudah rusak, dapat kembali beroperasi.

Sedikitnya satu video menunjukkan tank Abrams terbakar setelah terkena tembakan ATGM saat pertempuran tahun ini di barat provinsi Al-Anbar, Irak.

Gerilyawan yang beroperasi di Al-Anbar juga merilis sejumlah gambar serangan terhadap tank Abrams lainnya, yang menggunakan ATGM 9K11 Kornet, RPG-7 dan M70 Osa rocket launcher.

Sebelumnya, senjata Yugoslavia tersebut banyak digunakan gerilyawan di Suriah, tetapi jarang terlihat di Irak.

Kerusakan yang ditimbulkan pada tank sulit dinilai dari gambar yang dirilis kelompok gerilyawan. Gambar yang ada, sebagian besar still image dari video yang belum dipublikasikan. Gambar itu menunjukkan ledakan yang spektakuler, tapi tidak ditunjukkan bagaimana keadaan kendaraan tersebut setelah serangan dilakukan.

Hanya ada satu gambar yang diposting oleh Twitter dengan akun pro-Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL), tanggal 6 Juni 2014, yang menunjukkan tank Abrams benar-benar hancur. Seorang gerilyawan terlihat menempatkan peledak pada tank dan satu obyek juga dilemparkan ke dalam lubang palka (hatch) turet. Api tampak keluar dari lubang palka, sementara nasib kru di dalamya tidak diketahui informasinya.

Gambar lain (sequence dari video still), diposting pada 28 Mei 2014 menunjukkan gerilyawan yang menempatkan peledak pada turret tank Abrams lain. Tingkat kerusakan yang disebabkan oleh ledakan itu tidak jelas. Namun gambar itu memberi makna bahwa gerilyawan berulang kali bisa mendekati tank Abrams. Tank tersebut tidak mendapat perlindungan yang memadai dari infantri.

Kendaraan lapis baja lain yang digunakan oleh Angkatan Darat Irak mengalami penyusutan jumlah yang lebih tinggi dari tank Abrams. Gerilyawan Irak merilis banyak gambar yang menunjukkan dihancurkannya : Humvee, Kendaraan lapis baja pengangkut personel (APC) M113, serta kendaraan taktis anti-ranjau “Mine Resistant Ambush Protected (MRAP).

Mine Resistant Ambush Protected (MRAP)

Mine Resistant Ambush Protected (MRAP)

Lapis baja peninggalan Uni Soviet yang digunakan Angkatan Darat Irak di pertempuran wilayah Al-Anbar juga mengalami kehancuran, termasuk: MT-LB multipurpose armoured vehicles, BMP-1, dan Tank T-55.

Pejabat AS mengatakan enam helikopter Irak telah ditembak jatuh dan 60 rusak dalam pertempuran antara 1 Januari dan akhir Mei 2014. Kerusakan ini memberikan proporsi yang signifikan dari menyusutnya aset Angkatan Darat Irak. Helikopter lain ditembak jatuh oleh senjata anti-pesawat(light anti-aircraft gun -Laag) di atas wilayah Al-Saqlawiyah pada tanggal 16 Juni 2014 yang menyebabkan dua awaknya tewas.

Tidak jelas, berapa banyak Irak telah kehilangan helikopternya, tapi gerilyawan telah merilis penembakan melalui senapan mesin berat atau LAAG yang berhasil menjatuhkan setidaknya dua helikopter tempur Mi-24/35 yang sedang melakukan operasi.(Janes).

  138 Responses to “Tank M1A1 Abrams Rontok di Irak”

  1. Hancur juga ya….!!!

    • Tu Abrams habis kena hit sama Kornet, ttp memang posisi palka dlm keadaan terbuka. Hanya sayang di sini tidak di sertakan beberapa video & foto sewaktu Tank ini di ambus sama Kornetnya ITIL.
      Bahkan dlm beberapa sumber, ketika sehabis kena hit Kornet, itu tank masih jg berusaha di ancurin lagi oleh ITIL dgn di lempar granat tangan ( kemungkinan tempat2 penyimpanan amunisi di buka dulu sehingga effek ledakannya bs besar.

    • Dalam kasus Irak, kemampuan personel tentara Irak dalam urban warfare & strateginya masih payah. Pengalaman tempur, militansi & semangat nasionalisme prajurit dan para komandan lapangannya jg jauh dari maksimal. Walau mempunyai banyak peralatan perang yg bagus dr USA, ttp tentara Irak masih jg terdesak oleh serangan ITIL.

      Hal seperti ini terjadi jd dalam 6 bulan pertama dlm perang saudara di Suriah, dlm 6 blm pertama tentara Suriah banyak mengalami kekalahan, ttp ketika para pengatur strategi perang di pihak SAA bs mempelajari kekuatan & strategi para pemberontak di tambah dgn experience dari para prajurit SAA dalam urban warfare, maka keadaan mulai berbalik, kota2 yg dulu di rebut pemberontak satu2 persatu jg bs di rebut kembali.

      Apa yg terjadi di Suriah itu bs menjadi pelajaran buat tentera Irak untuk bs menghadapi ITIL

    • Di dalam urban warfare atw perang kota, peran MBT memang penting, ttp akan menjadi sangat rentan terhadap incaran dari para tank hunter yg di persenjatai ATGM. Pengerahan MBT harus di dahului dgn penggelaran tembakan artileri atau serangan udara, untuk melemahkan kantong pertahanan lawan, hanya resikonya ketika pemberontak menjadikan rakyat/sipil menjadi tameng, maka menjadikan korban sipil menjadi besar. Ini jg pernah yg di lakukan SAA sewaktu mengepung & menggempur Allepo, Homs & Daraa.

  2. hahaha

  3. busett dahsyat amat tuh… anti tank misilnya

    • Strategi bisnis amerika yg lbh dahsyat, tank abram yg emang udah gak layak di pake US lbh baik di hibahkan ke Irak supaya bs di uangkan utk mengurangi kerugian perang daripada membawa bangkai abram pulang kampung.

