Aug 192014
 

image

Kota Kinabalu: Dua tentara Malaysia tewas dan dua lainnya luka-luka ketika kendaraan lapis baja yang mereka tumpangi terbalik di dekat Sandakan. Insiden terjadi dekat Labuk Bay, di Jalan Sungai Tiram sekitar 20 km dari kota Sandakan, Selasa 19/08/2014.

  229 Responses to “Tank Terbalik, Dua Tentara Malaysia Tewas”

  1. Kok bisa ya….???

    • Dikarenakan bobotnya kurang dari 60 ton

      *Semoga dibaca calon Presiden RI 2014*

      • Ha..ha..ha…kena betul intermezzonya bung Noto…

      • jawaban ngawur…………………..

        • kagak sepenuhnya ngawur..

          • @Pak Ndan LS : yang ga ngawurnya gmn Pak? kan bapak yang lebih ahli tuhhehehe ๐Ÿ˜€ :mrgreen:

          • Ngawurologi

            Seperti halnya teori ambles 60 ton…

            *Pesan ke-2 untuk calon presiden 2014*

          • Letkol Kav Otto Sollu Batalyon Kavaleri 8 (Yonkav 8) Divisi 2 Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Kostrad), Pasuruan, Jawa Timur :

            Bangunan garasi “khusus” tank Leopard saat ini tersedia sebanyak 33 unit.
            “Masing-masing garasi ini dibuat khusus mampu menahan beban sekitar 70 ton”

            โ€œKami harus izin pimpinan daerah dulu. Kan itu beratnya 30 ton, bisa merusak jalanan, yang penting tanknya datang dulu,โ€ pungkas Mayor (Inf) Setyo Wibowo

            Direktur Operasi Produk Hankam PT Pindad : “Sesuai dengan kondisi geografis, bobot tank dipilih tidak boleh lebih dari 30 ton”

            Pemerintah Beli Tank Leopard, Habibie: Pakai Dong Otaknya

            Jokowi ==> Presiden Republik Indonesia

            Pintar mana anda dengan orang diatas ???

            Percuma anda berdebat, buktinya terlalu akurat

            Saya akan mengulang – ulang pendapat diatas 1.000.000 kali

          • Silahkan ulang milyaran kali, tapi tanknya nyatanya tetap dibeli dan dipake di sini toh? Memang akan ada kendala dan kesulitan, tapi bukan tdk ada pemecahannya.

            Ambles? Ya jangan dipake di tanah atau permukaan yg daya topangnya rendah. Merusak jalan? Bisa memakai bantalan karet untuk mencegah kontak langsung antara track dgn permukaan jalan, hal yg sudah terbukti efektif oleh negara operator MBT modern lainnya. Dan lg kl beneran terjadi perang, apa masih mikir soal kerusakan jalan akibat dilalui tank?

            Semua kembali lagi ke strategi pergelarannya. Tinggal petakan saja sebelum dideploy, daerah mana yg cocok dilalui MBT dan daerah mana yg nggak bs dilalui oleh MBT. Jangan dengan dalih ambles lalu disimpulkan nggak perlu beli MBT sama sekali. Dgn logika yg sama, mestinya kita nggak perlu beli Kasel laut dalam spt Kilo dan Akula dong, krn sebagian besar perairan kita (terutama di Indonesia bagian Barat) merupakan laut dangkal. Tp nyatanya tetap dibeli toh? Krn ya tinggal dipetakan dan disiapkan saja rute pergelarannya.

            Jangan ngeyel terus, sekali2 upgrade dong pola pikirnya.

          • test drive gak cuma di jerman juga kok..klo mau check lihat aja di pusdikkav udah ada 4 (selain dua biji yg seing dipajang (yg dua biji itu mungkin skr ada d yonkav 8)).

          • saya yang awam dan oot mengerti kalau tank leo itu tdk ambles di jalanan, tapi sampai sekarang belum paham, supaya jembatan yang dilewati tdk ambles, seperti jembatan comal jateng, sekarang ambles padahal hanya dilewati kendaraan dng tonase maksimal 50 ton. Gaya tekan sangat kecil krn roda rantai,tetapi beban total pasti tidak berkurang diatas bentangan jembatan. itu yang saya belum paham. Barangkali Leo di Jawa hanya mampir saja,kandang aslinya ya di Kalimantan.

          • duh gk bisa masukin gambar dari hp

            yaudah googling aja leopard manuver di lumpur

            itu bisa bantu petani bajak sawah juga noh
            di lumpur aja hk kelelep masa di aspal kelelep

            kalo ane lebih milih truck fuso seharusnya ditiadakan
            sudah terbukti menghancurkan jalan
            dukung peniadaan truck fuso di Indonesia

            *maav kalo agak berbau debat kmaren ya

          • @andry andri
            test drivenya hanya di halaman pusdikkav saja, seharusnya di Labgab 2014, agar rakyat tahu, bila dibandingkan Malaysia, sebelum beli mereka Test Drive keliling Malaysia.

            @Pitik
            Betul sekali, ilustrasinya sama dengan timbangan beras

            http://3.bp.blogspot.com/-YideVmrbW0U/UGlCK7XoCUI/AAAAAAAABNY/3KwxJrVle-k/s320/cahaya%2Badil%2Bcb.jpg

            @Love INA
            coba anda balik, gambar Leopard njungkel / nyosop di lumpur juga banyak mas, di google aja mas.

            atau buka artikel tentang MBT leopard di forum ini gambar dan video udah ditampilkan

          • leo lanjutkan kalo bisa tambah lagi buat patroli perbatasan malay dan sinapor

          • Apa mungkin jerman membuat tank leopard hanya utk jalanan khusus ? Bisa2 nggak ada yg mau pake, krn tanknya hanya boleh dipakai di jalan khusus yg mampu menahan beban leopard, jd negara yg pakai leopard harus bikin jalan khusus dulu. sebelum perang jg harus bikin jalan khusus dulu ? tdk masuk akal! siapa yg mau beli ?
            Apa mungkin jerman bikin tank tapi berharap tdk ada yg mau beli ? aneh. Saya yakin, ahli2 jerman pasti ingin leopard jadi tank multimedia, bisa jalan dimana saja, krn perang tdk bisa pilih2 lokasi.
            Pak Habibie saya akui sangat cerdas. kalau beliau bicara mengenai pesawat terbang, saya pasti percaya 100%, karena beliau pernah menangani masalah keretakan pesawat di jerman, khatam hitung2an konstruksi pesawat, dan bisa membuat pesawat terbang. Tp saya juga percaya, belum tentu beliau tau semua hal walaupun beliau pintar bikin pesawat.
            Selama ini belum ada karya beliau di industri strategis melahirkan produk tank sekelas leopard. Kalau beliau pernah buat produknya, saya baru percaya.
            maaf, ini hanya analisa sederhana..mungkin sja salah..

          • Hai orang2 sipil tak perlulah otot2an masalah berat ringan nya mbt di jadikan perdebatan, bisa buang2 energi / anda termasuk antek2 asing yg tidak ingin indonesia kuat?/gimana?. Sudah lah serah kan saja pada ahlinya……..GITU AJA KOK REPOT……..

          • walau udah pensiun dari dunia peramblesan, boleh dong share foto yang lebih meyakinkan ๐Ÿ™‚

            http://imagizer.imageshack.us/scaled/640×480/543/80zc.jpg

            paving block atau aspal adalah man-made surface yang dirancang mempunyai daya dukung tertentu, sementara rumput adalah permukaan alami / tidak diperkeras / compacted, alias seadanya.

            perhatikan bahwa track bagian bawah masih terlihat seluruhnya, kalaupun ambles
            artinya sangat minimal…

          • Bung ROGER, …..
            Coba jawab pertanyaan aku mengenai tank kebanggan anda :
            1. Jika utk menghadapi si jaguh malaysia di sabah/serawak, kenapa penempatan ditaruh di jawa ?
            2. Jika menganut doktrin โ€œserangan kilat dan โ€˜tinju terkepalโ€™โ€, kenapa malah leopard ditebar ngecer ke 5 lokasi yg berbeda di jawa pula
            3. Jika yg dimaksud utk tot? tidak ada tot utk case ini. Apakah tot berlindung lagi sebagai โ€œrahasia negaraโ€
            4. Melihat rontoknya merkava n abrams dalam perang gerilya di palestin n irak, apa yg bisa terjadi dengan leopard di belantara kalimantan
            5. Jika yg dimaksud adalah utk perang kota, realustis aja saat ini apakah itu ancaman terbesar kita? Kebutuhan kita adalah kcr utk mengawal garis terluar kita. Tunjukkan disini mana kota diindonedia yg terancam perang kota bahkan dlm 10 tahun kedepan
            6. jika bung Roger beranggapan deploy Leopard 1 biji doankkkk masuk ke jalan aspal dan jembatan di Indonesia maka anda benar yaitu itu tidak ngaruh, … tapi bayangkan jika 100 unit leoprad 60 ton dalam waktu 2 jam ….. hmmm …..

