Tank Turki Hancur Ditangan Pejuang Wanita Kurdi

27
25
Screenshot video unit YPG serang tank Turki di Afrin, 3/2/2018. (Source: YPG)

JakartaGreater.com – Seorang pejuang wanita suku Kurdi dari YPJ yang menggunakan ATGM diduga buatan Rusia untuk menghancurkan sebuah tank Turki dalam pertempuran memperebutkan wilayah Afrin di perbatasan Turki dan Suriah, 3/2/2018.

Serangan telah menewaskan enam tentara Turki. Kejadian tersebut juga telah dikonfirmasi oleh Turki.

Menurut kantor berita negara Turki, NTV, mereka memberi rincian lebih lanjut, dengan mengatakan bahwa insiden tersebut terjadi di wilayah utara Afri Horga, Afrin.

Video tersebut dirilis oleh Women’s Protection Unit (YPJ), dan menampilkan logo grup mereka. Deskripsinya menyatakan bahwa rudal anti tank itu dioperasikan oleh pejuang wanita.

Meski demikian tidak terlihat dalam cuplikan video tersebut, mengenai siapa yang telah menembakkan rudal tersebut dan tidak bisa dikonfirmasi. Hanya terdengar suara yang merekam kamera tersebut menyebutkan bahwa rudal itu adalah buatan Rusia.

Terlihat dari video di atas, bahwa rudal anti tank langsung menghantam kompartemen yang penuh berisi amunisi. Dan yang menarik adalah bahwa amunisi tersebut disimpan di tempat khusus pada bagian depan lambung tank, di sebelah kiri stasiun pengemudi, terpisah dari kompartemen kru serta didesain dengan panel blow-off yang ditujukan untuk mengarahkan ledakan ke atas dan jauh dari kompartemen kru.

Ledakan yang terjadi sangat besar, tampaknya ada semacam tindak penanggulangan, seperti ada defleksi atau pembelokan ledakan.

27 KOMENTAR

  1. Kalo diliat dari video, sepertinya hanya 1 tank. Padahal Leopard itu kru-nya ada 3. Kemungkinan besar bila benar seperti yg diucapkan oleh Bung WI, jika menggunakan warhead HE jelas yg menjadi korban adalah infantri yg ada disekitar tank, sedangkan kru tidak semuanya mati. Sepertinya Turki belum belajar lagi pengalaman tanknya dihajar Kurdi. Kenapa gak pake Kaplan atau Altai aja ya.

    Yang menarik adalah disebutkan bahwa Kurdi pake ATGM buatan Rusia. Itu mendukung dugaan Ane kalo Su-25 yg ditembak jatuh kemarin juga karena Manpads buatan Rusia juga atau lisensi (asli/KW) Rusia juga. Padahal waktu ane bilang manpadsnya buatan Rusia banyak yg protes karena sasarannya juga alutsista Rusia. Begitu tank buatan Jerman dihajar ATGM buatan Rusia, pada bangga semua.

    Yah, asal tau aja. Produk Rusia itu biasa kalo ada di pasar gelap. Itu karena para makelar senjata kebanyakan dari Rusia atau eks Uni Soviet juga.