  4. PERTAMAX..??

  5. pasukan infantrinya kemana aja yah

  6. 10 besar

    • Kita punya ngga yah depelted uranium APFSDS untuk tank leo RI kita. Pasti bolong tuh seperti rusia punya.

    • sehebat apapun MBT kita bung ketika proteksi terhadap keamanan personil di dalam MBT tidak ada atau kurang maksimal ya bakal rontok juga…inilah mengapa kawalan infanteri/batalyon mekanis sangat diperlukan juga…satu hal yang mungkin tidak diaplikasikan oleh tentara Irak disana adalah mengenai kotra-gerilya.. ๐Ÿ™‚

      • APFSDS itu pelurunya bung DK
        Armour Piercing with Fin Stabilizer Discarding Sabot. Cmiiw kalo kepanjangannya keliru. Udah lama banget ngga baca urusan tank.

  7. Nyimak slu mode on

  8. Mohon ijin gan, ikut belajar dari anak timika..SR selama ini

  9. No 5 lumayan
    Sr mode on

  10. Gile. Benerr

  11. ijin nyimak bung.

  12. apa ini salah satu alasan utk menjebak negara kita,???

    • Paling kita cuman jualan jaket anti peluru bung. Itu yang mereka susah. Mau di tembak pake apa. Peluru minyak babi ngga mempan :mrgreen:

    • betul…..media gitu loh…

      *need some chocolate milk

      • pernah denger cerita tentang kedatangan nya imam mahdi bu?
        datang dari arah timur, pasukan nya menggunakan bendera warna hitam,, itu salah satu ciri2 pasukan imam mahdi,,

        walauhuallam.. cuma Allah SWT yang tau…

        • @ andri cahyadi

          pernah tuh bang andry

          amiennn

        • Masih lama bung andri
          Voyager aja masih baru mau masuk di sabuk kluivert. Itu beacon untuk mereka pulang kesini setelah dulu diusir. Cuman sebelum itu yang dari kita ada syuaib bin shalih. Ada di nostradamus sama jangka jayabaya plus budak angon siliwangi. Ya itung itung refreshing bahas alutsista mulu sama kemungkinan strategi pemerintah.

        • Imam mahdi udh ada kok, tp blm di ba’ id, perkiraanya itu sekitar 2022 klo itu berbarengan dgn adanya komet dilangit

        • Assalamualaikum wr.wb
          maaf oot dan maaf kalau salah ๐Ÿ˜€
          setauku di iraq itu perang sunni dan syah.
          dan setauku juga yg menganggap imam mahdi sudah lahir itu syah.
          sedangkan sunni belum menganggap hal itu karena itu urusan allah SWT, namun imam mahdi itu ada suatu hari nanti pd waktu yg kita tidak ketahui karena itu mengenai hari akhir dan tidak ada yg tau kapan hari akhir.
          jika anda mengatakan imam mahdi itu sudah ada bahkan mengetahui kapan munculnya bisa berarti anda beraliran syah dan kalau ketemu anggota sunni yg extrimis bisa jd masalah tu :v
          coba baca imam mahdi versi syah dan sunni kalau sunni hanya menyebutkan tanda”nya aj, kalau syah sudah menyebutkan udah lahir dan menyebut nama 12 imam ๐Ÿ˜€
          kalau salah ya maaf ๐Ÿ˜€
          maaf oot ๐Ÿ˜€

      • Bagaimana jika sy bilang Imam mahdi berasal dr Asean…?? (BISA INDONESIA,, bs malaysia,, bs Brunai dll)…
        Bagaimana jg klo sy sebut jumlah pasukan di sekeliling Imam mahdi kelak berjumlah 313 org ahli tawheed sejati…

        ** anggap aja tulisan ini buat hiburan…

  13. Klo anoa hancur ngga..??? Di youtube ane sering liat tuh pemberontak di irak pimpinananya al baghdady(pimpinan ISIS/ISIL) klo ga salah ..sampe apache az dihantam hancur juga…

    NKRI HARGA MATI..!!!

    • jangan kan Anoa Bung, Tank paling canggih & paling kuat sekalipun klo jalan sendirian ya pasti remuk juga..

      Tank itu hrs nya gak jalan sendirian, ada yg back up, Infanteri & Divisi mekanis nya buat saling cover ( melindungi ). semua ada strateginya.. pake Cmiiw ya ๐Ÿ™‚

    • di irak, senjata asu yg paling canggih pun tidak bisa menghentikan semangat juang para pejuang. Umumnya mereka sdh ahli dan dengan alat yg ada mampu mengecoh kecanggihan alat tempur pemerintah. Contohnya ada bom cair yg dilempar ke kendaraan lapis baja dan bisa langsung meleleh tuh baja. itu buatan papa bear.

  14. ya gitu dech … kl gak ada perlindungan dari udara atau infanteri darat, tank mudah didekati kemudian dihancurkan. apalagi kl daerah pertempurannya di perkotaan.

  15. lumayan masuk 15 besar. lanjutkan

  16. Leopard kita kira2 jebol ga…
    Ko ga ada yang ngawal ya mbtnya, pasukan irak perlu banyak latihan strategi ma indonesia tuh.
    Wow wow pasukan isis banyak dari indonesia….. Siaga satu dong indonesia. Siap2.
    Latgab kemrin ada kaitan dg berita amerika itukah? Ko kayuaknya sesuatu banget nih. Pilpres, suar malaysia, kontrak freeport, time.

  17. wah kl malingsial jd dpt mkin pusing maintennya mahal brey.

  18. absen dulu….