        • setuju buat bung@melectech

          saya ada knalan seorang bloger malaysia. info nya kecelakaan tersebut murni human error alias kurangnya pemahaman dan ketrampilan dalam mengemudikan Tank tersebut. tank bukan lah mobil yang dengan mudah melakukan rem mendadak sehingga jika sebuah tank dengan kecepatan yang lumayan kencang jika melakukan monuver atau pun kecepatan maximal sama saja seperti kita duduk diatas bongkahan batu besar.

          salam

          • betul bung telik sandi rumah di bangil deket beji markasnya leo sebelum leo datang pun jalan pada rusak semua rusak karna truk proyek tol gempas gempol-pasuruan jadi leo jangan jadi sasaran yg ngrusak jalan belum truk2x antar pulau yg notabene nya berat nya mencapai 75 ton lewat capk dg para lsm2x antek asing

        • jangan diperdebatkan LEOPARD bukan mobil ferarry yang harus mondar mandir di jalan, tapi anda bayangkan untuk kondisi di medan perang….dan perlu diingat…TOT yang didapat indonesia. Gitu aja kok repot

          maaf komentar orang pedalaman

          • Melektech
            Nama lo gaul tapi otak di dengkul.dari tulisan lo yg cuma bisa copas
            keliatan bahwa otak lo bebal.yg
            bikin aja bilag ga pa2,lo bilang ga cocok.emang bung luketech taatan apa??

        • Anda jg suka ngawur bung kalo jawab, ambles ga ambles bukan masalah bobot, cman anda nanti kalau dijelaskan pake bahasa teknik ntar anda bilang pake bahasa yang merakyat donk.hehe..

          • Presiden RI Joko Widodo
            Bpk Habibie
            Letkol Kav Otto Sollu
            Mayor (Inf) Setyo Wibowo
            Direktur Operasi Produk Hankam PT Pindad

            Tolong jelaskan ke mereka saja mas…..he….he…..he

          • Memang pak jokowi tau daya dukung tanah? Memang pak habibi ahli tanah? Stephen hawking pun ga lebih pintar dari dosen2x yang menekuni mekanika tanah atau petani yang nanam padi. yang dimaksud pak letkol mbt bkn dipakai lalu-lalang di jalan umum karena memang bisa rusak jalannya tp kalo disurh lewat sawah buat perang ya lewat aja ga peduli ngacurin apapun yg dilewati. Tapi bung melec memamemang lebih pintar dari kita2, pintar ngawor hehee

          • Tolong di jelaskan ke anak mahasiswa yang baru lulus SMPTN dan lagi belajar mekanika dan struktur tanah tentang teori amblesiah, kalo ga pada ketawa semua, paling mereka bilang ko beda sama buku ya? Ya iya bedah lah kan teorinya dari teks book ilmu komunikasi. Haha

          • Memang pak jokowi tau daya dukung tanah? Memang pak habibi ahli tanah?

            dibanding sama siapa ?

            Jelasnya Jauuuuuuuuh lebih tahu dari anda bukan ?

            Bikin Pesawat jauuuuh lebih sulit dari TANK

            http://cdn.funkidslive.com/wp-content/uploads/2014/06/Aircraft-Landing-Gear.jpg

            Pesawat N219 didisain bisa mendarat di Landasan perintis, tidak semua Ilmuwan pesawat bisa, disana segala ILMU PERTANAHAN KELAS WAHID dipakai mas

            Saya sudah tunjukkan bukti dan fakta

            Kalau anda “0”, hanya komen gitu aja,

            jadi yang ngawuur siapa ??? anda khan……

          • hehe, dari sini semakin jelas memang anda tidak tau ilmunya, memang anda ahli ngompor aja. ya mau dibilang apa lagi, berdebat sama orang yang bandingin sulit sama yang lebih sulit. coba bung tanya sama orang yang paling ahli dinegeri ini di satu bidang apa dia tau semua ilmu yang lain diluar bidangnya? kalo dia bilang dia tau udah pasti di bukan ahli dibidang itu, tapi udah pasti dia ahli ngecap alias ngebacot..hehe

            oh yah..bole tau bung lulusan mana? saya sih lulusan dari yang abal2 sih cuman belajar juga. hehe..wow hati2 mas bilang saya nol besar, anda mau saya bawa kenalan ke ahli2nya di indonesia ini? ga usah pak habibie deh..beliau terlalu pintar..:)

            saya mau tanya kira2 kenapa gedung 50 lantai bisa di bangun diatas tanah jakarta? sebentar lagi menara astra yang lebih 100 lantai akan dibangun diatas tanah jakarta? kira2 kenapa mas? bisa menjawabnya? kenapa tidak amblas tuh gedung2 bung melek? gimana engineernya bisa buat itu mas?

          • http://cdn.funkidslive.com/wp-content/uploads/2014/06/Aircraft-Landing-Gear.jpg

            ini gambar untuk apa? hehe..ya memang anda ahli lah..mungkin ahli komunikasi.. tapi gambar anda ga ada artinya ๐Ÿ™‚

          • tapi saya penasaran sih bung @melek, kenapa mobil F1 tidak terbalik biar lari 200km/jam di tikungan tajam? tolong bantu mas kasi jawaban, saya dari dulu penasaran.

          • “ILMU PERTANAHAN KELAS WAHID” maksudnya ilmu pertanahan apa yah mas yang berhubungan dengan roda2 pesawat itu? ilmu tanah? ilmu jenis2 tanah? ilmu bercocok tanam di tanah? ato apa mas? jurusan apa yah mas? sekolahnya dimana mas untuk belajar “ILMU PERTANAHAN” itu?

          • Tanya Kenapa??? pesawat bisa terbang, Kapal induk ribuan ton bisa mengapung, Pesawat atariksa bisa menembus atmosfer, kapal selam bisa tenggelam dan muncul kepermukaan, roket satelit berton2 bisa terbang ke angkasa, truknya tambang freepot klw ada isinya berapa ton yaah, klw tank 60ton + udah setting kondisi tropis oleh engineer german, ntar ambless tuhh tanah. (Maaf bukan spongsor rokok).

        • mungkin karena kebanyakan Orang2 kita menyebutnya Leopard ini “tank berat”. sehingga menyebutnya tidak cocok dioperasikan di negara kita, padahal sebenarnya lebih klop klo disebut TANK UTAMA ๐Ÿ™‚

        • Kenapa capres no 1 ngotot bahwa leo tdk cocok di indonesia
          1. Jika kita operasikan leo akan meminimalisir kekuatan si upil di darat di bandingkan jk hanya menggunakan amx dan scorpy
          2. Itu adalah titiah kanjeng mami….sadar ngk sinch kenapa kanjeng mami obral aset2 strategis kita kpd si upil, pertanyaannya, ada apa antara kanjeng mami dgn si upil ????…
          3. Capres no 2 adalah anak pungut kanjeng mami dan sangat di dukung asing dan aseng ( upil). Jadi, apakah korelasi antara kebijakan kanjeng mami dan anak pungutnya???? Jawab aja sendiri…

          • Terus Bpk Habibie, maminya siapa ?
            Letkol Kav Otto Sollu, maminya siapa ?
            Mayor (Inf) Setyo Wibowo, maminya siapa ?
            Direktur Operasi Produk Hankam PT Pindad, maminya siapa ?

            kebalik mas, Capres No.1 pendukung Leopard, dan kalah, sayangnya saya pendukung beliau

            Tapi Khusus Leopard saya dukung No. 2, karena benar, dan Infonya dari para Ilmuwan terkemuka Indonesia, dia juga seorang Insinyur juga khan. UGM lagi

            makanya hitungan diatas DIKETAWAIN sama beliau dan juga PAK HABIBIE

            he….he…..he

          • Apakah mahasiswa fakultas kehutanan diajarin ilmu mekanika wal khususon pengaruh bobot tank thd tanah yg dipijak? Apakah mahasiswa tehnik diajarin nyuntik pasien? Apakah mahasiswa kedokteran diajarin caranya kawin suntik pd sapi? Maksudnya, setiap orang kebanyakan ahli dibidangnya masing-masing. Sangat jarang orang ahli diberbagai bidang, atau bs multitasking. Jd semua serahkan pd ahlinya, tinggal ahli tsb punya kompetensi atau tdk, sll update ilmunya atau tdk, biar masyarakat yg menilai.

