May 142019
 

Surabaya, Jakartagreater.com    –    Sejumlah 41 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat II angkatan ke-66 Korps Pelaut melaksanakan latihan dan praktik (Lattek) Navigasi I, setelah menerima pelajaran teori di kelas.

Lattek tersebut, dibuka oleh Kepala Departemen Pelaut (Kadeppel) AAL Kolonel Laut (P) Hreesang Wisanggeni, S.E. pada Senin 13-5-2019 di gedung Bawean, Departemen Pelaut AAL, Bumimoro, Surabaya.

Dalam kesempatan tersebut, Kadeppel AAL Kolonel Laut (P) Hreesang Wisanggeni, S.E. mengatakan, tujuan Lattek Navigasi I bagi Taruna AAL tingkat II Korps Pelaut adalah untuk melatih mereka dalam mengerjakan tugas jaga anjungan dan menggunakan alat bantu navigasi sehingga terampil dalam mengaplikasikannya pada saat di kedinasan sebagai perwira Divisi navigasi, komunikasi, senjata atas air, senjata bawah air dan pusat informasi tempur serta jabatan lain yang setingkat di KRI.

Selain itu, diharapkan para Taruna mampu mengoperasikan alat bantu navigasi dan mampu melaksanakan tugas-tugas yang dilakukan di anjungan pada saat kapal berlayar.

Sebagai calon Perwira TNI Angkatan Laut Korps Pelaut yang akan mengawaki kapal perang, para Taruna akan mempraktekkan dan mengoperasikan alat bantu navigasi, membuat rencana halu dan track pelayaran, mempraktekan tugas jaga di anjungan saat kapal berlayar, mengidentifikasi tanda atau rambu navigasi dan cara menentukan posisi di laut secara visual.

Menurut rencana, para Taruna melaksanakan Lattek Navigasi I ini selama 5 hari, mulai tanggal 13 sampai dengan 17 Mei 2019 di gedung Bridge Simulator, KAL Kadet-07 dan Alur Pelayaran Barat Surabaya serta Alur Pelayaran Timur Surabaya. (Bagpen AAL)