Feb 102018
 

Screenshot video unit YPG serang tank Turki di Afrin, 3/2/2018. (Source: YPG)

JakartaGreater.com – Seorang pejuang wanita suku Kurdi dari YPJ yang menggunakan ATGM diduga buatan Rusia untuk menghancurkan sebuah tank Turki dalam pertempuran memperebutkan wilayah Afrin di perbatasan Turki dan Suriah, 3/2/2018.

Serangan telah menewaskan enam tentara Turki. Kejadian tersebut juga telah dikonfirmasi oleh Turki.

Menurut kantor berita negara Turki, NTV, mereka memberi rincian lebih lanjut, dengan mengatakan bahwa insiden tersebut terjadi di wilayah utara Afri Horga, Afrin.

Video tersebut dirilis oleh Women’s Protection Unit (YPJ), dan menampilkan logo grup mereka. Deskripsinya menyatakan bahwa rudal anti tank itu dioperasikan oleh pejuang wanita.

Meski demikian tidak terlihat dalam cuplikan video tersebut, mengenai siapa yang telah menembakkan rudal tersebut dan tidak bisa dikonfirmasi. Hanya terdengar suara yang merekam kamera tersebut menyebutkan bahwa rudal itu adalah buatan Rusia.

Terlihat dari video di atas, bahwa rudal anti tank langsung menghantam kompartemen yang penuh berisi amunisi. Dan yang menarik adalah bahwa amunisi tersebut disimpan di tempat khusus pada bagian depan lambung tank, di sebelah kiri stasiun pengemudi, terpisah dari kompartemen kru serta didesain dengan panel blow-off yang ditujukan untuk mengarahkan ledakan ke atas dan jauh dari kompartemen kru.

Ledakan yang terjadi sangat besar, tampaknya ada semacam tindak penanggulangan, seperti ada defleksi atau pembelokan ledakan.

Bagikan Artikel :

  29 Responses to “Tank Turki Hancur Ditangan Pejuang Wanita Kurdi”

  1. Senjata nato yang notabene paling canggih ternyata dibuat bulan-bulanan oleh senjata Rusia

  2. jangan menyepelekan wanita ..kalo tak ingin bernasib seperti tank ini..

  3. artikel ini dr kemarin sdh sy baca, baru h ini masuk jkgr.
    melihat ledakannya ini bukan senjata anti tank, usa banyak senjata yg di rahasiakan,mesej ke turki jgn main2 dgn geng binaan amerika.

  4. sudah banyak tank leo yg hancur d suriah, klo tank T90 rusky gmn kbrnya ya?

  5. Kalo diliat dari video, sepertinya hanya 1 tank. Padahal Leopard itu kru-nya ada 3. Kemungkinan besar bila benar seperti yg diucapkan oleh Bung WI, jika menggunakan warhead HE jelas yg menjadi korban adalah infantri yg ada disekitar tank, sedangkan kru tidak semuanya mati. Sepertinya Turki belum belajar lagi pengalaman tanknya dihajar Kurdi. Kenapa gak pake Kaplan atau Altai aja ya.

    Yang menarik adalah disebutkan bahwa Kurdi pake ATGM buatan Rusia. Itu mendukung dugaan Ane kalo Su-25 yg ditembak jatuh kemarin juga karena Manpads buatan Rusia juga atau lisensi (asli/KW) Rusia juga. Padahal waktu ane bilang manpadsnya buatan Rusia banyak yg protes karena sasarannya juga alutsista Rusia. Begitu tank buatan Jerman dihajar ATGM buatan Rusia, pada bangga semua.

    Yah, asal tau aja. Produk Rusia itu biasa kalo ada di pasar gelap. Itu karena para makelar senjata kebanyakan dari Rusia atau eks Uni Soviet juga.

    • Kaplan jangan ditanya bung… Kena RPG-7 mungkin sudah berlubang…. RPG-7 kan daya tembusnya sampai 300mm. Lagian kemarin kan sudah muncul spesifikasinya, Kaplan cuma tahan 30mm bagian depan atas hull saja, di semua sisi lainnya cuma tahan 12,7mm.

      • Yah, kayak Tiger MK 2 dong.