  19. bung @ ps…
    adakah barang beginian (isis) terdeteksi di indonesia dan lalu apa sikap panglima tni/bin/sby? Jngn sampai masalah jadi membesar….apalagi sudah punya pengalaman di medan tempur secara langsung…lagian indonesia tank nya banyak yg jadul, abram saja lumat sama senjata isis…

    • Di Indonesia tank sebenarnya kurang efektif……dibeberapa konflik yg terjadi adalah perang antar infantri…makanya Indonesia selalu memperkuat tentara Raiders….kualitas pasukan Indonesia diatas rata2 kok…

      • traveller@diatas rata2 apa dulu neh..klo diatas rata2 sat pol pp bs jd haha joke kwn

        • Di irak, sipil indonesia yg tergabung di isis sj sudah mengerikan mbak, apalagi militer indonesia. Jadi bnr itu kalau ada yg bilang militer indonesia diatas rata2. Jgn suka merendahkan tni lah mbak, masa tni anda samakan dgn satpol pp.
          Maaf kakek lancang.
          ๐Ÿ˜€

    • Maaf bung @Ipur, saya boleh sok tau dikit nggak? … seharusnya sudah dipetakan di setiap terotori. Kemudian “kontra” gerakan ini banyak dilakukan juga oleh non-TNI secara spiritual dan kebudayaan, karena ini berkaitan dengan keyakinan. Kalo nggak salah nech, jumlah mereka ini sbenernya dikit, cuman sangat eksis banged.

      Maaf, silahkan dikoreksi bung.

    • seperti kutipan diatas , seberapa canggih nya alutsista pun tidak menjamin kemenangan peperangan,
      strategi, taktik bertempur, dan kemampuan individu personil juga sangat menentukan,

      kyk anak TK bawa SS2 lawan lango bawa panah,,
      menang mana coba???

    • isis ada di Indonesia, search saja di youtube.mereka deklarasi belum lama ini di daerah bekasi.

  20. woow banyak orang indonesia,,..
    ya setuju2 aja asal berperangnya di tempat yg tepat di negri yg lg berkonflik senjata.

    JANGAN di tempat yg lagi DAMAI dengan keyaqinan yg mengebu2 yg akhirnya malah bikin kacau negri yg damai ini.
    salam damai dari dari sesama anak NKRI.

  21. mujahid, tenaga medis dan $$$ yang di export orang indonsia.

  22. krisis di Iraq saat ini menunjukan policy jangka panjang yg di canang kan keluarga Bush nyelonong jauh dari rencana semula,mungkin mereka menang parang di Iraq beberapa waktu yg lalu tapi mampu kah mereka mempertahan kan kemenangan tsb..??? jawaban nya adalah tidak,mereka meninggal kan negara dan pemerintah Iraq yg pro pada mereka dengan dukungan peralatan yg menurut mereka canggih untuk militer Iraq kini terbukti rontok satu persatu…. dan TIME berdalih yang para anggota ISIS ada warga Indonesia,pertanyaan nya adalah “apakah kepentingan Indonesia di Iraq “..??? ada kah warga Indonesia yang sanggup pergi ke negara lain dan berjuang untuk sebuah negara yang bukan negara nya ?? bagi para penulis TIME silah kan tunjuk kan bukti,jawab pertanyaan saya dan mari kita berdebat di halaman ini

    • kyk nya saya kurang stuju bung, dgn usulan nya, klo pemerintah membatasi pengiriman warganya utk sekolah ke Arab Saudi, Yaman dan Iran, otomatis jadi menekan islam itu sndiri berkembang di indonesia,
      di arab, di yaman, di iran sendiri tidak pernah menyuruh utk melakukan tindakan teror,

    • Saya kurang setuju bung, pengiriman warganegara kita ke arab dan yaman, tidak ada bedanya dengan pengiriman warganegara kita ke australia, belanda, inggris, selandia baru dll. Jangan terlalu menjudge atau menyamaratakan, dan agak diskriminatif jg.

  23. maaf ikut cmnt, pada thn duaribuan saya punya kenalan cewek cantik berkerudung yg ta’at, kurang lebih satu tahun berkenalan, dia menuturkan tentang pembentukan negara islam Indonesia tp sya tidak memahami itu karna Indonesia menurut saya Bineka Tunggal Ika, dengan mayoritas islam terbesar tp tidak harus itu terjadi “republik islam” karna Indonesia dibangun dan merdeka atas berbagai agama.. dia menolak dan kukuh bahwa thn…Indonesia akan berdiri menjadi republik islam.. sya fikir dia agak ngaco waktu itu sehingga fs, fb, yahoo dia saya block.
    sya kaget dari mulai thn 2010-2012 pemerintah genjar memberantas kelompok kelompok tersebut, akhirnya sya memutuskan mencari dia untuk mengetahui apa sebenarnya yg terjadi.. sya menemukan dengan seorang karyawan suasta namun kaya raya…syang dia berkelit dan tidak mengakui, namun sebelumnya dia pernah menuturkan bahwa diseluruh universitas di Nusantara..mereka sudah ada..

    • memang benar mereka sudah ada diseluruh universitas di Indonesia, terutama yang negeri. pada tahun 2002 s.d 2006 yang didengungkan adanya NII memang ada dan ada temen saya hilang karena dikirim entah kmana oleh kelompok ini. sya pernah bertemu dengan saksi hidup orang yg pernah masuk didalam NII dan melarikan diri ke sebuah wilayah terpencil di indonesia untuk menghindari kejaran aparat mereka dan intelijen. jika mereka sudah masuk didalam sistem itu maka akan susah untuk keluar/tidak dapat keluar. mereka memiliki iuran wajib tiap bulannya dan masing-masing ditarget, tidak sedikit karena harus memenuhi target anak2 kuliah banting tulang untuk kerja ngisi iuran buat NII, bahkan di Jkt ada kelompok yng mengkoordinir pengemis untuk pendanaan NII. mereka memiliki struktur pemerintahan sendiri, sama spt camat, bupati bahkan gubernur versi mereka. gerakan mereka dinamakan harokah islamiyah. sejak isu ini diblow up oleh media dan mulai banyak korbannya gerakannya mulai menurun. jika mw jujur bahwa yg mampu menghasut orang untuk membuat onar negara mengatasnamakan agama adalah kelompook ini, dengan mengkambing hitamkan kelompok lain.

