Taruna Akademi Militer Latihan Mountaineering

Akmil e1631023033284

JakartaGreater  – Taruna Tingkat III/Sermadatar Akademi Militer berjumlah 365 orang Taruna melaksanakan Latihan Mountaineering pada Selasa 7-9-2021 di Laboratorium Departemen Jasmani Militer, Magelang, Jawa Tengah, dalam rangka meningkatkan profesionalisme.

Latihan ini dibimbing oleh para Pelatih Departemen Jasmani (Depjas) Akmil dengan koordinator Kapten Inf Teguh Mudianto.

Disela-sela latihannya Kapten Teguh mengungkapkan bahwa latihan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan menguji tingkat kemampuan Taruna Tingkat III dalam melintasi bentuk rintangan dan ketinggian dengan menggunakan alat bantu tali dengan teknik yang benar.

Mountainering ini merupakan salah satu keterampilan dan ketangkasan perorangan yang wajib dimiliki oleh Taruna Akmil.

“Latihan dalam bidang jasmani militer ini, banyak menggunakan kemampuan fisik dan dalam setiap kegiatannya mengandung resiko yang berupa naik turun tebing, bangunan dan lembah dengan menggunakan alat peralatan, agar dalam pelaksanaan tugas pokok dapat berhasil,” ujar Kapten Inf Teguh Mudianto.

Mountenering merupakan suatu cara dan teknik para Taruna untuk melewati medan-medan yang berbahaya dengan materi yang diajarkan, antara lain: rapling, snapling, Fastroping, Ascanding dan panjat bebas.

Sebelum para Taruna melaksanakan kegiatan, para Taruna terlebih dahulu diajarkan cara menggunakan tali jiwa, yaitu dengan menggunakan ikatan komando dan memasang figur eight dan carabiner oleh para pelatih Depjas Akmil.

Sebelum menaiki Tower untuk melaksanakan Rapling dan Snapling, setiap Taruna melakukan pengecekan kembali tali jiwa perorangannya, untuk mesastikan keamanan.

Leave a Reply