Apr 212019
 

Jet tempur multiperan Su-35 Flanker-E. © Sergey Vladimirov via Wikimedia Commons

Rencana Turki yang akan tetap melanjutkan pembelian sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia mendapat tentangan dari Washington, dan membuat AS akan menghentikan penjualan pesawat tempur F-35 kepada Ankara.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu beberapa waktu lalu membuat pernyataan, bahwa Turki bisa memasukkan pesawat tempur Rusia sebagai alternatif pengganti F-35 buatan AS.

“Ada Su-34, Su-57 dan lainnya. Saya benar-benar akan memenuhi kebutuhan saya dari suatu tempat sampai saya dapat memproduksinya sendiri, ”kata Cavusoglu.

Rencana Turki untuk mengakuisisi Su-57 atau Su-35, meski mungkin masih dalam tahap wacana, banyak menjadi sorotan media beberapa waktu lalu. Apalagi dengan adanya pernyataan terbaru dari Menteri Luar Negeri Turki yang secara terbuka menyebut pesawat tempur Rusia sebagai target akuisisi potensial Turki.

Namun menurut Cavusoglu tidak mudah bagi Turki untuk beralih menggunakan pesawat tempur buatan Rusia setelah sekian lama menggunakan pesawat tempur standar AS dan NATO.

Perubahan standar secara besar-besaran dengan penggunaan pesawat tempur buatan Rusia mengakibatkan Turki harus melakukan perubahan besar juga pada infrastruktur pangkalan udara, sistem pemeliharaan dan perbaikan, simulator, pelatihan pilot, amunisi dan persenjataan lainnya, strategi tempur, radar di darat dan banyak item-item besar lainnya yang juga harus mengalami penyesuaian.
Ahvalnews

  6 Responses to “Tantangan untuk Turki Jika Beli Pesawat Tempur Rusia”

  1.  

    tdk masalah bila hrs merombak semua dari awal daripada trs menerus di paksa utk.menuruti kehendak sepihak oleh si amer.
    mending beli dri rusia walau mesti hrs belajar lagi.

    •  

      Ya situ bilang tidak masalah bro..cuma komentar doang…hmm turki harus keluar duit lagi nih karena harus..baca alinea terakhir deh..semoga ada dananya buat beli dll dst.. menjaga kedaulatan memang butuh pengorbanan

  2.  

    ayo robong eh borong ……
    doktrin ASU cs untuk menjegal SU.35 itu karena memang SU.35 dan SU.50 superior diatas pespur kaleng” ASU………… xixixixixixiii

  3.  

    Tidak ada Untungnya Turki Selalu Dekat Dengan USA…USA selalu membuat Kerusakan di Muka Bumi …Terutama Timur Tengah

  4.  

    Tdk perlu banyak penyusaian, jk turky akan mmborong jet tempur asal russia
    😆 😆

  5.  

    Silahkn borong
    😆 😆