    • Nyumbang komen dikit ya bung, bukan hanya di universitas2 saja bung. Di dusun2 sudah banyak yang heboh saat ini. Memang yang disasar adalah kaum muda, karena umumnya masih sangat “menggebu-gebu” dalam mempelajari suatu “keyakinan”. Banyak juga yang terang2an untuk kontra NKRI, dengan alasan membela NKRI tidak ada dasarnya dalam agama dll.
      Melalui media, minimal media sosial yang kita miliki, seharuskan kita dapat memberikan sumbangsih untuk melakukan netralisasi gerakan ini. Mudah koq caranya, tinggal post status atau apapun yang berkaitan dengan cinta kasih yang universal, kebanggan menjadi bangsa indonesia, dll …

      Maaf, ini saya lagi galau, jadi agak sok tau he he he

    • Klo kalian gk tau NII jgn asal jeplak… Temen gw pernah ikut,, bahkan jabatan dia sdh sekelas camat… Dia sj mau lepas dr situ susahnya minta ampun… 6 bln dia bru bs steril dr doktrin setelah keluar…
      Itu dulu di buat oleh intelijen buat menyudutkan Islam… Anda tau Al zaitun,, ketika dulu ribut2 tuntutan ormas Islam agar Al zaitun d bubarin… Mantan petinggi intelijen sendiri yg dg keras menentang… Yuk kita pikir… INI ADA APA…???

      • @Log, apa untungnya institusi negara semacam intelijen menyudutkan Islam..??
        Justru sepak terjang Al Zaitun itu di dirikan oleh para petualang yg tidak menginginkan NKRI itu utuh, petualang2 yang tidak menginginkan Pancasila ttp sebagai dasar negara RI, & para petualang itu mengingkari hasil olah pikir & olah rasa darai para “FOUNDING FATHER” Republik Indonesia ini.
        Bung Karno, bung Hatta, Moh Yamin, KH Agus Salim, KH. Hasyim Asyari dan banyak lagi founding father dr bangsa ini yg berjuang, berupaya & berpikir dgn segenap jiwa dan raga untuk bangsa ini.

        Keberagaman adalah kekuatan bangsa ini, kebhinnekaan adalah keindahan negeri ini.

  24. Ngga ada bung negara islam. Yang ada pemerintahan islam dan pemerintahan dalam islam adalah pemerintahan tampa negara, yang memerintah tuhannya dan negara berasal dari bangsa dan suku yang buat pertama yahudi. Dalam pemerintahan ada politik, politik dalam islam adalah politik tampa partai dan yang pertama membuat partai yahudi dengan 12 sukunya, jauh sebelum romawi ada. Dalam pemerintahan ada hukum. Hukum dalam islam ngga pandang bulu. Hakim lebih tinggi dari raja dan yang pertama merubah hukum sesuai keinginan(mafia hukum) yahudi. Jadi kalo mau buat negara islam ya kita jadi yahudi. Soalnya ngga nyambung dan kita bukan yahudi.

    • komentar anda menyesatkan bung

    • Kalo g tahu sejarah Islam g usah komen-lah bikin malu saja…krn kami Muslim belajar sejarah islam itu sangat detail dan termasuk pelajaran agama Islam…Nabi Muhammad SAW, tdk pernah mengatakan meniru Yahudi …apalagi ketika Islam berkembang kaum Yahudi itu bukanlah umat yg berkuasa secara politis, mereka sdh diporakporandakan oleh kaum Romawi….Administrasi Islam murni kreatifitas umat Islam sendiri utk birokrasi cenderung meniru persia raya lebih logis …krn adanya sahabat Salman Al farisi..yg orang Persia…..Bagi Umat Islam orang Yahudi itu bukanlah umat yg istimewa…

      • Saya sangat setuju dengan anda bung traveller.. salam kenal bung..

        kok saya jadi heran sama bung2 yang ada disini, ini kan forum diskusi militer kok larinya ke agama gitu ya..???

        Salam Persatuan dan Kesatuan

    • ada banar ny juga bung freaxout,

    • Agama Islam itu Syaamil dan Muttakamil.. utuh dan menyeluruh… artinya agama Islam mengatur semua aspek kehidupan, seperti pendidikan, ekonomi, peradilan dan semua aspek kehidupan, termasuk di dalamnya pemerintahan.

      Pemerintahan dalam Islam setelah Nabi Muhammad tiada, berbentuk sistim Khilafah, dengan teritorinya terbagi-bagi dan dipimpin oleh seorang Gubernur.

      Kekuasaan Gubernur, bahkan Khalifah selaku pimpinan Khilafah ke-Islaman harus harus tunduk pada peraturan tertinggi yaitu Al Qur’an itu sendiri. Untuk itulah diperlukan para ahli hukum, ahli Fiqh dalam menafsirkan hukum-hukum yang terkandung dalam Al Qur’an.

      Dalam implementasinya di kehidupan pemerintahan, Gubernur didampingi Hakim yang berfungsi menentukan posisi baik dan benar dalam suatu perselisihan. Itulah sebabnya dalam Islam dikatakan bahwa seorang Hakim meletakkan sebelah kakinya satu di Surga dan sebelah lagi di Neraka.

      Dalam kehidupan modern seperti sekarang, khilafah Islamiyah terakhir diklaim diaplikasikan oleh Kesultanan Turki sebelum dihancurkan oleh anak sekuler Turki yaitu Mustafa Kemal Attaturk.

      Arab Saudi yang notabene-nya daerah orisinal kelahiran Islam itu pada era Nabi Muhammad, belumlah menerapkan peraturan Islam secara totalitas. Kehendak penguasa, dalam hal ini Raja Saudi cenderung mengalahkan peraturan yang terkandung dalam Al Qur’an itu sendiri.

      Di Arab Saudi, Islam dikebiri. Hingga Islam hanya dibatasi sebatas bentuk keyakinan dan bentuk peribadatan, paling jauh sistim ekonomi…

      Indonesia sebenarnya lebih Islami ketimbang Arab Saudi lho… kita lebih demokratis ketimbang Arab Saudi… dan demokrasi merupakan ciri khas terpenting dalam tatanan kehidupan bernegara yang diajarkan Rasulullah SAW… tapi demokrasi dalam Islam tidak berlaku mutlak… demokrasi harus selaras dengan Al Quran… makanya jika demokrasi di Amerika memutuskan bahwa Homo itu sah dan legal… menurut demokrasi ala Islam, maka hal itu tidak sah…

      Yang terpenting sebenarnya bagaimana kita sebagai Muslim bisa mengaplikasikan semua kebaikan yang tersimpan dalam Islam dalam semua aspek kehidupan. Bukanlah menjadikan negara ini menjadi sebuah negara Islam.