          • Salam Bung Melektech, piss sebelumnya kayak yang dulu2, biar tidak di katakan jebolan forum sebelah.
            seharusnya sampean itu harus menerima real/fakta yang ada, jangan copy paste teori.
            apa teori yang sampean babar itu 100% bener. sekarang lihat fakta, tank sudah ada di indonesia. sekarang jalan yang rusak, jembatan yang ambles karena leopard mana?

          • @ Ekki
            Anda bisa mencerna Teori Pijakan di atas bukan ?
            kalau anda bisa apalagi, Pak Habibie yg lulusan Jerman dan Pak Jokowi yang lulusan UGM ?

            @Penginapan
            Saya ngak pernah copy-paste teori, justru andalah yang gituan, dengan mudah percaya tentang “Teori Pijakan”, saya adalah kontra bukan pro, kontra berarti jauh sekali dari copy-paste

            Piss = Kencing ???

          • Bung Melektech saya nggak bahas tentang teori pijakan lo ya, sampean sendiri yang nulis tu di komen sampean. saya bicara real nya, tank nya udah datang di indonesia. sampai sekarang nggak ada berita tentang jalan ambles atau jembatan ambruk dilalui tank leopard di indonesia.

          • mohon yang pake nama mbah bowo palsu yang sopan, jangan pakai nama saya, mohon admin nya blokir nama tersebut karena yang bersangkutan berkata tidak pantas.

        • Yg jelas Leopard tidak akan merusak jalan. kan ada rubber padnya bung.
          kalau mau lihat2 alat berat sampai 80 ton tapi baik-baik saja selama ini coba main ke Trakindo Utama, United Tractor, Hexindo Perkasa bung.
          Disini banyak alat berat dari 12 ton – 100 ton. justru dengan track type ini lebih aman.
          kalau mau beli lagi diskon nih, tersedia Off Highway Truck, Articualted Dump truck, Excavator, Dozer, Loader maupun Grader.

          • percuma mas, bukti terlalu banyak, tolong tanya mbah Google saja

            atau kembali ke Artikel sebelumnya, sudah ada FOTO dan VIDEO

          • anda ngotot bukti sudah banyak, sekarang saya tanya mana bukti jalan yang rusak, jembatan yang ambles karena leopard di indonesia? leopard datang di indonesia tidak terbang lo bung!

          • bung melektech kalo anda bilang terlalu berat dan anda liat bukti di video, saya mengalami nya sendiri, setiap 3 hari sekali saya kirim muatan dari jakarta ke surabaya menggunakan tronton tidak kurang 62 ton muatannya. Makanya jangan asal teori aja. tepatnya nama anda bukan melektech tapi bung melete (sok dlm bhsa jawa). Betul kata bung Satrio , cuman teori aja sok2 mlintir. emang leopard nya mau jalan2 jakarta-surabaya tiap hari… weleh2…. ini namanya keminter (sok pintar) bukan pinter.

            kalo masih ga prcaya ayo ikut saya kirim muatan gimana?

          • Wow ganti lagi nick namenya.

            jangan jadi …….Pengecut bung…padahal orangnya cuma satu

            anda salah lagi………..Leopard datang melalui kapal laut bang…bukan terbang…..ha…ha….he…he.

            anda salah lagi……anda ngotot…..mana bukti kalau Leopard TIDAK merusak jalan ???

            Sudah hampir 1 tahun 2-unit Leopard di “umpetin”, padahal ada Labgab 2014, tunjukkan dong pada rakyat.

            kalah jauh transparansinya dari Malaysia yang Test Drive Dulu PT-91 Pendekar di hadapan rakyat SEBELUM BELI

          • wah ternyata pemikiran anda nggak se level nick sampean bung melektech. nuduh orang sembarangan gonta-ganti nick, ip saya asli bung nggak pakai proxy!
            satu lagi kelucuan sampean. sampean ngerti apa belum tentang tata bahasa dan tanda baca? mohon koreksi lagi komen saya di atas. sekarang yang pecundang siapa hayo?

          • Pinter banget bung yang baru melek tech ini. Gmn proyek pkrnya bung? Ngurusin apa sih disana? OB? Hehe

        • bolak balik yang disinggung Pak Habibie terus
          ini jawaban saya terdahulu

          Satrio says:
          March 31, 2014 at 11:50 pm (Edit)

          jangan dikira pembelian Leo,Grob, Bremen dll sekarang ini tidak menggunakan loby dan conection dari pak Habibie,,ingat pak Habibie sangat dihormati di Jerman bahkan mengantongi Kewarganegaraan kehormatan dari Jerman,
          Tante merkel sangat percaya kepada pak Habibie berkaitan dengan info tentang HAM dan kondisi ekonomi Indonesia dan Tante merkel tidak dapat ditekan oleh kekuatan dari luar negeri

          Yang patut Dicermati kenapa Pak Habibie bersuara keras mengkritisi pembelian Leo tersebut
          Analisa saya MUNGKIN ADA wewenang yang dilanggar oleh pemerintah berkaitan dengan menggunakan jalur dan loby dari pak habibie,,(dilewati),,sehingga pak Habibie berang,
          Jangan beranggapan pak Habibie butuh angpao/komisi dan semacamnya karena pak Habibie sudah cukup dengan penghasilan dari Royality hak paten beliau yang dipakai oleh perusahaan penerbangan Internasional seperti Airbus dan Boeing,tentunya hak paten teknologi dunia penerbangan tidak murah seperti royality hak patent menemukan teknologi becak
          ———————————————————————————————————–
          Kalau pak Jokowi itu adalah program debat capres yang saya kira bahan untuk menyerang musuhnya yang alumni dari matra darat,,
          Saya yakin pak Jokowi mendapatkan info yang keliru hanya untuk sekedar beda dan mempunyai pemikiran yang lain dari musuhnya,,
          Dan jawaban dari pak PS kan sudah jelas biar ahlinya/user yang tau dan memutuskan,,
          Kalau ditanya pintaran mana team pembisik pak Jokowi dengan user,? saya yakin lebih tau kondisi saat ini adalah usernya yang dibutuhkan oleh USer dalam mengawal NKRI.,
          Karena kondisi sekarang ini didalam internal pak Jokowi sendiri banyak yg protes dengan statemen2 beliau yang tidak dikonsultasikan dulu diinternal ,
          misal wacana menteri non parpol diprotes oleh PKB dan Puan maharani sendiri,,karena belum dikonsultasikan kok sudah diumbar dimedia, dan pak Jokowi pun sekarang kalau ditanya masalah itu malah..ngeles
          banyak kepentingan kelompok di internal pak Jokowi,, dan leopard adalah salah satu kepentingan kelompok tertentu di internal beliau,,karena bu mega sendiri dulu dalam memerintah lebih menuruti keinginan user

          Kalau pak Mayor (Inf) Setyo Wibowo itu sedang melakukan unggah ungguh atau kulonuwun kepada pemda setempat sebagai markas marder. maksutnya akan berkordinasi dimana saja jalan setempat yang mampu dilewati dan tidak mampu dilewati oleh marder dalam rute deploy marder agar nanti pemda menyesuaikan kualitas jalan agar mampu mendukung proses deploy marder menuju medan tugas,,
          Kalau sudah dimedan tugas apalagi dalam kondisi perang masalah ambles tidak dipermasalahkan,,

          Kalau statemen Direktur Operasi Produk Hankam PT Pindad : โ€œSesuai dengan kondisi geografis, bobot tank dipilih tidak boleh lebih dari 30 tonโ€
          Untuk pasar terbaik pindad saat ini dalam menentukan jenis tank yang akan diproduksi agar terserap oleh user dan kondisi kemampuan pindad sendiri yang belum pernah memproduksi Tank adalah Tank medium berbobot 30 ton,,
          Kalau produksi langsung MBT ya Pindad sendiri belum mampu,,,dan yang paling banyak dibutuhkan oleh user saat ini memang tank Medium untuk mengganti semua tank Tua yang ada di semua yonkav ..Jadi itu bahasa produsen dan promosi

          Kalau semua diplintir untuk menguatkan argumen yaa akan menimbulkan multi tafsir ,,

          Imho

          • mantabz pencerahannya bung satrio :mrgreen:

          • hehe itu namanya juga plintiran bung sat.. penjelasan may.infantri sama yg pt DI, kalo nggak diinterpretasi macem2 maksudnya kan sama ama yg melektech utarakan. nah yg diutarakan bung sat, yah interpretasi subjektif juga namanya. soal yg bener mana yah cm yg ngomong yg tau,, kalo saya mah biar ambles tetep pengen punya leo.

