Mei 012019
 

Tank medium KAPLAN / Harimau (foto : FNSS)

Perusahaan FNSS Turki akan memamerkan tank medium KAPLAN MT atau Harimau yang dilengkapi dengan sistem perlindungan aktif (APS) PULAT buatan Aselsan di IDEF 2019 untuk pertama kalinya.

Untuk mempertahankan diri dari ancaman yang berkembang di medan perang, tank medium KAPLAN MT, yang dikembangkan bersama oleh pabrikan FNSS dan perusahaan PT Pindad Indonesia, sedang dilengkapi dengan PULAT Active Protection System (APS) Aselsan.

Tank medium KAPLAN / Harimau dengan sistem perlindungan aktif PULAT (foto : FNSS)

Di medan perang modern yang terus berkembang, jenis ancaman terhadap tank dan kendaraan lapis bajapun ikut meningkat, khususnya dalam operasi pertempuran perkotaan, di mana penggunaan sistem APS menjadi suatu kebutuhan karena peningkatan penggunaan persenjataan dan penerapan taktik baru.

Sistem PULAT dikembangkan bersama oleh Aselsan dan TÜBITAK Sage, awalnya Turki menjadikan PULAT sebagai sistem pertahanan aktif bagi tank M60T. PULAT terdiri dari modul yang berisi radar yang akan merasakan dan mendeteksi rudal atau proyektil yang masuk dan menghancurkannya sebelum menabrak lapisan baja tank.

Modul PULAT ditempatkan di sekeliling kendaraan, sedangkan unit tenaga listrik dan panel kontrol diletakkan di dalam tank. Ketika sistem diaktifkan, PULAT akan langsung berfungsi secara otonom tanpa perlu campur tangan dari operator.

Saat melakukan uji dan tes kemampuan sistem, PULAT telah ditembakkan ratusan kali dan berhasil menyelesaikan tes dengan sukses.

Tank medium KAPLAN MT / HARIMAU yang dilengkapi dengan sistem APS PULAT menjadikan tank medium produksi bersama Turki dan Indonesia ini siap menghadapi ancaman dari roket RPG dan rudal anti tank (ATGM).

Monch.com

 Posted by on Mei 1, 2019