      Jika tujuan kita menjadikan Indonesia sebagai sebuah negara Islam, maka Arab Saudi yang secara lantang menyatakan diri sebagai sebuah negara Islam terbukti tidak mengaplikasikan ajaran Islam secara utuh dan menyeluruh…

      Islam… jika diaplikasikan secara benar dalam semua aspek kehidupan… akan membuat pemeluknya menjadi orang-orang yang bermanfaat bagi manusia lain dan bagi alam itu sendiri… Islam yang benar… akan memberikan jaminan perlindungan dan kebebasan berkembang bagi agama-agama lain selain Islam

      Itulah makna sesungguhnya dari kalimat yang biasa kita dengan… Islam itu menjadi rahmat bagi seluruh alam

      Dan Islam… disadari atau tidak… akan berkembang dengan lebih baik di alam demokrasi… Islam terbukti berhasil berkembang dengan baik walau belum bisa dikatakan sempurna di alam reformasi…

      Sistem perekonomian Islam setidaknya terbukti lebih tahan terhadap serangan ekonomi kaum kapitalis dari barat yang mencoba mengguncang sendi perekonomian negara kita. Di saat perbankan konvensional mengalami penurunan pertumbuhan, perbankan syariah malah bisah meraih keuntungan dan tumbuh berkembang.

      Salah satu ironi dalam sistem pendidikan yang ada… berdasarkan pengalaman pribadi saya… semangat anak-anak IPB, STAN, ITB, ITS dalam mempelajari Islam jauh lebih baik ketimbang anak-anak IAIN yang notabenenya melulu belajar urusan aplikasi agama dalam kehidupan keseharian… dari beberapa diskusi saya dengan anak-anak IAIN, saya terkaget-kaget karena mereka lebih mengidolakan Che Guevara ketimbang tokoh-tokoh Nasional maupun tokoh-tokoh Islam

      Intinya adalah… Islam dan ke-Islaman itu melekat pada diri dan aplikasinya… dan bukan pada lembaga

      Tapi tolong jangan menggeneralisasi kalimat terakhir saya pada kasus PKS… Walaupun terbukti ada pemimpinnya yang bersalah dalam persidangan… secara ratio, perbandingan antara pejabat yang duduk di pemerintahan maupun di dewan… jumlah orang korup di PKS terbukti jauh lebih sedikit dari jumlah orang-orang korup dari partai-partai lain.

      Blow up media menjadikan partai baik ini seakan-akan partai terkorup se Indonesia… jangan lupa bahwa orang-orang PKS juga manusia… mereka bukan malaikat…

      Saya hanya ingin kita bersikap proporsional dan tidak tendensius… ketika kita berfikir tenang… Allah akan membimbing kita menuju kebenaran… InsyaAllah

      • Bung afiq
        Nagih mode on
        Setra ganda mayit nya mana. Masak di kasih teaser doang

      • Siiip…. like

      • Betul bung… N partai terkorup no 1 malah di tutup tutupi media bahkan di citrakan seolah partai paling bersih…. Ini yg bikin sy curiga… Ada apa N siapa d belakang ini yg bermain…

        Nah klo banyak yg berfikir spt sy,, lalu mereka salah menilai… Bisa2 mereka jd radikal… Klo dh gini, siapa biang kerok mslh disintegasi bangsa… Media inilah BIANG KEROK mslh bangsa…
        Msh untung sy sering pantengin JKGR… Jd sy gk kebawa radikal… Nah gk semua toh tau jkgr…
        Ma’af opini sy pribadi…

        • solusi paling simpel… ajak teman-teman bung Log River ikutan pantengin JKGR… agar mereka juga bisa dapat informasi yang berimbang dan mendidik

        • sependapat bung…warung ini juga banyak yang belum tahu koq..
          ketertarikan/kecintaan terhadap dunia militer maupun kewiraan dari bung satrio malah dianggap sepele oleh teman2 yang belum paham/tahu, malah saya dianggap stres/depresi karena di otak isinya rudal melulu ๐Ÿ™‚

          • sama bung, malah saya selalu jadi bahan olok”an teman” kalo lagi mantengin ni warung. .. . padahal dsini lah kita bisa tau mengenai kondisi bangsa ini ….

        • Log< OOT detected

          *ROFL

          ๐Ÿ˜›

      • mau gimana lagi bung soalnya yg terkena kasus korupsi ketua umumnya (presiden) PKS, padahal masih banyak lg kasus korupsi yg lebih ”parah” misalnya korupsi pengadaan al’quran oleh kader PPP. Padahal kalau menurut data ICW (indonesian coruption watch) partai g*lkar merupakan partai terkorup, untung bakr*e gagal jd capres

      • Rekan2 … salam NKRI.

        Memang media pegang peran yang sentral, makanya ormas2 Islam yang turut “membidani” NKRI lagi kenceng bikin media baik elektronik, cetak, dan TV untuk mengimbangi, walau skalanya masih lokal tp cukup efektif untuk mempererat persatuan dan kesatuan.

        Oh ya, nggak cuman media lho, ada nggak ya yang bisa kasih detail dari “pendaratan” kelompok tertentu di pantai selatan jawa secara rutin, yang membawa pemikiran yang agak “berbeda” dengan model ASWAJA di Indonesia ?

        *maaf hanya berita yang beberapa kali saya dengar, mudah2an salah.

      • Pas dihati…!