          • Ribut aja

          • penjelasan yg sejuk sekali bung satrioo

          • jadi inget waktu cari oli bekas di trakindo rungkut surabaya. tu baghoe segede gaban jalan di depan komplek kantornya yg beraspal kok gak papa ya? trus waktu tu baghoe lewat ke jalan umum depan kantornya kok mbekas diaspal ya…seperti bekas traktor sawah pake roda besi lewat di jalan aspal

          • Sangat jelas kedewasaan bung satrio, salut buat komennya yg halus tp mencerahkan bung…. saya berharap ada kesantunan yg dijaga disini, toh kita bangsa yg berbudaya agung..

          • Silahkan ngakak bung sebelum ngakak dilarang…..he…he…he

            Kalau keliru maka yang konfirmasi adalah pak jokowi sendiri, bukan anda ???
            tolong tunjukkan konfirmasi dari pak Jokowi…………………….

            Link ==> tidak ada hubungannya dengan Leopard, gimana ini mbah ???

            dan ngak bisa IP dijadikan patokan bung, ingat di artikel lalu yang ngebahas ini….

            dan adakah konfirmasi dari pak Habibie ? sama dengan pak Jokowi di atas

            dan memang harus malu bung, dan karena membawa almamater tambah malu

            Pessing mbah……………….

          • tak sendakep tangan siji ae…sing siji karo nyekel aliss….mikir-mikir iki sing nyerocos amblesiyah bnr ngerti temen opo sok-sok an yo???? hehehe…..
            klo sy ini kan orang awan ya bung satrio….. jd mencoba mengunyah info2 yg ada dengan baik2…. tp sy salut dg bung satrio….sanggahannya mendidik&mencerahkan.
            ilmu lagek sak titik tp gemede yo repot, soale wes gawan bayi iku….coro suroboyo iku jarene arek kemencukk yo bung satrio…hehehehe

            salam hangat bung satrio

          • penjelasan yang mantab dan menyejukkan bung satrio..

          • Superb sekali penjelasan bung satrio…cerdas, jelas dan tentu saja dgn kepala dingin sehingga tanpa hrs menghujat dan sumpah serapah…

          • Kalo yg menjelaskan orang rheinmetall dikatakan promosi tp kalo yg menjelaskan orang pindad (sama sama perusahaan/industri militer) khok bukan dikatakan promosi jg? Ingat, kebenaran absolut hanya milik Allah semata!

          • sudahlah bung satrio, bung melektech nggak usah di kasih pencerahan yang secerah-cerahnya. percuma bung nggak tambah terang, malah tambah kelabu, heheheheh
            komen ane aja di sanggah di luar dugaan ane,,,hehehehehe ngakak gua

          • mohon jangan pakai nama saya dengan berkata tidak pantas

          • nah kan..ndan Satrio kluar jrus kanuragan ny.. ๐Ÿ˜€
            mantep..padat,,jelas,,,berisi

          • Sabar bung Satrio,…kita semua tau mana yang baik dan yg buruk buat TNI, makanya dari dulu usul saya dilaksanakan saja.silahkan yang dukung Leo naik, yang pengen tank ringan yo naik. Diadu dilapangan, ketauan yang ngompol siapa…colek bung sarkem,buat ngatur acaranya…he3

        • Jangan kuatir bung saya sudah melihatnya 1 Juta kali jauh sebelum gembar gembor leopard2.

          termasuk Tank T-80 yang “mandi lumpur”, coba saja cari….he….he……

        • Idem bung melektech…..

        • maunya MBT odong odong , sepeti bus trans jakarta ???

      • Aksi ugal2an,,jgn d tiru d rumah.medium sperti ini pke ban mati ya,klw tubles repot dongkraknya,apa lagi pke ban dalam d tengah hutan siapa yg siap genjot kompa ??

      • Terlepas sudah dibeli, masalah leopard, kekuatan jalan itu memang masih debatable. Logikanya kalo sekali dua lewatnya di jalan tertentu yg mungkin kuat. Paling aman mestinya beberapa lama emang di coba di banyak jalan di Indonesia, dipilih jalan yg kekuatannya rata2. Kedua, gak cuman jalan, di Indonesia banyak sekali sungai otomatis banyak jembatan. Banyak jembatan jika putus, akan memutus total akses ke suatu daerah. Bagaimana jika perang, alat berat gak bisa menyeberang? Pertanyaannya, apa berani tuh tentara bawa leopard lewat jembatan-jembatan di Indonesia jika tidak ada jaminan kuat? Memang ada jembatan portable, tapi kan terbatas kemampuannya, gak bisa lewat sungai yg lebar. Itu akhirnya menghambat mobilitas tank tersebut maupun alat berat lainnya. Masalah pokok ekonomi Indonesia adalah infrastruktur yg sangat buruk dan seperti siput perkembangannya. Akibatnya dalam bidang apapun akan menghambat, termasuk perkembangan alutsista jadi terhambat juga karena infrastruktur. Jadi bukan masalah butuh MBT apa gak, permasalahannya siap apa gak? Kalau masalah butuh, jangankan MBT, semua alutsista canggih dibutuhkan oleh negeri seksi seperti Indonesia ^_^

        • semoga ada konvoi leo 2 di daerah saya bung. di daerah saya ada jembatan panjangnya 100 meter. kira2 leo 2 jalannya berendeng atau satu2 ya (satu jalan dan sesudah sampai diseberang baru dilanjutkan dengan unit lain). jika satu leo panjangnya 10 meter jika konvoi berjarak 10 meter akan ada 5 unit leo 2 atau setara 310 ton. kuat gak ya ? jadi penasaran.

          imho, leo 2 adalah penggentar dan jiran pasti berpikir seribu kali karena tanah mereka layak untuk dijamah leo 2. saya yakin tidak ada jembatan yang rontok jika leo 2 lewat di daerah red dot dan kanguru.

        • @Sontoloyo dan @ alugoro , bagus sekali jawaban anda dan setubuh bung…………….

          Saya juga mendambakanya, 50 leopard2 berjajar di SURAMADU, sebagai pembuktian di hadapan rakyat dan juga pembuktian kekuatan Jembatan.

          dan betul sekali Leo2 akan (hanya sekedar) menaikkan pamor Indonesia di mata dunia, terutama akan MENAIKKAN RANGKING FIFA kita di dunia.

          Saya sendiri banyak sekali teman kontraktor, rata-rata mereka akan “memanipulasi” kemampuan bangunan, karena memang praktek di lapangan memang begitu.

          40% dana habis untuk ngurusi “ADMINISTRASI”, jembatan 500 ton terpaksa diturunkan hanya 200 ton, atau Jalan berkemampuan 200 ton terpaksa diturunkan jadi 50 ton saja, GILAAA bukan !!!

