Mei 212019
 

Surabaya, Jakartagreater.com   –     Sebanyak 39 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat II Korps Pelaut angkatan ke-66 Latihan dan Praktek (Lattek) Navigasi Astronomi menggunakan KRI Dewaruci II, dengan rute pelayaran Surabaya – Makasar, selama 9 hari, dari tanggal 20 Mei sampai dengan 29 Mei 2019.

Lattek Navigasi tersebut, dibuka secara resmi oleh Kepala Departemen Pelaut (Kadeppel) AAL Kolonel Laut (P) Hreesang Wisanggeni, S.E. diatas geladak KRI Dewaruci yang tengah sandar di dermaga Koarmada II, Ujung, Surabaya, pada Senin 20-5-2019. Upacara pembukaan tersebut ditandai dengan penyematan tanda peserta latihan kepada perwakilan Taruna.

Kadeppel AAL Kolonel Laut (P) Hreesang Wisanggeni, S.E. mengatakan, tujuan Lattek Navigasi Astronomi bagi Taruna AAL tingkat II Korps Pelaut adalah untuk mendidik dan membekali para Taruna agar memiliki keterampilan dalam menerapkan teori dan mengoperasikan peralatan navigasi astronomi dengan tepat dan teliti dalam menentukan posisi kapal saat berlayar, sehingga dapat diaplikasikan dalam kedinasan khususnya sebagai perwira divisi navigasi di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

Kadeppel AAL juga menekankan kepada seluruh peserta latihan, agar senantiasa memperhatikan faktor-faktor keamanan personel maupun material, dengan cara melaksanakan tahapan-tahapan latihan sesuai prosedur, memperhatikan manajemen resiko dan meningkatkan purba jaga, sehingga tercipta zerro accident.

“Saya berharap, para staf latihan dan segenap prajurit KRI Dewaruci, agar tetap memberi bimbingan dan tuntunan kepada para Taruna, sehingga Lattek Navigasi Astronomi dapat terlaksana dengan baik dan mencapai hasil yang optimal sesuai harapan lembaga pendidikan AAL,” kata Kadeppel AAL. (Bagpen AAL)