      • Assalamualaikum wr.wb
        keren bung afiq0110 artikelnya ๐Ÿ™‚
        untuk menambah serta memberi pemahaman yg lebih mendalam ๐Ÿ˜€

      • salut atas pencerahannya dari bung Afiq, sy sangat setuju dengan ulasan anda bung. Memang bukan bingkainya tapi isinya yg penting ya. Walaupun kita bukan bentuk negara Islam, tapi kita beberapa aspek lebih islami dari pada Arab Saudi, dan sy berpendapat, kalaulah paham demokrasi disepakati, maka untuk kasus Indonesia mestinya tdk masalah orang2 Indonesia mengamalkan nilai2 yg terkandung dalam Alquran dan Hadits. Tentunya dengan tetap menjaga Muamalah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang Ber Bhinneka Tunggal Ika….

      • Yg islami justru ada di beberapa negara eropa dimana korupsi nyaris tidak ada infrastruktur, kebersihan, dan lingkungan relatif terjaga serta ilmu dan tenaga manusia sangat dihargai. Kita bercerminlah kepada negara tersebut dan tidak kenal menyerah membangun bangsa

      • Asalamualaikum
        Sangat setuju bung afiq, bravo
        Islam rahmatan lilalamin.

    • betuulll bung freaxout, ikutan nyimak.

  25. Kalo milisi, dari jaman Kahar muzakar negara kita juga sdah ada …namanya juga majalah “TIME” , majalah kelas cendol yg d poles seakan akan majalah berkelas. TIME jg salah satu alat propaganda asu, seribu cara mereka merongrong negeri ini. mereka mikir, “besok pake cara apalagi yaa”?…

  26. Ya biasa bung. Seorang nabi diutus kalo suatu kaum moralnya bejat selama moralnya ngga bejat ya ngga dikirim. Nabi muhammad dikirim untuk seluruh ummat berarti dari seluruh kaum yang ada di muka bumi waktu itu paling bejat arab. Walaupun udah di naikin derajatnya, tetep aja ketentuan allah berlaku. Lha wong kalo perang orang islam bukan arab 1 banding 10 tapi orang islam arab cuman 1 banding 2 itu nash qur’an loh mau apalagi. Paling kalo perang di ranjang baru kebalik ๐Ÿ˜›

    • Maka Di Indonesia Behati – Hatilah Terhadap Aliran Ini…Biasanya Kedoknya Syar Agama , Zikir , pengobatan Seperti Ustadz Guntur BUmi ..Ternyata Seorang Munafik Yg Merusak Akidah Islam….Islam Itu Agama Suci Yg Diturunkan Allah Swt. Untuk Menebarkan Kedamaian dimuka bumi…..Memang Dasar Orang Arab di Timur Tengah Otaknya Bejad …Napsunya yg besar …..Sekarang Mau ngomong apa Orang Arab ? …..Sudah Terbukti Kerusakannya….Warning Buat Pecinta NKRI…Berhati – hatilah dan Waspadalah !!!!!

    • Maaf saya ngga setuju; kenapa bangsa ARAB?! karena Kabah ada Di Arab Dan Yang penting AL QURAN dipersiapkan oleh ALLAH memakai BAHASA ARAB jauh sebelum Nabi Adam diciptakan; bahkan jauh sebelum Para Malaikat; Jim; Langit dan Bumi diciptakan

    • Bukti kalau perang Asymmetric ok. Tapi Abram dihajar ATM milan Nggak hancur hancur amat! Malah masih berbentuk tuh abram.

  27. bung @ nara, bung @ ps, bung @ pw, bung @ lare sarkem, bung @ satrio, bung @ jalo dan para sepuh serta pinisepuh warjag….
    Terlepas dari siapa sebenarnya yg berada di balik pasukan isis ada sesuatu yg mengganjal benak/pikiran saya. Akhir2 ini banyak media memberitakan bahwa perlahan namun pasti pasukan isis mampu memgambil alih satu persatu wilayah iraq dari tentara iraq. Dari hasil pertempuran/duel langsung antara pasukan isis dan tentara iraq ada beberapa alutsista tentara iraq yg berhasil dirontokkan oleh pasukan isis…alutsista dari ASU :
    MBT Abram M1A1, Humvee, APC M113, Mine Resistent Ambush Protected (MRAP), heli apache dll yg blm terdeteksi
    alutsista papa ruskei :
    MT-LB multipurpose armoured vehicles, BMP-1, Tank T-55, Heli Mi-24/35 dll yg belum terdeteksi. Sampai saat inipun pertempuran msh berkecamuk, terlihat bahwa pasukan isis terlalu mudah menjebol barikade pertahanan yg diperagakan oleh tentara iraq dan pasukan isis mampu mematahkan serangan yg dilancarkan tentara iraq. Dapatlah dikatakan bahwa strategi tempur dan pertahanan tentara iraq kurang jitu/tepat, semangat tempur tentara iraq blm maksimal, komunikasi dan koordinasi komando dalam serangan dan pertahanan kurang optimal sehingga pasukan isis mampu memukul mundur tentara iraq. Jadi apapun jenis alutsistanya jika strategi dalam menyerang dan bertahan dalam suatu peperangan kurang jitu/tepat maka akan dapat dipatahkan oleh musuh…persis seperti perang hizbullah vs israel, mgnkn hasilnya akan beda jika komandan tempur tentara iraq dipegang oleh hizbullah karena hizbullah ahli strategi perang yg mumpuni di timur tengah…maaf ini hanya uneg2 kuli kasar saja…

    • Hizbollah di timteng lebih condong dengan teknologi senjata dan dana dr iran,antara hizbollah dgn israel kayaknya hanya main2 aja …. cenderung show action, dan politik pencitraan aja, yang lain nonsen, bahkan kpd penduduk sunni palestina cenderung rasis.

      Beda jauh dengan Hisbulloh Indonesia yang dibentuk sebelum kemerdekaan tahun 1944, yang mengawal dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia, lebih main strategy dan kekuatan iman, islam, dan ikhsan. tahun 1947 sudah di RERA menjadi satu dengan TNI.

      • Yup betul bung TTTTT mirip mau pilih iluminati ato great white brotherhood sama ajah tetep kabbalah. Yang pasti hizbullah ngancem mau ledakin ka’bah. Itu udah cukup jadi penanda

  28. TNI di perbatasan kalimantan harus punya stok atgm yang banyak nih…. btw betul juga kata pak Habibie

  29. Hebat….TKI Indonesia telah mengebar di seluruh dunia…yg di Irak ada yg berprofesi sebagai gerilyawan…bahkan di siberia (Rusia) ada TKI Indonesia yg jualan soto lamongan….hebat…hebat…hebat.