          Itulah Indonesia…jreng…jreng…jreng………jerrreng

          • ku rasa kuat bung melek, bila hanya 50 mbt buat jembatan sepanjang 5 km lebih….
            kecuali naruhnya ditumpuk 50 biji ke atas tuh mbt… ๐Ÿ™‚
            krn setau ku saat di proyek sipil, yg di hitung adalah beban per satuan luas (misal 40 ton/mm dll)….
            contohnya dermaga tempat saya kerja, desainnya untuk 40 ton, panjang dermaga 240 meter, tp setiap hari ada 10 sampai 20 truk muatan 30 ton diatasnya ga jebol lho bung melek…. hehehe…
            kasus cara perfikir jkw ini sama dengan yg saya alami ditempat kerja…. yg nyimpulan juga sama… waktu itu menejer, klo skrng presiden.
            begini ceritanya…..
            krn dermaga sering penuh sesak antrian kapal akibat dr proses muat yg lebih lambat dr pada schedule…
            truk yang mengangkut barang hanya truk yg bisa muat 30 ton…. target yg dapat dimuat perhari adalah 2000 ton, jadi butuh berapa truk per hari? ya kurang lebih 67 truk…. maka krn banyaknya truk yg bolak balik dan antri utk dimuat barangnya menjadikan tambah semrawut…hehehe…
            maka kmi usulkan utk memakai truk tronton/trailer yg bisa muat 50 ton supaya lebih cepet dan tidak semrawuk… hehehe… taukan 2000/50 kan cuman 40 kali dl sehari…..
            apa jawaban sang manejer…. “tidak bisa karena jembatan kita hanya 40 ton kapasitasnya!!” serunya dengan kuasanya….
            dah dijelasin juga… seperti ilmu nya SALES kata bung melek.. klo truk bisa rodanya 10, klo trailer kan rodanya 22, jd tumpuan tiap rodanya jd lebih kecil…..
            tetep aja mbalelo… menejer…..”klo dimari… presiden… macem dewa” … karena tdk diterima.. ya batal deh…
            4 bulan kemudian, orangnya resign….
            bos baru… rencana diajukan lg…. dan disetujui….
            endingnya sampai sekarang di pakai yg 50 ton yo ga masalah tuh bung melek…. ini kejadian di 2011 lho… dan dah jalan ampe sekarang….
            jd kesimpulanya kurang tepat bila merusak jalan… hehehe…
            maaf analisa buruh …..hehehe

          • Nah itu dia bung melektech. Kalo sakit gigi sampe tobat2 terus giginya di copot semua biar ngga sakit gigi lagi. Apakah hal itu benar menurut anda?
            Kalo anda tau leo ngerusak jalan karena pelaksana pembuat jalan yang menyalahi bestek, masak leo yang di salahin. Terus ngga usah beli ato kadung beli nanti di lelang di haji sukri. Apa seperti itu penyelesaiannya?
            Keliru bukan? Karena anda orang yang berpendidikan, maka anda pasti tahu jawaban yang terbaik dalam masalah ini.

          • Namun ya bagaimana lagi bang. Leopard 2Ri memang perlu kita punya je. Biarpun cuman 100 biji ya nggak papa. nanti lanjutannya kita pakai Medium Tank PINDAD dg FNSS. dan sebagai pembayar npwp tiap bulan saya sangat setuju sekali. Semoga 400an AMX jadul segara di ganti dengan Medium Tank rasa Indonesia secepatnya.
            Sebagai pendukung Leopard di AD saya tetap tidak masuk dengan penjelasan apapun dari bung Melektech. Ya mohon maaf 7th di industri alat berat belum pernah ngalamin amblesiah jika lewat jalan raya. Lha wong di tanah saja kita lancar2 saja. apalagi di jalan aspal, bakalan ngebut.
            Bahkan untuk track type ada tipe low ground pressure yang biasa dipakai di lahan gambut untuk buka lahan sawit. Bentuknya mirip-miriplah dengan punya Leo. Namun memang belum ada yg bisa berenang di sungai kayak Leopard kita.
            Say No to Ambles..he..he, peace bung

          • Usul bung admin, kalau Leopard dateng rame-rame mungkin warga JKGR minta ijin untuk naik Leopard konvoi di jalan. buat ngetes ambles nggak ni jalan.

            Kalau aspalnya ngelupas ya wajar wong tracknya dari besi.

            Tapi kalau dibilang ambles, saya yakin tidak akan. lumayan buat acara gathering di markas di Jatim.

          • Rencana Pa Jokowi Leopard akan diganti dengan kebanggaan beliau yang langsung menaikan pamor beliau dari Walikota jadi Gubernur dan mau jadi Presiden..yaitu “ESEMKA”..semoga aja terlaksana…

          • waduh, bung freaxout penjelasan sampean terlalu jelas!
            kalau masih ada yang belum jelas, silahkan hubungi dokter terdekat.
            heheheheheh

      • bingung ma yg debat leo..
        apapun sangkalan yg ditujukan buat leo,, saya mah tetap bangga Indonesia skrg punya MBT,,
        ga cuma tank kelas ringan.. -__-

        klo mslh MBT bisa dihancurkan dgn strategi ini itu,, apalagi yg tank ringan..
        jangan berfikir dgn menggunakan alutsista yg biasa aja bisa menang klo strateginya bagus,,
        harusnya berfikir strategi bagus, alutsista pun bagus..

        lama” ntar ada yg mikir hawk bisa menang lawan su-35 klo strateginya bagus.. -__-“

      • cerita aja. cmiiw.
        dulu di jepang sering bis dan truk terguling saat belok/maneuver–> ternyata dipengaruhi arah resultan vektor dan sentrifugal–> solusi: ban belakang di dobel.
        kapal induk amerika dengan luas 4xlap bola tidak tenggelam/miring–> didalamnya didapatkan piringan besar dan berat berputar vertikal untuk melawan grafitasi dan tetap seimbang.
        pesawat penumpang–> bawahnya dibuat kosong sebagai airbag mengurangi benturan saat mendarat mendadak, kecuali kalau yang jatuh hidung pesawat dl.
        tank–> dulu rodanya pakai ban tapi karena sering terjerembab di lumpur dibuat rantai agar dapat melintasi berbagai medan. pembuat tank juga memperhitungkan bagaimana jika dipakai di jalan perkotaan dengan salah satunya memberi bantalan karet dan membagi berat tank sesuai dengan kemampuan daya jalan. berat yang ditanggung jalan berbeda saat tank jalan dan diam. teknik pengaspalan juga mempengaruhi. jalan nasional akan dibuat beton semua karena lebih menguntungkan.
        pesulap–> tidur diatas dipan yang terdapat banyak paku dan rapat—>berfungsi sebagai safety dan efeknya lebih kelihatan ngeri. berat tubuh tertopang dan terbagi rata. andai cuma 1 paku pasti tembus kl gak py ilmu kebal.
        yang patut ditanyakan standar jalan indonesia sudah memenuhi? kena hujan dan panas aja sudah merekah. kl jalan indonesia sesuai standar pasti nggak rusak dilewati tank.
        MBT leopard perlu sebagai pemukul cepat dan handal. tank ini bisa menyelam juga jika jembatan gak bs dilewati. lebih banyak manfaatnya daripada mudharatnya.
        bangsa lain akan menghormati kita jika tentara kita mempunyai alusista modern.

      • sudahlah kita di warjag jgn sling bertengkar,junjung tinggi persatuan,bung mele memang berat mbt leo terlalu berat dan bisa menghancurkan jalan tpi kita sudah terlanjur beli,mngkin bisa dipindahkan tempat nruhnya seperti diperbatasan kalimantan,dan anda sya harapkan jgn trlalu mendewakan pak jokowi krna dia jg mnusia biasa bsa aj salah,soal ambles atau tidaknya msing2 punya argumen bung, yg pasti klo terjadi perang bukan soal merusak jalannya yg dipikirkan tp strategi perangnya,dan tnpa ada keraguan leopard jlas tangguh dan unggul dri tank pendekar malay……..

    • Iya ya bung MIRZA kok bisa ya??
      Medan yang dilalui nampak datar” aja padalan..

    • Ja ilah kalo komeng ngga di pikir. Tengok sana youtube. Lha wong leo bisa nembak sambil jumping. Kok ngga boleh ngebut. Dan banyak MBT yang bisa. Saking ajah

    • tank leo berattnya 60 ton, wahhh ambles tuh !!!!!
      kapal HMS Daring inggris beratnya 7500 ton, wahhh tenggelam tuh!!!!!!

      kenapa. !!!
      karena 60 ton terbagi dengan 52 titik beban di rantai roda kiri dan kanan,jadi gak bakal ambles,cuman bikin aspalnya lecet dikit doang,ntar lecetnya di kerokin mami megatron juga sembuh,,

      kenapa..!!!
      kapal beratnya 7500 ton gak tenggelam, karena juga panjangnya 150 m, coba aja panjangnya dibikin 20 m aja tapi dengan berat tetap,,, gkgkgkg.yo klelep bro. ape ngopo,nyuruh megatron nyelamin bangkai tuh kapal,

      piss = peace = damai, bukan kencing seperti yg tertulis diatas

  2. nomer loro

  3. hohohoho…..

  4. Affirmative ๐Ÿ˜ˆ

  5. bannya pecah kali ya?….

