Oct 102017
 

Prototype Tank Medium Pindad-FNSS tampil perdana di HUT ke-72 TNI, Cilegon, Banten,5/10/2017. (photo : PT Pindad)

Cilegon – Industri Pertahanan Indonesia, PT Pindad, untuk pertama kalinya menampilkan prototipe medium tank hasil pengembangan bersama dengan FNSS Turki dalam perayaan HUT ke-72 TNI pada 5 Oktober 2017 di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten.

Presiden Indonesia Joko Widodo dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyaksikan langsung penampilan perdana medium tank dan kendaraan tempur buatan Pindad lainnya pada sesi Alutsista Demo / Defile Alutsista TNI. Tema peringatan HUT TNI tahun 2017 adalah “Bersama Rakyat TNI Kuat”.

Direktur Utama Pindad, Abraham Mose mengatakan kehadiran medium tank merupakan bukti kemampuan industri pertahanan dalam negeri yang mampu bersaing serta merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan alutsista secara mandiri.

“Dengan bangga kami tampilkan medium tank pertama karya anak negeri hasil pengembangan Bersama FNSS, Turki. Kehadiran medium tank ini menunjukan bahwa industri pertahanan dalam negeri sangat mampu untuk menghasilkan produk inovatif berteknologi tinggi dalam mendukung kemandirian alutsista menjaga kedaulatan NKRI,” kata Abraham Mose.

Proyek medium tank merupakan program pemerintah yang termasuk pada 7 pengembangan strategis Kementerian Pertahanan untuk meningkatkan kemampuan BUMNIS agar dapat bersaing dengan industri pertahanan luar negeri.

Desain medium tank ini dibuat sesuai dengan kriteria kebutuhan dari pengguna, didasarkan pada strategi pertempuran modern dimana kemudahan mobilisasi dari medium tank ini menjadi salah satu keunggulan di samping kemampuannya sendiri.

Medium tank rancangan Pindad dan FNSS memiliki kemampuan pertahanan balistik dan anti ancaman ranjau terkini. Medium tank generasi terbaru ini dilengkapi dengan kemampuan daya gempur yang luas mulai dari perlindungan jarak dekat untuk pasukan infanteri hingga pertempuran antar kendaraan tempur.

Prototype Tank Medium Pindad-FNSS tampil perdana di HUT ke-72 TNI, Cilegon, Banten,5/10/2017. (photo : PT Pindad)

Medium Tank memiliki spesifikasi: berbobot maksimal 35 ton, power dengan rasio 20 hp/ton, kecepatan maksimal 70 km/jam, menampung 3 kru yang terdiri dari Komandan, petembak, dan pengemudi, serta memiliki senjata utama meriam kaliber 105 mm yang mmiliki daya hancur besar.

Medium tank dilengkapi dengan berbagai teknologi terbaru, seperti sistem kewaspadaan mandiri, hunter killer system, perlindungan pasif (laser warning system), battle management system, serta proteksi level 5. Turret medium tank memiliki mekanisme autoloader, dengan 12 butir peluru di turet dan 30 butir peluru cadangan di dalam pool.

Turut serta tampil dalam demonstrasi alutsista di HUT ke-72 TNI adalah Kendaraan Tempur Anoa, Panser Badak, Komodo Mistral serta Anoa Amphibious yang beratraksi melakukan manuver dan membentuk formasi di lautan bersama kendaraan ampfibi lainnya.

Senjata buatan Pindad seperti SS1 dan SS2 berbagai varian yang digunakan oleh masing-masing kesatuan juga terlihat dalam parade pasukan yang diikuti oleh 5.932 orang.

Tentunya merupakan suatu kehormatan bagi Pindad yang dapat berpartisipasi langsung dalam perayaan HUT TNI ke-72 ini. Semoga TNI semakin solid dan mampu menjaga kedaulatan NKRI serta mewujudkan cita-cita nasional, “Bersama Rakyat TNI Kuat”, ujar rilis PT Pindad, 9/10/2017.

  15 Responses to “Tank Pindad Dilengkapi Berbagai Fitur Canggih”

  1. Maaf mau tau sama guru besar sy jika berkenan menjawab, itu power medium tank pindad apa bener cuma 20hp? itu tank lho bukan bombom car…

  2. Bs dibuat berbagai varian, mantap! Kedepan bs terus dipercanggih agar gak kalah garang dr buatan barat jg timur!

  3. mengenai rantainya apakah full karet atau logam.. mengingat kemungkinan bisa diembargo si-rheinmetall

    mengenai baja pelindung.. apakah sesuai kesepakatan sekitar 14,5 mm kaliber yg bisa ditahan..
    note: tanpa lapisan armour

    • katanya sih double pin track, rodanya pakai sedikit bantalan karet, kalau kebanyakan karet nanti malah meleleh, kedikitan karet malah berakibat ke pantat pengemudi jadi sakit, dan bikin tangan gemeteran kejhang-kejhang.. 😆

      kalau ketebalan baja saya rasa menghitung power to weight juga om, karna mesinnya pakai mesin diesel.

  4. Hull depan dngan desain yg lain daripada tank pada umumnya, mungkin fungsinya sengaja agar RPG menghantam bagian itu, saya yakin didepan itu diberi baja yg kuat dan bahan yg berlapis agar mampu menahan RPG, ATGM, atau bahkan ranjau. Dari pada mengenai kaca prisma pengemudi yg pasti akan jebol dan membunuh si pengemudi tank.

    • Kalau menurut saya, itu sengaja supaya mudah kalau mau dibuat versi amfibinya. Kalau kebal ATGM jelas tidak, RPG masih mungkin tapi cuma RPG 7 bukan RPG 29. Soal perlindungan ranjau, tank ini sudah dilengkapi V-Hull.

  5. Kok kaya berat belakang????

  6. ada drron nya gak ?

 Leave a Reply