    • Bung @ pitik…
      Maklumlah bung di negeri kita banyak pengacara (pengangguran banyak acara)…kalau itu para “pengacara” kebetulan “dikelola” para pengikut gerakan yg seperti isis ya “pengacara” tadi berubah jadi “gerilyawan” yg disegani. Makanya yg dibutuhkan di negeri ini adalah bukti bukan janji…maaf ini bukan kampanye tapi uneg2 kuli kasar saja..

  30. Kalo mnrt saya konflik di irak sudah melibatkan banyak pihak atawa bukan murni internal irak, dr kwalitas pertempuran dan kualitas target yg berhasil uda kliatan kalo milisi macam isis bukan personil sembarangan, bisa jd mendapat special tactic/training ops dan special gear atau bahkan dpt suport lapangan lngsung dr pihak yg punya kemampuan tempur yg mumpuni, bisa dikatakan asu mendapatkan multi enemy dlm satu grup…maaf hanya pendapat asal hehehe

    • Sebagian mereka dulu prajurit2 Saddam yg bertempur di periode perang Irak freedom, kemampuan tempur mereka lumayan bagus, orang2 ini banyak di rekrut oleh ITIL

  31. yang belum ada di Iraq cuma bakul jamu sama tukang cukur, mungkin sebentar lagi banyak pemulung indonesia di sana, soalnya banyak besi bekas dan barang gak kepake ๐Ÿ˜€

  32. sy pikir … rekan2 kita yg berjuang di negara lain punya hak pribadi masing2, tentu ada efek negatif/positif bagi NKRI, efek negatif yg timbul tentu mjadi kewajiban negara utk meredamnya misal mberikan lap kerja yg lbh besar, positif nya NKRI punya tambahan rakyat yg memiliki kmpuan tempur, sy yakin mrk jg punya nasionalisme membela tanah airnya
    Memang tdk mudah bagi pemerintah utk mhadapi situasi tsb., sy usul dipikirkan solusi terbaik oleh pemerintah & TNI
    media asing seharusnya tidak boleh menulis ttg TNI dlm konflik2 di negara lain, gak ada urgensi nya
    yg sdh terbukti justru TNI berperan dlm pasukan penjaga perdamaian di seluruh dunia

    • Semoga memang todak ada agenda khusus tentang penyebutan mantan anggota TNI ini. Klo memang benar, mantan anggota TNI nya saja yang jumlahnya tidak seberapa dan hanya dilengkapi senjata yang seadanya, bagaimana dengan TNI yang masih aktif dan dibekali senjata dan tehnologi mutakhir.

  33. saya 100% ga percaya klo ada wni yg menjadi anggota pemberontak isis,dr perawakan dan posturnya sdkt pun tdk menunjukkan ada org indonesia..lg an koq ada yg bangga klo wni perusuh di negri org..klo mmg benerpun yah di sikat saja,klo mereka sdh membuat rusuh di negri org berarti mereka bkn wni lg..aliran agama di bawa2 sbg alasan pembenaran,membuat stereotype negatif jk islam memang mengajarkan kekerasan..otoriter..doktrinisasi bhw org2 diluar aliran mereka adalah org2 yg harus disingkirkan..mereka adalah org2 tdk dpt hidup berdampingan,tdk menghargai perbedaan dan tdk menjunjung tinggi nilai2 kemanusiaan..mdh2an obama kirim pasukan utk membabat mereka sampe hbs,klo perlu disiram dgn virus mematikan agar tdk ada lg benalu yg mengotori bumi khususnya bumi arab/timur tengah yg tentu msh byk rakyat yang ingin hidup dlm damai dan kasih Tuhan!

  34. Mantabbb.. ASU lagi dikeroyok dari berbagai penjuru <(")

  35. Kalo nggak ngerti agama diam aja lah, nanti cenderung malah menyesatkan, merusak, dan menistakan. udah diam jangan komentar.

  36. Bukti bahwa tank dan helikopter kalau tidak dilengkapi oleh peralatan self defence akan menjadi bulan-bulanan target yang ada di darat.

    Tank adalah kendaraan lapis baja yang pergerakkannya cenderung lambat dan malah agak statik karena berjalan di darat. Bila tidak mempunyai defence yang kuat akan menjadi target yang empuk ATGM yg di pakai prajurit yg bisa mobile dan sulit terlacak.

    Helikopter lebih baik dari tank yg di darat karena helikopter bisa bergerak aktif di udara, tapi kebanyakkan helikopter terbang rendah dengan kecepatan yang rendah pula di udara sehingga bisa menjadi target yang empuk pula dari ATGM prajurit mobile di darat yg agak sulit terlacak dibandingkan kalau prajurit tsb memakai tank atau kendaraan tempur.

  37. @ ihsan

    oleh sebab itu sangat baik sekali bila helicopter di lengkapi dengan “laser weapon” selain murah dan flaxibel
    di jamin…tank,pasukan musuh,pesawat tempur,kapal perang,misile,…bisa jadi cendol semuanya

    *maaf sy memang oot

  38. Sesungguhnya Agama yang diridoi Alloh adalah Islam. Bagimu Agamamu bagiku Agamaku. Setiap perbuatan kita didunia ini akan dipertanggung jawabkan dihadapan Alloh SWT. Islam artinya agama yang membawa kedamaian dan keselamatan, Kasih sayang dan toleransi sesama manusia.

  39. bung T5x bisa di jelaskan knp? terimakasih sebelum nya

    • Ya Allah Ya Robby….Sebentar lagi Mau Datang Bulan Romadhon….Malah Perang Saudara di Iraq….Yaa Robby….Persatukannlah seluruh Saudaraku di Timur Tengah , Sadarkanlah Dari Mementingkan Napsu Dunia ….Jangan Bercerai Berai….Karena Ada Penonton Jauh Disana Yg Tertawa Terbahak – Bahak Melihat Kehancuran kaum Muslimin …Karena Saling Membunuh Sesama Saudaranya sendiri….