  6. Bahahhahahahaa

  7. Untung pindad tidak memakai fundamen dari tipe ini. Padahal pengembangan versi amfibi dari dasar m113 ini dirupakan tank arisgator (cmiiw). Makin nyata setelah pihak biro desain rusia mengundang pihak kita untuk meninjau desainasi mereka tentang tank medium. Paling tidak ada 2 kemungkinan, panser amphibi tipe bumerang dan tank t90ms rasa t-95 modifikasi. Persis leopard 2 ri evolution. Lebih hebat lagi tank mbt yang bisa amphibious..weh..weh…

    • Kita ambil mahzab tank ga boleh lebih dari 2,5 meter maximal tinggi utk minimalisir terguling itu dan minimalisir kena ATGM. Kanon di 105 mm kerena utk standart medium tank yang maksimal 30 ton, meski sebenarnya saya lebih suka medium tank kita pakai kanon 120 mm, karena tank ringan AMX 13 yang retrofit punya kita aja meski tonase cuma 14 ton pakai canon 105 mm. Yang pasti kendaraan jika di buat lebih rendah lebih stabil di kendarai dalam kecepatan tinggi karena terpaan angin pun kecil….hehe…salam hangat bung blaze.

      • Salam hangat juga bung Gunung Jati. Dulu sempat terfikir kalau penawaran fnss setara paling tidak dengan keluaran pabrikan ottokar bung ,yaitu tank altay. Tapi memang menarik kok bung penawaran dari biro desain uralvagonzhavod tentang tank medium yang anehnya ditolak kita. Oh ya, bung diego mengangkat berita ini mengenai apa ya? Dalam foto jelas ini konvoi pergerakan. Rombongan ini akan dideploy ke mana ya? Salam tabik bung Jati.

  8. 8

  9. Mungkin tank yang bisa akrobat seperti ini yang disukai para pembisik “no mbt” .. hehe

    • betul bung ghi. Mungkin memang yg dicari spt ini, nggak akan ambles karena rantainya menghadap atas…hehehe….
      maaf, bercanda…jangan dianggap serius…hehehe…

  10. Andaikan sampe duel dengan tank leo kita, bisa – bisa jungkirbalikan tuh barang gara – gara kabur kebirit birit…

  11. kok bisa ya????
    mungkin pengen ikut sirkus,,makanya jungkir balik..
    hehehehehe..

  12. woalahh. jan sakne rek laskar hentak hentak bumi

  13. Bung Diego…gambar diatas jenis tank apa..?

    • ACV 300

      • yang joint ma turki yah bung ghi?

        • Bung Andri, pindad dan user mau yang mana ya? Dari gambar2 kayaknya nggak seperti ACV ya. Apalagi ada contoh ACV terguling tanpa ada musuh dan tanpa selokan atau jalan miring/naik .. hehe. Kalau saya lebih suka yang silhuete nya rendah .. hehe

          • betul bung, semakin rendah , semakin kecil kemungkinan terguling nya, di samping itu semakin kecil juga jadi sasaran tembak musuh,,

            titik berat atau titik resultan gaya suatu kendaraan ,harus nya diperhitungkan, semakin tinggi body nya semakin tinggi juga sudut titik resultan nya, sehingga semakin tinggi juga kemungkinan terguling nya, utk mencapai kecepatan maxsimal, harus nya seperti F1, semakin rendah body nya, sehingga kecepatan bisa semakin tinggi, karena titik berat nya memiliki sudut yang rendah,,

            tikungan tajam dan tekanan angin pada kecepatan tertentu juga bisa mempengaruhi, daya guling kedaraan ditambah ketemu lubang kecil, body tinggi dan kecepatan yang max,, sangat memungkin kan seperti kejadian di atas,

  14. lha tank mainan gw kecil doloe waktu nabrak dinding bisa berdiri kembali? hehehe.. yah, innalilahi ajalah utk tentera alay sprt itu moga2 tdk pernah ada kejadian dimari..

  15. Salah injak pedal gas kalee … Mo ngerem mendadak ada kucing lewat …
    Bung lare sarkem tank AMX kita bisa jumping ga ya?

  16. wadooohhh jumpalitan ni ACV 300 malaysia…

  17. bang nkri..
    ane dipastiin mleset kalo ngepost panjang2, sori yah ente yg ngejar post ane ๐Ÿ˜€
    n ane bukan ahli..

    ifv ato acv 15 adnan sonora..punya bobot 14 ton dng siluet tinggi plus turet, perkiraan ane salah atu treck nya kena lobang ato gundukkan disertai kecepatan yg pas maka akan mampu ngelempar adnan kesamping ato mungkin juga melakukan manuper ato tikungan tajam dng kecepatan tinggi bisa juga ngelemparnya kesamping..
    ntu semua kagak berlaku di tenk yg punya bobot lebih besar n siluet yg rendah kayak leopard..
    cemiyuuw..

  18. moga moga pindad kalau jadi pakai platform acv 300 yang pakai roda 6.. kalau 5 yg seperti di atas mudah terbalik.. sama seperti amx 10 yg mudah terbalik..

  19. Innalilahiwainnailaihi rojiun..!!! Semoga arwahnye diterima disisiNYA…!!! semoga jadi pelajaran untuk negeri ini pada umumnye dan TNI khususnye…!!!

    ….NKRI HARGA MATI…

  20. Absen aja dah..

  21. Izin gabung dimari ndan..
    Walaah leopard kita baru dateng dikit aja udah kebalik tu punya doi, gimana kalo udah dateng semua hahaha..
    Tp tetep innalillahi ya buat yg meninggal saat bertugas

  22. Turut berduka cita..semoga keluarga korban bisa diberi ketabahan

  23. Innalillahi winailaihi rijiun.., lumayan ngurangi saingan..

  24. Makanya jng sok pintar:-) gak lulus SD uda daftar jadi mahasiswa…
    Belajar yg rajin…..
    Belajar naik kuda dulu,baru sepeda motor,trus mobil,kalo da fasih….
    Boleh deh kebut kebutan dengan tenk:-)
    Sorry cuma itermezoooo

  25. Wow… kenapa pak cik?

  26. Alkisah didaerah pedalaman sabah sebuah MBT sedang dlm perjalanan dgn kecepatan 70 km/jam sang pakcik driver MBT jakunnya turun naik ternampak sebuah pemandangan indah makcik2 bokong aduhai sdg mencuci baju di tepi sungai.karena saking keasyikan melihat body makcik mirip siti nurhaliza tsb pakcik driver MBT menabrak sekawanan lembu yang sedang melintas jalan.Lembu2 tsb modar dan MBT juga terbalik.maaf nglindur

  27. inalilahi…

  28. innalillahi wa innalillahi roji’un.

    piye ki pak cik, durung perang koq wes jungkir walek.

  29. nah loh nyungsep tuh tank malaysia ayo belajar dan berlatih samaTNI, hidup rukun damai dan berdampingan menjaga keamanan kawasan bersama sama kan lebih indah jangan malu malu Indonesia siap kok belajar bersama bagaimana caranya mengendarai tank yg bener hehehe maaf cuma saran aja kalo salah ya mohon di koreksi

  30. emang tank kita belum pernah nyungsep ya, tahun kemaren kan ada yang nyungsep gara2 salah perhitungan belokan menanjak yang sempit.tapi tempat nyungsepnya di tempat yg curam

    yang gak habis pikir itu IFV malaysia kebalik kok ditempat datar ,

  31. Turut prihatin atas musibah diatas,,turut prihatin dg msh pro kontra atas MBT Leoprad 2A4 & RI Rev. Seharusnya spt p Habibie jg bs menutup pro kontra tsb dg cara yg lbh elegan,,bagi mech engineer tentu hal yg sederhana utk menghitung ground presdure pd MBT tsb,,bahkan bs befjlan datas tanah yg tdk terlalu keras,,polemik ini hrs sdn diakhiri,,jangan salahkan Leopard berbobot 62T salahkan para personel dan kedinasan yg terlibat membuat jalan & jembatan xg cara2 yg tdk benar n tdk bermoral shg menghancurkan kualitas dan daya dukung jalan maupun jembatan di indonesia,,MBT adalah sebuah kebutuhan ….