        • Kaplan Tank tempur ringan body tinggi… saya pernah berkomentar kalau Tank ini bakalan menjadi sasaran empuk ATGM…
          Altay, Tank yang basicnya leopard… bahkan tahun 2019 baru rencana diproduksi masal setelah terutama bermasalah dengan penyuplai mesin…

          Diera kehebatan ATGM hanya sistem perlindungan eksternal yang bisa membantu Tank untuk survive… bahkan untuk Tank Abrams mulai mengadopsi perlindungan eksternal… ARAT

          https://www.jejaktapak.com/2017/10/10/penampilan-m1a2-abrams-dengan-trophy-active-protection-system/

          • Apa Kaplan udah dikasih kisi2 buat masang ERA belum ya ??

          • Belum… karena Leopard 2 Revolution, AMAP dipasang sejak dari Jerman di pabriknya sebagai bagian dari upgrade dan masuk dalam kalusul pembelian… Tapi mungkin bisa juga kalau beli ketengan dan dipasang sendiri, tetapi Jerman sangat ketat dalam urusan persyaratan penggunakan lebih keras daru US katanya, jadi mesti hati2 kalau beli dari mereka…
            Kalau menurut saya mendingan seperti Abrams pakai saja buatan Israel atau Russia… kalau mereka bersedia menjualnya kepada kita… sayang sih belinya bukan T-90 yang lebih ringan, kan bisa berharap mendapatkan akses ke ERA yang lumayan gahar…

    • Hla dibanyak artikel saja menyebutkan kalau kemungkinan USA dan koalisinya yang menyuplai senjata2 buatan eks Soviet dari negara2 pecahan Uni Soviet yang sekarang bersekutu dengan NATO atau dari pasar gelap dan dikirim kepada pemberontak moderat di Suriah, dan lebih parahnya lagi pemberontak demokrat banyak juga yang menjual lagi senjata yang didapatnya kepada daesh/ISIS atau teroris lainya…

      https://news.detik.com/dw/d-3772261/pasukan-isis-berperang-di-irak-dan-suriah-dengan-senjata-buatan-eropa

      https://international.sindonews.com/read/1235820/43/pembelot-pemberontak-suriah-didikan-as-jual-senjata-ke-isis-1504244576

      • Yah, itulah kesalahan karena mendukung faksi gak melihat bibit bebet dan bobotnya. Makanya selain FSA, YPG juga didukung penuh karena kapabilitas yg mereka miliki.

      • Mohon Maaf
        Baru Komentar
        Mana 00 nya di tunggu
        Ngga Nongol

        Mohon Maaf
        Ada yang menggunakan kewenangan Personalia
        Ingin Mengetahui saja di Masa lalu ku mengapa
        Bos god Father nya
        Mr Prakash Koutumal Narwani begitu …

        Kemungkinan Bos dahulu melihat ku di Bank Indonesia
        Dengan aset Inventaris
        Senjata Api Pistol dengan 10 Peluru
        Jenis Tula Tokarev 330 Soviet
        Jenis type tersebut sangat sulit di dapat kan
        Hanya Hubungan Atase Diplomatic Luar Negri Baru bisa mendapat kan Senjata Api Tulla Tokarev 330 Jenis tersebut.
        Mohon Maaf Jenis Tersebut hanya Untuk …
        Pangkat dalam kalangan Tentara Soviet Negara Rusia.

        Ngga sembarangan punya
        Senjata Api Pistol Tulla Tokarev 330
        Mempunyai Insting Filling Spirit.

        Dan Pihak Stasiun Televisi Trans Media
        Menayangkan Movie Tokarev
        Entah bagaimana Bisa Menangkap Sinyal tersebut.
        Pihak Stasiun Televisi Trans Media

        Dan Jelas nya
        Bapak Presiden Republik Indonesia
        Ir Joko Widodo
        Unit Pertahana
        ” Jika PKI mongol Gebuk Saja ”
        Seperti Menerka Sebuah Jawaban
        Pasti akan Keluar dari Ucapan nya.

        Terlalu Tinggi sekali atau tidak komentar inyong
        Harap Maklum
        Dahulu dan Kini Aku Bukan siapa siapa.
        Mohon Maaf dan Terima Kasih

 Leave a Reply