    • Terimakasih Banyak Bang Andri Cahyadi….Atas Penjelasannya dan Pencerahannya…..Dengan begini kita jadi tahu….Memang Benar sih Ajaran Islam itu kalo datangnya dari Allah Swt. pasti benar adanya ….Masalah Manusia suka atau tidak suka itu terserah pada manusianya …Toh kelak dihari kiamat seluruh manusia akan diminta pertanggung jawabannya ….Boleh gak Bang Andri Cayadi Data penjelasan di Like tadi dikirim ke Email aku untuk bahan pengetahuan buat aku …Trims

  40. TNI sudah paham dan punya strategi sendiri.
    Jangan kan mujahid ISISyang notabene battle proven, lah TKI juga banyak yang dr intelijen dan aparat.
    NGATUR dunia?????? pusing dech polisi dunia.

  41. Sesepuh pada kemana ya….pada pusing kali yaa nonton perang bintang

  42. Assalamualaikum wr.wb
    kalau menurut pandanganku perang tersebut merupakan sekenario negara lain untuk tetap menguasai sumber daya alamnya dengan tetap menundukan negara tersebut.
    misal saudi benci banget ma iran sedangkan US mengetahui hal tersebut, sehingga mengganti rejim di iraq dengan rejim seperti iran.
    karena penggantian tersebut saudi kemungkinan merasa terancam sehingga membiayai para militan untuk berperang melawan pemerintahan bentukan US d iraq.
    US mengincar sumber minyak di iraq, sehingga dengan membuat sekenario perang, iraq pun tidak akan maju semua biaya dari penjualan minyak di habiskan dalam perang, dan US pun mendekati saudi dan iran sama” utuk menyakinkan bahwa kedua negara tersebut terancam dengan kondisi iraq.
    sehingga pembangunan indeks manusia di iraq pun fokus pada permusuhan saja bukan pendidikan sebagai kemajuan bangsa.
    ini memudahkan US untuk tetap mengontrol mereka serta mendapat hasil dari sumber daya mereka sekaligus mendapat untung dari penjualan senjata mereka.
    ini mungkin juga terjadi pada Indonesia dengan 2 poros berbeda yaitu orde lama dan orde baru dimana ketuanya sama” dari penerus orla dan orba, hasilnya segala sumberdaya kita di jual”in sementara fokus pembangunan indeks manusianya rendah, ribut melulu akhirnya, dan juga mahalnya biaya demokrasi di negeri ini sampai” beberapa petinggi parpol berkepentingan untuk menjabat sebagai menteri yg kemungkinan untuk membiayai partainya untuk memenangkan pemilu berikutnya.
    untuk islam fokus serangan pada Israelnya jd kacau, Israel pun bisa” tertawa terbahak” ๐Ÿ˜€
    kalau salah ya maaf ๐Ÿ˜€
    maaf oot ๐Ÿ˜€
    hanya analisis ngaco ๐Ÿ˜€

    • Assalamualaikum wr.wb
      ow ya kalau untuk capres q lebih suka kepada pk bowo krn lebih berwawasan dan berpengalaman ๐Ÿ˜€
      untuk masalah yg lalu, kemungkinan dia hanya menjalankan tugas saja dan untuk mengamankan negara ๐Ÿ˜€

      kayak gk tau aj, ada kebakaran pasar aj pura”nya nolongin pedagang taunya nyolongin pedagang ๐Ÿ˜€

      gimana kalau hal itu terjadi pada suatu negara? siapa yg paling berperan? kalau aparat keamanannya diem aj? apa yg terjadi berikutnya? apakah separatis?

      hal ini mungkin penting untuk membangun indeks pengetahuan serta kesadaran sebuah bangsa, untuk menghindari ikut”an dan mudah di provokasi ๐Ÿ˜€
      kalau salah ya maaf ๐Ÿ˜€
      maaf oot ๐Ÿ˜€

    • ow ya mau menjelasin aj yg d mksd penerus bukan pemikirannya lo :v
      tp penerus keturunannya :v
      yg satu kan anaknya dan yg satu menantunya ๐Ÿ˜€
      tp q liat wanita lebih dalem emosinya ๐Ÿ˜€ jd kl dia marah mungkin bs sampai ubun” sampai jadi dendam turunan :v
      bahkan sebuah bangsa aj bs di korbanin hanya untuk melampiaskan emosinya itu ๐Ÿ˜€
      ya contoh sederhana saja wktu pengkianatan janji prasati :v katanya kan gk bakalan nyapres eh ternyata dia bawa pisau di tusuk deh dr belakang :v
      hehehehe maaf kl ngaco ๐Ÿ˜€
      maaf kl oot ๐Ÿ˜€

  43. HJ-8 antitank dan fn6 manpad battle proven, barang kw china ngancurin tank heli jet ori.

  44. indonesia adalah negara religius, jadi dg adanya peralatan secanggih cangghnya di dunia ini, dia g begitu mempdulikan, as mau pny nuklir, cina mau bikin bom kimia, ato australi pgn pny kpal induk, indnsia g trlalu risau. loh apa hubunganya.?
    ya pasti ada. krn indnsia tahu betul ngara ini mau kmana ms depanya nanti.,mau perang, mau damai, mau jaya. smua udah ada yg ngatur. kalau smp ada PD3, negara dunia mau nuklir2an. indnsia g bngung.
    indnesia g akn ikut2an.,biarlah qt dihina2 trus, pntng qt ini ttp damai
    qt dihina diam aja anggaplah smua itu hrs qt trma, bercrmin pd nabi qt yg tiap hari dihina. cb pikir lbh mulia mana nabi ato org yg mnghina.?
    g ush pikir u perang kawan..cb byngkan aja anak cucu kamu yg lucu dan imut jika trjadi prng, mereka mati brsimbah darah, apa gak sedih kamu? apa gak iba kamu?
    damailah indnesiaku.!.!.!.!

 Leave a Reply