    • biasa nya perencanaan pembangunan jembatan menekankan pada
      1 bobot kendaraan yang dilalui,
      2,kondisi air sungai ( perhitungan rancangan debit air sungai sampai 30thn kedepan)
      3.panjang jembatan atau lebar sungai yang akan di tempuh,,

      klo menurut saya leopard perencanaan awal nya itu thn 2009. sedangkan jembatan yang ada dibuat thn sebelum nya,
      sehingga banyak kontraktor / perencana yang mengurangi daya tahan jembatan thd bobot, karena mereka pikir tidak akan di lalui kendaran yang beban nya diatas 60 ton.

      setelah dtg leopard harus nya perencanaan jembatan harus memperhitungkan beban yang akan di lalui leopard dgn faktor keamanan (safety factor) diatas 2 % dari perhitungan perencanaan yang sesungguh nya,

      maaf cuma pendapat pribadi dr kuli bangunan

      • Setuju bung Andri Cahyadi,semua jembatan harus diperkuat atau diganti spy mampu menahan beban minimal.80ton (leo+truk +/-75ton) paling2 di jawa itu ada beberapa ribu saja. Paling masuk akal, adalah jalan tol yang akan dibangun harus mempunyai jembatan yang mampu dilewati Leo, jadi perpindahan Leo bisa dilewatkan Tol. Semoga tol trans jawa segera selesai dan tersambung semua.

  32. emangnya nanti tank leopard RI itu mau sliweran tiap hari dijalan jalan raya ? kalo sudah perang masih mikir amblas? pusing deh khan dah dijelasin kalo tank leopard itu aman buat jalan, yang masih ragu, mikirrrr !!!!!

  33. mungkin leopard mau diganti dengan mbt 2000 buatan china sama pemerintah yg akan datang….
    kan beliau seneng sama ploduk china : mob esmeka (buatan cina, namanya fodai) dan bus transjakarta,

  34. Innalillahi wa innalillahi rojiun…sebenarnya teori MBT hanya bisa dhadapi oleh MBT itu berlaku hanya pada Perang Dunia ke 2…Perang Teluk 1 membuktikan untuk menghancurkan angkatan darat Irak yg no 4 terbesar/ kuat yang diperlukan adalah airforce yang besar kuat modern. DELAPAN PULUH PERSEN 80% bahan peledak / bom/rudal yang dijatuhkan di Iraq dan Afghanistan dikakukan oleh USAF!!! Mudah2an Di era pk jokowi TNI AU dilengkapin dengan skadron bombers..

    • betul bung, kalau kita berhadapan dgn negara kuat macam amerika pasti mbt kita dan habis duluan dihajar pasukan udara mereka

    • irak tanknya dihajar karena sistim pertahanan udara lemah. andai dilengkapi dengan S 300/400/500 dan pantsyr serta buk me mungkin amerika berpikir ulang seperti akan menginvasi suriah dan iran. serangan udara dilakukan jika radar sudah dilumpuhkan. amerika menyerang irak memakai tomahawk menghantam radar utama. tank tetap diperlukan pertahanan udara agar tetap ditakuti dan sesuai manfaatnya. rusia memikirkan ini dan lihat produknya.

  35. Salahnya Dewek Kecebong dinaikin !

  36. CAPEK BACA KOMEN ARTIKEL TETANG TANK… TENGKAR MELULU MBT VS NON MBT…

    HAHAHA.

  37. Menurut saya, ditinjau dari teknis (seperti hasil diskusi dengan tukang setel velg dan tambal ban serta tukang spooring/balancing), dari gambar diatas, terlihat bahwa seluruh frame terletak tepat diatas garis roda. Berarti titik berat ada diatas titik balance horizontal. 90% kemungkinan terbalik pada kecepatan dan sudut belok tertentu…

    Sumber: Diskusi di warung kopi SM Radja Medan, bahasa medan campuran (batak, melayu, hokkien), diterjemahkan ke bahasa sekolahan…

    • wah.. masuk juga, mungkin terbiasa pakek sandal swalau jadi se’enaknya, beda lagi sama spatu boot.. salah salah bisa nyungsep seperti diatas, dampaknya pun beda. pakek spatu boot kalo nyungsep itu lebih berbahaya. hehee

  38. malingsia gak keren ah,,,!

  39. Hati2 digusur trantib yg suka mangkal di dpn masjid raya al mahsun bung mj. wkwkwk..

  40. Tank leopard harga mati !!
    Bung melektech itu cuman segelintir org yg tdk ingin indonesia menjadi kuat.. Ato dia itu intelejen suruhan dari luar yg tugasnya ingin memecah belah indonesia.. Tunjukan wujud kamu jgn koar2 seolah kamu yg paling paham..

  41. Terlepas dari pro dan kontra,,MBT leopard memang sudah semestinya kita miliki aspek positifnya lebih besar terutama buat PT pindad,,,masalah kuantitas TNI tentu lebih faham dan sudah tentu daya deteren yg tinggi bikin lawan panas dingin,,,mungkin para tentera dirajam malasa diatas lagi cari variasi gaya hentak2 bumi baru gaya tank on top,,,hheheehhehhh

  42. Turut berduka…pak cik pak cik, blm perang aja udh terbalik…kalo udh perang balik kandang mungkin, atau lgsg lari lg di ketel mama ely? Manggil SAS lg ke Serawak dan Sabah? Mulut besar saja kalian Malon

  43. Belum ketemu sama Tank Leopard Ri aja dah minder sampai jungkir balik tuh tank si malon, apalagi kalo sampai ketemu..

    Jayalah TNI Jayalah Indonesia..

  44. Buwat yang gak suka sama Gua…. MASBULOH..!!!
    Udik Lu..

  45. ini afc lagi konvoi jalan beriringan di jalan datar ,,,jalan aspal..melaju kencang dengan kecepatan 40 km/jam dijalan menikung tajam,,, human error karena awaknya gak menguasai kemudi sehingga terjungkir balik..
    Korban tewas terjadi karena komandan kendaraannya nongol kepalanya diatas ..dan mati terjepit
    Kalau masih didalam dan memakai helm awaknya mesti selamat ..kecuali jatuhnya ditempat curam,,,

  46. bang melek..
    nyungsep dilumpur beda jauh dng ambles..
    kagak usah leopard, tenk ringan ato landcruiser sekalean juga stuck kalo nyemplung lumpur..yg jago dilumpur cuman atu, mesin bajak merk quick, sumpah ๐Ÿ˜†

  47. alfatihah pada korban yg tewas.
    semoga khusnul khotimah. amin.

  48. soal lumpur kagak cuman tenk yg bakal nyungsep..
    neeh ane kasih inpoh a1+++ kendaraan yg kagak bisa jalan kalo masuk lumpur..
    -sepeda onthel..
    -becak..
    -andong..
    -ente kena cikungunyah..


    mo nambahin ampe 100?
    muehehehe ๐Ÿ˜€

  49. belajar yang rajin lg y malon..

  50. bang andri..
    ntu acv 15 adnan beli buatan turki..basisnya aifv ato american advanced infantery fighting vehicel yg dikembangin ma turkiye..
    ntu zulkipli cuman sok2an doang nyebut mifv (malaysia ifv?)

  51. Liebherr Hydarulic Shovel raksasa ini di produksi oleh
    Libher Group, komplek perusahaan manufaktur jerman,
    dan salah satu terbesar di dunia untuk tipe sejenis. Alat ini
    digunakan untuk pekerjaan berat di pertambangan terbuka.
    kendaraan ini memiliki berat 656 ton. Dengan mesin diesel
    cummins K 180 E, 16 cylinder dan kapasitas 50,3 liter
    mampu menghasilkan daya sebesar 3000hp pada putaran
    mesin 1800rpm, sedangkan kekuatan untuk menggali
    tanah adalah 1.500 kN. Kapasitas tangki bahan bakar
    adalah 13.000 liter sedangkan kapasitas tangki hidraulik
    adalah 4.600 liter, dan tekanan maksimum hidraulik adalah
    350bar. volume bucket sampai dengan 36 m3, atau setara
    dengan 60ton sekali muatan. ini aja nga ambles kok… 60 ton gd ap2 ya…. lg heee…..heeee…. seandai ya perang apa mikir sibuk ngurusin jalan hadeh……

    • Di Kalimantan kah bung ini Liebherr.

      kalau di kami ada yg adiknya yang lebih kecil bung sudah hilir mudik di daratan kalimantan, area newmount dan freeport. namanya Bucyrus Front Shovel. beratnya ya lebih lah 100 ton. kok nggak ambles juga ya.

