Tank T-14 dan IFV T-15 Mulai Mengalir ke Militer Rusia di 2022

JakartaGreater – Sejumlah tank perintis, kendaraan tempur infanteri dan tank recovery dan evakuasi berbasis platform tempur Armata akan dikirim ke pasukan Rusia pada tahun 2022, ujar Menteri Pertahanan Rusia Jenderal Sergei Shoigu pada konferensi kementerian Rusia, Kamis, 4-3-2021, dirilis TASS.

“Pada 2022, ada rencana untuk mengirimkan batch pilot tank T-14, kendaraan tempur infanteri/ infantry fighting vehicles (IFV) T-15, serta T-16 armored repair & evacuation ke pasukan,” kata Shoigu.

Prototipe kendaraan tempur berdasarkan platform Armata saat ini sedang menjalani uji coba negara bagian.

Kendaraan tempur ini memegang posisi terdepan dalam peringkat yang sesuai, kepala pertahanan menekankan.

CEO dan Kepala Perancang Biro Desain Ural Teknik Transportasi Andrei Terlikov mengatakan kepada wartawan di pameran senjata internasional IDEX 2021 di Uni Emirat Arab pada Februari 2021 bahwa pengiriman serial tank tempur utama T-14 Armata ke pasukan Rusia akan dimulai pada 2022.

Tank T-14 Rusia. (@ Russia MoD)

Tank T-14 Armata diluncurkan di luar negeri pada pameran senjata IDEX 2021 di Abu Dhabi.

Tank T-14 yang didasarkan pada platform Armata dan dikembangkan oleh pabrikan pertahanan Uralvagonzavod didemonstrasikan untuk pertama kalinya di Victory Parade di Lapangan Merah Moskow pada 9 Mei 2015. Tank tersebut menjalani uji coba pendahuluan pada 2019.

Armata adalah platform standar trek berat yang berfungsi sebagai dasar untuk mengembangkan tank tempur utama, kendaraan tempur infanteri, pengangkut personel lapis baja, dan beberapa kendaraan lapis baja lainnya.

Tank T-14 yang didasarkan pada platform tempur Armata berbeda secara fundamental dari pendahulunya. Ini fitur peralatan digital penuh, turret tak berawak dan kapsul lapis baja terisolasi untuk kru.

*Foto: IFV T-15 Rusia. (@ Russia MoD).

Tinggalkan komentar