Tank Panther Perang Dunia II Ditemukan di Vila Jerman

Tank Panther tahun 1943 itu disimpan di basement sebuah vila di kota kecil Jerman, beserta torpedo dan senjata lain. (German Federal Archive via Wikimedia)

Tank Panther Perang Dunia II Ditemukan di Vila Jerman 1

Polisi memeriksa sebuah vila di daerah elit Jerman, dan menemukan sebuah tank dari Perang Dunia Kedua, sebuah topedo dan senjata ilegal lain, yang disimpan di basement.

Vila itu berada di kota Heikendorf, daerah pinggiran Kiel. Pencarian yang berujung penemuan mengejutkan ini diperintahkan oleh seorang jaksa setempat, yang menduga koleksi pemiliknya melanggar hukum soal kepemilikan senjata perang.

Dilansir The Independent, pejabat Kiel itu diberi petunjuk oleh penegak hukum dari Berlin, yang menggeledah vila itu sebulan sebelumnya atas kasus karya seni milik Nazi.

Bersama dengan tank Panther 1943, torpedo dan senjata lain juga ditemukan oleh polisi.

Barang beserjarah ini pertama kali ditemukan pada Rabu lalu, namun hingga Kamis, polisi masih berusaha memindahkan tank seberat 45 ton itu dari vila, dengan menggunakan tank lain untuk menyeretnya.

Media lokal melaporkan bahwa pengacara pemilik vila mengatakan bahwa tank itu sudah tidak berfungsi dan tak bisa menembakkan amunisi dan karena itu tidak melanggar hukum.

Namun wali kota Heikendorf, Alexander Orth, mengatakan bahwa penemuan itu tak membuatnya terkejut.

“Pemiliknya pernah menggunakannya selama bencana salju pada 1978,” kata Orth.

Undang-undang Jerman menetapkan melarang kepemilikan senjata perang, begitu juga mengumpulkan atau memperjualbelikan barang-barang Nazi kecuali untuk keperluan akademis dan museum.

CNN Indonesia

Leave a Reply