  52. Coba dicerna dalam2 statement yg diulas oleh bung diego,teori kita sebenarnya simple.bila pesawat jumbo diciptakan maka kita akan memperkuat lantai lapangan terbang dan memperpanjang landasan pacu.Revolusi industri perancis meletus maka dibuatkanlah rel kereta api untuk mempermudah pengangkutan barang.bila listrik ditemukan oleh thomas edison maka dibuatkanlah Pembangkit listrik dan bila kapal perang dibikin maka dermaga didalamkan.Bila pesawat tempur generasi 4 dan pesawat siluman diciptakan maka disediakan kapal induk untuk take off juga landasan pacu dipanjangkan.bila android diciptakan maka dibuat juga handsfree.itu semua untuk apa? Krn tehnologi adalah satu kebutuhan dan kita tak bisa lari dari perkembangan tehnologi.kemajuan tehnologi bukan dihindari atau ditakuti tapi di songsong dan dipelajari sesulit apapun atau sebesar apapun resikonya.Dan bukannya menolak MBT krn takut jembatan runtuh.MBT sendiri adalah suatu kebutuhan TNI AD sbg Tank utama /kebutuhan MEF maka kita sediakan jembatan yg kokoh tahan 100 ton sbb kedepannya jembatan bkn dipakai untuk laluan MBT saja tapi berbagai kendaraan berat setiap hari.lagian MBT tidak setiap hari berkanaval dijalanan.kelak pesawat tempur generasi 4++ akan diakuisis apa pula alasannya nnt untuk menggagalkan kedatangannya? Kita ga punya lapangan terbang? Atau lapangan terbang kita ga kuat menahan bebanan daya dorong pesawat? Ga lucu.

  53. HAHAHAHAHAHAHA………………. PENDEKAR JUNGKIR BALIK

  54. SALUTE dengan Malaysia…… Speechlees……..

  55. Bung Melektech khan arek suroboyo dan tinggal di sby sama spt sy.cukup banyak temen-temen warjager yg tinggal di sby. Enaknya kopi darat rame-rame biar bs saling kenal agar bs menghilangkan kesalahfahaman dan bs kenal profesi dan background dr masing-masing temen warjager, bgm? Kata pepatah, tak kenal, maka tak sayang, hehehehe. Sego sambel wonokromo yg dekat dng lapaknya bung Pitik kayaknya enak buat kopi darat malam-malam, hehehehe

  56. assalamualaikum..tidak usah berdebat
    pemerintah pasti sudah mempertimbangkan beberapa kali tentang pembelian tank leopard
    soal bobot 60 ton ? soal ga muat dijembatan ? soal mau ditempatkan dimana ?
    itu pasti sudah dipertimbangkan dengan matang oleh menhan sebelum membeli,soo kita nikmati saja alutsista leopard tersebut dan berdoa semoga “calon” presiden 2014-2019 tidak membatalkan kontrak ini

  57. @Melektech ini emang pinter apa cuman sok pintar ya, komentarnya ga enak banget buat di baca, gak mencerahkan…

  58. terakhir .. muke lo ambles !!

  59. salah satu pembisik ada diatas ane.. ๐Ÿ˜Ž

  60. Hamdani Hartoyo ..Kandani gak percoyo ๐Ÿ˜€ :mrgreen:

    • โ€œKarena itu, Sisriadi menepis berbagai penilaian yang menyatakan pembelian MBT Leopard tidak tepat. Karena proses politik sudah selesai, dirinya berani mengklarifikasi masalah tersebut agar tidak ada informasi simpang siur di masyarakat.

      โ€œJadi, Leopard tidak merusak jalan. Pernyataan saya ini jangan dikonfrontasi dengan presiden baru, yang mungkin ada pembisik.
      ———————————————————————————————————————-
      Maksutnya Pernyataan l diatas jangan nanti ada yang membandingkan lagi
      PINTER mana Brigjen Sisiriadi dengan Jokowi=========> Presiden.
      Pinter mana Brigjen Sisiriadi dengan Habibie =========> Mantan Presiden

      wis yaa selesai jangan berdebat lagi dan tanya tanya lagi ๐Ÿ˜€

  61. hadeh ๐Ÿ˜† lama ga buka nih warung sekali nya buka eh ternyata ada orang yang bukan ” USER ” sokยฒ an mengetahui dan memahami perabotan nya para “USER” :mrgreen: jujur saya sangat prihatin dengan apa yang diatakan oleh bung meletech. mungkin anda hanya tau dari hasil membaca atau dari hasil googling tapi apakah anda pernah secara langsung untuk mengendarai tank MBT bung melektech??? kalo begitu untuk pembelian DDG dan BattleCuiser ga cocok dong buat TNI AL dikarenakan struktur laut kita yang kebanyakan dangkal :mrgreen: ????? sayang nya dalam hal rencana MEF2 jenis DDG dan Battlecruiser sudah ada dalam daftar pembelian dan sudah deal bung melektech dan kalo tidak ada aral melintang akan datang diakhir tahun ini atau paling lambat dipertengahan tahun depan semua sudah dideploy dimari. kalo bung melektech masih memaksakan opni and silahkan bung melektech berkunjung di tempat mangkal nya bung garuda hitam :mrgreen: karena korp bung garuda hitam lah yang tau lebih jelas tentang MBT leo yang akan datang kemari.santai aja bung melektech jangan esmosi saya hanya tukang sapu didermaga :mrgreen:

  62. Kesimpulan terakhir “ARTIKELE SAK KLUMIT SING KOMENT DO NYEKIT “

  63. Mungkin bang meleketek ingin panser anoa atopun panser bantengnya dipakek’in turret si leo itu baru ga ambless, tapi nyungsep keuless, hahaha

  64. sekedar inpo kemaren ada IL76 mendarat di bandara juanda dan parkir di hanggarnya TNI-AL, hayuu silahkan ber fantasi teman2 barang apakah yang di kirim oleh pesawat tersebut, klo dari insignia yang ada di pesawat tersebut sih berbendera rusia.
    #colek Bung Ngurah Rai, Pocong Syerem, Bung Satrio

  65. Secara penghuni perumahan, tiap kali pembangunan cluster baru jalan jadi amburadul. barangkali cuma kualitas asplanya aja yang jelek ๐Ÿ˜€

  66. Perdebatan yg tidak pernah berujung.harus ya Smua berpikir secara bijak untuk kemajuan TNI .jika ingin memperdebatkan Leopard harus ya PD saat Leopard belum di beli alias saat masih jd perdebatan di DPR .sekarang kita Smua harus ya mengawal Trus proses pembelian ya.dan kenyataan ya pun Leopard sudah di beli dan akan datang secara bertahap.toh buat apa di ribut kan Trus sampe jd ajang debat politik jg.kita Smua harus ya mendukung apa dan seperti apa keinginan usir.mereka lebih tau dan mengerti apa yg mereka perlukan.ingat senjata itu nyawa kedua di Medan pertempuran.jd tidak perlu lah kita perdebatan kan lg dan seharusnya kita kawal Trus setiap pembelian alutsista demi keutuhan negri tercinta ini…

  67. Maaf bang @melektech , saya tidak seperti yang anda pikirkan. Saya sangat cinta produk indonesia,rasa cinta itu mungkin melebihi anda.
    Malahan klo indonesia bikin anoa dgn senjata utama meriam kaliber 120mm saya sgt bangga sekali, itu adalah inovasi yg sgt luar biasa. Itu sudah cukup buat ngadepin MBT tetangga, Daripada beli leopard yg menurut anda buat jalan pada ambles,Ya gaa???
    Saya cuman kasian aja sama prajurit TNI, siap sedia menjaga NKRI tnp ada yg mau peduli’in aspek keselamatan dirinya, biarpun hny gunain alutsista gitu2 doang dr dulu. Bersyukur pemerintah menaikkan anggaran pertahanan melalui progam MEF dgn beli alutsista yg gahar dan bejibun. Otomatis mental para prajurit lebih tegas dan berani menjaga NKRI. Jayalah TNI !!!

  68. saya cuma mau numpang ngakak aja………gk kebayang kalo misalnya ATM kendarai LVT7 terjun dari dermaga ke laut……..kalian pasti bisa bayangkan apa yg terjadi…….xixixixiixi

  69. aku cuma mau ngomong ga paket teori n mikir ini debat layaknya di warung kopi sambil udut n makan pisang goreng wah gayeng sampek lali abis pisang berapa.

  70. Klu ingin gagah di mata dunia, buat rudal jelajah antar benua, baru yg lain segan dengan anda, jgn asik ribut masalh tank, contoh pakistan ,korea utar ,siapa yg berani otak atik negara dua itu???

  71. Saya kira klo terjadinya prang apa msih sempat mkirin rusaknya jalan to….
    Mungkin klo lgi perang jalanan rusak tinggal tlpon aja kmentrian PU he he

 Leave a Reply